Tabungan Ludes Mulu? Yuk, Alokasikan Danamu di Deposito BPR Komunal

Yunibintsaniro.com – Beberapa waktu lalu, seorang tetangga baru saja membeli perhiasan untuk kesekian kalinya. Kali ini gelang dan kalung yang ukurannya cukup besar bertambah dalam koleksi. Kok aku tahu?

Ya iyalah. Tetangga itu berbagi cerita saat nongkrong di rumahku. Plus, dia mengajak bibiku saat membeli barang-barang berharganya. Tahu ‘kan ya kehidupan desa. Lengkap dengan segala gosip dan pameritasnya. Duh istilah apa lagi nih. Hehehe….

Katanya, dia membeli perhiasan dari bunga deposito milik orangtuanya.

Wow! Kebayang dong. Berapa jumlah dana yang ada dalam deposito mereka? Duh, pokoknya sukses bikin aku menunjukkan muka pengen. Tapi, apalah daya Gaes! Tanganku nggak sampai. Hehehe….


Deposito


Niat Hati Ingin Nabung, Apa Daya Diskon Marketplace Lebih Menggoda

Kadang aku berpikir, cukuplah memiliki satu rekening untuk menyimpan danaku. Katakan saja sebagai tabungan.

Sayangnya, dari waktu ke waktu tabungan yang kumiliki bukannya bertambah. Malah cenderung berkurang. Bahkan, nggak jarang tabungan itu berada pada jumlah minimal saldo yang harus mengendap. Kok bisa?

Ya gimana dong? Tabungan cuma punya satu. Ada ATM yang selalu stay dalam dompet menemaniku kemana pun aku pergi. Kalau perlu sesuatu, meski nggak punya duit, aku mudah saja gesek ATM.

Selain itu, bayang-bayang diskon dari marketplace kesayangan seolah melambai-lambai depan mata. Kalau ada barang lucu yang diskon, langsung deh masuk dalam keranjang. Checkout dan main transfer dari tabungan.

Makanya wajar ‘kan, saldoku nggak nambah-nambah. Yang ada malah berkurang sampai batas saldo minimal. Menyedihkan banget ya. Hehehe….

Kelola Keuangan dengan Baik

Kayaknya aku sudah mendapatkan warning dari keuangan nih. Mau nggak mau harus mulai bisa kelola keuangan dengan lebih baik. Agar nggak kerepotan saat melangkah di masa depan nanti.

Nah, salah satu caranya adalah dengan menetapkan batas maksimal untuk dana konsumsi bulanan sejak awal. Selain itu, kita juga perlu memisahkan dana konsumsi dengan dana yang akan menjadi tabungan.

Bagusnya sih, kalau dana tabungannya nggak terjangkau. Maksudnya kita nggak bisa leluasa gesek ATM kapan pun kita suka. Dan kita nggak bisa transfer sana-sini buat memenuhi hasrat belanja.

Dalam hal ini, kita bisa memilih untuk menempatkan dana pada deposito. Why?

Kenapa Mesti Deposito?


Deposito Adalah


Berdasarkan minisite sikapiuangmu yang disusun oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa deposito adalah salah satu jenis simpanan yang hanya dapat dicairkan pada jangka waktu dan syarat-syarat tertentu.

Adapun karakteristik deposito yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Dananya nggak bisa dicairkan sebelum jangka waktu berakhir.
  2. Jangka waktu deposito bisa diperpanjang secara otomatis atau kita bisa mengenalnya dengan Automatic Roll Over (ARO).
  3. Kita bisa menetapkan deposito dalam mata uang rupiah atau pun valuta asing.

Hal ini memungkinkan kita untuk nggak seenaknya gesek ATM atau transfer sana-sini. Sehingga tabungan aman sampai melewati tenor yang sudah disepakati.

Karena deposito ‘kan mengharuskan dana kita mengendap sesuai jangka waktu tertentu. Kalau kita mencairkannya sebelum jatuh tempo malah akan kena pinalti. Nggak mau dong pinginnya untung malah buntung?

Pada saat jatuh tempo, kita akan mendapatkan suku bunga deposito atas sejumlah dana yang sudah tersimpan. Wow, menurutku ini bisa menjadi salah satu instrument investasi yang aman dengan tingkat resiko yang rendah. Iya nggak sih?

Kabar baiknya, Komunal Indonesia meluncurkan produk terbaru yang memungkinkan kita untuk menyimpan dana ke produk simpanan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) dalam jangka waktu tertentu. Produk terbaru Komunal ini berupa Depositobpr.

Deposito BPR Komunal yang Aman


Deposito BPR Komunal
Koleksi Pribadi


Dulu, membuka deposito tu lumayan ribet. Kita harus mengunjungi bank dan menyiapkan sejumlah dana yang agak gedhe.

Maklum sih, suku bunga deposito ‘kan lebih besar ketimbang tabungan biasa pada umumnya. Maka dari itu, sebenarnya banyak orang yang merasa tertarik untuk berinvestasi pada instrument ini.

Sayangnya, nggak semua orang bisa atau punya waktu luang untuk mengurusnya. Sibuk dan nggak cukup memiliki banyak dana menjadi alasan, termasuk alasanku.

Kabar baiknya adalah sekarang sudah ada Komunal Deposito BPR yang merupakan platform aggregator pertama di Indonesia. Dimana platform ini dapat menghubungkan kita dengan lebih dari 1500 produk Deposito BPR.

Hal yang menarik adalah buka deposito sekarang #BisaDimanaAja bahkan dari rumah sekali pun. Tentu saja nggak perlu ribet lagi dong. Produknya juga beragam. Bikin kita mendapat banyak peluang untuk mengembangkan dana.

Woho, impianku punya deposito kayaknya semakin di depan mata nih Geng. Kalian juga pingin ‘kan punya investasi masa depan? Yuk, Alokasikan dana kamu di Komunal Deposito BPR saja!

Keuntungan Deposito BPR Komunal


Komunal
Source: https://www.instagram.com/p/CUrEjGnN4g-/


Mungkin kalian bertanya-tanya, selain buka depositonya bisa dimana aja dan nggak ribet, kenapa kita harus memilih platform ini?

Biar bisa lebih hemat dan terkendali keuangannya. Dan tentu ada alasan lain dong. Apa itu? 

Ada beberapa keuntungan memilih Deposito BPR Komunal, diantaranya:

  1. Suku bunga deposito BPR lebih besar dibandingkan bank konvensional yaitu up to 6% p.a
  2. Seluruh BPR sudah terseleksi sehingga pendanaan terjamin aman oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  3. Platform Komunal Deposito dan seluruh BPR yang tersedia sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tuh ‘kan. Pokoknya mah deposito BPR aman dan terpercaya deh pasti.

Cara Menghitung Bunga Deposito BPR Komunal

Sebenarnya, kita nggak perlu repot-repot mengalkulasi berapa bunga deposito dalam pengembalian dana saat jatuh tempo. Karena platform Komunal Deposito BPR telah menyediakan tools untuk menghitung saat akan pengajuan.

Meski baru dalam nilai estimasi, seenggaknya kita sudah mendapatkan bayangan berapa jumlah yang akan kita terima nantinya. Atau misalkan, kita ingin repot ya silahkan menggunakan cara menghitung bunga deposito seperti berikut ini:

  • Estimasi bunga deposito = (suku bunga deposito x nominal dana yang dialokasikan x jumlah hari menyimpan uang) / 365
  • Pajak deposito = tarif pajak x bunga deposito
  • Pengembalian dana deposito = nominal dana yang dialokasikan + (Estimasi bunga deposito - pajak deposito)

Tutorial Mendaftar sebagai Deposan

Gimana Gaes? Sudah merasa tertarik untuk mengalokasikan dana ke deposito BPR aman belum? Kalau aku sih udah. Baca terus ceritaku, nanti akan kuceritakan bagaimana pengalamanku mulai proses pembukaan deposito ya.

Menjadi deposan Komunal Deposito BPR juga mudah kok. Kita hanya perlu mengunjungi website Komunal.id dan mendaftarkan diri. Biar lebih mudahnya ikuti saja tutorial mendaftar sebagai Deposan berikut ini ya:

Pengalamanku dengan Deposito BPR Aman


Pengalamanku dengan Deposito BPR
Koleksi Pribadi


Sejak dulu aku sudah mengetahui bahwa suku bunga deposito memang lebih besar dari tabungan biasa. Kadang pas pergi ke bank tu rasanya ngiler melihat suku bunganya. Tapi, ya gitu deh.

Proses pembukaannya kan cenderung rumit. Belum lagi kudu mengalokasikan dana yang nggak sedikit. Terus ada jangka waktu dana mengendap. Puyeng juga memikirkan perputaran dana untuk kebutuhan lainnya.

Tapi e tapi, sekarang aku mah udah bisa slow. Aku udah berkenalan dengan Deposito BPR aman dari Komunal Indonesia. Buka deposito sekarang #BisaDimanaAja. Sambil rebahan di rumah juga oke. Nggak perlu repot harus ke bank.

Yang paling oke tuh, aku nggak harus ketar-ketir. Nggak ada yang namanya khawatir dana kita akan aman atau nggak. Tahu dong kenapa?

Yupz, ada LPS dan OJK yang sudah menjamin keamanan dana kita. Pokoknya mah, kita tenang sementara dana kita berkembang dengan aman.

Terus, produk depositonya kan beragam banget. Kita bisa memilih produk yang sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing.

Misalnya aku nih ya, pilih produk dengan pembukaan deposito mulai dari sejuta di BPR Anekadana Sejahtera. Sesuai keterangannya, aku akan mendapatkan suku bunga sampai 5,75% p.a dengan tenor 6 bulan.


Deposito BPR Aman


Kalau Teman-teman jeli, bakalan dapat produk yang sedang promo lho. Yaitu pembukaan deposito mulai dari sejuta dan dapat suku bunga sampai 6% dengan tenor 6 bulan.

Wuih. Gurih nggak tuh! Ini sih suku bunganya lebih tinggi daripada tempat lain.

Aku cuma menyayangkan satu hal sih. Pilihan buat top upnya nggak ada buat pengguna rekening BCA. 'Kan sayang saja kalau kudu transfer beda bank. Masih kudu bayar biaya adminnya. Hehehehe....

Tabungan Ludes Mulu? Yuk, Alokasikan Danamu di Deposito BPR Komunal

Jadi, Gaes! Masih bermasalah dengan tabungan yang nggak nambah-nambah karena mudahnya akses pencairannya? Gesek ATM tanpa rasa bersalah. Nambah belanja dan transfer marketplace tanpa perasaan berdosa. Sampai bikin saldo hampir menangis?

Coba deh alokasikan danamu di Deposito BPR Komunal. Mumpung ada promo Komunal Cashback 11.11. Kita akan mendapatkan saldo e-walet lho dengan kode promo CASHBACK1111.

Nah, tunggu apa lagi? Segera buka deposito sekarang! Pake kode referralku juga boleh lho di SW1411 ya. Semoga bermanfaat.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

25 Comments

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Kirain cuma di Desa saya tinggal aja ada fenomena seperti itu, ternyata hampir merata di seluruh Desa di NKRI ya?? Wkwkwkwkwkkwwk...

    Saya juga punya satu tabungan, eh malah cepat habis karena terpakai terus secara nggak sadar. Lama-kelamaan saldonya berkurang terus. Tau gitu mending buka deposito aja ya Mba Yuni, biar aman. Soalnya duitnya nggak mudah ditarik... Jadi kepo nih sama deposito dari BPR. Makasih lho atas ulasan super kerennya ini...

    ReplyDelete
  2. Jangan sampai deh duit ludes begitu saja tanpa sisa. Deposito bisa jadi pilihan untuk tetap memiliki dana cadangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menabung merupakan langkah penting untuk selalu punya dana darurat, ya. Coba aku pelajari dulu produk deposito ini

      Delete
    2. Iya kalau khawatir nggak bisa nabung di satu tabungan, sebaiknya segera pertimbangkan untuk membuka deposito. Tuh udah dijelasin kalau buka deposito di BPR terjamin keamanannya karena sudah terdaftar di OJK dan dijamin oleh LPS juga.

      Delete
  3. Kak Yuni, baru kali ini aku tau ada pembukaan deposito dengan hanya mulai 1 jutaan. Bisa pula buka dari rumah. Praktis banget sih. Dan yang bikin gak tahan bunganya sampe 6%pa. Waaaah gokil ini.

    ReplyDelete
  4. waduuhh, kayak dicubit nih Mbak, saya banget nih tabungan ludes mulu karena dikit-dikit ditarik untuk keperluan juga keinginan, yaa gimana dooong, mirip-miriplah cerita Mbak tentang diskon Marketplace yang menggoda itu, huhuhh.
    sudah saatnya move on untuk berdeposito nih, secara ini juga emang jadi mimpi financial saya, punya deposito.

    ReplyDelete
  5. Bener juga kak Yuni, jadi tabungan masa depan sih deposito. Ketimbang duit yang ada melanglang buana tak tentu arah. Pertimbangan yang tepat untuk lekas menjadi deposito sebagai tabungan masa depan

    ReplyDelete
  6. Pengamalan pribadi nih sebelum gajian pengen nabung, pas gajian hura hura. Walhasil tanggal 10 zonk. Artikel sangat membantu mba.

    ReplyDelete
  7. Iya godaan tuh ada aja. Niat nabung malah ludes terus. Deposito aman nih. Bunganya juga lumayan.

    ReplyDelete
  8. Yah bener makanya jangan menaruh semua tabungan di satu tempat. Bahaya tuh apalagi pas harbolnas. Ngga kuaattt deh wkwkwk. Untung sekarang bisa buka deposito aman dengan suku bunga tinggi yah di Deposito BPR Komunal.

    ReplyDelete
  9. Solusi buat saya juga nih. Secara meskipun ada tiga ATM, tapi tetep aja semuanya habis di akhir bulan. Hehhee... Perlu komitmen dan disiplin nih ikuti tahapan seperti di deposito ini biar tabungan aman

    ReplyDelete
  10. yes, punya deposito adalah salah satu cara agar uang nggak cepat habis ya mbak
    apalagi klo deposito nya di Komunal ini
    aman dan punya bunga yang kompetitif

    ReplyDelete
  11. Hahaha bener kalo mau ga ludes deposito jadi salah 1 pilihan yang pas yaa mba yunnn. Hihi.

    ReplyDelete
  12. Nah, salah satu caranya adalah dengan menetapkan batas maksimal untuk dana konsumsi bulanan sejak awal. Selain itu, kita juga perlu memisahkan dana konsumsi dengan dana yang akan menjadi tabungan.

    hiks ini susah banget, maklum emak2 pemuja shopping

    ReplyDelete
  13. Kalo aku, kak, deposito itu adalah cara mengamankan dana dan menjadikannya dana darurat sekaligus upaya menahan diri untuk gak jajan mulu. Makanya sejak dulu, suka dengan instrumen investasi bernama deposito, karena lebih aman juga

    ReplyDelete
  14. jadi ada rem nih buat belanja dan ngabisin uang. Diingatkan untuk investasi dengan depositu. lumayan banget buat kebutuhan dimasa mendatang. dimulai dari genggaman dan bisa jadi cuan

    ReplyDelete
  15. ya ampuun itu aku, tangan gatel mulu pengen check out hehehe...
    kayanya aku juga harus punya deposito deh agar uang simpananku aman dari rasa ingin check out...

    ReplyDelete
  16. Aku banget nih tabungan ludes mulu.. huhuhuhuu. syedih. Kayanya aku perlu juga nih buka deposito seperti di komunal ini. Nggak cuma lebih 'aman' buat nyimpen uang, tapi juga dapet keuntungan plus bisa bantuin temen-temen pengusaha yaaaa

    ReplyDelete
  17. Berinvestasi di deposito mendidik diri sendiri dan keluarga agar mampu disiplin dalam hal mengatur keuangan ya Mba. Karena dana yang telah didepositokan tidak bisa asal tarik saja semau hati. Sip deh BPR Komunal, noted.

    ReplyDelete
  18. Info yang sangat menarik. Saya beberapa kali nabung dg niat diambil nanti, ternyata cepat sekali habisnya... Jd penasaran ingin coba deposito, asal nabung per bulannya nggak tinggi

    ReplyDelete
  19. Betul Mbak inginnya menabung taunya godaan belanja online lebih menggiurkan akhirnya tabungan ekganggu mulu. Kalau udah begitu saatnya beralih ke deposito.

    ReplyDelete
  20. Ini namanya buka deposito sambil rebahan
    Kitanya di rumah, transaksi aman terkendali
    Dapat bunga gede, aman dan terpercaya pula ya

    ReplyDelete
  21. sekarang deposito semudah membalikan tangan ya, dan sangat mudah juga sehingga dapat membantu sekali para kaum mobile worker seperti saya jadi ga perlu datang ke banknya langsung

    ReplyDelete
  22. Sekarang semakin mudah kalau mau deposito ya, memang harus Maksimalkan pakai teknologi nih

    ReplyDelete
  23. Memang Mbak. sekarang punya tabungan, cobaannya besar hahaha. Apalagi sekarang pasang mobil banking. Belanja enak sambil rebahan. Tau-tau barang sudah datang hehehe.
    Jadi saya pun harus sekuat tenaga disiplin lagi. Lebih mengutamakan kebutuhan, dibandingkan keinginan. Biar tabungan bisa ngumpul terus.

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post