4 Tips Sukses Memulai Bisnis Online yang Tepat

Setelah memutuskan untuk berhenti bekerja, aku mulai merasa nyaman berada di rumah saja. Nggak perlu buru-buru berangkat ke kantor, menyelesaikan tugas dan tanggung jawab, belum lagi resiko mendapat omelan dari atasan jika pekerjaan nggak sesuai.

Sayangnya, kita nggak mendapatkan penghasilan ketika hanya berdiam diri di rumah saja. Kecuali, jatah uang jajan dari orang tua sih. Sementara itu, kebutuhan kita ‘kan kadang nggak sedikit. Rasanya malu dong kalau cuma bisa minta doang.

Maka, salah satu jalan pintasnya adalah memulai bisnis online. Kedengarannya sederhana. Kita bisa melakukannya meski hanya berada dalam rumah saja. Tapi, apa memang begitu?

Belum tentu. Karena nggak semua orang bisa melakukannya. Bahkan ada yang merasa gagal sebelum berperang lho.


Tips Sukses Memulai Bisnis Online
Sumber pict: website pixabay.com


Tips Sukses Memulai Bisnis Online

Namanya juga online atau dunia dalam jaringan. Kita bisa memulainya melalui social media, toko online, website atau blog yang ada. Tapi, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat bisnis terus berkembang.

Beberapa tips dalam memulai bisnis online adalah sebagai berikut:

#1. Menentukan Produk atau Jasa

Pada awal memulai, kita perlu menentukan apa yang ingin dijual? Kalau memilih produk, kita akan menjual produk yang seperti apa? Misal fashion, make up atau bahkan makanan.

Kita juga boleh kok menawarkan jasa, seperti menjahit baju, penulisan artikel dan lain sebagainya. Apalagi pada masa dimana teknologi yang terus berkembang saat ini. Jasa-jasa agency digital pasti sangat dicari ‘kan.

Hanya saja, kita perlu memastikan bahwa apa yang kita usahakan adalah sesuai dengan passion. Akan lebih baik jika produknya memiliki nilai guna sehingga banyak orang yang membutuhkan.

#2. Bangun Mindset yang Tepat

Setelah mengetahui apa yang ingin kita jual, jangan lupa untuk membangun mindset bisnis yang kuat. Karena memiliki mental yang kuat dan positif adalah hal yang sangat penting. Mengapa?

Dalam perjalanan berbisnis, kita nggak selalu menemukan jalan yang mulus tanpa hambatan. Terkadang malah penuh liku dan onak duri yang bisa membuat kita merasa up and down.

Oleh karena itu, kita perlu memfokuskan diri terhadap usaha yang sedang kita tekuni. Pasang dan surut dalam bisnis adalah hal yang wajar. Kita hanya perlu fokus pada usaha mengembangkan bisnis yang sudah dimulai.

#3. Lakukan Pemasaran Bisnis Online


Pemasaran Bisnis dengan Media Sosial
Sumber Pict: Website pixabay.com


Ingat ya, Gaes! Fokus membangun bisnis itu boleh saja. Tapi, jangan pernah melupakan urusan pemasaran! Memangnya tanpa pemasaran, bagaimana orang akan mengetahui bahwa kita memiliki bisnis?

Jadi, pilih dan rencanakan strategi pemasaran yang efektif. Baik itu pemasaran digital maupun pemasaran secara langsung. Keduanya sangat mungkin untuk dijalankan.

Point pentingnya adalah kita perlu menyesuaikan dengan target pasar atas produk atau jasa yang sedang diusahakan. Atau biar lebih mudah, kita bisa memulai pemasaran melalui social media.

#4. Mengatur Management Keuangan Bisnis

Terakhir adalah mengatur management keuangan. Masalah ini sangat krusial sekali ya, Teman-teman. Banyak bisnis yang berakhir kacau karena pengelolaan keuangan yang kurang baik. Dan kita tentu nggak mau mengalami nasib yang sama ‘kan?

Semua transaksi yang berkaitan dengan bisnis harus memiliki catatan. Nggak perduli sekecil apa pun nominalnya.

Selain itu, kita perlu memisahkan keuangan bisnis dengan pribadi. Hal ini untuk menghindari kebocoran finansial. Sehingga aliran dana bisnis akan tercatat dengan jelas.

Selanjutnya, Semoga Sukses Memulai Bisnis Online

Bisnis online memang terdengar menyenangkan. Kita bisa selalu mendapatkan penghasilan dimanapun kita berada. Bahkan saat kita sedang rebahan.

Hanya saja, bagaimana memulainya bukan sesuatu yang mudah. Butuh niat dan effort yang besar dari diri kita sendiri. Agar nggak mudah menyerah dan terus fokus membangun bisnis hingga sukses berada dalam genggaman.

Jadi, siapkan dirimu! Semoga sukses dalam memulai bisnis online ya!

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

13 Comments

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Lakukan pemasaran saat mengelola bisnis online memang sangat penting mba. Karena enggak cukup naro foto barang di marketplace kayak toko ijo atau toko oren aja, saingan pasti banyak. Jadi harus di promosiin ke teman-teman atau memakai jasa endors.

    ReplyDelete
  2. Tips yang tepat untuk aku yang pebisnis pemula. Pernah melakukan pemasaran dengan cara endors beberapa influencer. Ternyata tidak cukup baik, walau tidak semuanya. Alhasil, saya skrg melakukan pemasaran sendiri

    ReplyDelete
  3. Kalau saya sudah bisa lepas dari kerjaan kantoran yg sekarang, pengen banget bisa fokus berbisnis online dari rumah, terima kasih tips suksesnya mba
    semoga bisnisnya sukses selalu.

    ReplyDelete
  4. Bisnis online ini jadi pilihan yang bagus melihat masa kini peluangnya juga besar. Tinggal menerapkannya dengan sabar dan terus belajar sih ya

    ReplyDelete
  5. Buat ngebangun bisnis emang punya mindset yang tepat itu penting banget dan bakal jadi fondasi kita buat ke depannya. Kalau bisnis online karena sekadar ikut-ikutan orang biasanya cuma bakal semangat di awal, tapi nantinya menyerah di tengah jalan.

    ReplyDelete
  6. Aku tuh kenapa ya gak bakat banget jualan, kayak selalu gak bisa bertahan lama gt huhu. Sampe mikir mungkin gak semua orang bakatnya berdagang ya makanya aku stop walaupun kadang gatel bgt pengin jualan online jg

    ReplyDelete
  7. Yapp benar kak, emang sih menjalankan bisnis itu susah2 gampang. So pasti cocok menurut kita belum tentu cocok bisnisnya bagi orang lain. Cuma kalau kita berani eksekusi dulu udah modal dasarnya buat membuka bisnis ya kak..

    Semangat berbisnisnya kak!

    ReplyDelete
  8. Hampir semua orang minat bisnis online.. kalo saya masih di tahap dagang online masih awam makasih tips nya mba

    ReplyDelete
  9. Bener mbak. Mindset menguatkan kita . Sebab ujian seorang pebisnis itu mental nya pertama kali. Dan strategi pemasaran g boleh dilupakan apalagi era skrg digital markting bisa dipeljari d berbagai tempat

    ReplyDelete
  10. Ada teman yang suka ngeluh pengin resign dan ingin mulai berbisnis. Pas saya tanya mau bisnis apa, dia jawab nggak tahu dan bingung. Jadi memang saya sepakat, langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis, kita harus tahu dulu produk barang/jasa apa yang akan kita geluti.

    ReplyDelete
  11. Tips yang bermanfaat banget nih, apalagi untuk saya yang masih awam di dunia bisnis. Mulai menjajalnya saja saya udah ragu. Butuh semangat tambahan dan harus belajar, plus mencari informasi yang tepat kayak gini.

    ReplyDelete
  12. Rasa-rasanya setelah baca tulisan Mbak Yuni ini, saya jadi ingin sodorin artikel ini ke salah satu teman blogger yang sempat banyak dibicarakan gara-gara bisnis desain blog dan websitenya yang sebenarnya bagus dan menarik, tapi sepertinya dia punya masalah dengan pengelolaan keuangan bisnisnya.

    Thanks atas pencerahannya, Mbak Yuni. :)

    ReplyDelete
  13. niat memulai yang kuat tapi kadang pas mau eksekusi kayak ragu duluan
    dari dulu pengen banget punya usaha sendiri, sekarang lagi coba dulu pelan pelan sambil eksekusi

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post