6 Cara Mengatasi Rasa Bosan dengan Pasangan, Jangan Keburu Ganti Dulu!

Saat awal memiliki pasangan tentu rasanya kita ingin selalu bersama. Malah sampai ada kata-kata soal dunia terasa milik berdua. Sementara yang lain ngontrak. Tapi, seiring berjalannya waktu, kebersamaan itu bisa memunculkan kebosanan. Lantas apa sih cara mengatasi rasa bosan dengan pasangan yang bisa kita lakukan?


Cara Mengatasi Rasa Bosan dengan Pasangan


Cara Mengatasi Rasa Bosan dengan Pasangan

Menurutku ya, rasa bosan dengan pasangan tuh bukan karena orangnya. Tapi bisa karena situasinya dan lain-lain.

Oleh karena itu, jangan keburu memutuskan buat ganti pasangan deh! Coba lakukan beberapa cara ini dulu. Siapa tahu bisa membantu kita buat mengatasi rasa bosan tersebut.

1. Komunikasi Terbuka

Banyak yang bilang, hubungan dengan pasangan tuh lebih banyak berurusan soal komunikasi. Makanya, kebanyakan pasangan tercipta karena nyambung kalau ngobrol. Saling cocok gitu lah.

Daripada buru-buru memutuskan buat break karena bosan. Mending bicarakan perasaan masing-masing. Obrolin deh tentang rasa bosan yang mungkin kalian rasakan.

Kalian bisa diskusi soal apa yang membuat kalian merasa bosan dan tanyakan gimana perasaan pasangan.

Pokoknya saling terbuka, lalu kalian cari solusi bareng-bareng. Mau melakukan apa biar nggak bosan. Kitanya harus gimana sama pasangan dan lain sebagainya.

2. Eksplorasi Hal Baru Bersama


Eksplore Hal Baru dengan Pasangan


Namanya juga bosan ya. Mungkin kita memang membutuhkan hal baru. Tapi, bukan berarti pasangan baru ya.

Coba deh buat eksplorasi hal-hal baru bersama pasangan. Misalnya, coba aktivitas baru, seperti memasak resep baru, mencoba olahraga atau kegiatan fisik bersama, mengikuti kelas atau workshop bersama, atau menjelajahi tempat-tempat baru.

Dengan begitu, kita bisa menciptakan pengalaman baru bersama. Harapannya sih kita bisa memperkuat ikatan dan menghidupkan kembali semangat dalam hubungan.

3. Saling Memberi Kejutan

Cara mengatasi bosan dengan pasangan selanjutnya adalah dengan saling memberi kejutan. Nggak harus nunggu ada moment istimewa sih ya. Dan nggak harus yang mewah juga.

Bahkan kejutan kecil juga bisa kok membantu untuk mengatasi kebosanan dalam hubungan.

Coba deh rencanakan momen kejutan yang sederhana, kayak makan malam romantis, mengirim pesan yang manis, atau memberikan hadiah kecil yang berarti buat pasangan.

Yakin deh! Kejutan-kejutan semacam itu bisa lho memberikan rasa segar dan menghidupkan kembali romantisme dalam hubungan.

4. Luangkan Waktu untuk Quality Time


Quality Time Bersama Pasangan


Mungkin, kita terlalu sering berkutat dengan rutinitas sehari-hari yang monoton. Bikin bosan.

Nggak ada salahnya lho kalau kita meluangkan waktu untuk quality time sama pasangan. Kita bisa kencan malam, melakukan short trip atau sekedar duduk berdua ngobrolin atau berbagi perasaan.

Moment quality time ini bisa jadi kesempatan untuk saling memberikan perhatian penuh satu sama lain. Kalau sudah begitu sih harapannya kita bisa memperkuat ikatan emosional dan mengatasi rasa bosan.

5. Berbagi Hobi dan Minat

Selain quality time, kita mungkin bisa mengatasi rasa bosan dengan pasangan melalui hobi dan minat.

Coba deh cari tahu hobi atau minat yang bisa kita lakukan bersama pasangan. Misalnya, memasak, berkebun, seni, atau olahraga. Pastikan hobi dan minat ini sama-sama kita sukai.

Jadi, saat melakukannya bersama bisa memberikan kesenangan pada kita dan pasangan. Selain itu, harapannya ikatan hubungannya akan lebih kuat deh.

6. Membangun Tujuan Bersama

Terakhir, membangun tujuan bersama sebagai pasangan mungkin bisa memberikan kita fokus dan tambahan energi yang positif dalam hubungan.

Bicarakan tentang impian dan tujuan jangka panjang bersama pasangan, dan langkah-langkah yang bisa kita ambil bersama-sama untuk mencapainya.

Kupikir hubungan tuh juga tentang gimana menghadapi tantangan dan merayakan pencapaian bersama.

Ingatlah bahwa kebosanan dalam hubungan adalah hal yang normal dan sangat bisa kita atasi. Sehingga, harusnya kita nggak perlu buru-buru ganti pasangan hanya karena rasa bosan.

Ada beberapa cara mengatasi rasa bosan dengan pasangan, yaitu komunikasi terbuka, eksplorasi bersama, kejutan, menghabiskan waktu berkualitas bersama, berbagi hobi dan minat, serta membangun tujuan bersama.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

9 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Rasa bosan dalam hubungan itu wajar banget sih, yah namanya juga manusia. Mangkanya penting banget untuk jadi diri kita sendiri di depan pasangan. Gausah jaim, gausah dibuat-buat. Karena justru yang kayak gitu tuh bakal cepet ngebosenin.

    Baiknya ya kita apa adanya aja. Kalo mau gila ya gila-gilaan bareng. Mau konyol ya konyol-konyolan bareng. Jangan sampe kita sama pasangan tuh ngga sefrekuensi.

    BalasHapus
  2. Sebagai orang yg belum menikah, ternyata molly baru tahu kalau kita suatu hari nanti akan bosan dgn pasangan kita. Jadi big notes nih untuk molly harus nyari pasangan yg sefrekuensi biar nyambung terus

    BalasHapus
  3. kunci utama sih emang komunikasi, semua harus dikomunikasikan dengan baik biar jelas, jangan asal ganti aja ya padahal masih bisa dibicarakan dengan baik dan mencoba kegiatan-kegiatan positif bersama biar hubungan fresh selalu ya :)

    BalasHapus
  4. Quality time itu emang penting bangetbterutama buat kami yg skr lagi LDM mbak. Klo pas krtemu bener2 berusaha mluangkan waktu ga hanya utk anak2 tp untuk berdua juga

    BalasHapus
  5. Kalo udah nikah lalu bosan ya gawaat. Maunya nikah sehidup semati. Jangan kayak orang pacaran yg bosan lalu putus sambung.

    Memang komunikasi adalah kunci dari kelancaran hubungan ya.

    Kalau bagi yg udah nikah bisa coba bulan madu kedua biar romantis lagi dan gak bosan

    BalasHapus
  6. Semua saran tips di atas beneran efektif lho. Terutama komunikasi terbuka. Padahal, bahkan setelah terbuka sekali pun, masih ada resiko salah paham alias miss understanding.
    Lagi-lagi, ya dikomunikasikan baik-baik. Nada suara tujuh oktaf, sebaiknya biarkan dimiliki oleh Mariah Carey atau Whitney Houston saja :D

    BalasHapus
  7. saya setuju nih, yang membuat sesuatu terasa membosankan itu bukan orangnya, tapi lebih ke aktivitas atau kegiatan rutin yang kita lakukan setiap hari. dan dari poin2 diatas menurut saya poin terakhir itu yang paling penting.

    BalasHapus
  8. Perasaan seperti ini kadang memang muncul, tapi ganti pasangan bukan solusi, namun dengan memperbaiki komunikasi termasuk dengan melakukan hal hal tersebut
    Kalau aku biasanya pillow talk atau sambil jalan jalan dan ngobrol
    Taruh dulu gawai masing masing
    Dan ya mulai cerita

    BalasHapus
  9. Yes benar, bosan itu karena suasana. Ganti orang juga gak jamin nggak bakal bosan. Mungkin pas pertama kali seru, lama-lama bosan juga. Jadi daripada memulai lagi dari awal dengan orang baru, ya mending memperbaharui dengan pasangan lama.

    Dan menurut saya, kunci utamanya memang di komunikasi. "Kalau kamu bosan jangan menghilang, kalau kamu bosan kamu bisa bilang".

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro