Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Cara Menulis Artikel SEO

Cara Menulis Artikel SEO Friendly memang nggak mudah. Tapi bukan berarti kita nggak bisa melakukannya. Terlebih, jika kita menginginkan website kita gampang ditemukan dalam pencarian google. Maka, kita harus belajar menulis artikel SEO.


Cara Menulis Artikel SEO


Pada awal memulai ngeblog, aku nggak pernah berpikir akan membuat artikel yang ramah dengan search engine. Boro-boro. Tujuan ngeblogku cuma ingin menuliskan cerita-cerita hayal saja. Bukankah menulis bisa menjadi self healing. Mencurahkan segala gundah dalam tulisan rasanya bisa melegakan hati. Tapi, masa iya hanya begini saja inginku?

Bagaimana jika tulisanku ternyata bisa memberi manfaat pada orang lain? Bukankah itu juga berarti aku bisa membantu banyak orang-orang. Tapi, bagaimana caranya orang-orang bisa menemukan tulisanku?

Maka disinilah kita. Belajar mengenai cara menulis artikel yang ramah SEO.

Pengertian Artikel SEO Friendly

Kita bisa mengatakan bahwa artikel kita akan lebih mudah ditemukan melalui search engine jika ramah SEO. Mengapa demikian?

Search Engine Optimatimization (SEO) adalah upaya yang digunakan untuk mengoptimalkan website agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Gampangnya, SEO bisa membuat web kita berada di posisi teratas saat kita ingin menemukan informasi melalui google.

Sehingga Artikel SEO friendly adalah artikel yang dibuat berdasarkan pendekatan metode SEO. Harapannya, artikel tersebut bisa menjadi salah satu artikel yang berada di posisi puncak pencarian.

Bayangkan! Jika kita mencari informasi di mesin penelusuran, kira-kira kita akan memilih artikel yang mana? Tentu saja yang berada di halaman pertama kan? Kalau informasinya nggak cukup menjawab pertanyaan barulah kita mencari di halaman berikutnya.

Ciri Artikel SEO Friendly

Sebuah artikel dibuat untuk memberikan informasi kepada pembacanya. Bahkan tulisan yang berisi curhatan sekali pun akan menyediakan itu. Mengapa kita menuliskan curhatan tersebut misalnya.

Sayangnya, nggak semua artikel memiliki kaidah SEO. Kemudian muncullah pertanyaan mengenai bagaimana kita mengetahui artikel tersebut SEO friendly atau nggak? Ini dia ciri-ciri artikel yang ramah SEO, sebagai berikut:

1. Memiliki Kata Kunci

Artikel yang ramah SEO selalu memiliki kata kunci. Sepanjang apa pun artikel tersebut. Biasanya satu kata kunci utama dan beberapa kata kunci turunannya.

Kata kunci itulah yang menjadi pokok pembahasan dalam artikel. Dimana dari hal itu pula pembaca akan menemukan artikel kita dalam mesin penelusuran.

2. Biasanya Berupa Artikel Listicle dan Informatif

Selain kata kunci, artikel yang ramah SEO biasanya menjelaskan poin demi poin. Selain itu, susunannya sistematis, runut dan detail.

Ada yang bilang katanya artikel yang SEO friendly itu kaku. Iya nggak sih?

Bisa jadi iya. Mungkin juga nggak. Karena urusan kaku atau nggak adalah masalah selera. Tapi yang jelas, artikelnya harus memberikan penjelasan terkait dengan kata kunci yang ada. Informatiflah istilahnya ya.

3. Menggunakan URL Pendek

Penggunaan URL ketika artikel tersebut diposting ke website. Maka dia akan semakin menuruti kaidah SEO jika memiliki URL yang pendek tapi syarat akan keyword.

Permalink dibatasi dengan jumlah karakter. Maka, sudah seharusnya kita menggunakan link yang singkat.


Ciri Artikel SEO Friendly


Yuk! Belajar Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Kita sudah mengetahui apa itu SEO dan bagaimana ciri-ciri artikel yang SEO friendly. Selanjutnya, bagaimana cara menulis Artikel SEO friendly?

Mari kita belajar cara membuat artikel SEO. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Memilih Kata Kunci yang Tepat

Jika kita mencari informasi di mesin penulusuran, pasti akan menggunakan kata kunci. Maka, kita akan membuat artikel berdasarkan kata kunci tersebut. Tapi, bagaimana kita menemukan kata kunci yang banyak dicari orang?

Nggak semua kata kunci itu dibutuhkan oleh pembaca kan. Cara memasak air juga kata kunci. Sayangnya, pembaca nggak akan repot-repot membuka ponsel dan mengetik kata kunci itu di mesin pencarian. Kalau pun kita nekat menulis artikel cara memasak air, mungkinkah dia menarik minat pengunjung ke website kita?

Maka, inilah pentingnya memilih kata kunci yang tepat. Dengan cara apa? Meriset kata kunci yang banyak dicari pembaca.

2. Memahami Materi yang Akan Ditulis

Pemahaman mengenai materi yang akan ditulis itu sangat penting. Kita bisa membaca buku-buku, artikel sejenis dan sumber lainnya. Sehingga kita membuat artikel yang sarat akan informasi.

Memahami materi juga akan memudahkan kita membuat artikel yang sistematis. Nggak bertele-tele dan fokus pada topik.

3. Membuat Struktur Artikel

Agar lebih mudah, kita akan membuat struktur artikelnya terlebih dahulu. Atau kita bisa menyebutkan sebagai kerangka karangan.

Disini, kita juga akan memutuskan poin-poin yang akan dibahas. Selanjutnya membagi poin tersebut ke dalam sub heading/bab yang sesuai.

4. Penempatan Kata Kunci

Struktur artikel sudah selesai. Tiba waktunya kita menuliskan rangkaian kata menjadi sebuah tulisan.

Pada tahap ini, kita mulai mengatur penempatan kata kunci. Pertama, usahakan menempatkan kata kunci di awal paragraph pertama. Atau seenggaknya usahakan keyword berada di rentang 160 karakter pertama.

Selanjutnya sebar kata kunci di sepanjang artikel. Gunakan juga kata kunci turunannya ya. Usahakan kata kunci utama atau kata kunci turunan berada di setiap pembahasan artikel tersebut.

5. Mengatur Jumlah Kata Kunci Sewajarnya

Hati-hati dengan jumlah kata kunci yang ada di artikel. Mesin penelusur juga kadang menandai artikel yang memaksakan penempatan kata kunci lho. Hal ini akan menurunkan kualitas artikel kita.

Jadi, buatlah penempatan kata kunci yang sewajarnya. Biar makin manis artikelnya. Uhuk…Uhuk…


Cara Menulis Artikel SEO Friendly


6. Membuat Uraian Singkat Artikel

Cara menulis artikel seo friendly berikutnya adalah membuat uraian singkat. Biasanya kita menyebutnya meta deskripsi. Semacam rangkuman dari artikel yang ditulis.

Jangan lupa menyelipkan kata kunci pada uraian singkat ya. Biar makin afdhol gitu.

7. Membagi Penjelasan Artikel dalam Paragraf Singkat

Kita menyiapkan artikel untuk dibaca oleh pengunjung website. Akan lebih nyaman jika kita membagi pembahasan ke dalam beberapa paragraph. Sehingga, pembaca bisa merasa nyaman.

Tapi, kita harus tetap memastikan setiap paragraph yang ada memiliki kesinambungan. Jangan asal membaginya tanpa melihat keterkaitan antara paragraph satu dengan yang lainnya. Bisa ambyar, Gaes! Hehehe…

8. Mengoptimalkan Gambar

Penggunaan gambar juga memiliki aturan dalam artikel SEO lho. Nggak sembarangan. Bagaimana aturannya?

Mesin penelusur nggak bisa melihat gambar. Dia hanya membaca tulisan. Meski gambar itu menunjukkan apa yang kita bahas, tapi nggak ada keterangan yang tertulis. Tetap saja mesin penelusur nggak akan bisa memutuskan gambar itu berhubungan dengan artikel atau nggak.

Sehingga, biasanya kita akan mengganti nama file gambar menjadi kata rujukan (kata kunci). Kemudian memberi nama alt dan title text berdasarkan kata rujukan tersebut.

9. Menggunakan URL Singkat

Cara membuat artikel SEO yang lain adalah menggunakan URL/permalink singkat. Kita hanya perlu memastikan permalink yang digunakan mengandung kata kunci.

contoh url link artikel ini.

10. Manfaatkan Internal dan Eksternal Link

Apakah internal dan eksternal link? Internal link adalah link yang mengarah pada artikel lain dalam satu website. Sedangkan eksternal link adalah link yang mengarah pada artikel lain di website berbeda.

Apakah penempatan internal dan eksternal link wajib ada di dalam artikel SEO? Lalu, artikel yang seperti apa yang boleh dikaitkan?

Link internal wajib digunakan. Hal ini akan menunjukkan bahwa website kita memiliki pembahasan yang berkesinambungan. Sehingga penilaian website kita akan meningkat.

Sebaiknya menggunakan link artikel yang berhubungan. Atau seenggaknya artikel yang berada pada kategori yang sama.

11. Bagikan Artikel

Terakhir dan nggak kalah penting adalah membagikan artikel yang telah selesai dibuat dan diposting ke website. Kita bisa membaginya melalui beberapa platform media social yang kita miliki.

Kesimpulan

Cara menulis artikel SEO memang terlihat rumit. Tapi, jika kita konsisten dan terus berlatih maka akan semakin mudah. Meski begitu, kita harus tetap memperhatikan update mesin penelusur ya.

Hal yang utama adalah bagaimana kita menyajikan konten untuk pembaca. Apakah bisa menjawab pertanyaan mereka? Semakin detail dan fokus pembahasan kita, maka akan semakin bagus rankingnya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

8 Comments

  1. Wah, jawaranya SEO angkat sharing tipsnya. Thank You Mbak Yuni
    Aku pun dulu berpikir nulis dengan kaidah SEO bakal kaku dan membosankan tapi setelah diterapkan dan jadi kebiasaan akhirnya nyaman

    ReplyDelete
  2. Wah terimakasih ilmunya mbak Yuni... beberapa hari ini saya memang lagi belajar menulis artikel yang ramah SEO..ngga gampang juga ya🤭🤭🤭tapi harus tetap belajar....💪

    ReplyDelete
  3. Mbak Yuni makin jos aja SEO-nya. Saya sebenarnya juga praktek sedikit-sedikit, tapi kadang suka lupa juga. Atau lebih tepatnya malas karena pengin nulis santai saja. Tapi kadang juga perlu biar tulisan ada yang baca.

    ReplyDelete
  4. Daging semua euy ini tulisannya. Emang untuk bisa bikin artikel yg seo friendly tuh harus sering belajar dan praktik ya mba

    ReplyDelete
  5. wahh molly masih belajar nyeo nih susah, susah gampang sih sebenernya. soalnya seonya bagus belum tentu page one juga. challenging sekali

    ReplyDelete
  6. Selama ini rul saya panjang-panjang. Kirain ngaruh di halaman Google. Ternyata pendek seo friendly ya. Musti rombak url kayaknya nih. Makasih tipsnya. Mantaplah untuk dipraktikan.

    ReplyDelete
  7. Keren kak sangat bermanfaat makasihh

    ReplyDelete
  8. Wahh agak sulit yh bgi pemula, tp tips diatas sangat membantu

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.