Persiapan Berenang Bersama Anak yang Harus Kita Lakukan Sebelumnya

Punya anak yang suka berenang tuh bagus. Ada banyak manfaat berenang untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Hanya saja, memang ada beberapa persiapan berenang bersama anak yang harus kita lakukan sebelumnya.

Kayak managerku saat bekerja di Semarang beberapa waktu lalu. Hampir setiap minggu, beliau mempersiapkan berbagai keperluan untuk membersamai anak-anaknya berenang.

Apalagi ada yang bilang bahwa berenang, secara nggak langsung, bisa menambah tinggi badan anak. Jadi, apa yang harus kita persiapkan saat ingin mengajak anak berenang?

Persiapan Berenang Bersama Anak


Persiapan Berenang Bersama Anak


Berenang memang bukan kegiatan yang bisa anak lakukan tanpa pengawasan orang tuanya. Mereka juga nggak bisa melakukan persiapannya sendiri.

Kitalah, sebagai orang tua, yang harus mempersiapkannya untuk mereka.

1. Baju Renang Anak

Hal utama yang perlu kita persiapkan adalah baju renang anak. Pastikan anak punya baju renang yang sesuai dan nyaman.

Biasanya terdiri dari baju renang atau celana renang. Kita bisa membelikannya bila memang belum ada.

2. Pelampung

Untuk anak-anak yang belum terlalu terampil berenang, pelampung bisa menjadi peralatan yang sangat berguna. Biar mereka tetap menikmati momen berenang dengan aman.

Pelampung bisa membantu anak untuk menjaga keseimbangan dan mengembangkan kepercayaan diri di air.

3. Kacamata Renang


Kacamata renang anak


Peralatan ini kelihatannya remeh, tapi punya fungsi yang cukup penting, sebagai berikut:

  1. Membantu untuk melindungi mata anak dari air dan mencegah iritasi.
  2. Bisa membantu anak untuk melihat dengan jelas di dalam air.

4. Topi Renang

Beberapa orang tua nggak menganggap bahwa topi renang adalah peralatan yang penting untuk dipersiapkan. Tapi, menurutku ini juga harus ada. Apalagi buat orang tua yang anaknya berambut panjang dan mudah berantakan.

Topi renang nggak hanya berguna untuk menjaga rambut anak tetap rapi, tetapi juga membantu mengurangi hambatan saat berenang. Selain itu, topi renang juga membantu menjaga kebersihan kolam renang lho.

5. Tabir Surya

Pastikan anak juga menggunakan tabir surya yang tahan air sebelum berenang ya, Bu-ibu!

Ini akan membantu melindungi kulit anak dari sinar matahari yang berbahaya. Jadi, bukan hanya kulit kita saja yang butuh perlindungan dari bahaya ultra violet dong.

6. Minum Air yang Cukup

Sekalipun tujuan anak berenang hanya untuk bermain air. Bukan berarti kita nggak perlu menyediakan air minum ya. Bisa kehausan nanti mereka. Hehehe....

Pastikan anak minum air yang cukup sebelum dan setelah berenang. Apalagi berenang juga bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi penting untuk menjaga anak tetap terhidrasi dengan baik.

7. Pengawasan Orang Dewasa


Pengawasan Orang Dewasa saat Berenang


Seperti yang kubilang tadi. Berenang bukanlah kegiatan aman yang bisa dilakukan anak tanpa pengawasan orang tua. Nggak perduli kolam renangnya nggak dalam.

Jangan pernah biarkan anak berenang sendirian atau tanpa pengawasan orang dewasa. Pastikan ada orang dewasa yang selalu mengawasi anak selama berenang untuk mencegah kecelakaan.

8. Pelatihan Berenang

Jika anak belum terampil berenang, pertimbangkan untuk mendaftarkannya dalam program pelatihan renang yang sesuai dengan usianya. Hal inilah yang dilakukan oleh managerku.

Menurut beliau, pelajaran renang akan membantu anak mengembangkan keterampilan berenang dan meningkatkan kepercayaan dirinya di air.

Pada akhirnya, kita harus selalu ingat bahwa keselamatan anak adalah prioritas utama saat berenang. Kita nggak boleh melepaskan pengawasan kita dari mereka selama prosesnya.

Dalam artian, sekalipun kita sudah melakukan persiapan berenang bersama anak dengan lengkap, pastikan juga anak kita memahami aturan keselamatan air dan berenang di area yang aman dan terawasi.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro