Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Bersyukur: Hidup Lebih Bahagia dan Sehat Mental

Manfaat bersyukur - Sudahkah kita bersyukur hari ini? Kalau sudah, apa yang kita syukuri? Apakah karena kita bisa tidur dengan nyenyak, memiliki badan yang sehat, dan tetap bisa beraktivitas seperti biasa? Atau mungkin karena kita baru saja mendapatkan pencapaian tertentu, kesuksesan, kabar gembira?

Sesungguhnya ada banyak hal yang bisa membuat kita bersyukur. Mulai dari hal sederhana hingga kejadian luar biasa. Walaupun begitu, bersyukur sangatlah sulit dilakukan untuk sebagian orang.

Pertanyaannya adalah apakah kita juga termasuk orang yang sulit bersyukur? Kita selalu merasa nggak pernah puas dan nggak bahagia dengan apa yang kita miliki. Entah harta, tahta, ataupun pasangan. Rasanya, hal apapun membuat kita nggak puas.

Jika kita masih seperti ini, lebih baik ubah sikap kita secara pelan-pelan. Berhenti melihat ke atas. Berhenti membandingkan diri dengan pencapaian dan hidup orang lain secara nggak rasional. Lalu kita mencoba untuk melihat kebawah karena sesungguhnya hidupmu jauh lebih berharga, nyaman, dan cukup dibandingkan orang-orang di luar sana.


Manfaat Bersyukur


5 Manfaat Bersyukur yang Perlu Kita Tahu

Bersyukur terbukti memiliki banyak manfaat. Mulai dari manfaat sosial hingga kesehatan. Yuk simak berbagai manfaat yang bisa kita rasakan saat kita hidup dengan penuh syukur!

1. Manfaat bersyukur yang pertama adalah perasaan lebih nyaman

Ketika bersyukur, kita akan merasa cukup dan bahagia dengan hidup dan apapun yang kita miliki. Kita nggak akan menuntut diri untuk berubah menjadi seperti orang lain karena kita tahu kalau tujuan dan jalan hidup setiap orang berbeda. Makanya, perasaanmu menjadi lebih tenang, damai dan nyaman.

Perasaan nyaman yang kita rasakan ini membuat hidupmu menjadi lebih bermakna. Kita jadi lebih menghargai segala kejadian, momen, dan proses yang terjadi dalam hidupmu. Dampaknya, kita merasa puas dan bisa menikmati hidup secara seutuhnya.

2. Lebih bahagia dan mood yang stabil

Selain perasaan nyaman, kita juga akan merasa lebih bahagia. Emosi kita juga menjadi stabil. Makanya kita nggak akan gampang emosi, tersinggung, ataupun berperilaku agresif. Kita juga lebih mudah merasa empati terhadap orang lain, lebih bijaksana dan nggak egois. Selain itu, kita juga lebih optimis dan bersemangat. Sehingga, saat orang bersyukur, hidupnya berubah menjadi lebih sukses dan sejahtera.

3. Meningkatkan sistem imun adalah manfaat bersyukur!

Bukan hanya membuat perasaan lebih nyaman dan mood yang stabil, bersyukur juga membuat kita lebih sehat secara fisik. Ketika bersyukur, kita jadi lebih menghargai dan merawat diri. Makanya, kita akan memperhatikan kesehatan dengan baik seperti makan makanan yang bergizi dan teratur, olahraga dengan rutin, istirahat dan minum air putih yang cukup.

Dampaknya, sistem imun menjadi semakin kuat. Selain itu, kita juga akan terhindar dari gangguan tidur dan memiliki tidur yang berkualitas. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 1977, bersyukur bisa menurunkan tekanan darah, mempercepat proses penyembuhan sakit jantung koroner, dan lain sebagainya.

Wow, keren ya. Masih nggak mau bersyukur dengan hidup yang kita miliki sekarang? Kalau aku percaya bahwa selama kita masih bernapas maka Tuhan akan selalu memberikan apa yang kita butuhkan. Dan ketika kita menginginkan sesuatu lantas nggak kita dapatkan, maka jawabannya simple saja. Berarti kita masih belum membutuhkannya. Benar nggak, Gaes?

4. Sehat mental

Manfaat lain dari bersyukur yang paling signifikan adalah membuat kita lebih sehat mental. Loh kok bisa?

Iya bisa, karena ketika kita bersyukur, kita akan berusaha menerima dan mencintai diri secara apa adanya. Mulai dari kekurangan, kelebihan, minat, bakat, dan segala hal yang ada pada diri. Selain itu, kita juga akan membandingkan diri dengan bijak, berusaha memenuhi kebutuhan fisik dan mental, dan memprioritaskan dirimu dibandingkan hal lain.

Dampaknya kita jadi lebih bisa menangani stres, nggak mudah cemas, terhindar dari depresi dan gangguan mental lainnya.


Bersyukur dapat meningkatkan kesehatan mental


5. Menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain juga manfaat bersyukur

Tahukah kita kalau bersyukur bisa membuat kita menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang lain? Kita jadi lebih disukai dan diterima oleh orang-orang di sekitar kita. Selain itu, sikap bersyukur yang kita miliki membuat siapapun merasa nyaman untuk berbicara dan berteman denganmu.

Dampaknya, kita bisa diterima dimanapun, nggak bakal kesulitan mencari teman baru, dan memiliki hubungan romantis yang langgeng. Wow, impian banyak orang mah ini. Iya nggak?

Jika kita merasa sangat sulit untuk bersyukur walaupun sudah mencoba berbagai cara, maka melakukan meditasi secara rutin bisa membantumu. Selain meditasi, konsultasi psikologi juga bisa menjadi opsi pilihan.

Menariknya, kalau kita ingin melakukan meditasi online dan konseling online, kita bisa lho menggunakan aplikasi Riliv. Aplikasi ini bisa kita unduh melalui Google Play Store atau Apple Store. Kita juga bisa mengunjungi website Riliv untuk informasi lebih lanjut.

Referensi:

  1. Ackerman, C. E. (2021). 28 Benefits of Gratitude & Most Significant Research Findings. PositivePsychology.com.
  2. Fulton, B. (2020). The Benefits of Gratitude and How to Get Started. Healthline.
  3. Morin, A. (2014). 7 Scientifically Proven Benefits Of Gratitude That Will Motivate You To Give Thanks Year-Round. Forbes.
Artikel ini ditulis oleh Aufa Miladya Izzah

Post a Comment

4 Comments

  1. Kadang teorinya sudah paham. Tapi kalau lagi down banget suka kufur nikmat 😭

    ReplyDelete
  2. Saya sangat setuju dengan bersyukur, karena membuat segalanya merasa lebih ringan😊

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat sekali tulisannya. Mereminder diri untuk bersyukur atas apapun dan manfaatnya ternyata sampai ke mental.. Masya Allah...

    ReplyDelete
  4. bersyukur memberi banyak manfaat bgt yah, smga kita selalu menjadi manusia yg tidak lupa bersyukur

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.