Bangun Tempat Gym di Rumah, Manfaat dan Estimasi Biaya

Saat masih bekerja di Semarang, sesekali aku ikut teman kosku nge-gym di pusat kebugaran. Kebetulan tempatnya berada di mall. Jadi, setelah nge-gym, kami akan window shopping. Dulu, aku mikir betapa enaknya bila bangun tempat gym di rumah. Kenapa?

Menjadi member dan mengunjungi tempat gym secara rutin memberikan tantangan tersendiri. Kita harus mengikuti jadwal nge-gym dan perlu menyesuaikan dengan aktivitas lain.

Belum lagi biaya membership gym yang tidak murah. Sehingga, menurutku tepat sekali jika kita memutuskan untuk membangun tempat gym di rumah.

Hanya saja, kadang kita memang terkendala sama anggaran. Tapi, tak perlu khawatir. Kita bisa mulai menyiapkan anggarannya dengan cara investasi obligasi lho.

Jadi, apa saja sih manfaat membangun tempat gym di rumah? Kalian harus simak artikel ini, karena kami akan memberikan estimasi biaya yang harus kita persiapkan agar bisa nge-gym di rumah sendiri!

Manfaat Bangun Tempat Gym di Rumah

manfaat bangun tempat gym di rumah

Teman-teman pasti sudah memahami bahwa olahraga teratur adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan. Kita bisa bergabung di tempat gym favorit. Meski dengan begitu, kita perlu taat pada jadwal yang sudah tersusun dari sana.

Coba bayangkan! Jika punya gym sendiri, kita bisa berolahraga kapan saja. Tidak perlu resah karena harus berbenturan dengan kesibukan kita.

Salah satu cara mengumpulkan uang untuk membangun ruangan gym di rumah dengan memiliki produk investasi.

Apa yang dimaksud dengan investasi? Investasi adalah membelanjakan uang untuk membeli instrumen yang bisa memberikan pendapatan pasif.

Memang, apa saja manfaat punya tempat gym di rumah? Kenapa kita perlu berinvestasi segala untuk mewujudkan impian bisa nge-gym di rumah kapan saja.

1. Kenyamanan

Harus kuakui, nge-gym di pusat kebugaran tuh sesekali bikin aku merasa tidak nyaman. Kekhawatiran menjadi perhatian orang dan lain-lain tentu sangat mengganggu bagiku yang sangat introvert.

Makanya, jika kita punya peralatan gym sendiri di rumah, kita bisa berolahraga dengan lebih nyaman. Salah satu alasannya karena tidak banyak orang yang bisa mengganggu konsentrasi.

Selain itu, kita pun lebih bebas melakukan berbagai gerakan. Tanpa perlu merasa canggung karena dilihat orang lain.

2. Hemat biaya

Kita harus membayar keanggotaan atau membership di gym secara rutin setiap bulan atau tahun sesuai ketentuan. Mau kita nge-gym atau absen, tidak ada pengembalian dana.

Beberapa orang mungkin merasa keberatan dengan biaya tersebut. Apalagi kalau kita mengambil paket premium dan harus membayarkan beberapa anggota keluarga yang ingin ikut membership.

Padahal, uang yang kita gunakan untuk membayar keanggotaan bisa kita kumpulkan untuk membeli peralatan gym di rumah lho. Sehingga, kita bisa bebas menggunakannya kapan saja.

Bahkan, seluruh anggota keluarga pun bisa memanfaatkan peralatan tersebut tanpa harus membayar biaya keanggotaan lagi.

Dengan demikian tentu bisa jauh lebih hemat daripada membayar langganan membership gym untuk beberapa orang anggota keluarga. Benar tidak?

3. Berlatih kapan saja

beli alat gym dengan investasi obligasi

Jadwal olahraga di tempat gym sudah ditentukan, berapa kali seminggu dan berapa jam setiap sesi. Saat itu, aku dan temanku cuma bisa nge-gym pas jam pulang kantor. Kebayang sih betapa lelahnya hanya demi bisa berolahraga!

Ini tentu tidak fleksibel sebab bisa jadi dalam waktu yang bersamaan kita juga punya aktivitas yang tidak bisa kita tinggalkan. Misalnya, pada kasus kami, harusnya waktu pulang kerja bisa kami gunakan untuk istirahat setelah seharian bekerja.

Selain rugi biaya karena sudah membayar membership namun tidak bisa menggunakannya, jadwal olahraga kita juga tidak bisa terpenuhi. Kita pun sulit untuk bisa mempunyai tubuh yang sehat seperti harapan.

Berbeda dengan jika kita bangun tempat gym di rumah. Kapan pun ada waktu, bahkan disela kesibukan mengurus keluarga, rumah, menyelesaikan berbagai pekerjaan dan aktivitas lain, kita masih bisa nge-gym.

Terus apa saja alat gym yang harus kita persiapkan di rumah?

Rekomendasi Alat Gym di Rumah

Banyaknya peralatan gym tidak jarang membuat kita sebagai calon pembeli bingung, kira-kira mana yang harus menjadi prioritas. Apalagi jika budget yang kita miliki terbatas.

Oleh karena itu, kita akan membahas mengenai rekomendasi jenis alat gym yang sebaiknya kita miliki di rumah, antara lain:

1. Dumbbell

Alat gym satu ini meski bentuknya kecil namun multifungsi lho. Kita bisa memanfaatkan dumbbell untuk latihan pembentukan otot tangan, latihan angkat beban, olahraga kardio sampai gerakan untuk membuat jantung lebih sehat.

Bicara soal harga, alat ini cukup murah kok. Jadi, sebaiknya kita beli dumbbell untuk melengkapi peralatan gym di rumah ya.

2. Tali skipping

Tali skipping bentuknya simpel namun banyak kegunaan. Jika kita ingin berlatih kardio, maka alat ini wajib ada di rumah.

Olahraga lompat tali selama 10 menit bisa membakar kalori setara dengan lari selama 30 menit. Model skipping juga banyak, kita bisa membeli yang sesuai kebutuhan.

3. Matras yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Bahkan latihan yoga secara teratur bisa membantu kita dalam mengatur pola hidup lebih baik.

Salah satu peralatan yang kita butuhkan untuk yoga adalah matras. Matras yoga cukup multifungsi, sebab kita juga menggunakannya saat ingin melakukan body weight training seperti push up atau plank.

4. Treadmill

Perlengkapan satu ini memang harganya tidak murah namun recommended jika kita ingin membangun tempat gym di rumah.

Dengan alat ini kita bisa melakukan aktivitas jogging di rumah. Harga treadmill cukup beragam, bahkan ada yang di atas Rp. 10 juta.

Tapi bukan masalah kok. Kita bisa mulai mengumpulkan uang untuk membeli peralatan ini dengan cara memilih investasi obligasi.

Keuntungan dari investasi ini akan membantu kita untuk mempunyai cukup uang dalam waktu lebih cepat agar bisa membeli treadmill.

5. Sepeda statis

Sepeda statis atau stationary bike merupakan alat gym yang mempunyai banyak manfaat. Meski pun gerakan dengan alat ini termasuk ringan tapi bisa membantu kita yang ingin mempunyai tubuh ideal.

Gerakan dengan sepeda statis juga aman bagi penderita jantung. Jadi, kalau bisa sih kita juga menyediakannya di rumah.

Selanjutnya, Teman-teman pasti ingin tahu soal berapa estimasi biaya yang harus kita siapkan untuk bangun tempat gym di rumah, khususnya untuk pembelian semua peralatan yang kita butuhkan.

Yuk, lanjut baca artikelnya!

Estimasi Biaya Pembelian Alat Gym di Rumah

Sebelum mulai membeli perlengkapan untuk membangun tempat gym di rumah, tentu kita perlu mempertimbangkan estimasi biayanya. Berikut perkiraan biaya yang harus kita siapkan, yaitu:

Nama Alat Gym Estimasi Harga (Rp.)
Dumbbell 200.000
Tali skipping 50.000
Matras yoga 400.000
Treadmill 7.000.000
Sepeda Statis 2.300.000
Total 9.950.000

Bagaimana? Apa Teman-teman tertarik untuk mempunyai tempat gym sendiri di rumah?

Jika ingin sehat dengan cara berolahraga yang hemat, salah satu caranya adalah membuat tempat gym sendiri. Karena biaya untuk membeli peralatannya lumayan banyak, kita bisa segera mulai dengan berinvestasi.

Investasi merupakan cara cerdas dan praktis dalam mengembangkan aset agar mendapat passive income yang bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan.

Kita bisa berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS dan mendapat layanan personal berupa rekomendasi produk sesuai profil risiko, kondisi pasar, perilaku pembeli, hingga preferensi produk melalui akses selama 24 jam.

Layanan ini sudah mendapat penghargaan sebagai Bank Investasi Terbaik Dunia dari Global Finance lho. Jadi, kupikir akan semakin membuat kalian yakin, kan?

Selain itu, kita pun bakal bisa mendapatkan laporan perkiraan makroekonomi dari tim ahli kelas dunia yang pasti sangat membantu dalam berinvestasi.

Tunggu apa lagi! Segera mulai dengan memilih investasi obligasi di Aplikasi digibank by DBS!

Ada lebih dari 120 produk investasi yang terbukti cuan sehingga kita berinvestasi dengan aman, mudah dan berpotensi mendapat banyak keuntungan. Jadi, segera hubungi atau cek di sini untuk lebih detailnya!

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro