Urutan Pemakaian Skincare Pagi, Jangan Skip Step Terakhir ya!

Urusan perawatan kulit bukan lagi menjadi hal yang istimewa. Sudah banyak sekali yang aware akan pentingnya menggunakan skincare secara rutin. Hanya saja, gimana sih urutan pemakaian skincare pagi yang benar?

Beberapa mungkin menganggap mengenakan skincare pagi hari tuh cukup dengan cuci wajah dan pake moisturizer doang.

Kenyataannya, skincare pagi nggak sesimple itu sih. Coba deh perhatikan tata cara pemakaian skincare pagi hari yang benar berikut ini!


Urutan Pemakaian Skincare Pagi


Urutan Pemakaian Skincare Pagi Hari

1. Cleansing

Hal pertama yang harus kita lakukan di pagi hari adalah membersihkan wajah. Cleansing.

Meskipun dalam kondisi bangun tidur dan nggak bersinggungan dengan udara luar. Bukan berarti nggak ada kotoran dan minyak yang terperangkap di kulit ya. Jadi, cuci muka adalah urutan skincare pagi yang paling penting.

Kalau kulit wajah sudah bersih. Tentu akan lebih memudahkan produk skincare lainnya untuk meresap ke dalam kulit. Iya nggak?

Oh iya, dalam urusan mencuci muka. Kita nggak boleh menggunakan sembarang sabun. Pakai saja sabun yang khusus untuk wajah kayak facial wash atau facial foam. Sesekali bolehlah pake facial scrub.

2. Toner

Pernah ada sepupuku yang mengeluh begini, “aku udah rajin skincare-an. Kok hasilnya masih begini-begini saja ya!”

Nah lho. Kira-kira apa yang salah nih?

Sebenarnya, ada beberapa kemungkinan sih. Bisa jadi karena dia pakai skincare yang nggak sesuai dengan kebutuhan kulitnya. Atau karena dia skip pemakaian toner. Lho kok?

Jadi begini ya, Girls. Setelah cuci muka, ada kemungkinan pH kulit kita berkurang. Sehingga untuk mengembalikannya, kita membutuhkan bantuan dari toner.

Selain itu, toner juga bisa membantu untuk mempersiapkan kulit sebelum penggunaan produk skincare berikutnya. Kayak serum dan pelembap.

Oleh karena itu, step kedua penggunaan skincare pagi hari adalah penggunaan toner. Biar kandungan bahan aktif dari produk skincare selanjutnya bisa terserap dengan mudah.

3. Essence

Sebenarnya essence bukan skincare dasar sih. Menurutku juga nggak wajiblah penggunaan essence ini. Tapi, kalau misalkan Teman-teman punya budget untuk beli. Ya, nggak papa. Pakai saja setelah penggunaan toner.

Kita bisa pakai essence pada pagi dan malam hari. Di mana essence merupakan produk skincare yang water based dan punya konsentrasi bahan aktif yang tinggi.

4. Serum

Urutan pemakaian skincare pagi berikutnya adalah penggunaan serum untuk wajah. Ada banyak sekali jenis skincare yang tersedia di pasaran. Tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan kulit kita.

Kayak serum untuk wajah lebih glowing, serum untuk kulit berjerawat dan lain sebagainya.

Oh iya, beberapa beauty vlogger juga ada yang memakai dua atau tiga serum dalam satu waktu. Jadi, serumnya dilayer gitu.

Nggak masalah kok. Cuma kita harus benar-benar memperhatikan tentang kandungan apa saja yang nggak boleh kita pakai bersamaan. Biar efek serumnya bisa kita rasakan secara maksimal.

5. Moiturizer atau Pelembap

Begitu serum wajah sudah terserap dengan baik, selanjutnya kita bisa pakai moisturizer atau pelembap. Kita biasanya mengenalnya dengan day cream atau apalah itu.

Konon katanya, moisturizer atau pelembap ini bisa mengunci kelembapan kulit wajah. Tentu selain manfaat dari semua kandungan yang ada di produk skincare ini ya.

Oleh karena itu, usahakan untuk nggak skip penggunaan moisturizer atau pelembap ya, Girls. Pakai yang sesuai dengan tipe dan kebutuhan kulit kita.

6. Tabir Surya

Di antara semua produk skincare yang kita bahas sejak tadi. Aku perlu bilang bahwa kita nggak boleh skip urutan terakhir penggunaan skincare pagi. Atau semua manfaat skincarenya nggak bisa kita rasakan karena rusak oleh pengaruh sinar matahari yang cukup berbahaya bagi kulit.

Yupz. Step terakhir adalah penggunaan tabir surya atau sunscreen. Pilih produk sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. Kalau perlu sunscreen yang juga punya kandungan PA+++ ya.

Oh iya, penggunaan sunscreen ini bukan hanya oles ke seluruh wajah dan area leher saja. Tapi, paling penting adalah waktu penggunaannya. Pastikan kita menggunakannya 15-30 menit sebelum ke luar rumah. Supaya sunscreennya bisa meresap dengan maksimal.

Lalu kita re-apply setiap 2 jam sekali untuk hasil yang maksimal. Kalau khawatir akan merusak make up, maka kita bisa pilih sunscreen yang bentuknya spray.

Kesimpulan: Urutan Pemakaian Skincare Pagi Hari

Kita memang mengenal adanya skincare dasar yang harus kita pakai ya. Urutan pemakaian skincare pagi pun sudah jelas. Mulai dengan cuci muka, pakai toner, essence (kalau ada), serum, pelembap atau day cream dan sunscreen.

Aku perlu mengingatkan kembali bahwa kita nggak boleh skip step penggunaan skincare yang terakhir ya. Biar kulit wajah kita tetap terlindungi dari pengaruh sinar matahari yang berbahaya.

Selain itu, urusan membersihkan wajah tuh nggak bisa sembarangan ya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.

Coba deh cek dulu pembahasan mengenai cara membersihkan wajah yang benar. Biar kita bisa pilih mau pake produk apa saja.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro