Catat! 4 Persiapan Sebelum Melamar Kerja yang Harus Kita Ketahui

Yuni Bint Saniro – Mencari pekerjaan memang bukanlah sesuatu yang mudah. Seenggaknya ada beberapa persiapan sebelum melamar kerja yang harus kita ketahui. Apalagi bagi para fresh graduate.


Persiapan Sebelum Melamar Kerja
Sumber: pixabay.com/id/photos/surat-lamaran-aplikasi-3685417/


5 Persiapan Sebelum Melamar Kerja

Begitu kita lulus kuliah, tentu kita akan mulai mencari kerja. Berusaha menyiapkan segala persyaratan administrasi yang kita perlukan. Agar pekerjaan idaman mudah kita dapatkan.

Ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan sebelum melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan, sebagai berikut:

1. Buat Daftar Keterampilan

Perusahaan tentu ingin mengetahui apa saja keterampilan yang kita miliki. Bagaimana keahlian kita untuk menganalisis, menulis, membuat kode, dan memecahkan masalah.

Semua itu dapat menjadi bahan pertimbangan bagi mereka untuk memutuskan, apakah kita bisa mendapatkan posisi di perusahaan tersebut atau nggak.

Dalam hal ini, kita nggak hanya akan membuat daftar keahlian saja. Tapi, kita perlu memberikan contoh dari keahlian tersebut. Misalkan, kita bisa memberikan contoh tulisan atau artikel untuk kemampuan menulis. Kalau perlu, persiapkan juga argument untuk memperkuat penjelasan setiap kemampuan yang ingin kita tunjukkan.

Punya Keterampilan sebagai Beauty Blogger

2. Siapkan Resume dan Surat Lamaran

Resume dan surat lamaran adalah dua hal penting yang harus kita buat. Sehingga, kita perlu berhati-hati dan teliti saat membuatnya. Nggak perlu terlalu rumit. Cukup membuat resume yang sederhana saja. Tapi, memuat informasi penting mengenai diri kita.

Biasanya, tim rekrutmen membaca resume calon staff dengan sangat cepat. Makanya, resume yang sederhana akan mempermudah mereka memahami informasi tentang kita yang tersaji.

Selain resume, kita juga perlu mempersiapkan surat lamaran kerja. Kita bisa melihat beberapa contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang tersebar di internet. Pastikan kita menyesuaikan surat tersebut berdasarkan dengan posisi yang kita inginkan.


Surat Lamaran Kerja
Sumber: pixabay.com/id/photos/aplikasi-ipad-tablet-online-1883453/


3. Koneksi

Nggak bisa dipungkiri bahwa koneksi memegang peranan yang penting untuk mendapatkan pekerjaan. Meski ini bukanlah hal yang utama dan hanya bagian kecil dari proses ini.

Bagi para fresh graduate bisa memanfaatkan hubungan kekerabatan seperti keluarga, kerabat dan alumni untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

Kita bisa melakukan wawancara informasional. Misalnya memberitahu mereka bahwa kita merasa tertarik untuk mendengar tentang apa saja yang mereka lakukan.

4. Persiapkan Wawancara Kerja

Sebelum mengikuti wawancara kerja, kita perlu mempersiapkannya dengan baik. Kita harus melakukan riset mengenai perusahaan yang kita inginkan. Karena biasanya, tim rekrutmen akan menguji pengetahuan kita mengenai perusahaan.

Ada kalanya, perusahaan nggak melakukan interview secara langsung. Mereka akan memanfaatkan aplikasi pertemuan virtual atau melalui telepon untuk wawancara. Sehingga, kita harus menguasai cara penggunaan aplikasi tersebut. Agar wawancara terasa lancar.

Begitu pula dengan hal-hal lain yang mungkin menjadi pertanyaan tim rekrutmen. Kita harus menyiapkan jawaban-jawaban dengan argument yang kuat. Kalau perlu lakukan usaha untuk pengembangan diri. Hal ini untuk meyakinkan tim rekrutmen untuk menerima kita sebagai staff perusahaan.

5. Sabar dan Optimis

Ada kalanya proses rekrutmen suatu perusahaan membutuhkan waktu yang lama. Pun step-step yang panjang. Ini adalah hal yang wajar. Apalagi, rekrutmen yang sengaja membidik para fresh graduate untuk program training terlebih dahulu sebelum menjadi pekerja tetap.

Oleh karena itu, kita perlu memiliki kesabaran dan kegigihan dalam mengikuti setiap proses rekrutmen tersebut. Harapannya, kita akan lebih percaya diri dan mempersiapkan lebih baik lagi.

Jadi, Pastikan Kita Lakukan Persiapan Sebelum Melamar Kerja ya!

Rasanya, kalau kita melakukan persiapan sebelum melamar kerja dengan serius dan sungguh-sungguh. Maka, pekerjaan impian akan kita dapatkan.

Kita bisa mendapatkan informasi yang menarik di situs https://mamikos.com/info/ ya. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro