Cara Memilih Pelapis Beton Anti Bocor yang Bagus

Adakah yang rumahnya punya atap dak? Coba deh lihat! Jangan-jangan belum pake pelapis beton anti bocor! Bisa gampang retak dan bocor lho. Oleh karena itu, kita butuh cara memilih pelapis beton anti bocor yang tepat. Biar dak beton kita bisa awet dan nggak gampang bocor.

Buat yang belum tahu apa itu dak beton. Sini kujelasin sedikit!

Dak beton adalah satu komponen konstruksi yang berada di bagian paling atas. Ada yang bilang kalau ini tuh pembatas antara lantai bawah dengan lantai di atasnya. Sehingga, dak beton tuh bisa buat penguat konstruksi dari segala sisi.


Cara Memilih Pelapis Beton Anti Bocor
Memilih pelapis beton anti bocor (sumber foto website pro-xhome.com)


Cara Memilih Pelapis Anti Bocor untuk Dak Beton yang Bagus

1. Pahami Kondisi Dak Beton di Rumah atau Bangunan Milik Kita

Kita tuh nggak bisa ya, pilih pelapis beton anti bocor sembarangan. Kita harus tahu dulu nih gimana kondisi dak beton rumah atau bangunan kita. Misalnya, seberapa parah keretakannya.

Aku sih nggak begitu paham urusan ini. Cuma, kalau emang bocornya besar. Maka kita perlu menambahkan bahan lain yang punya daya rekat tinggi selain pelapis beton anti bocor itu sendiri.

2. Gunakan Pelapis Anti Bocor yang Tahan Akan Sinar Matahari

Karena dak beton adalah bagian konstruksi yang berada paling atas. Bukan hal yang mengherankan kalau dia sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, kita perlu pelapis beton anti bocor yang bisa melindungi dak beton dari paparan sinar matahari.

3. Mengetahui Cara Penggunaan Cat Pelapis Dak Beton

Hal yang nggak kalah penting saat kita mau milih pelapis dak anti bocor adalah memperhatikan petunjuk penggunaannya. Biasanya setiap produk akan memberikan semacam panduan ketika kita ingin mengaplikasikannya ke dak beton.

Misalnya nih kayak gimana mencampurnya, apa yang harus kita lakukan terhadap dak beton kita sebelum pengaplikasian dan lain sebagainya. Ya, maksudku kan percuma kalau kita sudah pilih pelapis dak beton yang bagus. Tapi, kita nggak bisa menggunakannya.

4. Gunakan Pelapis Anti Bocor yang Punya Formula Anti Jamur

Hal yang bikin dak beton rusak kan bukan hanya paparan sinar matahari saja. Ada jamur, debu, air hujan dan lain-lain.

Makanya, penting banget buat kita untuk memilih pelapis dak beton yang ada formula anti jamurnya. Biar nggak gampang jamuran.

5. Kenali Jenis Pelapis Anti Bocor yang Akan Kita Gunakan

Ternyata ada banyak jenis pelapis dak beton yang beredar di pasaran lho. Kayak Styrene Acrylic, Membrane dan Cementitious.

Oleh karena itu, sebaiknya kita sudah mengenali dan memahami semua jenis pelapis dak beton tersebut sebelum kita memilih dan membelinya.

Kalau mempercayakan pembelian ke tukang yang mau mengerjakan. Seenggaknya, kita nggak akan menerima mentah-mentah apa yang mereka sarankan. Kita sudah punya panduan mana jenis pelapis dak beton yang sesuai untuk kebutuhan bangunan kita.

Kesimpulan

Dak beton tuh memang awet. Tapi bukan berarti nggak akan mengalami kebocoran. Terlebih saat pembuatan kita nggak pakai pelapis beton yang anti bocor. Kita tetap harus melakukan maintenance ya.

Oleh karena itu, perhatikan cara memilih pelapis beton anti bocor. Agar kita mendapatkan dak beton yang kokoh dan nggak mudah bocor.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro