Investasi di Obligasi FR Sekarang Bisa Kapan Aja di Ajaib!

Salah satu cara mengatur keuangan adalah menyisihkan sebagian uang kita dalam bentuk investasi. Ada beragam bentuk investasi, contohnya Obligasi Negara Fixed Rate (FR).

Apalagi bond ini menjadi instrumen investasi yang menarik di tahun 2024. Yuk, mari kita bahas secara detail terkait Obligasi Negara FR dan potensinya di bawah ini!

Mengenal Obligasi Negara FR

Mengenal Obligasi Negara FR

Laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa Obligasi Negara atau Government Bond seri FR (Fixed Rate) atau Obligasi FR adalah Surat Utang yang diterbitkan oleh Pemerintah dalam jangka waktu tertentu dengan kupon tetap (1).

OJK juga menyebutkan bahwa kita akan mendapat bayaran atas kupon Obligasi FR setiap enam bulan sekali dengan nilai yang sama. Bagaimana maksudnya?

Ilustrasinya begini, katakanlah kita membeli Obligasi FR pada bulan Januari 2024 dengan kupon 8% per tahun dan jatuh tempo dalam 10 tahun. Maka, sepanjang waktu 2024-2034 setiap enam bulan, kita akan menerima pembayaran kupon sebesar 8% dari nilai pokok investasi.

Oleh karena itu, Obligasi Negara FR adalah pilihan yang tepat sebagai sumber pasif income untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang, seperti dana pendidikan, dana pensiun dan lain-lain.

Potensi Obligasi Negara FR

Potensi Obligasi Negara FR

Dalam salah satu berita keuangan yang termuat di website CNBC Indonesia, kita bisa mengetahui bahwa BI menekankan bahwa tingkat suku bunga acuan saat ini masih memadai untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah (2).

Raden Pardede, Ekonom Senior, juga menyebutkan bahwa ada riil interest rate sekitar 1,75% (2).

Menurut prediksi, interest rate di tahun 2024 akan turun. Hal ini akan sangat menguntungkan bila kita berinvestasi di Obligasi Negara FR. Mengapa demikian?

Saat suku bunga turun, maka harga obligasi berpotensi akan naik. Sebab hubungan keduanya adalah berkebalikan. Oleh karena itu, sekarang saatnya untuk mengamankan kupon dari Obligasi FR.

Meskipun suku bunga naik-turun, tapi kupon yang kamu dapatkan tetap. Sehingga cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan pendapatan tetap meskipun di tengah kondisi ekonomi yang volatile.

Selain itu, dengan berinvestasi pada Government Bonds, kita juga turut berkontribusi langsung kepada pembangunan negara. Karena uangnya memang untuk modal dalam projek pembangunan negara.

Bukan hal yang mengherankan bila investasi Obligasi Negara merupakan investasi dengan resiko yang sangat rendah. Karena memang dijamin oleh negara.

Jika kamu membutuhkan uang dan ingin menjual obligasi milikmu sebelum jatuh tempo juga bisa. Kamu dapat menjualnya di pasar sekunder. Dari penjualan obligasi ini kamu juga berpotensi mendapatkan capital gain jika harga jual lebih tinggi dibanding harga beli obligasinya.

Jadi harga obligasi ini memang masih fluktuatif ya, tapi tidak se-fluktuatif harga saham. Jadi instrumen obligasi ini juga cocok untuk trader.

Alasan Investasi Obligasi

Investasi di Ajaib

Pertanyaan selanjutnya adalah kenapa kita harus berinvestasi di Obligasi Negara FR? Setidaknya, ada tiga alasan kita bisa memilih investasi jenis ini, antara lain:

  • Cocok untuk diversifikasi portofolio atau penganekaragaman jenis investasi yang kita lakukan.
  • Pendapatannya pasti di tengah situasi ekonomi yang tidak pasti. Meski enam bulan sekali, kita akan menerima pembayaran kupon dengan nilai yang tetap.
  • Bisa untuk seluruh tipe investor, baik jangka panjang, menengah, pendek bahkan trader.

Kabar baiknya, sekarang kamu bisa beli bond dengan mudah kapan saja hanya di Ajaib!

Investasi Bond di Ajaib

Ajaib Pilihan Pertama Investor Indonesia

Buat Teman-teman yang belum tahu, Ajaib adalah platform pilihan #1 Investor Indonesia. Kita bisa diversifikasi portofolio dengan lengkap dan komprehensif.

Katakan saja kita mau investasi di beberapa produk sekaligus, seperti:

  • Investasi atau trading di Saham
  • Investasi di Reksa Dana
  • Sekaligus investasi di produks Bonds atau Obligasi juga bisa

Kenapa beli Bond di Ajaib?

  • Dapatkan Kupon Obligasi FR hingga 8,375% 
  • Kita bisa melakukan jual-beli Bonds kapan saja (24/7) dengan proses yang mudah dan praktis.

Bagaimana Caranya Memilih Obligasi FR yang Cocok Sesuai Profil Risiko?

Pilihan Obligasi Negara FR di Ajaib

Sebagai seorang yang baru memulai investasi, mungkin akan sulit dalam memilih obligasi mana yang cocok. Namun, di aplikasi Ajaib sudah tersedia perhitungan yang akan membantu kita untuk menentukan obligasi mana yang sesuai dengan profil dan kebutuhan kita, di antaranya:

  1. Grafik Performa Obligasi, merupakan pergerakan harga dan akumulasi kupon yang dihitung setiap hari. Ini akan berguna untuk investor jangka pendek atau trader.
  2. Coupon di mana persentasenya lebih tinggi daripada bunga deposito bank. Pembayarannya bisa per tahun atau dalam Obligasi FR biasanya per enam bulan. Misalnya, nilai obligasi sebesar $1.000 dengan kupon 5%. Maka kita akan menerima kupon pembayaran sebesar $50 setiap tahunnya. Ini akan berguna bagi investor jangka menengah.
  3. Yield to Maturity (YTM) adalah tingkat pengembalian saat obligasi sampai jatuh tempo. Ini mencakup pembayaran kupon tahunan, potensi kenaikan atau penurunan nilai obligasi dan pembayaran kembali nilai nominal saat jatuh tempo. Perhitungan ini akan berguna bagi investor jangka panjang.

Dengan adanya informasi ini, tentu akan sangat membantu sehingga kamu tidak akan sulit lagi memilih produk obligasi di Ajaib.

Kesimpulan

Obligasi Negara FR adalah Surat Utang yang diterbitkan oleh Pemerintah dalam jangka waktu tertentu dengan kupon tetap. Saat interest rate menurun sesuai prediksi di tahun 2024, maka harga obligasi akan naik.

Bila kita berinvestasi di Obligasi Negara, maka kita akan ikut berkontribusi langsung untuk pembangunan negara. Apalagi, jenis Obligasi FR juga cocok untuk semua tipe investor, baik jangka pendek, menengah, panjang bahkan trader.

Yuk, kita dukung pembangunan negara dengan menyelesaikan #MisiInvestasi Obligasi FR di Ajaib. Karena Ajaib adalah Pilihan #1 Investor Indonesia dan bisa diversifikasi portofolio dengan lengkap dan komprehensif.

Gunakan kode Ajaib sriw663 saat registrasi untuk mendapatkan hadiah 1 lot saham.

Sumber Informasi:

  1. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40804
  2. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230608090320-4-444074/momok-seram-mulai-pudar-waktunya-bi-turunkan-bunga-acuan
  3. https://market.bisnis.com/read/20231226/92/1727296/prospek-pasar-obligasi-2024-tersengat-pemangkasan-suku-bunga-the-fed
  4. https://ajaib.co.id/obligasi-fr-fixed-rate-potensi-keuntungan/
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

27 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Cukup menarik juga ya obligasi ini. Jadi yang kita dapatkan tetap meski suku bunga turun naik. Dan lebih praktis bisa beli di aplikasi Ajaib kapan aja, di mana aja bisa beli.

    BalasHapus
  2. Obligasi memang jadi incaran bagi yang ingin berinvestasi ya, Mbak. selain aman kerena merupakan surat utang negara, keuntungan juga lumayan. Terus bisa sekalian ikut membantu membangun negara.

    BalasHapus
  3. pernah denger Ajaib ini. Untung ya Ajaib ini membantu perhitungan untuk memilih obligasi yang cocok.

    BalasHapus
  4. aku belum pernah obligasi, sepertinya yg fr ini jenis barukah? aku masih kurang informasi tentang obligasi, biasanya ditawarin reksadana dan saham

    BalasHapus
  5. Saya baru tahu jenis obligasi negara Fixed rate ini. Sepertinya memang lumayan menjanjikan membaca simulasi perhitungannya. Harus dipelajari lebih dalam lagi nih tentang FR ini, biar kalau mau terjun ke dalamnya sudah benar-benar siap dan paham benar dengan sistem dan teknisnya

    BalasHapus
  6. Sekarang ini mau inventasi obligasi FR makin mudah karena ada Ajaib. Bahkan dengan kode dari Mba Yuni, bisa nih dapat free 1 lot saham.

    BalasHapus
  7. Eh saya tertarik loh Yun sama investasi obligasi FR ini, pas tahu kalau ternyata obligasi ini itu resikonya sangat rendah. Selain dapat bunga, uang juga terjamim kembali utuh di akhir. Eh kita masih bisa bantu pemerintah lagi.

    BalasHapus
  8. Baru nih kenalan dengan bentuk investasi dalam rupa obligasi alias surat hutang yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sebenarnya ada banyak rupa investasi yang saat ini bisa dijajal untuk menggerakkan dana yang dimiliki sih ya.

    BalasHapus
  9. Yakan yaa.. aplikasi Ajaib ini bener-bener bisa bikin percaya kalau newbie pun bisa memulai berinvestasi dengan aman dan nyaman menggunakan aplikasi Ajaib ini. Apalagi ada panduan dari blog ka Yuni seperti ini. Jadi gak ragu untuk memulai inventasi obligasi FR.

    BalasHapus
  10. Wah sekarang investasi bisa berupa oblgasi surat hutang ya, Kak. Terus caranya juga gampang banget karena bisa malalui ajaib nih. Sepertiya bisa jadi solusu bagi banyak pihak nih

    BalasHapus
  11. Instrumen untuk berinvestasi beragam ya, salah satunya bisa andalkan obligasi.
    Yang penting dipahami sebaik mungkin sehingga ketika akan melakukan investasinya bisa nyaman

    BalasHapus
  12. sekarang mau investasi obligasi makin mudah ya, ga kayak dulu, apalagi sekarang bisa langsung menggunakan aplikasi jadi semakin mudah ga perlu datang ke bank, cukup klik dari smarthpone saja, namun kebetulan saya belum pernah cobain investasi obligasi FR ini, penasaran juga cara kerjanya seperti apa

    BalasHapus
  13. Sepertinya memillih investasi Obligasi Negara merupakan investasi dengan resiko yang sangat rendah, ya, karena memang dijamin oleh negara. Lumayan menjanjikan bagi siapa saja yang mau berinvestasi dengan obligasi

    BalasHapus
  14. Wah, pas banget
    Aku lagi pengen investasi dalam obligasi
    Baca ini jadi tahu apa langkah yang tepat untuk melakukan investasi obligasi

    BalasHapus
  15. Praktis sekali ya berinvestasi melalui Ajaib. Tapi memang obligasi merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan ya

    BalasHapus
  16. Obligasi ini asing sih buatku yang masih belajar investasi. Tapi, menarik banget baca keuntungannya, hehe pasif income yang lumayan untuk jangka panjang ya.

    BalasHapus
  17. Semakin mudah investasi bersama Ajaib. Obligasi FR bisa jadi salah satu pilihan, karena benefitnya juga lebih pasti dengan resiko lebih rendah..

    BalasHapus
  18. Menarik juga nih obligasi, apalagi kita bisa tetap ada simpanan walau suku bunga bisa turun naik ya.Langsung intip fitur-fitur yang ada di Ajaib nih

    BalasHapus
  19. Wah, menarik banget nih penjelasannya tentang Obligasi Negara FR! Kayaknya ini bener-bener pilihan investasi yang nggak cuma bikin kita dapat pendapatan tetap, tapi juga turut berkontribusi langsung dalam pembangunan negara. Plus, dengan adanya platform seperti Ajaib, semuanya jadi makin mudah dan transparan buat kita yang pengen mulai berinvestasi. Mantap! 📈💼

    BalasHapus
  20. meski saya kurang paham soal investasi oblligasi, nampaknya jenis investasi Obligasi FR ini bisa jadi referensi saya untuk investasi. apalagi sekarang bisa dilakukan lewat aplikasi ajaib. auto donlot dan kepo kepo lebih lanjut nih

    BalasHapus
  21. Menambah pengetahuan dunia investasi apalagi khususnya obligasi. Untuk hari tua kita harus mempersiapkan investasi yang benar benar bermanfaat

    BalasHapus
  22. Waaan ternyata ada jenis obligasi yang namanya fixed rate (FR) ya kak. Cocok nih buat investasi jangka panjang. Oh iya FR bisa untuk user menengah juga ya. Ih jadi penasaran pengen nyobain beli obligasi di aplikasi Ajaibnya

    BalasHapus
  23. Saat ini mau inventasi obligasi Fixed Rate makin mudah karena ada Ajaib. Dengan menggunakan kode dari Mba Yuni, bisa nih dapat free 1 lot saham.

    BalasHapus
  24. Ternyata obligasi itu dijamin negara dan resikonya rendah. Cocok buat generasi yang takut sama resiko inverstasi hehe

    BalasHapus
  25. Investasi di ranah obligasi emang menjanjikan. Apalagi kalau fixed rate, lebih better dan termasuk ke dalam investasi yang aman. Apalagi ikut ngebantu negara juga.

    BalasHapus
  26. Menarik juga ya invest jangka panjang dengan Obligasi FR ini. Ku juga baru tahu kalau obligasi berkebalikan dengan suku bunga. Which is saat suku bunga turun, harga obligasi malah berpotensi akan naik. Dan kalau suku bunga naik berarti harga obligasi turun tapi bisa tetap dapat kuponnya

    BalasHapus
  27. Obligasi FR nih jadi kaya kita ngasih pinjaman uang ke negara gitu ya kak? Hmmm, abis baca ini jadi lumayan penasaran dan lumayan tertarik jugaaa. Mau coba cari info lebih banyak aaaah

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro