Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Media Pembelajaran Online yang Bisa Kita Gunakan

Yunibintsaniro.com – Pandemi covid-19 memaksa kita untuk beradaptasi dengan keadaan. Kita dipaksa agar mengurangi interaksi secara langsung dengan orang lain, termasuk urusan Pendidikan. Bahkan pada awal pandemi, seluruh sekolah yang ada di Indonesia libur dengan alasan untuk meminimalisir penyebaran virus.


Media Pembelajaran Online
Sumber pict: website pixabay, pixabay.com


Meski begitu, kemajuan teknologi sekarang ini memungkinkan kita untuk tetap bersosialisasi dengan banyak orang. Sehingga walaupun raga nggak sepenuhnya bisa bersua, tapi kita tetap bisa terhubung melalui dunia maya.

Jadi, bukan sesuatu yang mengherankan jika kemudian muncul kebijakan beraktivitas dari rumah, termasuk sekolah. Siswa belajar sepenuhnya secara online, sambil tetap bersosialisasi dengan teman sekelas dan ikut berpartisipasi dalam diskusi mata pelajaran tertentu.

Media Pembelajaran Online yang Bisa Kita Gunakan

Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan kualitas Pembelajaran Online adalah media pembelajarannya. Sehingga siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik meski harus sekolah dari rumah.

Mungkin pada awalnya muncul kekhawatiran di masyarakat bahwa pembelajaran secara online nggak akan berjalan maksimal. Pengelola Lembaga Pendidikan tentu menyadari kekhawatiran ini. Mereka pun bekerja keras untuk memastikan bahwa proses pembelajaran online berjalan dengan baik.

Materi pembelajaran online dapat disampaikan melalui lingkungan atau platform yang mendukung. Ada beragam platform atau media pembelajaran online yang bisa dimanfaatkan oleh siswa maupun guru.

#1 WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Online tingkat Dasar


WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Online tingkat Dasar
Sumber pict: website pixabay, pixabay.com

Pada dasarnya, WhatsApp adalah aplikasi pengirim pesan. Namun aplikasi ini memiliki fitur yang dapat bermanfaat sebagai media untuk melakukan pembelajaran, yaitu fitur untuk membuat grup. Dengan fitur ini kita dapat membuat grup untuk kelas, kelompok belajar dan lain sebagainya.

Melalui WhatsApp grup kita dapat mengirim berbagai dokumen berupa video, foto, dan file presentasi. Sehingga semua anggota grup dapat saling berbagi materi pembelajaran. Selain itu terdapat juga fitur perekam suara yang bisa berfungsi untuk menjelaskan materi yang sedang di pelajari.

#2 YouTube sebagai Media Pembelajaran Online melalui Video


YouTube sebagai Media Pembelajaran Online melalui Video
Sumber pict: website pixabay, pixabay.com


YouTube adalah platform berbasis video yang memungkinkan orang untuk mengunggah dan membagikan video mereka. Orang-orang yang menonton dapat memilih apakah mereka suka atau nggak sekaligus meninggalkan komentar.

Platform ini telah melahirkan beragam konten, mulai dari video klasik seperti video musik, vlog, hingga video pendidikan tentang cara melakukan apa saja.

Sehingga, YouTube juga dapat menjadi media pembelajaran secara online. Kita nggak perlu mengeluarkan biaya untuk memanfaatkan beragam fitur yang tersedia sebagai media pembelajaran.

Maka nggak mengherankan jika YouTube bisa menjadi bagian penting dari dunia pendidikan dengan cepat.

#3 Zoom dan Google Meet sebagai Media Diskusi Dua Arah


Zoom dan Google Meet sebagai Media Diskusi Dua Arah
Sumber pict: website pixabay, pixabay.com


Kedua platform ini tentu sudah nggak asing lagi bagi kita. Karena memang sudah banyak digunakan sebagai media pembelajaran.

Biasanya, kita akan menggunkannya saat ingin melakukan diskusi dua arah. Nggak hanya pembicara atau guru saja yang aktif, tapi siswa juga bisa bertanya atau menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru.

Kelebihan dari kedua platform ini adalah kita dapat merasakan proses pembelajaran seperti halnya ketika pembelajaran di dalam kelas. Dimana guru dan murid bisa saling bertatap muka meski secara virtual.

Keduanya memiliki beberapa fitur berorientasi komunitas seperti:

  • Papan tulis,
  • Perangkat anotasi untuk berbagi layar,
  • Input nonverbal untuk meniru mengangkat tangan kita seperti di dalam kelas,
  • rekaman lokal dengan tujuan agar siswa dapat dengan mudah memutar ulang materi pembelajaran.

Kesimpulan

Itulah beberapa media yang paling banya digunakan oleh siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran online. Kehadiran media-media tersebut sangat membantu siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran online pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Akhir kata, semoga pandemi ini segera berakhir. Agar semua aktifitas masyarakat dapat berjalan normal kembali, khususnya bidang pendidikan. Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang media untu Pembelajaran Online ini, dan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Post a Comment

5 Comments

  1. Seperti umumnya pandemi, mereka datang tiba-tiba. Seluruh sendi kehidupan kita dirubah. Mau gak mau kita harus siap. Begitu pun dalam pembelajaran, pendidikan yang terpaksa dilakukan online. Jadi media yang tadinya banyak untuk hiburan, difungsikan untuk pembelajaran. Untung ya, saat ini internet sudah merakyat. gak kebayang bila internet masih langka terus C19 datang menyerang

    ReplyDelete
  2. Anakku yg pertama, guru SD nya juga lebih suka pakai WA mba dalam mengajar. Krn anakku kan sekolah di negeri. Dan ga semua ortu nya punya WiFi atau hp lebih . Kuota aja mereka suka ngeluh keabisan kalo udh pake zoom. Makanya wa ttp yg utama dipakai supaya ortu yg kurang mampu ttp bisa menerima pelajaran buat anaknya.

    Kalo YT sih cendrung aku pake kalo ada materi sekolah yg kurang paham. Biasanya banyak bgt Nemu segala tips dan trik di YT gini ttp pelajaran anak2. Mempermudah ortunya buat ngajarin :p

    ReplyDelete
  3. Iya dari berbagai media yang ada kita bisa belajar dan belajar bisa

    ReplyDelete
  4. Iya sekarang banyak media online yang bisa digunakan anak untuk belajar ya, kalau YouTube bisa ditonton berulangkali hingga mengerti materi pelajarannya

    ReplyDelete
  5. Allhamdulillah sekarang lebih memudahkan banget ya Mbak. Di sini seringnya sih melalui WhatsApp karena banyak diakses oleh orang-orang. Tapi aku pun belajar melalui youtube juga, makasih mba rekomendasinya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.