Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat

Skill pemasaran digital menjadi hal yang penting untuk kita, baik secara individu maupun profesional. Tidak heran, bila ada banyak orang yang rela merogoh kocek untuk mengikuti kursus. Salah satunya bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja.

Meskipun kita sudah akrab sama pemasaran digital dan bisa mempelajarinya secara mandiri. Bukan berarti, kita tidak akan melakukan banyak kesalahan dalam pengaplikasiannya.

Sehingga, alih-alih mengikuti kursus digital marketing bersertifikat untuk mendapat banyak insight untuk pemasaran online yang bisa membantu bisnis. Banyak orang lebih memilih untuk melakukan jalan pintas dengan berteman akrab sama platform iklan online.

Sayangnya, usaha ini tidak selalu berjalan mulus. Akan selalu ada permasalahan yang muncul sebagai penyertanya.

Memang apa saja permasalahan umum dan bagaimanakah peluang pemasaran digital?

Permasalahan Umum dan Peluang Pemasaran Digital

bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja

Bila kita melihat data dari We Are Social mengenai perilaku belanja online dunia, Indonesia berada di urutan ke-10. Angkanya setara dengan India yaitu 59,3% proporsi pengguna internet yang belanja online setiap pekan.

Meski angka perilaku belanja online di Indonesia cukup tinggi, sayangnya tidak semua pebisnis berhasil menggaet konsumen dengan baik.

Permasalahan Umum Digital Marketing

Aku yakin sekali, ada banyak pebisnis yang merasa stuck sama usaha onlinenya di sekitar kita. Padahal, mereka sudah berusaha untuk posting dagangan setiap hari. Bahkan bekerja sama dengan platform iklan online. Tapi, hasilnya tidak cukup bagus.

Hal ini terjadi karena permasalahan digital marketing yang kita lakukan, seperti:

  1. Identifikasi target audience yang tidak tepat.
  2. Engagement di media sosial yang tidak sesuai harapan.
  3. Sulit mengukur Return on Investment (ROI).
  4. Strategi yang kurang jelas dan rinci.
  5. Kemampuan pemasaran digital yang kurang kompeten.

Dari semua permasalahan tersebut, solusi paling mudah untuk mengatasinya adalah mengikuti digital marketing bootcamp. Selain bisa upskill pemasaran digital untuk usaha sendiri, kita juga bisa memanfaatkannya untuk mencari karir yang cocok.

Peluang Digital Marketing

Sementara itu, ada banyak sekali peluang kerja di bidang pemasaran digital. Bisa kubilang kalau prospek kerjanya masih sangat luas.

Bayangkan saja! Pada bulan Juli 2023, beberapa situs lowongan kerja memuat sekitar 21.120 lowongan kerja untuk posisi digital marketing.

Sayangnya, Ketua Umum Asosiasi Digital Marketing Indonesia mengemukakan bahwa jumlah tenaga kerja untuk digital marketing masih belum terpenuhi. Padahal, kita bisa bekerja di mana saja lho.

Kenapa tidak kita mulai dengan upskill pemasaran digital? Misalnya, dengan mengikuti pelatihan digital marketing.

Meski nantinya akan ada kompetisi dalam dunia kerja, kita selalu bisa mempersiapkannya bersama aplikasi siap kerja. Tapi, ikut pelatihannya di mana ya?

Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat

digital marketing bootcamp

Sekarang kita tidak perlu khawatir lagi mengenai urusan pemasaran digital. Ada platform belajar online terbaik yang juga memberikan kursus digital marketing bersertifikat. Namanya QuBisa.

Bahkan bagi seorang pekerja yang ingin upskill. QuBisa juga menyediakan pelatihan karyawan sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, bagaimana dengan seorang yang baru menyelesaikan masa pendidikan? Apakah QuBisa juga memfasilitasi bila ingin mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja?

Tentu saja. Mereka punya banyak bootcamp siap kerja untuk meningkatkan skill.

Misalnya, kita mau bekerja di bidang desain produk. Ada bootcamp product design (UI/UX).

Memang apa saja sih keuntungan upskill di bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja?

Keuntungan Upskill dengan Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat dengan Jaminan Kerja di QuBisa

Mengikuti pelatihan digital marketing di QuBisa memiliki banyak keuntungan, di antaranya:

1. Ada Jaminan Kerjanya

kursus digital marketing bersertifikat

Kursus digital marketing bersertifikat di QuBisa tidak hanya bisa meningkatkan skill di bidang pemasaran digital saja. Mereka juga berusaha menyiapkan kita sebagai talenta digital marketer.

Dalam prosesnya, kita bisa mendapatkan pekerjaan dalam waktu 6 bulan. Bila tidak, maka jaminannya adalah pengembalian uang pendaftaran sebesar 100%.

2. Dapat Career Mentoring

Mendapat jaminan kerja bukan lagi isapan jempol semata. Selain mendapat materi dan pembekalan terkait pemasaran digital, kita juga akan mendapat career mentoring.

Tidak kaleng-kaleng. Pihak yang memberikan panduan karir adalah mentor praktisi dan direktur dari perusahaan-perusahaan terkemuka.

Sehingga, kita bisa mengembangkan CV dan mempersiapkan interview serta asesmen.

3. Ada Asesmen

Kita tidak perlu merasa khawatir tidak bisa mengikuti materi. Bila ingin mengikuti kursus digital marketing ada jaminan kerja, kita akan mendapat pre asesmen.

Sehingga kita bisa mengukur kemampuan dan minat kerja. Lalu, QuBisa akan membantu perencanaan karir di bidang digital marketing.

4. Dapat Sertifikat BNSP

Tidak salah bila QuBisa mengklaim bisa menyediakan bootcamp siap kerja. Hal ini karena setiap lulusan akan melewati proses sertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Digital Marketing.

Selain itu, sertifikat BNSP-nya juga sudah diakui secara Nasional.

5. Bisa Sambil Membangun Portofolio

Keuntungan lainnya dalam mengikuti pelatihan karyawan di QuBisa adalah kita bisa belajar sambil membangun portofolio. Kok bisa begitu?

Selama sesi belajar, kita akan mendapatkan tugas berupa project dalam hal pemasaran digital. Jadi, dengan mengerjakannya, kita bisa meningkatkan kredibilitas untuk berkarir di bidang pemasaran digital.

6. Belajar Langsung dari Sang Ahli di Bidang Digital Marketing

QuBisa menyiapkan instruktur dan mentor praktisi dari para expert yang sudah bekerja di perusahaan-perusahaan ternama. Sebut saja, Bridgestone, Maybank, Citilink, Home Credit dan Haltev.

7. Paket Lengkap dalam Upskill

Tidak hanya materi dan project yang terkait dengan pemasaran digital saja. Kita juga akan mendapat paket lengkap untuk upskill pelatihan leadership.

Pokoknya skill yang mungkin kita butuhkan saat memasuki dunia kerja, seperti, critical thinking dan lain-lain.

Oh iya, buat Teman-teman yang mau bawa pasukan untuk ikut kursus pemasaran digital bersama QuBisa, bisa membagikan link Referral Daftar Bootcamp Berhadiah 500.000. Kan lumayan, kalian bisa mendapatkan materi dan bekerja sama dengan teman seperjuangan.

Jadi, apakah kalian sudah siap untuk mengikuti bootcamp digital marketing di QuBisa? Atau masih ingin tahu soal alur belajarnya?

Alur Belajar Saat Upskill dengan Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat di QuBisa

kursus digital marketing ada jaminan kerja


1. Asesmen

Pada tahap awal, kita akan mengikuti asesmen. Ada beberapa tes online yang bisa kita kerjakan dalam waktu kurang dari satu jam.

Sebagai peserta bootcamp, kita akan mendapatkan waktu untuk menyelesaikannya. Di mana hasil asesmen tersebut akan kita dapatkan beserta pembahasannya saat sesi mentoring karier.

2. Sesi Belajar

Selanjutnya ada sesi belajar. Biasanya, sesi ini akan berlangsung dalam dua sesi yaitu 3x seminggu.

Adapun materi untuk bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja, antara lain:

  • Pengantar pemasaran digital
  • Pengenalan karir di bidang pemasaran digital
  • Social media marketing
  • Perencanaan konten
  • Pengantar SEO
  • SEO On Page
  • SEO Off Page
  • SEO project presentation
  • Pengantar SEM (Google Ads)
  • Google Ads & Google Display Networks 
  • Analisis dan demo iklan berbayar 
  • Presentasi proyek Google Ads dan ujian akhir

Output yang ingin tercapai adalah portofolio yang bisa mendukung kredibilitas peserta di bidang digital marketing.

3. Belajar tentang Karir dan Karakter

Selain sesi belajar mengenai pemasaran digital, kita juga akan mendapatkan sesi mengenai pengembangan soft skill.

Tiap minggunya, kita akan mendapatkan akses untuk menyelesaikan dua kursus, seperti:

  • Growth Mindset 
  • Berpikir kreatif dan kritis 
  • Design thinking 
  • Kecerdasan emosional 
  • Impactful influencing skills.

4. Mentoring Karir

Tahap selanjutnya adalah mentoring karir. Kita akan mendapatkan mentoring berupa diskusi aspirasi karir, pengembangan CV dan portofolio serta bimbingan menghadapi interview.

Proses mentoring karir akan melalui dua tahapan, yaitu sesi live untuk semua peserta bootcamp dan tatap muka 1-on-1 dengan mentor.

5. Sertifikasi BNSP

Berikutnya ada tahapan untuk mendapatkan sertifikat BNSP. Kita akan mendapatkan test, mengerjakannya dan mendapatkan hasilnya maksimal tujuh hari setelahnya.

6. Penyaluran Kerja

Tahap terakhir adalah QuBisa akan menghubungkan kita pada perusahaan rekanan mereka untuk mengikuti seleksi.

Hal yang menarik adalah apabila dalam enam bulan kita belum berhasil mendapatkan pekerjaan, maka kita akan mendapatkan pengembalian 100% uang pendaftaran.

Apakah ada syarat dan ketentuannya?

Tentu saja ada. Syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mengajukan klaim, di antaranya:

  • Kita berhasil mengikuti 80% seluruh proses bootcamp, baik dari sesi belajar, kursus skill karir, sertifikasi hingga mentoring karir. 
  • Kita harus menyerahkan surat keterangan tidak bekerja dari kelurahan setempat. 
  • Jangka waktunya klaim adalah 30 hari.

Kesimpulan

Kemampuan digital marketing memang banyak kita butuhkan, baik sebagai individu maupun profesional. Meski begitu, tidak jarang kita menemukan permasalahan umum terkait pemasaran digital, mulai dari salah menentukan target audience sampai salah strategi.

Selain itu, peluang kerja di bidang pemasaran digital juga masih sangat luas. Sehingga, kita bisa upskill dengan mengikuti bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja dari QuBisa.

Selain kursus digital marketing bersertifikat, apakah kita bisa mengikuti kursus untuk mengembangkan kemampuan lainnya?

Teman-teman juga bisa kok mengikuti bootcamp product design (UI/UX). Atau coba cek bootcamp sesuai dengan pengembangan skill yang kalian butuhkan di QuBisa!

Biar lebih mudah, silahkan Teman-teman download aplikasi QuBisa di IOS dan Android ya!

Referensi: 
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

15 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Banyak program di QuBisa ya Yun. Salah satunya Bootcamp Digital Marketing ini. Bagus lagi, karena ada sertifikasi BNSP dan jaminan kerjanya. Jadi makin percaya sama QuBisa.

    BalasHapus
  2. Sekarang ini kalau ada jaminan pasti akan dikejar ya mbak. Seperti Qubisa ini dapat sertifikat BNSP dan kalau lulus langsung bisa dapat kerja. Pasti keren

    BalasHapus
  3. aku pernah nyobain bootcamp digital marketing di Qubisa. dan ya,, materinya berbobot banget, lumayan nambah pengetahuan tentang digital marketing

    BalasHapus
  4. Lagi pengen ikut bootcamp digital nih Kak. Dengan kursus di Qubisa maka skill internet marketing juga nambah yaa dan pastinya bisa digunakan untuk kerja juha.

    BalasHapus
  5. Baru tahu Qubisa ternyata ada kelas digital marketing. Keren nih banyak fasilitas yang didapat. Ada sertifikatnya juga.

    BalasHapus
  6. Seiring era digital, maka kehidupan pun ikut menyesuaikan, termasuk Digital Marketing. Dan dari data masih kekurangan tenaga ya, Mbak. Makanya ini peluang bagus bagi generasi muda berkarier di dunia Digital Marketing. Pastinya wajib menambah skill dengan ikut Digital Marketing Bootcamp di QuBisa yang dijamin dapat kerja.

    BalasHapus
  7. QuBisa memang keren inovasinya. Kapan lagi coba bisa ikut bootcamp trus ada jaminan kerja pas udah selesai ngikutin bootcamp nya. Teman-teman yang menyukai dunia digital marketing pas banget buat ikut acara bootcamp ini

    BalasHapus
  8. Eh iya seriusan ini loh... Meskipun udah merasa akrab dengan dunia pemasaran digital dan bisa mempelajarinya secara mandiri tapi jelas beda kalau kita belajar pada ahlinya.

    Apalagi kecanggihan teknologi terus mutakhir ga menutup kemungkinan kita akan banyak kekeliruan, perubahan dan banyak hal lain yg baru dalam pengaplikasiannya.

    Jadi belajar terus ga ada salahnya ya

    BalasHapus
  9. Menarik banget ya QuBisa ini. Sangat membantu buat yang pengen menekuni digital marketing

    BalasHapus
  10. Wah ada bootcamp yg lagi dicari² ini. Qubisa memang keren selalu penawarannya. Dikasi jaminan pula. Harus dikepoin dulu bootcampnya ini.

    BalasHapus
  11. Wah ikut Bootcamo digital marketing asik banget nih. Apalagi ada yang spesial, ada mentoring carrier. Benar-benar tawaran menarik nih. Ada mentoring dan ada jaminan kerja saat ikut bootcamp digital maeketing di QuBisa

    BalasHapus
  12. Tambah skill buat jaman sekarang peluangnya besar untuk bekerja ya. Apalagi sekalian ikutan bootcamp juga, biar makin mahir lagi

    BalasHapus
  13. Keren banget QuBisa. Ngasih jaminan kerja buat mereka yg ikut bootcamp. Ini paling ditunggu masyarakat, terutama yg masih pengangguran, dan mereka yg ingin ningkatin skill demi menaikkan penghasilan.

    Digital Marketing emg lagi happening sih. Banyak perusahaan jg mencari talent yg pny kemampuan tsb. Aku jadi pgn ikut bootcamp-nya deh.

    BalasHapus
  14. Asiknya belajar di QuBisa mengenai Digital Marketing lewat Bootcamp yang saat ini tuh kebutuhan akan tenaga kerja di bidang satu ini sedang basah sekali tuh, ada sesi asesmen-nya dulu untuk menggali calon pemahaman si yang mengikuti kelasnya biar tahu kemampuannya sudah sampai mana sebelum menjajal pekerjaan di bidang pemasaran digital. Gimana nggak menggiurkan, coba?

    BalasHapus
  15. Digital marketing memang saat ini sedang dibutuhkan. Apalagi tren belanja online masih sangat tinggi sampai sekarang. QuBisa bisa jadi platform pilihan untuk upgrade skill ya

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro