Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengecilkan Ukuran Foto atau Gambar untuk Postingan Blog

Mengapa kita perlu mengetahui cara mengecilkan ukuran foto atau gambar? Kadang kala pertanyaan sepele seperti ini sering kita temui. Bagaimana tidak? Sudah ada foto atau gambar yang bagus, kenapa kita ingin mengecilkan ukurannya? Apa tidak berpengaruh dengan kualitas foto atau gambar nantinya? Seperti tidak ada pekerjaan lain saja.


Cara Memperkecil Ukuran Foto


Permasalahannya bukan pada ada atau tidak adanya kegiatan lain. Namun, kebutuhan akan ukuran foto atau gambar sendiri kadang berbeda setiap orang dan kegiatan. Misalkan, kita ingin ikut tes CPNS. Lalu pemberkasan awal harus melalui online dengan mengupload semua dokumen ke website yang telah tersedia. Biasanya, mereka akan menghendaki file yang memiliki ukuran kurang dari 200 KB.

Maka, mau tidak mau kita harus mengubah ukuran foto atau gambar yang ingin kita upload terlebih dahulu. Sehingga proses pemberkasan tidak mengalami kendala yang berarti kecuali karena lalu lintas upload yang ramai. Itu pun bisa kita siasati dengan melakukannya pada jam-jam yang tidak sibuk. Bukan begitu, Geng?

Kebutuhan Foto atau Gambar sebagai Postingan Blog

Sebagai orang yang sudah biasa berkecimpung di dunia per-blog-an, tentu kita sudah mengerti bagaimana efek jika foto atau gambar yang terupload memiliki ukuran yang besar. Yupz, hal ini akan berpengaruh pada kecepatan akses website atau blog.

Kita tentu menghendaki foto atau gambar yang terupload memiliki kualitas yang bagus tanpa membuat website atau blognya lemot. Karena, kecepatan akses akan mempengaruhi betah atau tidaknya visitor main ke blog kita. Dan kalau sudah tidak betah, maka akan membuat nilai bounce rate kita tinggi.

Memang sih, sampai dengan saat ini aku belum memahami benar apa pengaruh bounce rate pada website atau blog kita. Kecuali sebagai petunjuk bahwa website atau blog kita tidak menarik. Kan, sayang sekali jika kita mendapat predikat seperti itu hanya karena foto. Padahal, apa yang kita tulis sebenarnya memberi banyak manfaat untuk orang lain.

Jadi, bagaimana kebutuhan foto atau gambar untuk kebutuhan postingan blog?

Ada beberapa hal yang menjadi kriteria untuk kebutuhan foto atau gambar sebagai postingan blog, diantaranya:

  • Kita bisa membuatnya sesuai kreatifitas. Maksudnya, foto yang akan diposting adalah hasil bidikan kamera kita sendiri. Kalau pun memosting gambar, harus hasil karya kita sendiri.
  • Boleh saja menggunakan foto atau gambar hasil karya pihak lain. Namun kita harus memastikan bahwa foto tersebut tidak memiliki hak cipta. Kalau pun ada, kita harus memastikan untuk memberikan credit kepada pemiliknya.
  • Selanjutnya mengenai ukuran gambar. Biasanya ukuran gambarnya adalah kurang dari 100 kb.

Lalu, bagaimana jika gambar kita memiliki ukuran lebih dari 100 KB atau bahkan sampai mencapai ukuran MB? Tenang saja! Kita bisa mengecilkan ukurannya agar sesuai untuk ukuran postingan blog dan tidak membuat blog kita menjadi lemot.

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Foto atau Gambar untuk Postingan Blog

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengecilkan ukuran gambar. Kita bisa menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia, baik melalui smartphone atau pun laptop. Namun ada dua cara mudah mengecilkan ukuran foto atau gambar yang kulakukan untuk menghasilkan gambar untuk postingan blog, diantaranya:

  1. Cara mengecilkan ukuran foto dengan laptop. Kita bisa menggunakan aplikasi paint.
  2. Jika ternyata ukurannya masih terlalu besar, kita bisa mengecilkan ukuran gambar dengan menggunakan website seperti tinypng.com.

Panduan lebih lengkapnya bisa kita semak melalui penjelasan berikut ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto atau Gambar dengan Laptop Menggunakan Aplikasi Paint

Aku biasanya mengecilkan ukuran gambar dengan laptop menggunakan aplikasi paint. Biasanya aplikasi ini sudah terpasang sebagai aplikasi bawaan. Kalau pun belum, kita bisa menginstalnya sendiri jika memiliki master aplikasinya.

Ada pun cara mengecilkan ukuran foto dengan laptop menggunakan aplikasi paint adalah sebagai berikut:

  1. Hal yang paling utama adalah menyediakan foto untuk kita perkecil ukurannya.
  2. Membuka foto tersebut pada aplikasi paint. Kita bisa mengklik kanan foto yang akan kita perkecil. Kemudian pilih open with. Lalu pilih paint.
  3. Setelah terbuka, kita akan menemukan menu image. Lalu pilih resize.
  4. Selanjutnya, kita bisa mengubah ukuran foto berdasarkan percentage atau pixel. Aku biasa menggunakan pixel dengan pilihan horizontal kuisi dengan nilai 600 atau sesuai kebutuhan kita.
  5. Kemudian pilih oke. Lalu simpan deh.

Merubah Ukuran Foto dengan Paint


See! I have told you. Cara mengecilkan ukuran foto itu mudah sekali. Kita hanya perlu menggunakan aplikasi paint saja. Bahkan tidak membutuhkan keahlian khusus.

Langkah Mengecilkan Ukuran Foto dan Gambar dengan Laptop tanpa Aplikasi

Jika dengan menggunakan paint hasilnya ukuran gambarnya tetap besar yaitu lebih dari 100 KB, kita masih bisa memperkecilnya kembali. Tidak menggunakan aplikasi paint lagi. Kali ini kita melakukannya tanpa aplikasi. Bagaimana caranya?

Ada pun langkah mengecilkan ukuran foto dengan laptop tanpa aplikasi, diantaranya:

  1. Kita persiapkan foto yang akan kita perkecil ukurannya.
  2. Buka website tinypng.com.
  3. Klik pada box drop your .png or .jpg files here.
  4. Pilih foto yang telah kita persiapkan tadi. Tunggu hingga proses loading selesai. Lalu download.

Memperkecil Ukuran Foto tanpa Aplikasi


Begitulah caraku memperkecil ukuran foto atau gambar yang akan kugunakan sebagai postingan blog. Hasil ukurannya kurang dari 100 KB, tapi kualitasnya masih bagus. Sehingga, ketika kuupload pada blog gambarnya masih jelas dan yang paling penting tidak membuat akses blogku menjadi selambat siput dong. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

5 Comments

  1. Makasih ya infonya, nnti mau coba ngecilin gambarnya pake aplikasi paint😊👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah di coba edit foto pake aplikasi paint, oke dech hasilnya🥰👍

      Delete
  2. Aku biasanya pake website online

    ReplyDelete
  3. Siap. Mudah ternyata. Soalnya gambar berat kalau ngak dikompres. Makasih.

    ReplyDelete
  4. Saya selalu pakai tiny dong, karena ukuran memang jadi minim banget. Favorit deh!

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.