Ganti Cara Belajar! Sudah Tahu Pekan Olahraga Otak di ZenCore?

Yuni Bint Saniro - Aku punya adik laki-laki. Dia sudah duduk di bangku SMP tahun ke-8. Selama ini dia selalu belajar dengan caranya sendiri. Meski aku nggak tahu gimana persisnya. Makanya, aku ingin dia ganti cara belajar.

Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Zenius. Dia yang akrab dengan ponselnya, harus menginstall aplikasi tersebut. Harapanku sih, dia bisa sambil belajar di sela-sela kesibukannya dengan ponsel.


ZenCore


Intinya, aku nggak mau adikku cuma menghabiskan waktunya bersama ponsel hanya dengan bermain game saja. Harus ada aplikasi belajarnya. Biar dia bisa jadi jagoan adu otak.

Lagian nih ya. Zenius punya fitur yang keren banget. Cocok buat adikku yang punya mental kompetitif dan suka main game. Dia pasti nggak asing dengan kompetisi.

Mengenal ZenCore

Sebenarnya ZenCore merupakan skill dan knowledge yang harus kita kuasai, nggak peduli apapun background pendidikan kita. Seenggaknya itulah yang Zenius pikirkan saat memunculkan fitur ini yang dirancang dengan pendekatan adaptive learning.

Artinya para pengguna bisa belajar menggunakan fitur ini sesuai dengan level pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki. Bahkan ketika levelnya berada pada posisi minus sekali pun.

Aku paham sih bahwa platform ini ingin penggunanya bisa meningkatkan fundamental skill yaitu bidang Matematika, Verbal Logic dan Bahasa Inggris beserta insightful knowledge-nya. Makanya saat mengikuti CorePractice, adikku berhadapan dengan tiga kategori umum, yaitu sebagai berikut:


jagoan adu otak


Matematika

Belajar matematika ternyata dapat membantu kita agar bisa berpikir dengan lebih sistematis. Ketika kita terbiasa berhitung, berlatih deret, dan sejenisnya, maka tanpa kita sadari kita sudah memaksa otak agar mau berpikir secara runut.

ZenCore mengerti sekali akan hal ini. Makanya, mereka menyediakan banyak soal yang sudah dibagi pada setiap level. Tentu soalnya akan menyesuaikan dengan tingkatan adikku atau Teman-teman semua.

Verbal Logic

Verbal logic adalah pengetahuan tentang bagaimana kita berpikir secara logika. Dan ini bisa sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, misalnya:

  1. Kita nggak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.
  2. Mampu bersikap kritis dan sistematis.
  3. Kita juga bisa lebih cermat dan objektif.
  4. Semakin menyadari tentang sesuatu yang perlu atau nggak untuk kita lakukan.

Harapannya, adikku akan sering melatih dirinya menyelesaikan CorePractice dalam kategori verbal logic. Biar bisa semakin mengasah otaknya gitu lho.

Bahasa Inggris

Ketiga adalah bahasa inggris. Nah adikku pernah bertanya kenapa sih kita harus belajar Bahasa Inggris?

Aku mencoba untuk memahami, kenapa dia bertanya begitu. Mungkin dia berpikir kalau kita tinggal di Indonesia yang bahasa sehari-harinya adalah bahasa daerah atau maksimal Bahasa Indonesia.

Well, ada dua alasan kenapa kita harus belajar Bahasa Inggris, yaitu:

  1. Kita bisa berbicara dengan pemikiran-pemikiran hebat dunia. Secara buku-buku terbaik biasanya akan dituliskan dalam Bahasa Inggris atau ada terjemahan Bahasa Inggrisnya.
  2. Bisa membuka perspektif dan pengetahuan dari berbagai belahan dunia.

Kebayang kalau kita nggak bisa Bahasa Inggris. Kita nggak akan paham apa yang dunia pikirkan tentang kita.

Adikku yang Suka Main Game, Kudu Ganti Cara Belajar di CorePractice Juga

“Main game yuk!”

Buat yang hobi main game pasti nggak asing dengan ajakan tersebut. Adikku pun sama. Dia pemain mobile legend. Aku nggak tahu apa tiernya sekarang. Tapi, beberapa kali dia mengajak temannya buat main bareng. Kalau sudah begitu, maka alamat sudah. Belajar menjadi nomor sekian.


ganti cara belajar
Adikku udah ganti cara belajar bersama ZenCore

Harapanku ZenCore bisa menjadi media pembelajaran agar adikku bisa meningkatkan rank kemampuannya juga dengan rutin berlatih di CorePractice. Dia pasti excited. Apalagi dia bisa mengajak teman-temannya untuk bersaing. Jadi, belajar nggak melulu sendirian dan membosankan.

Pas pemanasan otak dengan mengerjakan kuis Matematika di CorePractice beberapa waktu lalu saja, dia merasa gemas. “Kok aku ngerjakannya kurang cepet ya, mbak! Mana masih ada yang salah lagi.”

Terus dia mendengarkan pembahasan soal-soal yang sudah dia kerjakan. Memutarnya berulang kali hingga dia paham benar atas maksud dan jawaban dari kuis itu. Saat kutanya dia tentang CorePractice. Adikku bilang itu seru karena beberapa hal berikut ini:

Bikin Cerdas Beneran

Ya gimana dong? Zenius nggak hanya menyediakan ribuan kuis saja untuk adikku kerjakan. Tapi, mereka juga menyediakan video pembahasannya. Jadi, saat ada yang salah adikku bisa mempelajarinya lagi.

Selain itu, mereka juga melatih mentalitas belajar yang tepat, membangun motivasi, sekaligus bisa menjadi teman pendengar keluh-kesah. Rasanya nggak akan sia-sia mempercayakan urusan belajar adikku pada aplikasi ini.

Bisa Saling Meningkatkan Rank Bareng Teman

Bagi yang suka kompetisi maka CorePractice bisa menjadi wadah yang tepat. Karena ini nggak hanya untuk meningkatkan pemahaman diri sendiri melalui kuis-kuis yang dikerjakan. Tapi, kita bisa mengundang teman untuk bersaing bersama.

Sehingga, mereka bisa saling beradu siapa yang menjadi jagoan adu otak. Tentu dengan persaingan yang sehat ya. Karena berdasarkan pengalaman adikku, mengenai cara akses CorePractice adalah sebagai berikut:

  1. Klik ZenCore melalui beranda aplikasi Zenius.
  2. Pilih kategori fundamental skill yang ingin dikerjakan.
  3. Begitu sudah mulai tombol start, maka dia akan diberi waktu untuk menjawab pertanyaan tanpa ada kesempatan untuk menjedanya. Nggak ada pilihan lain selain menjawab kuis semampunya sampai selesai.
  4. Baru kemudian akan ada penilaian, berapa score yang dia dapatkan, berapa soal yang salah dan pilihan untuk melihat pembahasan soal.

Makanya biar bisa ganti cara belajar bareng adikku, Teman-teman bisa mendownload Aplikasi ZenCore untuk iOS kok. Lalu, invite adikku ya. Biar bisa meningkatkan rank bareng gitu lho.

Sudah Ganti Cara Belajar, Yuk Ikut Pekan Olahraga Otak


Pemanasan Otak
Ganti Cara Belajar yuk! Dengan ZenCore Biar Belajarnya Makin Asyik

Fiesta Primagama telah resmi bergabung bersama Zenius sejak Maret lalu. Sebagai perayaannya, mereka akan mengadakan spesial campaign yang bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi para user yang belum pernah mencoba ZenCore dan memfasilitasi mereka yang sudah pernah dan rutin menggunakannya sebagai pemanasan otak.

Spesial campaign tersebut adalah Pekan Olahraga Otak X Fiesta Primagama. Hal ini bertujuan untuk mengajak para pengguna agar terus melatih otak dengan ZenCore. Periode saat ini mulai tanggal 28 Maret 2022 hingga 24 April 2022. Lalu, mereka akan mengumumkan siapa saja pemenangnya melalui instagram @zeniuseducation dan @primagama_id.

Penentuan pemenangnya pun sangat fair menurutku. Mereka akan menentukan pemenangnya berdasarkan skor total masing-masing kategori subjek, seperti Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Selain itu, mereka akan menghitung dari semua peserta yang sudah melakukan praktik dan latihan sebanyak mungkin selama periode lomba. Pokoknya siapa yang cepat menyelesaikan banyak level dan mendapatkan nilai tertinggi kali ya.

Kayaknya aku akan meminta adikku untuk mengikuti lomba ini. Toh dia sudah melakukan pemanasan otak beberapa kali di ZenCore dengan CorePractice. Aku pikir nggak akan sulit bagi adikku untuk ikut. Mungkin dia akan merasa khawatir kalah. Tapi, hellow. Namanya juga lomba. Kalah atau menang mah udah biasa ‘kan ya.

Meski begitu hadiahnya keren-keren banget, yaitu Ipad 9, Samsung Smart Watch 4, Xiaomi Haylou Solar LS05, JBL T450, dan hadiah hiburan untuk 5 orang yang beruntung.

Sehingga, ketika adikku rutin menggunakan ZenCore maka bisa mengasah otaknya. Selain itu, dia bisa seru-seruan dengan teman dengan meningkatkan rank di aplikasi Zenius bersama.

Jadi tunggu apa lagi? Segera download Aplikasi ZenCore untuk Android. Ganti cara belajar. Lalu, temukan diri dan kejar mimpimu sendiri. Semoga bermanfaat.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

10 Comments

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Ponsel juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran lewat aplikasi Zenius ya Mba... Seru juga bisa belajar di ZenCore. Baru denger nih ada Pekan Olahraga Otak, hiihihihi....

    ReplyDelete
  2. Asiikk bisa jadi cara belajar yang menyenangkan ya, apalagi di era teknologi yang semakin canggih ini. Cara belajar juga beda ya denngan yang sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. Sekarang mudah banget ya mau belajar, ada aplikasi pendukung yang oke banget seperti Zencore ini. Alih alih push rank online game, bisa juga push rank Zencore lebih oke.

    ReplyDelete
  4. Pakai zencore bisa bikin cerdas beneran ya mbak. Ganti cara belajar anak nih pakai zencore

    ReplyDelete
  5. Sekarang belajar makin mudah dan menyenangkan (bukan?). Hehe.. aku udah coba juga. Seru banget nih

    ReplyDelete
  6. Menarik banget dengan adanya pekan olahraga otak gini, mau menambah pengetahuan pun makin menyenangkan. Skill dan otak terasah biar terbiasa juga dengan beragam pelajaran ya. Harus ikutan deh lihat hadiahnya yang mantul gitu.

    ReplyDelete
  7. Menarik ya Pekan Olahraga Otak, bisa jadi solusi nih main game dapat, dapat ilmu dapat, jadi ga hanya game yang buang-buang waktu aja

    ReplyDelete
  8. Tiga bidang ini yaitu bidang Matematika, Verbal Logic dan Bahasa Inggris emang penting banget dan jadi dasar penentuan potensi seseorang ya mbak. Kalau tes potensi akademik juga kan materinya kebanyakan logika matematika dan pemahaman bahasa

    ReplyDelete
  9. aq mau ikutkan anakq lomba ini juga mbak, urusan menang atau kalah yang penting anak bisa terlatih untuk asah otak sambil berkompetisi, selain itu, jujur aq mupeng banget sama hadiahnya.

    ReplyDelete
  10. Aplikasi ini bisa digunakan oleh kita yang udah dewasa juga kan mbak. Gak harus digunakan oleh anak-anak. Keren sih ini. Kadang otak pun perlu dilatih agar bisa berpikir kreatif

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post