Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Aplikasi Baca Buku Gratis Versi Yuni Bint Saniro

7 Aplikasi Baca Buku Gratis Versi Yuni Bint Saniro - Hay, teman-teman! Ada yang suka membaca buku nggak? Kalau iya, bolehkah kubertanya sedikit hal? Tentang, teman-teman lebih memilih untuk membaca buku fisik atau buku digital?

Tentu saja ada plus dan minusnya untuk setiap pilihan ya Gaes. Tapi pastikan saja, kita membaca buku yang asli bukannya buku bajakan yang banyak beredar. Atau buku digital resmi bukannya ebook bajakan juga. Hehehe...

Aku mengetahui ada banyak situs download buku gratis pdf ilegal di luaran sana. Tapi, please deh ya!

Para penulis buku sudah meluangkan banyak waktu untuk menerbitkan karya mereka. Masa iya, kita yang tinggal membaca nggak mau mengapresiasi usaha mereka.

Minimal, kita membaca buku di aplikasi baca novel gratis yang legal gitu lho. Kayak baca buku online gratis gramedia misalnya. Eh, kita mesti berlangganan dulu ding kalau mau membaca buku gratis di gramedia. Hehehe...

Tapi nggak papa, berikut ini aku akan menyebutkan beberapa aplikasi baca buku gratis.


Aplikasi baca buku digital gratis
Sumber:https://www.freepik.com/premium-vector/reading-ebook-digital-tablet-isolated-white_5125057.htm


7 Aplikasi Baca Buku Gratis

Ada seenggaknya 7 aplikasi baca buku gratis yang sudah aku gunakan. Diantaranya:

1. Perpustakan Online

Perpustakaan online mempunyai beberapa aplikasi sesuai dengan wilayahnya. Misalnya nih, kota Jakarta mempunyai i-jak. Jawa Timur mempunyai aplikasi i-jatim. Sedangkan Jawa Tengah mempunyai aplikasi i-jateng.

Baca juga Cerita Bersambung

Selain itu, ada juga i-pusnas. Pokoknya semua aplikasi perpustakaan online itu sudah menyediakan banyak buku. Kita bisa meminjamnya dengan durasi tiga hari. Cukuplah ya waktunya untuk kita menyelesaikan satu buku.

Nah, semua perpustakaan online ini juga bisa untuk aplikasi membaca buku pelajaran lho. Kita hanya perlu mencari buku sesuai kategori yang kita inginkan. Atau kita bisa mencari buku sesuai judul buku dan nama pengarangnya.

Pokoknya mah lengkap di perpustakaan online tu. Kita bisa tetap meminjam buku meski di rumah aja dong ya. Hehehe...

2. Wattpad

Wattpad merupakan salah satu aplikasi baca novel gratis. Ada banyak penulis yang menuliskan dan memublikasikan karyanya melalui aplikasi ini. Bahkan ada yang menerbitkan buku, dari saking banyaknya pembaca yang menginginkan karya mereka dalam bentuk buku fisik lho.

Baca juga Cerita Mini

Kita hanya perlu membuat akun di wattpad. Cara mendaftarnya bisa langsung menggunakan akun media sosial yang kita miliki. Mudah dan cepat.

Hanya saja, kita harus bisa memilah dan memilih bahan bacaan yang sesuai dengan usia lho. Karena di aplikasi ini ada begitu banyak kategori, termasuk cerita-cerita dewasa ya.

3. Storial

Storila.co merupakan aplikasi baca novel gratis juga. Aplikasi ini memungkinkan kita sebagai pengguna untuk membaca dan mengunggah karya. Kurang lebih sama dengan aplikasi wattpad.

Aplikasi ini mempunyai fitur audio story lho. Dimana para penggunanya bisa menikmati cerita dalam versi audio. Kita bisa mengatakannya sama seperti podcast fiksi begitulah.

Jadi, kalau kita sedang malas untuk membaca, kita bisa mendengarkan cerita saja di sini. Tetap menghibur bukan. Dan storial.co ini bukan merupakan aplikasi buku pelajaran kuliah ya. Makanya jangan mencari referensi di sini. Kecuali jika teman-teman sedang menempuh pendidikan sastra. Itu beda lagi ceritanya. Hehehe...

4. WebRead

WebRead merupakan aplikasi baca buku digital juga. Kita bisa menikmati berbagai kategori buku dalam aplikasi ini. Jadi, apakah aplikasi ini juga merupakan aplikasi buku pelajaran online? Barangkali iya. Coba saja teman-teman mendownload aplikasi ini dulu. Hehehe...

Aplikasi ini terasa nyaman karena pihak developer melengkapinya dengan fitur pengalihan bahasa. Selain itu, kita bisa menemukan mode siang atau malam dalam aplikasi ini.

5. Sweek

Sweek merupakan aplikasi lain untuk membaca novel digital. Kita juga bisa mengunggah karya kita di sini dan mendapatkan pembaca yang mungkin menyukai tulisan kita.

Baca juga Review Novel

Oh iya, aku pernah mengikuti kompetisi menulis semacam cerita mini lho di aplikasi ini. Sayangnya, saat itu aku belum bisa memenangkan kompetisinya. Ada banyak penulis yang karyanya jauh lebih menarik ketimbang karyaku. Tapi nggak papa. Aku bisa mencobanya di lain kesempatan. Teman-teman juga bisa mencoba untuk mengikuti kompetisinya dong.

Selain kompetisi, kita juga bisa terhubung dengan komunitas global.

6. Kindle

Kindle menyediakan banyak buku gratis untuk para penggunanya. Ada banyak kategori meliputi fiksi, non-fiksi, sejarah bahkan hal-hal yang berkaitan dengan romansa.

Jadi, bisa kali ya kita mencari buku-buku referensi untuk mahasiswa kuliahan? Mungkin saja kan? Hehehe...

Aplikasi ini menawarkan audio buku juga. Namun sayangnya, kita hanya bisa mengakses fitur ini jika kita sudah berlangganan. Dan sudah pasti berbayar ya Geng. Namanya juga berlangganan.

7. Aplikasi KBM

Terakhir adalah aplikasi KBM. Selain buku-buku gratis karya para pengguna, aplikasi ini juga menjual buku karya penulis besar seperti bunda Asma Nadia dan ayah Isa Alamsyah lho.

Aplikasi KBM menyediakan fitur afiliasi. Dimana kita juga bisa mendapatkan fee jika kita membagikan buku yang ada dalam KBM. Tentu saja jika ada orang lain yang mau membaca karya yang kita bagikan tadi ya.

Ada banyak orang yang sudah menikmati hasil dari fitur afiliasi. Kalau teman-teman ingin menikmatinya juga maka jangan ragu untuk mendownload aplikasi KBM dari play store ya.

Akhirnya - Itulah 7 aplikasi baca buku gratis versi Yuni Bint Saniro yang bisa teman-teman gunakan. Nggak ada lagi cerita tentang kita yang nggak bisa membeli buku fisik. Sementara kita masih ingin membaca buku ya.

Hello, kita bisa menggunakan salah satu dari aplikasi di atas untuk membaca buku digital secara gratis kan?

Jadi, yuk kita membantu untuk menghentikan maraknya para pembajak buku. Kalian mau memilih aplikasi yang mana nih Geng?

With Love



Post a Comment

10 Comments

  1. Dulu saya pernah dikasih kindle sama bos saya. Enak banget buat bacanya. Sayangnya waktu itu belum bisa connect dengan Amazon Book, jadi tetep aja saya beli bukunya di Google Books.
    Bener banget, usahakan jangan membaca buku bajakan. Saya pernah dapat cerita dari prof saya kalau dia di kelas mendapati anak didiknya membeli buku yang dia tulis versi bajakan. Sedih banget gak mendengarnya.

    ReplyDelete
  2. terima kasih infonya ya mbk, asik banget nih jadinya bisa baca buku gratis yaaa, udah lama banet nih rasanya nggak baca buku deh aku

    ReplyDelete
  3. Memang harus buku asli jangan bajakan, karena sedih banget penulisnya nggak dapat royalti. Supaya kita juga menghargai karya asli putra indonesia. Pernah baca juga baca Storial bagus yaa.. Banyak penulis bagus.

    ReplyDelete
  4. Wattpad sama KBM lebih familiar nih...Paling familiar sih wattpad ya.. Suka deh ada aplikasi baca buku gratis kayak gini.. Tapi emang harus pilih2 janis bacaannya ya...Kadang ada yang dewasa banget haha

    ReplyDelete
  5. Jujur, aku nggak pernah baca buku pakai aplikasi. Hehe.
    Sejak nikah dan punya anak, buku yang dibaca seputar buku anak. Jadi memilih buku fisik.
    Tapi dari situ memang merasa jadi sangat jarang ada kesempatan baca buku untk diri sendiri. |

    Hmm.. mungkin kalau pakai aplikasi bisa sambil rebahan ya. Patut dicoba haha

    ReplyDelete
  6. Aplikasi KBM sering berseliweran di temen daku, karena banyak juga yang menggunakan. Penasaran mau coba unduh. Storial juga oke. Cocok menurut daku 7 rekomen nya kak

    ReplyDelete
  7. Aku biasanya ipusnas, kalau Wattpad banyak isinya untuk remaja hihi.. aku baru tahu ada KBM lho, coba download ah

    ReplyDelete
  8. Wah jadi tahu banyak nih aplikasi baca yang gratis btw ada nih aplikasi baca gratis untuk anak-anak namanya Let's Read itu bagus lho menurut saya hehe soale dilengkapi berbagai macam bahasa dan rastusan cerita.

    ReplyDelete
  9. Mba yun itu aplikasi2 diatas, nggak kayak aplikasi yg lain kan misalnya pindah halaman selanjutnya mesti bayarr jumlah tertentu?

    ReplyDelete
  10. KBM udah ada aplikasinya ya Mbak, dulu di FBG suka juga baca dan ngirim² tulisan ke sana. Nice share Mba Yuni, tfs yaa

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.