Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa itu Podcast? Ketahui Definisi dan Contohnya

Apa itu Podcast - Five, four, three, two, one and close the door! Tahu dong ini tu opening podcastnya siapa? Kalau kita pernah lihat Channel Youtubenya om Deddy Corbuzier pasti nggak asing dengan opening yang begini.

Beliau kan sering banget mengundang sosok yang lagi in buat diwawancarain melalui video podcastnya. Kayaknya om Deddy nggak perduli apakah nanti kontennya bakal kena masalah deh ya.

Meski kadang mengundang kontroversi, tetap saja konten om Deddy banyak yang trending. Kalau udah gitu, tentu bakal banyak mengundang viewer. Dampaknya, dolar juga seolah mengejar om Deddy.

Duh, jadi pingin deh kayak gitu. Cuma modal ngepodcast doang bisa dikejar-kejar dolar. Tapi ngomong-ngomong, apa sih podcast itu?


Apa itu Podcast
Perlengkapan Podcast


Apa itu Podcast?

Kata podcast berasal dari dua kata yaitu ipod dan broadcasting. Kita bisa katakan bahwa podcast merupakan siaran radio di internet. Hanya saja, kita bisa mengulang atau memilih siaran yang kita inginkan.

Sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa podcast adalah sebuah file rekaman audio yang sengaja kita rekam dan unggah ke internet secara berkala dan bisa kita dengar serta berlangganan.

Jadi mudahnya begini, kita merekam sebuah audio menjadi satu file. Temanya bebas, bisa gaya hidup, kecantikan, sebuah narasi cerpen atau apapun. Kemudian mengunggahnya ke media podcast, seperti anchor, spotify dan lain sebagainya.

Setelah itu, kita bisa mendengarkan apa pun yang mereka bagikan. Pada tahap ini, kita bisa berlangganan media podcast tersebut dan mensupport si podcaster dengan memfollow, subscribe, memberikan komentar atau sekedar menyukai kontennya.

Mengenal Istilah Podcaster

Ngomongin masalah podcast, nggak akan lepas dari pembawa acaranya juga. Selayaknya pada kata bahasa inggris yang dapat akhiran er, maka merujuk pada orang yang melakukan. Hal ini juga sama dengan kata blogger dan youtuber yang berarti seorang yang menekuni media blog dan youtube.

Oleh karena itu, podcaster adalah seorang yang menekuni dunia podcast atau kita bisa menyebutnya sebagai pembawa acara podcast.

Menjadi seorang podcaster, kita bisa menyalurkan hobi apalagi bagi yang suka banget cuap-cuap. Hanya saja, konten yang kita sajikan nggak boleh asal-asalan. Ada konsep yang perlu kita pikirkan.

Hal yang menjadi tantangan bagi seorang podcaster adalah bagaimana membuat audiens betah mendengarkan cuap-cuap kita hingga habis. Bukannya langsung pindah channel podcast. Ini bukan hal yang mudah. Paling nggak, kita butuh tema yang bagus, alur yang runut dan cara penyampaian yang menarik.

Contoh-contoh Podcast Berdasarkan Tipenya

Pada pembuka artikel ini, kita sudah berkenalan dengan opening podcastnya Om Deddy. Sudah pernah nonton dong bagaimana acara tersebut?

Om Deddy akan mendatangkan seorang atau lebih bintang tamu. Kemudian beliau akan melakukan wawancara kepada narasumber. Menggali apa pun yang mungkin ingin diketahui oleh para audiensnya.

Ini adalah salah satu contoh tipe podcast interview. Contoh podcast lainnya sesuai tipe podcast adalah sebagai berikut:

Podcast Interview

Tipe podcast interview ini yang paling populer saat ini. Tipe ini nggak perlu kemampuan teknik dasar yang spesifik. Kita hanya bertanya pada narasumber atau tamu yang berbeda pada setiap episodenya.

Meski begitu, tetap ada persiapan yang perlu kita lakukan. Salah satunya adalah kita perlu meneliti dan mempelajari terlebih dahulu tamu yang akan diwawancarai nanti. Selain itu, kita juga perlu membuat daftar pertanyaan agar podcastnya terkonsep. Nggak asal jadi.

Agar podcast kita menjadi perbincangan yang menarik, kita harus memiliki soft skill seperti keterampilan wawancara, public speaking dan lain-lain. Hal ini juga menghindari rasa bosan atau jenuh yang mungkin dialami oleh narasumber saat acara sedang berlangsung.

Ada pun contoh podcast interview adalah Ceritanya Interview yang bisa kita dengarkan melalui spotify.

Podcast Solo

Podcast solo adalah podcast yang hanya dipandu oleh satu orang saja tanpa ada narasumber, tamu atau co-host. Tipe ini mempunyai format monolog. Dimana pembicaraan hanya dilakukan dengan diri sendiri.

Konten podcast solo biasanya berupa opini pribadi terkait sebuah berita yang sedang ramai. Atau bisa juga berupa sebuah materi tentang satu topik, seperti kepenulisan.

Contoh podcast solo adalah Podcast Smart Passive Income yang dibawakan oleh Pat Flynn.

Podcast Multi-host

Berbeda dengan podcast solo atau pun interview, podcast multi-host terkesan lebih ramai. Hal ini karena podcast tipe ini memiliki host lebih dari satu orang, bisa dua atau lebih. Sehingga terkesan nggak terlalu berat menjalankannya. Karena multi-host membuat acara ini seperti nggak bakal kehabisan ide.

Salah satu contoh podcast di tipe ini adalah The Fizzle Show. Podcast ini dibawakan oleh Caleb Wojcik, Corbett Barr, dan Chase Reevers. Podcast mereka berisi tentang saran bisnis praktis untuk meningkatkan bisnis yang menguntungkan.

Apa itu Podcast? Ketahui Definisi dan Contohnya

Podcast ini cocok sekali untuk seorang yang pemalu tapi ingin berbagi pengetahuan yang dimiliki. Kita hanya perlu merekam sebuah audio tanpa harus memunculkan visual diri.

Meski hanya sebuah audio, bukan berarti kita bebas merekam apa pun tanpa konsep yang jelas ya. Karena tantangan seorang podcaster tentu lebih berat. Mengapa?

Audiens hanya akan mendengar suara tanpa visual. Mereka hanya bisa berandai-andai dari audio yang terdengar. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita memperdengarkan sesuatu yang menarik. Bukan asal jadi saja. Cemiau.

Post a Comment

6 Comments

  1. Baca masalah podcast, kok malah teringat dg radio zaman dulu. Rasanya nano2 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak. Buat podcast untuk mengenang kembali. Hehehehe

      Delete
  2. Aku sih sering dengerin podcast bhs Belanda buat belajar😁 tapi hanya jadi pendengar setia ajah.

    ReplyDelete
  3. Om Dedi salah satu podcast terbaik di Indonesia, yg paling rame waktu dia undang dewa catur

    ReplyDelete
  4. podcast org y terkenal sama banyak penggemarnya pasti byk y nonton atau dengerin.=)

    ReplyDelete
  5. Salah satu media yang digandrungi anak muda nihh

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.