Nggak Perlu ke Salon, Ini Dia Cara Menghaluskan Rambut dengan Alami

Kadang dilema juga ya. Kita pingin ‘cakep maksimal. Rambut juga berharap halus, mengkilat dan lembut. Tapi sayangnya, kita nggak punya cukup modal buat ke salon. Atau kalau pun ada, masih ada sederet kebutuhan lain yang minta dipenuhi. Terus gimana dong Cara Menghaluskan Rambutnya?

Cara Menghaluskan Rambut

Tenang, Girls. Kita masih punya cara lain. Cara yang lebih alami dan nggak semahal biaya salon. Cuma sedikit ribet sih. Tapi, ‘kan nggak papa ya. Demi rambut halus menawan gitu lho.

Hayo,,, apa aja Cara Menghaluskan Rambut ala-ala emak Yuni dulu kala? Ini dia…

Menghaluskan Rambut dengan Kemiri


Ternyata kemiri bisa untuk perawatan rambut lho. Tentu saja bisa menghaluskan rambut juga. Tapi perlu diperhatikan ya. Bukan sembarang kemiri aja yang bisa begitu.

Terus kemiri yang gimana dong? Jawabannya adalah kemiri yang sudah diambil minyaknya.

Dulu pas aku masih kecil, si emak kadang-kadang mengoleskan rambutku dengan minyak. Katanya itu minyak kemiri. Waktu itu, aku nggak suka aromanya. Nggak enak menurutku. Tapi ya gimana? Kalau berontak pasti dapat hadiah cubitan sayang dari emak. Dan itu sakit sekali, Girls. Kalian nggak akan kuat. Biar aku aja. Hapaseh… hehehe…

Bagaimana cara membuat minyak kemirinya lain kali deh ku syer. Aku perlu konsultasi sama pakarnya. Emakku maksudnya. Ahay…

Jadi, setiap habis dikasih minyak kemiri tu rambutku jadi semakin halus. Yah, dasar anak-anak, mana mengerti. Cuma dulu aku ingat, ibu-ibu komplek tempatku tinggal makin senang mengelus rambutku.

Kebayang nggak sih, bocah dielus-elus rambutnya. Jadi berasa makin disayang gitu ‘kan. Lha, aku jadi baper.

Menghaluskan Rambut dengan Kelapa


Cara pertama dengan minyak kemiri. Kali ini cara kedua masih seputar minyak rambut. Tapi, pakenya kelapa dan membuat minyak kelapa tu membutuhkan waktu yang sangat lama. Prosesnya juga panjang. Lain kali ku syer deh. Keknya membutuhkan satu artikel sendiri dah untuk menceritakannya ke teman-teman. Hehehe…

Masih dicerita masa kecilku, selain minyak kemiri terkadang emakku juga mengolesi rambutku dengan minyak kelapa lho. Kalian pasti bertanya-tanya, ”ini rambut Yuni sehat bener apa pas masih kecilnya? Emaknya sering banget merawat rambut dia.”

Ya emang begitu. Pas jaman anak-anak dulu, rambutku tu ya sehat, halus, hitam dan nggak ada tuh namanya rontok. Karena si emak telaten banget merawat rambut anak cewek satu-satunya.

Pas udah besar, boro-boro. Katanya, “kamu sudah bisa mengurus diri sendiri. Kamu lebih tahu dari emak gimana merawat rambut yang baik dan benar.”

Emakku belum tahu saja ya, cara alami jaman dulu itu yang lebih mengena. Lebih puol manfaatnya. Ketimbang cara-cara instan jaman sekarang. Bener nggak sih, Geng?

Menghaluskan Rambut dengan Lidah Buaya


Satu-satunya cara yang ku lakukan sendiri saat ini adalah merawat rambutku pake lidah buaya. Bukan pake produk gel lidah buaya yang banyak dijual saat ini ya. Tapi, pake lidah buaya beneran. Yang kalau mau pake, aku kudu memisahkan dulu lendir dari batangnya.

Aku tahu sih itu ribet banget. Ya, nggak papa. Namanya juga lidah buaya di sekitar rumahku banyak. Tetangga pada nanam. Lha, ternyata bukan punya sendiri. Hehehe.. Tapi kan ya nggak papa. Namanya juga aku minta dan dibolehin. Daripada masih beli.

Pengalamanku merawat rambut pake lidah buaya tu ya bikin rambutku jadi makin gampang diatur. Halus juga. Kalau masalah kerontokan sih, tetap. Tapi, berkuranglah ya. Jadi, aku makin senang mengelus-elus rambutku. Lumayan kan, aku bisa mengalihkan tangan ini dari memegang wajah. Ahay…

Nah, Geng. Itu tadi cerita pengalaman bagaimana Cara Menghaluskan Rambut yang sudah aku dan emakku kerjakan. Aku yakin masih banyak bahan alami lain yang bisa digunakan, kayak madu, telor, lemon bahkan seledri katanya bisa lho. Kalian bisa eksplore semua bahan itu.

Kalau sudah mencoba dan mengetahui hasilnya, jangan lupa ceritakan lagi ya. Siapa tahu bisa jadi pilihan teman-teman yang lain. Atau, kalian bolehlah berbagi di kolom komentar yang sudah kusiapkan di bawah.

Terima kasih sudah membaca curhatanku kali ini. Semoga nggak sekedar curhatan unfaedah ya Geng. See you!

With Love

Post a Comment

24 Comments

  1. kayaknya waktu kecil sering liat botol warna ijo, dan kayaknya juga itu minyak kemiri. mungkin dari kecil udah ditreatment biar rambutnya bagus mungkin.

    ReplyDelete
  2. Saya biasa pakai lidah buaya buat halusin rambut hehe. Disini jga ada umkm yg bikin produk utk perawatan rambut dri lidah buaya

    ReplyDelete
  3. Sama kak, aku juga enggak suka sama aroma minyak kemiri. Mendingan dioles sama lidah buaya. Meski rasanya lengket-lengket aneh gitu. Tapi pas diaplikasiin ke rambut terutama ke kulit rambut. Rasanya adem banget.

    ReplyDelete
  4. Kalo anakku pake kemiri sih. Sekarang udah ada botolan minyak kemiri, baunya juga ngga begitu menyengat. Harus telaten kalo mau hasil maksimal.

    ReplyDelete
  5. Kemiri dan lidah buaya, pernah jadi langganan buat rambut saya juga kakak sewaktu kecil. Almh. Mama kalau udah ngasih 2 hal itu ke rambut saya, ganti-gantian sih ngasihnya, tapi kalau saya menolak enggak mau, pasti akan mendarat deh tuh, pitingan mautnya. Duh, jadi kangen sama beliau 😣

    ReplyDelete
  6. Bener banget.kemiri ampuh banget bikin rambut lembut. Aku sudah pernah nyoba. Tp skrg udah jarang lagi hehehe. Terimakasih mba sharingnya

    ReplyDelete
  7. Kalau saat pendemi gini gk sempet ke salon, takut. hehehe
    Satu-satunya cara ya menghaluskan sendiri dirumah. Makasih kak tips nya, saya praktekan langsung dirumah

    ReplyDelete
  8. Dulu saya biasanya make minyak kelapa buatan nenek saya kak. Rambut jadi halus dan lembut.

    ReplyDelete
  9. Pake minyak kemiri selain halus bisa menumbuhkan rambut juga ya mbak. Soalnya anakku dullu pake itu waktu bayi.

    ReplyDelete
  10. Wah dulu sering banget tuh pake lidah buaya, soalnya banyak ditanem di halaman rumah jadi tinggal ambil aja. Tapi sekarang maunya yang serba praktis, hehehe. Padalah yang alami tentu lebih menyehatkan juga ya.

    ReplyDelete
  11. Dulu waktu kecil juga pernah dikasih lidah buaya ini rambut sama Ibuk, jadi tebal dan halus. Semakin gede, makin males mkwkakw, ngandelin shampoo dn kondisioner aja

    ReplyDelete
  12. Rambut halus dan lembut jadi idaman semua perempuan dan caranya juga nggak sulit ya, bisa perawatan sendiri di rumah. Saya pilih pakai lidah buaya ahh.

    ReplyDelete
  13. Nah, kebetulan nih Mba Yuni... di halaman rumah saya banyaakk tanaman lidah buaya, bisa buat menghaluskan rambut ya, noted deh, tfs yaa

    ReplyDelete
  14. minyak kemiri dan lidah buaya pernah pake. karena gak konsisten jadi belum tau hasilnya. kalo menurut temen2 yang pake lama hasilnya bagus. rambut jadi hitam, lebat dan halus

    ReplyDelete
  15. Pernah direcoki minyak kemiri dan minyak kelapa sama ibu dulu waktu kecil.

    Baunya emang gak enak sih. Tapi memang kebukti ampuh menghaluskan rambut dan membuatnya glowing.

    Sama aloe vera belum pernah nyoba. Hanya pernah nyoba buat muka.

    ReplyDelete
  16. Rambutku terkenal seperti bulu jagung kak, tipis banget , terus rutin pake lidah buaya ama minyak kelapa, alhamdulillah mulai lebat kak

    ReplyDelete
  17. Aku suka banget dulu waktu kecil amke minyak kemir. Jadinya hitam ama tebel banget nih rambut. Lidah buaya juga. tapi kalau minyak kelapa belum coba hehe

    ReplyDelete
  18. Waktu kami masih kecil-kecil nenek rajin sekali minyaki rambut kami pake minyak kelapa. Selain rambutnya halus, rambut pun jadi tebal kak..
    Kalo pake lidah buaya, biasanya aku buat menghilangkan ketombe . ampuh juga loh kak

    ReplyDelete
  19. kemiri ini cukup legendaris. Sejak zaman kecil dulu mengenalnya. Ke anak-anak kami pun kami pilih kemiri eh minyak rambut cap kemiri. Dipercaya bagus untuk rambut. Terima kasih artikelnya, Mbak.

    ReplyDelete
  20. wah terima kasih infonya mbak yuni. jadi ingat waktu kecil sering pake lidah buaya..sekarang sering pake yg praktis ajaa..eh hair care paling sampo sm condotioner...boleh dicoba nih pake kelapa hahah

    ReplyDelete
  21. Lidah buaya sii yang gampang. Karena saya menanamnya sendiri di rumah. Jadi kalau mau perawatan tinggal metik daunnya.

    ReplyDelete
  22. Pake kelapa sama lidah buaya saya udah sering denger, tapi malah pake kemiri nih yang baru denger. Bukan belum denger sih, lebih tepatnya sayup-sayup aja dengernya hihi.

    ReplyDelete
  23. kalau lidah buaya aku sering kak dlu jaman tinggal di desa,,, karena ada tanamannya,, klo kelapa aku malah belum pernah nyobaaa ehh

    ReplyDelete
  24. Serunya eh setuju dengan lidah buaya alami digunakan tiap hari, jadi rambut makin menawan

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.