Ganti Cara Belajar! Sudah Tahu Pekan Olahraga Otak di ZenCore?

Yuni Bint Saniro - Aku punya adik laki-laki. Dia sudah duduk di bangku SMP tahun ke-8. Selama ini dia selalu belajar dengan caranya sendiri. Meski aku nggak tahu gimana persisnya. Makanya, aku ingin dia ganti cara belajar.

Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Zenius. Dia yang akrab dengan ponselnya, harus menginstall aplikasi tersebut. Harapanku sih, dia bisa sambil belajar di sela-sela kesibukannya dengan ponsel.


ZenCore


Intinya, aku nggak mau adikku cuma menghabiskan waktunya bersama ponsel hanya dengan bermain game saja. Harus ada aplikasi belajarnya. Biar dia bisa jadi jagoan adu otak.

Lagian nih ya. Zenius punya fitur yang keren banget. Cocok buat adikku yang punya mental kompetitif dan suka main game. Dia pasti nggak asing dengan kompetisi.

Mengenal ZenCore

Sebenarnya ZenCore merupakan skill dan knowledge yang harus kita kuasai, nggak peduli apapun background pendidikan kita. Seenggaknya itulah yang Zenius pikirkan saat memunculkan fitur ini yang dirancang dengan pendekatan adaptive learning.

Artinya para pengguna bisa belajar menggunakan fitur ini sesuai dengan level pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki. Bahkan ketika levelnya berada pada posisi minus sekali pun.

Aku paham sih bahwa platform ini ingin penggunanya bisa meningkatkan fundamental skill yaitu bidang Matematika, Verbal Logic dan Bahasa Inggris beserta insightful knowledge-nya. Makanya saat mengikuti CorePractice, adikku berhadapan dengan tiga kategori umum, yaitu sebagai berikut:


jagoan adu otak


Matematika

Belajar matematika ternyata dapat membantu kita agar bisa berpikir dengan lebih sistematis. Ketika kita terbiasa berhitung, berlatih deret, dan sejenisnya, maka tanpa kita sadari kita sudah memaksa otak agar mau berpikir secara runut.

ZenCore mengerti sekali akan hal ini. Makanya, mereka menyediakan banyak soal yang sudah dibagi pada setiap level. Tentu soalnya akan menyesuaikan dengan tingkatan adikku atau Teman-teman semua.

Verbal Logic

Verbal logic adalah pengetahuan tentang bagaimana kita berpikir secara logika. Dan ini bisa sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, misalnya:

  1. Kita nggak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.
  2. Mampu bersikap kritis dan sistematis.
  3. Kita juga bisa lebih cermat dan objektif.
  4. Semakin menyadari tentang sesuatu yang perlu atau nggak untuk kita lakukan.

Harapannya, adikku akan sering melatih dirinya menyelesaikan CorePractice dalam kategori verbal logic. Biar bisa semakin mengasah otaknya gitu lho.

Bahasa Inggris

Ketiga adalah bahasa inggris. Nah adikku pernah bertanya kenapa sih kita harus belajar Bahasa Inggris?

Aku mencoba untuk memahami, kenapa dia bertanya begitu. Mungkin dia berpikir kalau kita tinggal di Indonesia yang bahasa sehari-harinya adalah bahasa daerah atau maksimal Bahasa Indonesia.

Well, ada dua alasan kenapa kita harus belajar Bahasa Inggris, yaitu:

  1. Kita bisa berbicara dengan pemikiran-pemikiran hebat dunia. Secara buku-buku terbaik biasanya akan dituliskan dalam Bahasa Inggris atau ada terjemahan Bahasa Inggrisnya.
  2. Bisa membuka perspektif dan pengetahuan dari berbagai belahan dunia.

Kebayang kalau kita nggak bisa Bahasa Inggris. Kita nggak akan paham apa yang dunia pikirkan tentang kita.

Adikku yang Suka Main Game, Kudu Ganti Cara Belajar di CorePractice Juga

“Main game yuk!”

Buat yang hobi main game pasti nggak asing dengan ajakan tersebut. Adikku pun sama. Dia pemain mobile legend. Aku nggak tahu apa tiernya sekarang. Tapi, beberapa kali dia mengajak temannya buat main bareng. Kalau sudah begitu, maka alamat sudah. Belajar menjadi nomor sekian.


ganti cara belajar
Adikku udah ganti cara belajar bersama ZenCore

Harapanku ZenCore bisa menjadi media pembelajaran agar adikku bisa meningkatkan rank kemampuannya juga dengan rutin berlatih di CorePractice. Dia pasti excited. Apalagi dia bisa mengajak teman-temannya untuk bersaing. Jadi, belajar nggak melulu sendirian dan membosankan.

Pas pemanasan otak dengan mengerjakan kuis Matematika di CorePractice beberapa waktu lalu saja, dia merasa gemas. “Kok aku ngerjakannya kurang cepet ya, mbak! Mana masih ada yang salah lagi.”

Terus dia mendengarkan pembahasan soal-soal yang sudah dia kerjakan. Memutarnya berulang kali hingga dia paham benar atas maksud dan jawaban dari kuis itu. Saat kutanya dia tentang CorePractice. Adikku bilang itu seru karena beberapa hal berikut ini:

Bikin Cerdas Beneran

Ya gimana dong? Zenius nggak hanya menyediakan ribuan kuis saja untuk adikku kerjakan. Tapi, mereka juga menyediakan video pembahasannya. Jadi, saat ada yang salah adikku bisa mempelajarinya lagi.

Selain itu, mereka juga melatih mentalitas belajar yang tepat, membangun motivasi, sekaligus bisa menjadi teman pendengar keluh-kesah. Rasanya nggak akan sia-sia mempercayakan urusan belajar adikku pada aplikasi ini.

Bisa Saling Meningkatkan Rank Bareng Teman

Bagi yang suka kompetisi maka CorePractice bisa menjadi wadah yang tepat. Karena ini nggak hanya untuk meningkatkan pemahaman diri sendiri melalui kuis-kuis yang dikerjakan. Tapi, kita bisa mengundang teman untuk bersaing bersama.

Sehingga, mereka bisa saling beradu siapa yang menjadi jagoan adu otak. Tentu dengan persaingan yang sehat ya. Karena berdasarkan pengalaman adikku, mengenai cara akses CorePractice adalah sebagai berikut:

  1. Klik ZenCore melalui beranda aplikasi Zenius.
  2. Pilih kategori fundamental skill yang ingin dikerjakan.
  3. Begitu sudah mulai tombol start, maka dia akan diberi waktu untuk menjawab pertanyaan tanpa ada kesempatan untuk menjedanya. Nggak ada pilihan lain selain menjawab kuis semampunya sampai selesai.
  4. Baru kemudian akan ada penilaian, berapa score yang dia dapatkan, berapa soal yang salah dan pilihan untuk melihat pembahasan soal.

Makanya biar bisa ganti cara belajar bareng adikku, Teman-teman bisa mendownload Aplikasi ZenCore untuk iOS kok. Lalu, invite adikku ya. Biar bisa meningkatkan rank bareng gitu lho.

Sudah Ganti Cara Belajar, Yuk Ikut Pekan Olahraga Otak


Pemanasan Otak
Ganti Cara Belajar yuk! Dengan ZenCore Biar Belajarnya Makin Asyik

Fiesta Primagama telah resmi bergabung bersama Zenius sejak Maret lalu. Sebagai perayaannya, mereka akan mengadakan spesial campaign yang bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi para user yang belum pernah mencoba ZenCore dan memfasilitasi mereka yang sudah pernah dan rutin menggunakannya sebagai pemanasan otak.

Spesial campaign tersebut adalah Pekan Olahraga Otak X Fiesta Primagama. Hal ini bertujuan untuk mengajak para pengguna agar terus melatih otak dengan ZenCore. Periode saat ini mulai tanggal 28 Maret 2022 hingga 24 April 2022. Lalu, mereka akan mengumumkan siapa saja pemenangnya melalui instagram @zeniuseducation dan @primagama_id.

Penentuan pemenangnya pun sangat fair menurutku. Mereka akan menentukan pemenangnya berdasarkan skor total masing-masing kategori subjek, seperti Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Selain itu, mereka akan menghitung dari semua peserta yang sudah melakukan praktik dan latihan sebanyak mungkin selama periode lomba. Pokoknya siapa yang cepat menyelesaikan banyak level dan mendapatkan nilai tertinggi kali ya.

Kayaknya aku akan meminta adikku untuk mengikuti lomba ini. Toh dia sudah melakukan pemanasan otak beberapa kali di ZenCore dengan CorePractice. Aku pikir nggak akan sulit bagi adikku untuk ikut. Mungkin dia akan merasa khawatir kalah. Tapi, hellow. Namanya juga lomba. Kalah atau menang mah udah biasa ‘kan ya.

Meski begitu hadiahnya keren-keren banget, yaitu Ipad 9, Samsung Smart Watch 4, Xiaomi Haylou Solar LS05, JBL T450, dan hadiah hiburan untuk 5 orang yang beruntung.

Sehingga, ketika adikku rutin menggunakan ZenCore maka bisa mengasah otaknya. Selain itu, dia bisa seru-seruan dengan teman dengan meningkatkan rank di aplikasi Zenius bersama.

Jadi tunggu apa lagi? Segera download Aplikasi ZenCore untuk Android. Ganti cara belajar. Lalu, temukan diri dan kejar mimpimu sendiri. Semoga bermanfaat.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

43 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Ponsel juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran lewat aplikasi Zenius ya Mba... Seru juga bisa belajar di ZenCore. Baru denger nih ada Pekan Olahraga Otak, hiihihihi....

    BalasHapus
  2. Asiikk bisa jadi cara belajar yang menyenangkan ya, apalagi di era teknologi yang semakin canggih ini. Cara belajar juga beda ya denngan yang sebelumnya.

    BalasHapus
  3. Sekarang mudah banget ya mau belajar, ada aplikasi pendukung yang oke banget seperti Zencore ini. Alih alih push rank online game, bisa juga push rank Zencore lebih oke.

    BalasHapus
  4. Pakai zencore bisa bikin cerdas beneran ya mbak. Ganti cara belajar anak nih pakai zencore

    BalasHapus
  5. Sekarang belajar makin mudah dan menyenangkan (bukan?). Hehe.. aku udah coba juga. Seru banget nih

    BalasHapus
  6. Menarik banget dengan adanya pekan olahraga otak gini, mau menambah pengetahuan pun makin menyenangkan. Skill dan otak terasah biar terbiasa juga dengan beragam pelajaran ya. Harus ikutan deh lihat hadiahnya yang mantul gitu.

    BalasHapus
  7. Menarik ya Pekan Olahraga Otak, bisa jadi solusi nih main game dapat, dapat ilmu dapat, jadi ga hanya game yang buang-buang waktu aja

    BalasHapus
  8. Tiga bidang ini yaitu bidang Matematika, Verbal Logic dan Bahasa Inggris emang penting banget dan jadi dasar penentuan potensi seseorang ya mbak. Kalau tes potensi akademik juga kan materinya kebanyakan logika matematika dan pemahaman bahasa

    BalasHapus
  9. aq mau ikutkan anakq lomba ini juga mbak, urusan menang atau kalah yang penting anak bisa terlatih untuk asah otak sambil berkompetisi, selain itu, jujur aq mupeng banget sama hadiahnya.

    BalasHapus
  10. Aplikasi ini bisa digunakan oleh kita yang udah dewasa juga kan mbak. Gak harus digunakan oleh anak-anak. Keren sih ini. Kadang otak pun perlu dilatih agar bisa berpikir kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi yang sangat bagus ya mbak, buat keponakan juga nih. Boleh deh nanti download juga

      Hapus
  11. wah ada pekan olahrag otak, menarique nih. Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, wah ini juga mata pelajaran core banget nih, kemampuan verbal dan numerik bisa terasah. bisa saling support juga ya, bisa saling invite gitu. Wah keren nih mbak.

    BalasHapus
  12. aplikasi belajar dari zenius ini memang perlu dicoba. secara, anak-anak sekarang sudah tidak bisa lepas dari gadget maka aplikasi-aplikasi belajar ini harus terus berinovasi agar anak-anak semakin mencintai belajar

    BalasHapus
  13. menarik juga nih konsepnya. Ngadain event bertema pEkan Olahraga Otak buat anak-anak. Jadi anak2 bisa mengasah kemampuannya dengan menjawab berbagai pertanyaan di aplikasi zencore ini. sayang banget khan kalo smartphone lebih sering buat dipake maen game aja

    BalasHapus
  14. Salah satu terobosan yang baik dari Zenius. Di tengah pandemi yang mulai membaik game ini bisa jadi pengantar buat anak-anak di awal masuk sekolah. Biar nggak kaget dan tetep fun.

    BalasHapus
  15. Kalau pikiran udah penuh, aku langsung deh buka ZenCore dan asah otak yang menyenangkan lewat core practice Matematika, terutama biar seger lagi. Kadang sampai lupa umur dan lupa waktu lo pas ngerjain soal dari ZenCore, heheee..

    BalasHapus
  16. Menurutku, tiap orang itu harus punya fundamental skill yang baik. Ini dasar dan pasti dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Jadi kudu terus diasah. Beruntung sekarang ada ZenCore juga

    BalasHapus
  17. Hehey ZenCore emang candu, bikin excited ngerjain soal sambil rebahan. Seru kalau ikutan, tapi aku gak mau kalah gimana yaa haha.

    BalasHapus
  18. Cara belajarnya ala Zencore begini sih bikin cerdas dan semangat pastinya.
    Apalagi ada ala olahraga otak ini kan, bisa tertantang terus belajarnya

    BalasHapus
  19. sama-sama belajar namun beda tekniknya saja ya mbak ini, dg memilih media belajar yang tepat anakpun bisa diarahkan dengan baik. salah satunya berkat zencore ini. mantap

    BalasHapus
  20. Dulu waktu sekolah saya suka pelajaran matematika, dan kalau dipikir-pikir memang cara berpikir saya lebih sistematis.

    Wah, hadiahnya emang keren-keren!!

    BalasHapus
  21. Setuju nih,Kak. Bahasa Inggris sangat kita butuhkan di era digital. dengan ada Zen ini bisa jadi makin mudah ya

    BalasHapus
  22. Menarik sekali ada aplikasi Zencore ini. Belajar jadi lebih menyenangkan dan lebih efektif mengasah kreativitas otak ya. Btw, aku baru tahu ada pekan olahraga otak.

    BalasHapus
  23. adik aku banget nih mbak, fanatik sama game
    disuruh belajar aja susah, padahal udah SMA
    aku baru tau ada pekan olahraga otak, bisa jadi penyemangat siswa ya kalau gini

    BalasHapus
  24. Ternyata asah otak di Zencore asyik juga ya. Ga cuma anak, orang dewasa pun bisa, tanpa melihat latar belakang pendidikan. Jadi kepengen coba deh aku. Belajar efektif dan efisien ini namanya yach.

    BalasHapus
  25. Menyenangkan nih kalau dicoba kedua anak remajaku, biar ganti cara belajar. Dengan rutin menggunakan ZenCore otaknya bisa terasah juga bisa seru-seruan deh dengan teman dengan meningkatkan rank di aplikasi Zenius bersama.

    BalasHapus
  26. Tiga mata pelajaran ini memang perlu gaya belajar yang asik, maka dengan ikutan olahraga otak ini biar makin luwes lagi

    BalasHapus
  27. Wah iya
    Gaya belajar itu sangat menentukan ya mbak
    KLO satu gaya belajar belum optimal, maka perlu juga ganti gaya belajar
    Ikitan pekan olahraga otak dari ZenCore juga oke

    BalasHapus
  28. Dulu aktivitas belajar dan game seperti 2 hal yang saling bertolak belakang. Menarik banget ketika game pun sekarang bisa dianggap membantu memahami pelajaran. Karena saya juga meyakini belajar harus menyenangkan

    BalasHapus
  29. Matematika, verbal logic dan bahasa Inggris. 3 kombinasi capabilities yang by the time dan kita sadari, sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan seseorang. Dan itu menjadi perhatian utama dari Zenius. Jadi jika kita menggunakan aplikasi ini, semoga 3 penguasaan knowledge tersebut bisa tercapai.

    BalasHapus
  30. wah keren ZenCore dari Zenius
    Jarang banget yang menyadari bahwa kita butuh pemahaman ilmu secara basic
    Sehingga mudah mempelajari ilmu terapan

    BalasHapus
  31. Ganti cara belaja ke ZenCore ini beneran menyenangkan banget. Selain jadi cerdas beneran, juga bisa adu otak sama temen. Kan seru banget.

    BalasHapus
  32. Namanya "Zencore" keren juga ya. Emang adanya aplikasi semacam ini jadi gampang ya untuk belajar matematic atau sains jadi gampang. Bisa lebih produktif bagi anak2 daripada hanya buang2 waktu bermain game saja.

    BalasHapus
  33. beneran ganti cara belajar banget sih ya mba ZenCore tuh, aku ikutan belajar berasa lagi main game hihi

    BalasHapus
  34. Zen core menarik ya, selain bisa belajar sesuai yang kita mau, ternyata juga bisa belajar sesuai level yang diinginkan. Jadi bisa berlatih sesuai kemampuan nih

    BalasHapus
  35. Belajar bareng ZenCore ini ga kerasa belajarnya, emang seru juga sih buat ibu-ibu
    Main hp jadi lebih berfaedah karena sekalian mengasah otak

    BalasHapus
  36. Wah, baru ya ini. Pekan olahraga otak dari ZenCore. Pasti seru ya, mengasah otak dengan cara yang menyenangkan

    BalasHapus
  37. zencore beneran se-seru itu saya juga pakai dan saya rekomendasikan ke adik-adik yg baru lulus sekolah, supaya bisa dimanfaatkan untuk UTBK

    BalasHapus
  38. Penting y ternyata jaga otak biar sehat. Untungnya ada aplikasi Zencore y jadi gampang banget asah otaknya. Penasaran dg aplikasi ini. Mo cek dulu di playstore

    BalasHapus
  39. Anakku juga hampir 18 jam pegang HP, udah gede suka bingung mau ngelarang tapi katanya belajar, ngobrol sama temen. Kasian juga kan emang anaknya jarang keluar rumah. Sepertinya perlu juga nih dikenalin Zencore biar pun main HP tapi bisa mengasah otak lebih pintar

    BalasHapus
  40. Belajar serasa bermain... dan bermain...tapi kok belajar ya... ada level2nya... ada kompetisinya.. zencore.. menyenangkan...

    BalasHapus
  41. Kalo aku malah suka practice yang bahasa Inggris, berlatih mengerjakan soal dalam waktu yang singkat. Sebab aku masih beberapa kali kehabisan waktu nih. Hehehe

    BalasHapus
  42. Aplikasi zencore sangat membantu bgt buat anak-anak. Saya pun memperkenalkan aplikasi ini pd anak saya yg masih SD. Syukurlah prestasi belajarnya mulai meningkat

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro