Apa itu Outsourcing? Ketahui 5 Alasan Perusahaan Memilih Sistem Ini!

Istilah outsourcing sudah nggak lagi asing bagi kita yang berdekatan dengan lingkup dunia kerja di sebuah perusahaan. Banyak perusahaan yang lebih memilih untuk menggunakan jasa layanan outsourcing.

Jika dibandingkan dengan melalui proses panjang perekrutan demi memperoleh seorang tenaga kerja. Nggak sedikit juga yang mengatakan bahwa dengan menggunakan sistem outsourcing, perusahaan akan lebih diuntungkan. Jadi apa itu outsourcing?

Apabila kita maupun perusahaan membutuhkan tenaga kerja berkualitas, Workmate Indonesia bisa menjadi solusi yang tepat lho buat kita. Namun sebelum itu, tulisan ini akan menjelaskan tentang pengertian singkat dari outsourcing dan alasan-alasan apa yang menyebabkan sebuah perusahaan lebih memilih memakai penyedia jasa layanan outsourcing.


Alasan perusahaan memilih outsourcing
Sumber: https://www.istockphoto.com/id/foto/pebisnis-mengenakan-headset-yang-bekerja-di-kantor-gm1273443871-375314537


Apa itu Outsourcing?

Bekerja sama dengan penyedia layanan outsourcing merupakan salah satu sistem yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja. Outsourcing ini sendiri sering diartikan sebagai pengalihan pekerjaan dari sebuah perusahaan ke pihak ketiga.

Karyawan yang diperoleh perusahaan melalui penyedia layanan outsourcing, bidang kerjanya biasanya mencakup keamanan, kebersihan, manufaktur, hingga administrasi dan bukan yang berhubungan dengan fokus utama dari perusahaan.

Bacaan Menarik Lainnya:

5 Alasan Perusahaan Memilih Outsourcing

Terdapat keuntungan outsourcing yang tentunya menjadi daya tarik mengapa di masa sekarang perusahaan lebih memilih menggunakan jasa ini untuk mendapatkan tenaga kerja. Simak 5 alasan berikut ini:

1. Mengurangi Anggaran Biaya

Alasan pertama yang menjadi poin menguntungkan dari menggunakan jasa outsourcing adalah perihal anggaran biaya yang perlu dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Dengan menggunakan jasa outsourcing, kita bisa mengurangi anggaran biaya lho.

Salah satu hal yang menyebabkan anggaran biaya dapat berkurang apabila menggunakan tenaga outsourcing adalah kita nggak perlu lagi mengadakan training atau pelatihan untuk mengasah keahlian. Hal ini karena karyawan outsourcing telah memiliki skill yang mereka dapatkan dari training yang telah diselenggarakan oleh penyedia jasa outsourcing.

2. Mengurangi Beban Pekerjaan Perekrut Pegawai


Kelebihan Outsourcing
Sumber: www.istockphoto.com/id/foto/potret-pewawancara-wanita-muda-asia-dan-orang-yang-diwawancarai-berjabat-tangan-untuk-gm1162000771-318584550


Perekrutan seorang tenaga kerja dapat melalui sebuah proses yang cukup panjang. Dengan memakai layanan outsourcing, kita nggak perlu menghabiskan banyak waktu, tenaga, hingga biaya untuk proses tersebut.

Melalui penyedia jasa outsourcing, segala urusan perekrutan telah diselesaikan oleh pihak ketiga tersebut. Setelah proses seleksi selesai, maka kita akan mendapatkan tenaga kerja yang mahir di bidangnya. Tentunya proses ini telah disesuaikan dengan kriteria tenaga kerja yang perusahaan kita butuhkan ya.

3. Membuat Perusahaan Lebih Fokus

Dengan menggunakan pekerja dari penyedia jasa outsourcing, seenggaknya perusahaan kita dapat mengurangi satu fokus yang menjadi perhatian. Sebab dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan kita nggak perlu membagi fokus kepada pekerja outsourcing.

Hal ini karena segala sesuatunya bisa kita serahkan dan percayakan kepada penyedia jasa outsourcing. Hal ini dapat membuat kita lebih fokus terhadap perusahaan atau bisnis yang kita jalankan.

Bacaan Menarik Lainnya:

4. Mengurangi atau Membagi Risiko

Ketika perusahaan kita bekerja sama dengan penyedia layanan outsourcing, maka hal ini akan menguntungkan perusahaan. Salah satu keuntungan outsourcing adalah perusahaan kita dapat mengurangi atau membagi risiko dengan penyedia jasa.

Hal yang membedakan tenaga outsourcing dengan merekrut secara mandiri adalah pegawai tersebut otomatis menjadi tanggung jawab perusahaan kita secara penuh. Jika kita menggunakan jasa outsourcing risiko dapat dibagi pada penyedia jasa outsourcing.

Hal ini karena pekerja outsourcing bukanlah tanggung jawab perusahaan kita, melainkan tanggung jawab dari penyedia jasa outsourcing tersebut.

5. Sumber Daya Manusia Lebih Mumpuni

Faktor lain yang menjadi alasan sebuah perusahaan lebih memilih untuk bekerja sama dengan penyedia jasa outsourcing dibandingkan merekrut pekerja secara mandiri, yaitu dilihat dari keahlian yang dimiliki oleh para sumber daya manusianya.

Dengan menggunakan jasa outsourcing, keahlian para sumber daya manusianya sudah bisa dipastikan. Sebab para penyedia jasa ini biasanya menyediakan training atau pelatihan. Dengan ini para pekerja bisa dikatakan memiliki kemampuan yang mumpuni untuk masing-masing bidang pekerjaannya.

Nggak hanya itu, nggak sedikit dari penyedia jasa outsourcing yang serius untuk mengunggulkan sumber daya manusianya untuk bisa menjadi yang paling berkualitas. Banyak dari perusahaan penyedia jasa ini yang juga telah mempersiapkan kemampuan dari para tenaga kerjanya hingga berstandar internasional.

Staffing: Solusi Mendapatkan Pekerja dengan Kualitas Mumpuni

Sudah paham keuntungan jasa outsourcing? Maka di sini ada solusi apabila kita tertarik dan ingin mencoba bekerja sama dengan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa tersebut. Kita bisa mendapatkan tenaga outsourcing berkualitas melalui Workmate Indonesia.

Bacaan Menarik Lainnya:

Staffing dari Workmate Indonesia juga dapat membantu kita untuk bertemu dengan tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria yang kita butuhkan. Untuk lebih mengenalnya, berikut terdapat beberapa keunggulan dari Staffing yang perlu kita ketahui:

1. Menyediakan Kandidat Tenaga Kerja secara Cepat dan Tepat

Dengan menggunakan solusi Staffing, kita akan mendapatkan kandidat tenaga kerja yang cepat juga tepat sebab sistemnya yang didukung oleh teknologi digital.

2. Sistem Absensi Tanpa Timesheet Manual

Keunggulan berikutnya dari menggunakan Staffing, yaitu kita dapat memanfaatkan aplikasi Worker App untuk memantau kehadiran para pekerja. Hal ini menguntungkan sebab kita nggak lagi perlu berhubungan dengan timesheet manual yang merepotkan.

3. Staffing Menawarkan Biaya 30% Lebih Hemat Dibandingkan Konvensional

Sebenarnya kita perlu meminimalisir biaya pengeluaran perusahaan kan ya! Nah Workmate Indonesia menawarkan biaya yang lebih hemat 30% dibandingkan dengan konvensional.

4. Tingkat Efisiensi Rekrutmen Tinggi dengan Sistem Digital

Dengan sistem perekrutan tenaga kerja yang bersifat digital, maka hal ini dapat menguntungkan dari segi waktu.

Sudah paham apa itu outsourcing? Ingin menerapkannya pada perusahaan? Staffing dari Workmate Indonesia bisa menjadi salah satu solusi yang tepat apabila perusahaan kita tertarik untuk mulai menggunakan jasa outsourcing terpercaya.

Dengan kita memilih Workmate Indonesia tentunya juga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan sehingga akan semakin berkembang. Kunjungi Workmate Indonesia untuk mendapatkan informasi lebih.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama