Mari Berpartisipasi! Pendanaan Online bersama Akseleran untuk UMKM Indonesia

Pada tahun 2021, jumlah UMKM di Indonesia telah mencapai angka 64,2 juta. Lokasinya tersebar di seluruh Indonesia. Karenanya, tak heran jika UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian negara.

UMKM tercatat telah memberikan kontribusi pada PDB (produk domestik bruto) sebanyak 61,07%, setara dengan 8,5 triliun rupiah. Selain itu, UMKM juga mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Makanya, siapapun patut memperhatikan keberadaan UMKM ini.

Kita pun bisa ambil bagian dalam mendorong kemajuan UMKM Indonesia. Bisa dengan membeli produk-produk yang mereka hasilkan. Atau bisa dengan memberikan bantuan pendanaan online. Mengingat, salah satu kesulitan yang dialami oleh sebagian UMKM adalah soal modal.

Pendanaan online untuk UMKM ini tentu tak bisa kita lakukan sendirian. Apalagi jika uang yang kita miliki tak banyak. Kita butuh pihak ketiga seperti Akseleran sebagai platform P2P Lending.


Pendanaan Online Bersama Akseleran
Credit to www.pexels.com/id-id/@pixabay/


Apa itu P2P Lending?

Mengutip dari Wikipedia.com, P2P Lending atau peer to peer lending merupakan layanan jasa keuangan berbasis teknologi informasi yang mempertemukan penerima pinjaman dengan pemberi pinjaman. Karena berbasis teknologi, proses atau transaksinya terjadi melalui sistem elektronik dengan memanfaatkan internet.

Pemberi pinjaman dalam P2P Lending dikenal juga dengan sebutan sebagai lender. Kabar baiknya, untuk menjadi lender tak harus badan hukum, orang atau kita pun bisa jadi lender. Dengan begitu, kita bisa ikut serta membantu UMKM yang sedang mencari pinjaman modal melalui P2P Lending ini.

Bacaan Menarik Lainnya:

Mengenal Akseleran, Pendanaan Online untuk UMKM

Akseleran sendiri merupakan salah satu peer to peer lending platform di Indonesia yang sudah berizin OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Artinya, Akseleran ini merupakan P2P Lending yang resmi.

Akseleran bisa diakses baik oleh calon peminjam atau calon lender melalui dua platform. Pertama melalui aplikasi Akseleran yang bisa kita unduh dari Play Store. Kedua melalui situs resminya di www.akseleran.co.id.

Sekarang pertanyaannya, kenapa harus Akseleran? Mari jawab dari sisi kebutuhan pelaku UMKM. Akseleran memberikan bunga yang sangat kompetitif. Terkait tenor pinjaman, penyertaan agunan, dan model pembayaran juga sangat fleksibel. Tentu ini sangat memudahkan bukan?

Sementara bagi lender, lender bisa mendapatkan bagi hasil yang menarik. Lender juga bisa berpartisipasi dalam pendanaan online untuk UMKM mulai dari Rp. 100.000 saja. Jumlah yang sangat bisa dijangkau. Makanya, bersama Akseleran, siapapun bisa membantu UMKM.

Persiapan Menjadi Lender di Akseleran


Cara Menjadi Lender di Akseleran
Credit to www.pexels.com/id-id/@karolina-grabowska/


Tertarik untuk menjadi lender di Akseleran? Jika iya, ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan. Pertama tentunya menyiapkan data diri seperti KTP, NPW jika ada, nomor HP, dan email.

Selanjutnya, membuat akun di Privy.id, situs yang menyediakan layanan pembuatan tanda tangan digital. Kita bisa membuatnya secara gratis.

Nantinya, saat proses persetujuan di aplikasi atau situs Akseleran, kita akan diminta menghubungkan akun Akseleran dengan akun di Privy.id. Terakhir tentu menyediakan dana yang akan kita sertakan ke salah satu kampanye pendanaan online untuk UMKM yang sedang berlangsung.

Setelah semua persiapan lengkap. Kamu bisa langsung membuat akun di Akseleran sebagai lender. Jangan lupa masukkan kode referral berikut, AKSLLULUK577652. Supaya kamu bisa mendapatkan tambahan dana gratis sebesar Rp100.000. Lumayan kan untuk tambahan dana pinjaman?

Oh ya, setelah membuat akun jangan lupa untuk membaca semua informasi yang ada, ya. Kalau di aplikasi, kamu bisa klik menu 'Lainnya' di bagian paling bawah. Di situ Akseleran sudah memberikan banyak informasi mulai dari pengaturan akun, dokumen perjanjian, kode referral, promo, kalkulator finansial, dan sebagainya.

Bacaan Menarik Lainnya:

Hal Penting yang Wajib Lender Akseleran Ketahui

Menjadi lender tak boleh hanya sekedar siap dari segi dana. Namun juga harus siap secara mental. Pasalnya, menjadi lender bukan tanpa resiko sama sekali. Perlu diketahui, ada 3 resiko yang kemungkinan akan dihadapi oleh seorang lender.

Apa saja resiko tersebut? Adanya kemungkinan peminjam gagal bayar karena satu dan lain hal; Risiko likuiditas agunan; Risiko proses hukum jika terjadi perselisihan dengan penerima pinjaman di mana hasilnya tak bisa kita prediksi dan biasanya memakan waktu yang lama.

Namun kita tak perlu khawatir, sebab pihak Akseleran akan melakukan analisis kelayakan dan resiko pinjaman dengan sangat ketat. Tujuannya untuk meminimalisir risiko yang ada.

Kesimpulan

Sebagai P2P Lending platform, Akseleran telah membuka peluang bagi UMKM Indonesia untuk mendapatkan kredit secara mudah. Harapannya, UMKM yang berperan penting dalam kemajuan perekonomian Indonesia bisa lebih berkembang.

Nah, kita sebagai perseorangan bisa ikut membantu UMKM Indonesia dengan menjadi lender di Akseleran. Kita bisa ikut membantu memberikan pinjaman UMKM mulai dari Rp100.000 saja. Nantinya kita bisa mendapatkan bagi hasil yang sesuai.

Bagaimana? Tertarik untuk menjadi lender di Akseleran? Segera download aplikasinya dan jangan lupa pakai kode referral yang disebutkan di atas, ya!

Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro