Catatan Keuangan Harian untuk Wujudkan Impian Finansial Kita

Yunibintsaniro.com – Setiap orang memiliki impian masing-masing. Misalkan dapat memiliki rumah, berlibur ke Negara-negara tetangga, membeli mobil, naik haji dan lain sebagainya. Bagi para single ladies masih ditambah dengan memiliki kulit glowing dengan gaya hidup bak Sultan. Dimana impian-impian ini membutuhkan persiapan finansial yang nggak sedikit.


Catatan Keuangan Harian
Sumber pict.: website pixabay (pixabay.com)


Oleh karena itu, kita membutuhkan strategi untuk mewujudkannya. Salah satunya melalui pengaturan keuangan yang baik. Jadi, nggak sekedar berpenghasilan besar saja. Tapi, kita juga harus pintar mengelola gaji yang diperoleh agar bisa menyisihkan sebagian dana untuk tabungan.

Caranya, kita bisa membuat catatan finansial harian yang detail dan terperinci. Sehingga, kita bisa mengetahui dengan pasti berapa banyak dana yang kita habiskan untuk sekedar nongkrong di warung kopi atau biaya parkir dan lain sebagainya.

Pentingnya Membuat Catatan Keuangan Harian

Mengatur keuangan bulanan dengan detail dan terperinci memang nggak mudah. Apalagi jika kita masih melakukannya secara manual dengan menuliskannya pada buku. Banyak orang merasa malas, nggak punya waktu dan banyak alasan lain untuk nggak melakukannya.

Padahal, memiliki catatan keuangan harian itu penting sekali lho.

#1 Mengetahui Detail Pengeluaran dan Pemasukan

Pada catatan finansial yang telah ada, tentu tertulis berapa nominal pemasukan yang diterima. Kita juga menuliskan dari mana saja sumbernya. Selain itu, ada juga nominal pengeluaran yang sudah digelontorkan. Termasuk tujuan dana tersebut.

Sehingga, kita akan mengetahui detail pengeluaran dan pemasukan yang sudah lalu. Hal ini memudahkan kita untuk mengambil keputusan atas finansial pada bulan berjalan.

#2 Akan Mudah Mengetahui Pengeluaran yang Bocor

Berbeda dengan pengeluaran bulanan yang nominalnya pasti dan hanya dikeluarkan sekali dalam sebulan. Pengeluaran harian seringnya terlupakan. Padahal, inilah yang kadang membuat keuangan kita bocor.

Makanya, kita bisa mengetahui pengeluaran harian apa saja yang sekiranya nggak perlu dari catatan yang telah tercatat pada aplikasi catatan keuangan atau jurnal. Jadi, kita bisa adanya bocor-bocor pengeluaran halus pada periode selanjutnya.

#3 Catatan Keuangan Harian dapat Membantu untuk Menentukan Skala Prioritas

Memiliki catatan keuangan juga dapat membantu dalam menentukan skala prioritas dalam pengeluaran. Apalagi saat keluarga sedang memiliki kebutuhan yang lebih urgent.

Contohnya saat kita melihat kembali catatan pada bulan lalu. Kita bisa mengetahui mana pengeluaran yang terasa kurang penting. Lalu, sejumlah dana itu bisa dialihkan pada kebutuhan lain yang lebih mendesak.

#4 Bisa Menghindarkan Kita dari Hutang Konsumtif

Salah satu cara mengatur keuangan bulanan adalah menghindari hutang konsumtif. Gimana nggak? Hutang jenis ini biasanya timbul karena keinginan memenuhi gaya hidup saja. Sementara kita nggak mampu dalam finansial.

Catatan keuangan memang nggak bisa secara langsung dapat menghindarkan kita dari hutang konsumtif. Hanya saja, kita bisa memilah dan memilih mana pengeluaran yang benar-benar penting dan mengharuskan kita sampai berhutang jika dananya nggak mencukupi.

#5 Lebih Menghargai Uang Jika Memiliki Catatan Finansial Harian

Kadang kala, kita bisa menghamburkan-hamburkan uang dengan membeli beragam barang dalam sehari. Padahal belum tentu kita membutuhkan barang tersebut. Sampai-sampai hampir menghabiskan seluruh anggaran.

Melalui catatan keuangan yang terperinci, kita bisa mengetahui berapa nominal yang dibutuhkan dalam sehari. Sehingga, kita bisa lebih menghargai uang dan nggak mudah menghabiskannya untuk barang-barang yang belum jelas manfaatnya.

#6 Dapat Membantu Mewujudkan Impian Finansial

Memiliki catatan keuangan secara konsisten akan membantu kita dalam mewujudkan impian finansial. Kok bisa?

Pencatatan keuangan dapat memberikan gambaran mengenai pemasukan, pengeluaran dan nominal uang yang bisa ditabung atau diinvestasikan. Hal ini bisa menjadi acuan kita bagaimana dan kapan kita bisa mewujudkan impian finansial.

Catatan Keuangan Harian untuk Mewujudkan Impian Finansial


Impian Finansial Single Ladies
Sumber pict.: website pixabay (pixabay.com)


Begitulah kenapa catatan keuangan ini bisa membantu kita dalam mewujudkan impian finansial. Apalagi, kita nggak harus menuliskannya secara manual pada buku yang memiliki resiko banyak pengeluaran yang lupa nggak tercatat. Secara, kita nggak bisa membawa buku kemana-mana.

Sekarang ini teknologi sudah semakin canggih. Bahkan untuk mengatur keuangan bulanan pun sudah tersedia banyak sekali aplikasi catatan keuangan. Kita bisa menggunakan salah satunya untuk memudahkan.

Semoga bermanfaat.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

18 Comments

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Utang konsumtif memang pengaruh banget ya sama kualitas finansial. Harus bisa mengatur gaya hidup, biar nggak terjerumus utang konsumtif. Betul banget ini Mba Yuni. Semoga kita semua dijauhkan dari sifat ini ya Mba, aaamiiin.

    Perlu banget mengatur keuangan, apapun itu statusnya, mau single atau sudah menikah. Apalagi yang sudah berkeluarga, mencatat keuangan menjadi hal wajib. Makasih artikel kerennya.

    ReplyDelete
  2. Betul sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa bantu kita mengatur keuangan sehari-hari. Tidak perlu lagi mencatat secara manual ya.
    Mengatur pemasukan dan pengeluaran dalam rumah tangga saja itu banyak sekali manfaatnya. Saya sangat merasakan

    ReplyDelete
  3. sampe sekarang aku juga berusaha untuk mencatat pengeluaran sekecil apapun, soalnya kalau lagi mikir duit kemana kok cepet abis, dan buka catatannya jadi inget lagi.
    kadang merasa kayak nggak pernah belanja banyak banyak tapi ujung ujungnya juga cepet abis

    ReplyDelete
  4. Aku juga selama beberapa tahun terakhir cukup rajin mbak bikin catatan pengeluaran harian. Gara-gara ya waktu itu bingung banget kenapa uang gaji habis tapi nggak tahu kemana habisnya. Memang membantu banget sih catatan pengeluaran ini dalam mengatur keuangan kita

    ReplyDelete
  5. buat catatan keuangan harian itu secara nggak langsung ky ada yang ngawasi setiap uang yg mau dikeluarkan.. trus bakal ngeraaa bersalah setelah beli yg berlebihan karena liat pengeluaran kok banyak hehe

    ReplyDelete
  6. Kalau ngga ada catatan keuangan tuh rasanya bisnis jadi kayak ngga profesional ya mba, apalagi untuk kita kita yang ibu rumah tangga ini, jadi wajibb banget. Kalaudibiasakan sejak single wah itu udah paling top deh mba yun

    ReplyDelete
  7. Kalau gak ada pencatatan keuangan memang bikin pusing ya kak. Terlebih lagi memang benar bakal pola konsumtif yang malah terjadi, bila tidak dikelola keuangannya

    ReplyDelete
  8. Dari single emang agak sedikit sulit nih atur keuangan sendiri ternyata emang karena ga rutin banget catet pengeluaran harian, untungnya sekarang jadi lebih cermat atur keuangan setelah nikah huehee

    ReplyDelete
  9. Hutang konsumtif ini paling sering dilakukan oleh masyarakat umum ya. Padahal hutang jenis ini biasanya timbul karena keinginan memenuhi gaya hidup saja.

    ReplyDelete
  10. salah satu cara mencapai kemerdekaan finansial bisa dimulai dari disiplin membuat catatan keuangan ya kak

    ReplyDelete
  11. Wah dulu pas single emang berantakan banget masalah keuangan karena ga nyatet nyatet hal kecil kaya pengeluaran gitu, untung sejak nikah jadi lebih aware nih kak huhuu

    ReplyDelete
  12. Iya, bener. Penting banget untuk membuat catatan keuangan. Apalagi di jaman seperti sekarang yang minim kepastian. Setidaknya, apa yang kita rencanakan terlihat lebih riil kalau posisi keuangan terlihat. Btw, meskipun udah pakek aplikasi, aku tetep hobi bikin catetan di buku kecil. Udah kayak kebiasaan aja.

    ReplyDelete
  13. Setuju banget kalo catatan keuangan itu penting.. Apalagi seperti aku nih, udah punya anak 2. Kalo ada catatan jadi tau berapa kemampuan finansial kita, terus bisa buat strategi agar kebutuhan tercukupi.tanpa minjam sana sini

    ReplyDelete
  14. apapun tujuan atau impian hidup kita memang perlu perencanaan finansial yang matang, atau... impian tersebut hanya menjadi impian...

    ReplyDelete
  15. Sebagai orang yang sering merasa uang kok tiba-tiba habis, penting menurutku untuk membuat cataan keuangan harian. Biar lebih tahu dan pastinya semoga bisa berhemat juga hihi.

    ReplyDelete
  16. Mengetahui pengeluaran yang bocor itu paling gampang dideteksi pas evaluasi pengeluaran. Kuncinya sih rajin mencatat dan teliti melakukan pencatatannya ya Kak.

    Nah kalau malas nyatet. Waduduw banget deh pas akhir bulan.

    ReplyDelete
  17. Catatan keuangan ini asli penting banget og ya Mba Yun, aku juga masih belajar dan hati-hati banget nih biar nggak boncos. Mba udah kufollow blognya, polbek wirausaha dot com ya. salam

    ReplyDelete
  18. Aku banget nih yg dompet suka bocor dan ga tau duitnya udah kepake buat apa wkwkwk... Tulisan mbak membantu banget deh

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post