Lakukan 6 Hobi untuk Mengisi Waktu Luang yang Asyik dan Menarik

Kalau sudah suntuk dengan pekerjaan, maka kita perlu melakukan sesuatu sebagai selingan. Kita bisa melakukan beberapa hobi untuk mengisi waktu luang yang asyik dan menarik.

Hal ini bertujuan agar kita bisa menyegarkan pikiran dan kembali fresh saat waktunya bekerja.

Beberapa orang tentu punya hobinya masing-masing. Ada yang melibatkan otot kayak berkebun, spend waktu dan uang kayak traveling atau kuota kayak main game online.

Aku sih sukanya baca buku, nonton drama, traveling atau sesekali main game online yang sudah terinstall di ponselku. Cuma kadang suka susah kalau sudah RAMku penuh. Aplikasi game pasti jadi sasaran empuk buat memberikan space untuk kerjaan lainnya.

Nanti kuberitahu platform game apa yang kita bisa mainkan tanpa harus install di ponsel. Sekarang, kita sebutkan dulu beberapa hobi yang mungkin bisa kita lakukan di waktu luang.

Hobi untuk Mengisi Waktu Luang

1. Baca Buku


Hobi untuk mengisi waktu luang


Bagi penulis konten. Kegiatan baca buku nggak hanya sekedar hobi saat punya waktu luang saja, tapi menjadi penunjang dalam kepentingannya membuat konten juga.

Kita bisa membaca buku atau karangan yang berupa fiksi atau nonfiksi. Tergantung dari selera bacaan masing-masing ya, Temans. Kalau aku jelas lebih suka baca novel sih kalau ada waktu luang. Hehehe....

2. Nonton Drama

Aku tuh nggak suka drama dengan tema orang ketiga. Tapi, kali ini aku selalu menunggu update episode terbaru dari Drama Korea berjudul Doctor Cha.

Meski pun temanya adalah orang ketiga dalam keluarga Doctor Cha. Tapi, drama ini tuh hiburan banget.

Setiap episodenya selalu menawarkan gelak tawa dari tingkah konyol ahjumma yang memutuskan melanjutkan residennya setelah 20 tahun hanya fokus pada keluarga.

Intinya, nonton drama tuh bisa banget menjadi hobi asyik dan menarik yang bisa kita lakukan untuk merefresh otak dari penatnya pekerjaan.

3. Berkebun

Ada temanku yang suka banget berkebun. Dia selalu menyempatkan diri untuk merawat tanaman setiap harinya. Katanya, kegiatan ini tuh memberikan efek menyenangkan buat dia. Capek sih. Tapi super fun.

Beberapa tanaman bisa dipanen kayak sayuran dan buah. Hasil panennya bisa dia jual untuk tambahan biaya hidup dan tabungan masa depannya.

Jadi, menurutku hobi nggak hanya sekedar media healing saja. Kayak temanku, hobi berkebun yang dia lakukan bisa menghasilkan juga.

4. Camping

Hobi untuk mengisi waktu luang selanjutnya adalah camping. Buat yang masih pemula kayak aku sih bisa banget camping bareng teman-teman saat akhir pekan atau hari libur lainnya.

Waktu libur akhir tahun, aku pernah camping di Pantai Kesirat, Jogjakarta. Sebenarnya aku nggak berencana camping. Cuma memang kebetulan ketemu sama teman-teman seorganisasi jaman sekolah. Mereka mau camping dan sudah membawa semua perlengkapan kayak tenda, snack dan minuman. Kupikir nggak ada salahnya buat ikutan.

Guest what! Aku nggak merasa menyesal dong. Camping bisa jadi hobi baru buatku. Karena memang seasyik itu.

5. Traveling

Traveling sudah pasti menjadi hobi yang asyik dan menyenangkan. Kita bisa meluangkan waktu untuk melakukannya. Ambil cuti dari pekerjaan untuk sekedar healing ke tempat-tempat baru.

Iya sih. Memang hobi ini tuh membutuhkan spend waktu dan uang. Tapi, kalau kita sudah menyiapkan budgetnya ya kenapa nggak?

Ini juga bisa menjadi sarana buat mencari inspirasi lho. Buat kamu yang berkecimpung di dunia konten baik berupa video atau tulisan.

6. Main Game

Terakhir, kita bisa main game sebagai hobi dalam mengisi waktu luang yang asyik dan menyenangkan.

Ada beberapa aplikasi game yang bisa kita download di ponsel kayak candy crush atau zuma. Tapi, menginstall aplikasi tambahan semacam game tentu punya kelemahan tersendiri.

Siapa tahu saja ponsel kita ternyata punya RAM yang nggak terlalu gedhe. Sehingga, kadang bikin hang kalau sudah terlalu penuh. Hasilnya, kita harus legowo meng-uninstall game yang kita sukai.

Terus gimana dong solusinya?

Platform Game Online Tanpa Install yang Asyik dan Menarik

Beberapa waktu lalu, aku menemukan platform game online. Di mana kita bisa tetap main game yang asyik dan menarik tanpa perlu install di ponsel kita.

Teman-teman cuma perlu mengunjungi website https://solitaire.org. Meski pun nama gamenya tuh familiar sama game menyusun kartu. Tapi, mereka punya banyak jenis game lain yang mungkin kalian sukai lho.

Aku sudah memainkan beberapa game, di antaranya:

Zuma Legend


Cara Mengisi Waktu Luang


Zuma Legend tuh hits banget pas jaman aku masih kuliah. Dulu aku sering memainkannya di laptop temanku yang menginstall game ini.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi game Zuma juga tersedia untuk android. Buat yang punya RAM dengan kapasitas gedhe sih nggak masalah ya. Tapi, kalau RAMnya minimalis tentu bikin snewent.

Kita bisa kunjungi kategori Match 3 di website Solitaire untuk memainkan Zuma Legend kok. Nggak perlu repot-repot install deh.

Candy House


Tips Mengisi Waktu Luang


Beberapa tahun lalu, Candy Crush adalah game favoritku. Setiap ada waktu luang, aku pasti memainkannya. Entah sudah level berapa yang kumainkan. Bahkan temanku sudah mencapai level ribuan lho.

Tapi, aku harus uninstall game itu karena terkendala ruang penyimpanan ponselku. Sedih.

Kini, aku bisa tersenyum lagi. Aku bisa memainkan game semacam Candy Crush melalui website Solitaire juga. Masih di kategori yang sama yaitu Match 3, kita akan menemukan game Candy House.

Spider Solitaire


Main Game tanpa Install Aplikasi


Terakhir, aku memainkan game Spider Solitaire di website tersebut. Game ini tuh dulu sering banget kumainkan di komputer.

Aku tinggal menyusun kartu-kartu yang sejenis mulai dari kartu King sampai As. Bagian tersulitnya sih kalau ada lebih dari satu jenis kartu. Aku belum bisa menyelesaikannya. Selalu saja gagal. Hehehe....

Apa sih Hobi untuk Mengisi Waktu Luang yang Asyik dan Menarik?

Saat kita sedang suntuk sama pekerjaan atau aktivitas sehari-hari yang monoton tuh memang lebih baik kita mencari kegiatan selingan. Kalau pun kita memaksakan diri maka bisa berakibat sama hasil pekerjaan yang nggak maksimal. Malah bisa jadi emosi yang nggak stabil. Pinginnya ngomel terus.

Oleh karena itu, melakukan beberapa hobi untuk mengisi waktu luang yang asyik dan menarik bisa menjadi solusi lho. Tinggal pilih saja hobi favorit kita masing-masing.

Kita bisa memilih untuk baca buku, nonton drama, berkebun, camping, traveling atau sekedar main game. Nggak perlu install aplikasi yang bikin sesak ruang penyimpanan gadget sih. Kita bisa mengakses website Solitaire yang punya banyak sekali koleksi game yang bisa menghibur.

Jadi, apa nih hobi untuk mengisi waktu luang yang Teman-teman lakukan? Coba dong ceritakan di kolom komentar!

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro