Ceriakan Kegiatan Anak Di Rumah Bersama Hoala dan Koala

Yunibintsaniro.com – Awal pandemi semua kegiatan berpusat dari rumah saja. Belanja dari rumah mah udah biasa. Tapi urusan sekolah dan bekerja dari rumah lumayan bikin pening kepala. Nggak hanya orang yang menjalaninya, tapi bagi pendamping yang kudu siap sedia.

Kalau orang tua mah bisa ya mencari hiburan sendiri kala bosan melanda. Nonton streaming, window shoping di market place dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan anak-anak?

Mereka pasti merengek minta keluar rumah. Bermain bersama teman-teman sebaya yang lain seperti biasa. Tapi sayangnya, ada beberapa orang tua yang masih merasa parno saat anak harus bermain.

Terus gimana dong?


Kegiatan Anak Di Rumah
Keluarga Hoala dan Koala


Kegiatan Anak Selama Di Rumah Saja

Beberapa orang tua akan mencari beberapa kegiatan menyenangkan untuk anak selama mereka di rumah saja. Hal ini untuk mencegah mereka merasa bosan lantas merengek bahkan tantrum ingin bermain di luar rumah.

Kira-kira apa saja kegiatan anak di rumah yang menyenangkan tersebut?

#1 Olahraga Ringan

Kegiatan pertama adalah berolahraga bersama. Pilih olahraga dengan gerakan yang ringan saja agar anak lebih mudah menirukannya.

Buat suasana yang fun supaya anak lebih merasa senang. Dan melupakan kebosanannya berada di rumah.

#2 Berkebun Bersama Keluarga

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan anak agar lebih menyayangi makhluk lain, dalam hal ini tanaman. Kita bisa mengajak mereka menanam sayuran, tanaman hias dan lain sebagainya.

Atau boleh juga jika kita tinggal merawat tanaman-tanaman yang ada. Misal dengan menyiram tanaman atau menyiangi gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.

#3 Menonton Kartun Kesayangan

Kita bisa menyulap satu ruangan menjadi ruangan nonton bersama. Bisa saja sih, kita membiarkan bocah nonton sendirian. Tapi, kalau nontonnya bareng orang tua ‘kan lebih asyik. Kenapa?

Bocah bisa langsung bertanya pada orang tua saat ada yang membuatnya bingung. Atau orang tua bisa mengarahkan tontonan pada acara-acara yang ramah anak. Jadi, lebih safety deh.

#4 Latihan Memasak

Kegiatan menyenangkan bagi anak selanjutnya adalah latihan memasak. Anak-anak ‘kan biasanya rasa ingin tahunya tinggi. Kalau mereka diajak latihan memasak pasti mereka bakal senang.

Sambil belajar mengolah makanan, jangan lupa untuk menjelaskan kandungan gizi pada setiap bahan makanan ya.

#5 Bermain sambil Bernyanyi

Terakhir, kita nggak boleh lupa bahwa dunia anak masih tentang dunia bermain ya, Bu-ibu. Jadi, nggak ada salahnya kalau kita mengajak mereka bermain sambil bernyanyi riang.

Tapi ‘kan lagu anak sekarang ini jarang. Masa pakai lagu cinta-cintaan, patah hati atau lagu dangdut.

Ya nggak dong. Coba kita kenalan dulu dengan karakter animasi Hoala dan Koala yang akan mengajak kita bernyanyi dengan lagu-lagu anak.


Lagu Kata Ibu Hoala dan Koala
Aksi Hoala dalam Lagu Kata Ibu Hoala dan Koala


Mengenal Hoala dan Koala, Musik Anak Indonesia

Hoala dan Koala adalah karakter animasi 3D. Mereka merupakan sepasang sahabat yang gemar sekali bernyanyi. Tentu saja lagu yang dipilih adalah lagu anak berbahasa Indonesia.

Hal ini bertujuan agar bahasa Indonesia nggak luntur di tengah maraknya pembelajaran bahasa asing.

Selain Hoala dan Koala, animasi 3D ini memiliki beberapa karakter lainnya, seperti Miss Jeruk, Amar dan Nara Awandi, Rubin, Lincul, Burhan, Bu Aya, Serigili, Om Pong serta Om Bre. Menariknya, mereka semua bisa bernyanyi lho.


Semua karakter Hoala dan Koala
Semua karakter dalam Anime Hoala dan Koala


Malah saat ini, Hoala dan Koala telah memiliki 6 album dengan 54 lagu anak-anak baru yang bisa kita nikmati melalui platform Youtube, Spotify hingga iTunes.

Penggarapan lagu-lagu ini bukan hanya sekedar main-main. Semua timnya menggarap dengan serius dan matang. Ada banyak musisi Internasional yang ikut terlibat dalam pembuatan aransemen musiknya.

Ceriakan Kegiatan Anak Di Rumah Bersama Hoala dan Koala

Setelah mengenal Hoala dan Koala, coba deh ceriakan kegiatan anak di rumah bersama mereka. Lagu-lagunya asyik lho. Salah satunya adalah lagu anak kata ibu Hoala Koala berikut ini:



Gimana? Asyik ‘kan lagunya? Kita bahkan bisa mengajarkan kepada anak untuk nggak mencorat-coret dinding, membereskan mainan dan hal baik lainnya.

Selanjutnya, kegiatan anak di rumah kembali ceria dan menambah hal positif untuk mereka pelajari. Selamat bersenang-senang bersama Hoala dan Koala ya, Bu-ibu.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

18 Comments

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Senneng banget saya sejak ada Hoala Koala sya pun ikut mendengarkan. Dan saya udh info ke ponakan agar setel Hoala dan koala saja drpd musik ga jelas lainnya yg ga sesuai usia anak

    ReplyDelete
  2. Sudah nonton video hoala & koala. Mendidik banget sih ke anak-anak. Animasinya juga bagus. Suara pengisi suaranya juga bagus.

    ReplyDelete
  3. Lagu-lagu di Hoala Koala ini nggak cuma menghibur, tapi bisa juga dipakai sebagai sarana pembelajaran bagi anak-anak. Mengajari nilai-nilai baik pada anak lewat lagu itu lebih mengena

    ReplyDelete
  4. Waaaah, seneng deh kalau ada hiburan khusus untuk anak. Membuat anak makin betah di rumah dan bermain sesuai umurnya

    ReplyDelete
  5. Kebayang anak-anak kecil sekarang udah jadi Ratu Tiktok disuruh emaknya. Trus, background musiknya ampuuuun, kadang liriknya gak sesuai umur.

    Jangan renggut masa kecil anak kita. Senangnya Hoala Koala punya banyak koleksi lagu anak yang tentunya lokal punya.

    ReplyDelete
  6. Yeay, lagu-lagunya ceria dan bagus. Moga jadi awal kebangkitan lagu lagi anak anak. Apalagi saat ini banyak anak yg menyanyikan atau menari dengan pagu2 yg gak sesuai umur hehe

    ReplyDelete
  7. Keren banget emang hoala dan kola ini, sebagai penokohan dan icon untuk melestarikan lagu anak nasional.

    ReplyDelete
  8. Setelah anak masuk usia SD, masa-masa nonton kartun yang nyanyi-nyanyi rasanya terlewat. Cuma kalau tahu kartun ini bisa meningkatkan kesadaran berbahasa Indonesia pada anak, rasanya tak ada kata terlewat, ya.

    ReplyDelete
  9. suka banget deh dengan kehadiran Hoala dan Koala ini, akhirnya anak-anak juga punya lagu sesuai usia mereka, pesan yang diselipkan pada lagu juga jadi bisa mudah diterima anak-anak ini.
    Alhamdulillah anak-anakku juga suka dengan lagu-lagu Hoala dan Koala ini :)

    ReplyDelete
  10. Emang sih masa pandemi gini harus bikin kegiatan di rumah aja yang seru buat anak. Salah satunya bisa bikin ruangan seperti bioskop mini sambil nonton Hoala dan Koala. pasti seru.

    ReplyDelete
  11. Wah, bisa jadi pilihan buat tontonan anak-anak lagi ini. Anak-anak saya suka banget sama video yang lagu-lagu seperti ini. Tandain dulu biar bisa dikasih lihat ke anak-anak.

    ReplyDelete
  12. Nonton channel Hoala dan Koala ini tanpa sadar membuat anak-anak belajar banyak hal loh. Meskipun dari lagu-lagu yang sederhana saja, tapi betul-betul menarik dan mudah diingat.

    ReplyDelete
  13. atmosfer bahagia mendengar kabar gembira bahwa Indonesia juga memiliki animasi seperti hoala dan koala ini ya mbak yuni. aku baru nonton 1 video, ternyata kontennya bagus ya. semoga kualitas gambarnya semakin bagus

    ReplyDelete
  14. Seneng banget balita saya kl diajak nonbar Youtube nya Hoala & Koala ini, karena selain remake lagu2 emaknya zaman old hehe, juga ada lagu baru yang edukatif buat anak2, kayak "Kata Ibu" itu lucu banget si Hoalanya di situ

    ReplyDelete
  15. Pas pertama kali tahu soal Hoala & Koala ini udah tertarik banget sih. Negeri ini emang butuh tokoh-tokoh yang ramah anak kecil dan dikemas berkualitas serta edukatif

    ReplyDelete
  16. Kebayang senangnya anak-anak yang menonton Hoala dan Koala ini apalagi diiringi lagu-lagu. Anak belajar dengan senang pastinya.

    ReplyDelete
  17. anak-anak akan suka banget ini nonton Hoala dan Koala, tontonan edukatif yang menarik juga buat anak-anak ya, jadi menonton sambil belajar ya

    ReplyDelete
  18. Bagus banget deh dengan kehadiran Hoala dan Koala ini, akhirnya anak-anak juga punya lagu sesuai usia mereka, pesan yang diselipkan pada lagu juga jadi bisa mudah diterima anak-anak ini.

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post