5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Biar Kita Semakin Pede

Pernah nggak sih merasa terganggu dengan bau mulut teman ngobrol? Mau tutup hidung kok ya nggak sopan. Tapi kalau nggak tutup hidung kok rasanya perut nggak nyaman karena aroma yang nggak sedap dari teman di depan.

Aku punya beberapa teman yang memiliki masalah tersebut. Itu membuatku merasa nggak nyaman kalau harus berinteraksi dengannya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin aku menjaga diriku dan keluarga dari permasalahan ini. Yah, aku nggak mau saja apa yang membuatku nggak nyaman ternyata malah ada padaku dan membuat orang lain nggak nyaman berinteraksi denganku.


Tips Menghilangkan Bau Mulut


Kenali Penyebab Bau Mulut

Siapa pun bisa memiliki aroma nafas yang nggak sedap. Orang dewasa, remaja bahkan anak-anak sekali pun. Karena masalah ini terjadi karena beberapa alasan, sebagai berikut:

  1. Makanan, seperti bawang-bawangan, jengkol, makanan pedas dan lain-lain.
  2. Kebersihan mulut yang nggak terjaga.
  3. Mulut kering.
  4. Rokok dan alkohol.
  5. Kondisi kesehatan seperti, Sinusitis, brokitis dan lain-lain.
  6. Infeksi mulut.
  7. Pola makan.

Dengan mengenali penyebab bau mulut, harapannya kita bisa menghindarinya. Sehingga, kita bisa menjaga agar aroma nafas kita nggak bikin orang lain terganggu.

Tips Menghilangkan Bau Mulut

Kita tentu nggak mau dong dijauhi teman karena permasalahan aroma nafas yang nggak sedap. Maksudku adalah permasalahan ini ‘kan bisa kita atasi sejak awal. Dengan cara menerapkan tips menghilangkan bau mulut berikut ini:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Tips yang pertama adalah kita harus senantiasa menjaga kebersihan mulut. Caranya dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Pastikan kita membersihkan sampai ke sela-sela gigi ya.

Bukan hanya itu saja. Kita juga perlu menyikat lidah menggunakan pengikis lidah. Atau mau pakai sikat yang bulunya lembut pun boleh.

Catatan bagi yang menggunakan gigi palsu. Jangan lupa untuk melepas gigi pada malam hari ya! Kemudian bersihkan gigi secara menyeluruh sebelum memakainya lagi esok hari.

2. Hindari Merokok, Alkohol dan Kopi


Menghilangkan Bau Mulut


Tahu nggak sih? Tembakau bisa meninggalkan zat yang bisa nempel dan mengendap di mulut lho. Makanya, kadang perokok yang nggak menjaga kebersihan mulutnya punya aroma mulut yang kurang sedap.

Oleh karena itu, mending kalau bisa sih kita nggak perlu merokok ya. Kalau pun nggak bisa berhenti ya kebersihan mulutnya harus terus terjaga.

Selain rokok, kita pun perlu menghindari alkohol dan kopi. Mengapa? Karena ternyata kedua jenis minuman ini bisa menyebabkan mulut kita menjadi lebih kering lho.

3. Lakukan Pemeriksaan Gigi Secara Rutin 6 Bulan Sekali

Nafas yang segar akan kita peroleh jika gigi kita bersih dan sehat. Sehingga, kita perlu melakukan pemeriksaan gigi secara rutin dalam 6 bulan sekali ya.

Oh ya. Saat kita memiliki bau mulut yang sangat mengganggu. Maka pemeriksaan gigi ini akan bertujuan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Kalau-kalau ada permasalahan kesehatan lain yang menyebabkan nafas kita mengeluarkan aroma yang nggak sedap.

4. Kunyah Permen Karet Rendah Gula

Mulut kering merupakan salah satu penyebab aroma nafas kita nggak enak. Sehingga tips menghilangkan bau mulut ini bisa dengan mengunyah permen karet yang rendah gula. Kok gitu?

Ngunyah permen karet rendah gula ini maksudnya agar bisa mendorong produksi air liur. Agar mulut nggak kerasa kering lagi.

5. Gunakan Produk Mouthwash

Kadang kala ya, menyikat gigi doang tu nggak cukup. Beberapa orang menambahkan dengan penggunaan produk mouthwash untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulutnya. Biar seger aja gitu.

Mau tahu nggak apa produk mouthwash yang kusarankan untuk kebersihan area mulut dan gigi?

BETADINE® Mouthwash dan Gargle


Mouthwash dari Betadine


Bukan tanpa sebab dong aku menyarankan produk BETADINE® Mouthwash dan Gargle. Karena aku pernah memakainya saat tinggal di Semarang. Saat ini, hanya sesekali saja aku membelinya.

Produk ini adalah antiseptik untuk rongga mulut dengan kandungan Povidone-Iodine 1%. Ada beberapa masalah yang bisa teratasi dengan produk ini, sebagai berikut:

  1. Bau Mulut
  2. Sariawan
  3. Gusi Bengkak
  4. Sakit Tenggorokan
  5. Napas Tak Segar

Kupikir BETADINE® Mouthwash dan Gargle bisa menjadi salah satu tips untuk mendapatkan nafas yang segar. Teman-teman boleh lho kalau mau mencobanya. Nanti ceritakan pengalamannya melalui kolom komentar.

Cara Pemakaian BETADINE® Mouthwash dan Gargle untuk Menghilangkan Bau Mulut

Cara pemakaian Betadine pun mudah banget. Kalau aku biasanya melakukan beberapa cara berikut ini. Sesuailah dengan cara pemakaian yang disarankan oleh produknya.

  1. Menuang BETADINE® Mouthwash dan Gargle ke tutup botolnya.
  2. Kita gunakan Betadine yang tadi untuk berkumur seperti biasa. Lalu buang.
  3. Lakukan lagi cara nomor 1 dan masukkan ke mulut.
  4. Tengadahkan kepala membentuk sudut 45° tahan Betadine di tenggorokan dan keluarkan melalui mulut setelah 30 detik.
  5. Kita buang cairan Betadine-nya dan boleh ulangi dalam 3-5 kali sehari.

Biar kita nggak menimbulkan rasa nggak nyaman terhadap teman ngobrol. Boleh dong kita selalu melakukan tips menghilangkan bau mulut yang sejak tadi kita bahas. Informasi terkait Betadine bisa diakses melalui laman https://betadine.co.id/ ya.

Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

15 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Saya termasuk yang merasakan manfaat tidak merokok dengan tidak adanya bau mulut karena faktor itu, tapi hal-hal lain juga tetap harus dijaga seperti tips-tipsnya Mbak Yuni biar tidak bau mulut, termasuk menggunakan mouthwash

    BalasHapus
  2. Makasih tips untuk menghilangkan bau mulutnya mba.
    Menggunakan mouthwash dari Betanide ini perlu banget agar mulut tetap terasa segar ya, tidak cukup dengan hanya menyikat gigi saja.

    BalasHapus
  3. Ini Betadine gargle sangat membantu waktu daku bengkak gusi. 2-3 x kumur Alhamdulillah lebih mendingan.

    BalasHapus
  4. memang penting banget mengetahui sumber penyebab bau mulut supaya gampang untuk mengatasinya. BETADINE® Mouthwash dan Gargle salah satu solusi untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut ya

    BalasHapus
  5. aku pun sedia mouthwash betadine sejak zaman covid masih tinggi, kak.. cocok juga sih alhamdulillah ama produk2 betadine. jadi selalu nyetookkkk.. sudah begitu kandungannya juga efektif mengurangi bau mulut

    BalasHapus
  6. Pastinya enggak percaya diri donk kalo udah bau mulut ya,kakak. TIps gini bermanfaat banget sih untuk siapa aja. Pakai Betadine mouthwash boleh dicoba juga deh biar rasakan manfaatnya langsung juga.

    BalasHapus
  7. saya termasuk orang yang cukup rajin dan rutin cek kesehatan gigi per 6 bulan sekali dan semenjak pandemi rada worry kalau mau ke dokter, meskipun sekarang sudah aman. dan kayaknya wajib banget beli mouthwash dari betadine ini mba Yun

    BalasHapus
  8. Mungkin aku agak aneh ya, aku justru suka bau mulut suami kalau habis merokok, wkwk. Btw, kami sedia produk ini dong di rumah, soalnya ampuh banget buat atasin bau, apalagi kalau habis makan bawang dan jenis makanan berbau lainnya.

    BalasHapus
  9. Bau mulut itu sangat menggangu.
    Makanya harus segera diatasi ya kak, biar tidak menggangu aktivitas kita sehari-hari

    BalasHapus
  10. Andalan banget berkumur menggunakan Mouthwash dari Betadine.
    Aku selalu pakai sekeluarga dan mulai aku rutinkan sejak pandemi karena beredar penelitian bahwa kuman, virus dan bakteri bisa masuk melalui lubang hidung dan rongga mulut.

    Jadi utamakan gargle setelah bepergian.

    BalasHapus
  11. bau mulut pastinya gak enak dan gak nyaman. penting banget pilih mouthwash yang bagus juga ya kak, kayak betadine mouthwash

    BalasHapus
  12. Betul sekali sih mba, berkumur uga merupakan salah satu cara untuk terhindar dari penyakit gigi dan mulut.. harus dilakukan dengan rutin ya

    BalasHapus
  13. Emang mengganggu banget sih mba kalau udah bau mulut muncul. Terlebih kalau disebabkan kesehatan mulut yang bermasalah
    Tips di atas berguna banget. Apalagi gunain Betadine Mouthwash and Gargle itu

    BalasHapus
  14. Kadang-kadang bau mulut mau diapain juga, tetap ada, jadi jalan terakhirnya ya pake mouthwash.

    BalasHapus
  15. Bau mulut kadang membuat kita tidak pede. Untk menghindari bau mulut sangat membantu sekali tipsnya ya.

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama