Arti Good Night dan Evening dan Cara Penggunaannya

Belajar bahasa inggris tu susah-susah gampang. Ada beberapa kata yang kadang memiliki kesamaan. Meski begitu, penggunaannya tetap berbeda. Seperti yang akan kita bahas saat ini.

Arti “good night” ternyata memiliki kesamaan lho dengan “good evening”. Tapi, tahu nggak sih? Meskipun keduanya memiliki arti yang sama, ternyata cara penggunaannya berbeda. Oleh karena itu, rasanya kita perlu mengetahui kapan saat yang tepat untuk menggunakan kedua sapaan tersebut.

Sebab jika kita salah dalam menggunakan sapaan, maka bisa mengubah maknanya. Selain itu, belum tentu orang yang kita ajak bicara akan memahaminya. Mau tahu apa perbedaan keduanya dan bagaimana cara untuk menggunakan “good night” dan juga “good evening”?


Arti Good Night dan Evening
Sumber: website pixabay.com


Arti Good Night dan Evening

Biar nggak salah memahami dan menggunakan kedua sapaan ini, maka kita akan membahasnya satu demi satu. Kalau ada penjelasan yang lebih baik, kita bisa berdiskusi pada kolom komentar ya.

#1 Good Night

Kebanyakan orang menggunakan sapaan ‘Good Night’ hanya ketika kita atau orang lain akan tidur atau ingin berangkat kerja di malam hari. Sebenarnya makna dari ‘Good Night’ ini lebih ke perpisahan, bukan salam.

Kita bisa menggunakannya jika kita atau orang yang kita ajak bicara datang pada malam hari. Jika kita berdua tinggal di rumah yang sama, kata ‘Good Night’ bisa diucapkan ketika yang salah satunya akan tidur.

Namun, jika kita dan teman berbicara berada di tempat lain, dan salah satu akan pergi atau ngga akan bertemu satu sama lain sepanjang malam, maka gunakan ‘Good Night’. Ketika niatnya ingin menyapa di malam hari, seperti “Hi atau “Hello”.

Jika kita ingin menyapa seseorang di waktu lain, kita tentu bisa mengucapkan ‘Good Morning’ atau ‘Good Evening’ tetapi nggak bisa dengan ‘Good Night’.

#2 Good Evening

“Good Evening” adalah sapaan yang sering digunakan pada malam hari, setelah kira-kira pukul 17.00-18.00. Sapaan ini digunakan mirip dengan “Good Morning” atau “Good Afternoon”. Kalimat tersebut adalah sapaan yang digunakan ketika bertemu seseorang atau melewati seseorang.

“Good Evening” pada dasarnya adalah cara untuk mengatakan "halo." Ungkapan ini umumnya nggak digunakan saat berpamitan dengan seseorang meskipun frasa serupa “Good Evening” dapat digunakan saat meninggalkan seseorang untuk terakhir kalinya dalam jangka waktu 24 jam pada sore atau malam hari.

Namun, untuk mengucapkan "selamat tinggal" ketika Anda akan kembali ke rumah kebanyakan menggunakan “Good Night” . Anggota keluarga juga mengatakan "Good Night" ketika mereka akan tidur sekalipun tidurnya jam 6.

Perbedaan sapaan sore dan malam adalah hal yang perlu diketahui oleh orang yang belajar bahasa Inggris. Arti good night dan evening ini meski sama, namun makna dan fungsinya sedikit berbeda. Mau belajar lebih jauh tentang kalimat sapaan lain dalam bahasa Inggris? Belajar yuk di EF English Centers!

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

17 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. waah jadi nambah pengetahuan ini, emang selama ini taunya kalo perpisahan saat mau tidur, pasti bilangnya good night

    BalasHapus
  2. Yup, aku sudah tahu ini sejak smu. Dikasih tahu temenku yang kursus English di EF.

    BalasHapus
  3. Aku kira perbedaanya antar jam sekian hingga jam sekian gitu, kayak Am dan Pm, ternyata bukan, jadi lebih jelas dengan penjelasannya

    BalasHapus
  4. Aaah, jadi ingat, aku pernah ada di fase mengartikan good night sebagai selamt malam, apapun itu. Bahkan ketika baru ketemu.

    BalasHapus
  5. belajar lagi dong! ilmu baru yang bisa langsung dipraktekin. jadi semakin memperkaya pengetahuan bahasa Inggrisku yang tak seberapa. Terimakasih kak

    BalasHapus
  6. Yes, mostly ada aja yang ketuker. Harusnya ngucapin good evening tapi yg diucapin malah good night.

    Padahal artinya selamat tidur.

    BalasHapus
  7. Beneran baru ngerti sih, keren nih kak Yuni bikin edukasi soal bahasa inggris. wkwk aku yg bahasa inggrisnya pas2an jadi banyak belajar

    BalasHapus
  8. thanks kak, ini membantu banget buat yang belum tau perbedaan keduanya dan kebingungan penggunaan kedua kata tersebut dalam percakapan dan konteks tulisan.

    BalasHapus
  9. Daku engeh sapaan good evening pas di acara berita tv. Dan memang iya, ada waktunya yang tepat ya penggunaannya. Jadi gak bisa asal sapa

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, setelah baca tulisan Mbak Yuni jadi diingatkan kembali dengan pelajaran Bahasa Inggris dan penggunaannya. Terima kasih, Mbak

    BalasHapus
  11. Dulu pas pertama belajar bahasa inggris aku juga ga bisa bedainnya kak, haha tapi Alhamdulillah sudah paham cara penggunaanya seperti kapan dimana dan di situasi yang tepat.

    BalasHapus
  12. simple tapi banyak yang belum tahu itu ya kak termasuk saya sih. heheh
    terima kasih sudah diberi pelajaran dan diingatkan perbedaannya kak . biar nggak salah-salah lagi

    BalasHapus
  13. Jadi ingat dulu guru bahasa inggris di sekolah ngasi tau perbedaannya begini : good night buat perpisahan (jelang tidur, pisah mau pulang ke rumah masing2 dan sejenisnya) sedangnya good evening buat pertemuan

    BalasHapus
  14. Nah ini penting nih. Serupa tapi tak sama. Aku juga pakainya Good Night kalau mau bobo atau mau berpisah sama teman di malam hari.

    BalasHapus
  15. Enak ya kalau bisa ngucapin Good Night sama pasangan yang serumah hahahaha, soon deh semoga kata sesederhana Good Night dan Good Evening bisa jadi romantis

    BalasHapus
  16. penting tuk diketahui nih, karena keduanya emang sering keliru diucapkan.
    jadi, kalau udah tahu seharusnya gak boleh salah lagi dong ya ucapkan good night and good evening :)

    BalasHapus
  17. Wah, jadi begitu ya. Hehe selama ini taunya sama dan penggunaannga ga merhatiin kondisi hehe jadi tau. Makasih ya ilmunya

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro