Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mudah Mengatur Keuangan Pribadi untuk Mimpi Sejuta Dolar

Masih tanggal 19 Agustus dan saldo rekening sudah cekak banget. Sementara awal bulan masih sekitar dua minggu lagi. Lalu, gimana cara mengatur keuangan pribadi biar cukup sampai awal bulan dong?

Kita kan nggak hanya butuh makan doang. Iya kali bisa kenyang cuma makan kue nagasari. Ada keinginan yang harus terpenuhi. Hiburan yang bisa melepaskan diri dari stress. Biar maksimal lagi untuk menjalani aktifitas yang kadang melelahkan fisik dan batin. Huft.

Btw Gaes, siapa bilang sih hiburan kudu mengeluarkan uang? Kita bisa baca buku dengan aplikasi baca buku gratis. Lagi pula nih, kalian nggak tahu ya, kalau ada hiburan yang gratis?

Coba deh nonton bluMusical dulu! Premiernya udah sejak tanggal 17 Agustus lalu sih. Tapi tenang, kita masih bisa nonton di youtube officialnya blu by BCA Digital kok.


Cara Mengatur Keuangan Pribadi


Nonton bluMusical Biar Tahu Gimana Gaya Hidup Para Milenial Saat Ini

Gimana? Udah nonton acaranya? Keren kan? Iyalah. Bagi kalian yang belum nonton nih kujelasin sedikit.

bluMusical adalah sebuah acara drama musical yang dibawakan oleh teh Yura Yunita dan 10 pemuda-pemudi bimbingannya (dalam ceritanya begitu). Mereka juga mendatangkan beberapa guest coach untuk membimbing ke-10 anak muda tersebut. Siapa tahu kan kita jadi pingin nambah penghasilan dengan membangun bisnis kopi.

Acara drama musical yang bertajuk #MulaiLangkahmu dan #YangPentingLakuin ini menggambarkan gaya hidup para milenial saat ini. Begitulah kurang lebihnya gaya hidup mereka. Mirip-mirip kayak masalahku begitu.

Awal bulan berasa konglomerat, punya gaji yang langsung buat checkout. Ngajakin teman-teman hangout. Pokoknya asal bisa all out.

Lalu pertengahan bulan, miris banget lihat saldo. Bikin garuk-garuk kepala. Mau nangis terasa. Sayangnya nggak bisa berbuat apa-apa. Selain, kudu berhemat dan hidup apa adanya. Dududu….

Nih, yang belum nonton bisa di sini saja ya!


Emang Semua Para Milenial Begitu?

Kenyataannya, nggak semua milenial punya gaya hidup begitu kok. Kalau Teman-teman nonton bluMusical sampai selesai, kalian bakal melihat beberapa contoh pengusaha sukses di usia muda. Mereka adalah Raymond Chin, Jehian dan Eva Alicia.

Bocoran buat kalian yang belum nonton nih. Mereka share cerita kesuksesan mereka lho. Masa iya, kalian nggak mau tahu gimana cara mengatur keuangan pribadi sampai bisa sukses begitu?

Kalau aku sih mau banget. Tenang saja, Gaes! Acaranya nggak bakal bikin kalian bosan. Apalagi ada teh Yura Yunita dengan single terbarunya. Aku yakin sih kalian bakal merasa sangat terhibur. Buktinya, aku sudah nonton berkali-kali dan nggak bosan tuh.

Hal yang terpenting setelah menonton acara bluMusical adalah aku jadi punya mimpi. Bukan berarti sebelumnya nggak punya. Tapi, mimpi itu jadi semakin kuat dan inshaAllah ada jalan untuk meraihnya. Mau tahu?


Nonton bluMusical


Mimpi Sejuta Dolar

Semua orang punya mimpi untuk diraih. 10 orang pemuda anggota Jakarta Movin yang menjadi bagian dari bluMusical pun punya. Beberapa contohnya adalah membeli rumah impian, mempunyai bisnis sendiri sampai dengan melunasi cicilan.

Bukan hanya itu saja, kadang kita juga memiliki beberapa rencana. Sebut saja menabung buat acara pernikahan, urusan pendidikan bahkan membeli laptop sendiri.

Yah, termasuk aku sendiri. Setelah menonton acara blu yang berkolaborasi dengan musisi sekelas Yura Yunita memberikanku gambaran mimpi yang sempat tertunda. Mimpi Sejuta Dolar.

Ini bukan cerita tentang bagaimana Marry Riana mewujudkan mimpi sejuta dolarnya ya. Meski begitu, kita harus meniru kegigihan dan keuletan mbak Marry Riana sampai bisa sesukses sekarang.

Kali ini adalah mimpi sejuta dolarku sendiri. Dulu kok rasanya mustahil mimpi ini bisa terwujud. Boro-boro punya sejuta dolar. Wong kadang awal bulan terasa konglomerat. Eh belum akhir bulan udah kayak melarat.

Jadi, gimana aku akan mewujudkan mimpi sejuta dolarku?

Ingat lagi pesan coach Raymond Chin, CEO dan Co-Founder Ternak Uang ya, “Penting banget bagi kita untuk mempunyai target dan budget yang jelas. Lalu, kunci dengan kedisiplinan dan fokus.”

Nah, point penting yang harus kulakukan adalah bagaimana aku mengatur keuangan agar bisa saving setiap bulannya. Sedikit demi sedikit nggak papa. Namanya juga freelancer.

Yang penting kita berusaha untuk terus berkembang dan menikmati proses. Agar nggak menyesal di kemudian hari. Begitu kalau kata coach Eva Alicia. Hehehe….

Cara Mudah Mengatur Keuangan Pribadi untuk Mimpi Sejuta Dolar

Permasalahannya yang banyak terjadi adalah kita nggak tahu mulai menggapai mimpi itu dari mana? Beberapa malah merasa takut ini dan itu.

Tapi, tahu nggak sih? Namanya juga perjuangan menggapai mimpi. Coach Yura dalam drama musicalnya bersama blu berkata bahwa kita nggak boleh menghabiskan waktu untuk merasa takut. Selain itu, kita harus percaya bahwa akan ada jalan untuk meraihnya. Tentu jika kita mau memulai langkah.

Aku tahu sih Teman-teman pasti memiliki cara masing-masing untuk mengatur keuangan pribadi. Secara pendapatan dan kebutuhan setiap orang kan berbeda-beda. Pun gaya hidupnya. Kalau boleh merinci point-pointnya adalah sebagai berikut:

#1 Utamakan Menabung

Setiap orang pasti memiliki pendapatan, baik itu yang tetap setiap bulan atau nggak seperti freelancer. Meski begitu freelancer juga punya cara mendapat penghasilan dari internet lho. Maka hal pertama yang harus kita utamakan adalah menabung.

Besarannya bebas saja. Memang sih menabung dengan nominal lebih besar akan lebih bagus. Tapi, perlu diingat juga bahwa kita memiliki pengeluaran lainnya.

Jangan sampai karena ingin mengutamakan menabung, lantas pengeluaran yang lain jadi terabai. Yang ada keuangan malah kacau balau nanti.

Sebaliknya, bukan berarti kita terlalu lost control dengan pengeluaran kita. Asal saja berburu diskon di toko online. Nggak bisa membayarnya secara cash, maka cicilan pun jadi. Kayak 10 pemuda bimbingan coach Yura dalam bluMusical itu.

#2 Pertimbangkan Investasi

Kita tahu bahwa nilai inflasi atau kenaikan harga barang akan terus terjadi setiap tahun. Maka baiknya kita mempertimbangkan untuk berinvestasi sejak muda. Atau mulailah secepat mungkin.

Hal ini agar keuangan kita nggak terpengaruh dengan inflasi. Selain itu, investasi juga bisa menjadikan kita merdeka secara finansial di masa depan lho.

#3 Mencatat Arus Kas

Berapa banyak sih kita yang punya catatan keuangan setiap bulan. Berapa nominal pemasukan? Darimana saja pemasukan itu? Lalu berapa pengeluaran setiap bulannya? Kemana saja kita menghabiskannya?

Nggak banyak kan. Kadang hal begini yang bikin rekening kita bocor. Pengeluaran lost aja gitu. Nggak terkontrol.

Apalagi kalau kita nggak mau ambil pusing dengan pemikiran mengenai mana sesuatu yang benar-benar kita butuhkan dan mana yang cuma kita pingin. Beh, bisa besar pasak dari pada tiang ujung-ujungnya.

Makanya, biar kita nggak ribet masalah finansial, arus kas harus tercatat dengan rapi. Nggak perlu yang ribetlah. Cukup yang sederhana saja. Yang penting kita tahu sumber dan besaran nominal pemasukan serta berapa pengeluaran yang tergelontorkan termasuk tujuannya.

#4 Bagi dalam Beberapa Pos

Ketika kita sudah tahu mengenai arus kas bulanan, selanjutnya membagi pendapatan ke dalam beberapa pos pengeluaran. Misalnya, kita akan membaginya dalam tiga pos besar yaitu pos pengeluaran rutin, pembayaran utang dan tabungan untuk mimpi sejuta dolar. Oke tambahkan juga pos hiburan deh.

Menyaksikan acara yang dihelat blu bersama teh Yura Yunita juga menyebutkan pentingnya buat pos-pos pengeluaran lho. Coba deh tonton sendiri di Youtube Channel blu by BCA Digital deh. Seru lho acaranya.

Kalau sudah begini, kita harus bisa disiplin dan fokus. Nggak ada lagi ceritanya mengambil pos utang untuk hiburan diri. Atau malah mengambil jatah pos tabungan untuk bayar utang. Hindari yang begini ya, Gaes!

#5 Pisahkan Rekening atau Tempat Penyimpanan Dana Setiap Pos

Memang sih bagusnya kita memiliki tempat penyimpanan berbeda untuk setiap pos. Agar kita nggak tergoda untuk mengambil jatah pos pengeluaran yang satu untuk ditambahkan ke pos yang lainnya.

Tapi kan ribet kudu punya banyak rekening? Mana setiap rekening kudu ada saldo minimalnya kan?

Dih, kata siapa? Kalian belum tahu ya kalau sekarang sudah ada tabungan online blu? Mau kujelaskan mengenai hal ini? Boleh. Tapi, download Aplikasi blu dulu ya.

Persiapkan diri untuk memulai langkah. Janganlah ragu. Karena kita akan berkenalan dengan aplikasi keren yang menjadi latar belakang kisah dalam drama blu Musical.

Mengenal Aplikasi blu by BCA Digital

Kalau ada yang bertanya apakah blu sama dengan BCA? Maka aku dengan tegas menjawab nggak.

Begini lho, Gaes. Tabungan online blu adalah milik BCA Digital yang hadir sejak tahun 2020 setelah PT. Bank Central Asia mengakuisisi Bank Royal.

Meski berada dalam naungan yang sama yaitu BCA Group, tapi keduanya berbeda. BCA punya mobile banking sedangkan BCA Digital punya platform bernama aplikasi blu.


MulaiLangkahmu


Aplikasi blu by BCA Digital sebagai Platform Perbankan Next-Generation

Ini menarik. Sekarang kan teknologi sudah semakin canggih. Kemudian aplikasi blu muncul sebagai ekosistem digital tanpa kantor cabang (branchless). Bisa diakses kapan dan darimana saja. Pokoknya benar-benar platform perbankan next-generation banget deh.

Aplikasi ini cocok buat para digital savy yang ogah ribet. Mau bayar-bayar bisa cashless. Top up dompet digital atau transfer antar bank nggak perlu pake biaya admin. Dan yang paling menarik adalah blu sudah berintegrasi dengan banyak patner, merchant, mesin dan people.

Nggak percaya? Coba deh nonton bluMusical sekali lagi. Terus simak baik-baik. Sebenarnya mereka sedang menjelaskan tentang tabungan online blu dengan rinci lho.


Mengenal Aplikasi blu by BCA Digital


Ada Alasan Kenapa Kita Harus Download Aplikasi blu

Aku kan udah punya mimpi sejuta dolar nih. Demi menjaga disiplin dan fokus pada mimpi, maka aku memutuskan menjadi sobat blu deh. #YangPentingLakuin dan beda dengan yang lain.

Jadi, apa alasanku memilih blu?

#1 Bisa Misahin Pos-pos Keuangan dalam Satu Rekening

Para pemuda dari Jakarta Movin itu memiliki mimpinya masing-masing. Tapi, kadang kita kan nggak hanya punya satu mimpi. Ada banyak rencana-rencana juga. Termasuk pos-pos pengeluaran yang harus kita pisah-pisah rekening atau tempat penyimpanannya.

Tapi, kalian nggak perlu khawatir!

Saat kita menjadi sobatblu maka kita otomatis memiliki bluAccount. Dengan begini, kita akan mudah memisahkan pos-pos keuangan kita. Kok bisa?

Ada yang namanya fitur bluSaving. Kita bisa membuat 10 tabungan sekaligus dalam satu akun yang bisa dilabeli sesuka hati. Misal, kalau aku nih buat tabungan untuk liburan atau nabung buat ongkos naik haji juga bisa. Dimana, aku bisa mengaturnya sesuai goal atau auto debet.

Oh, inilah mengapa dalam acara blu Musical juga menggandeng 10 pemuda? Biar selaras dengan fitur bluSaving yang bisa membuat 10 tabungan dalam 1 akun. Keren nggak sih, Gaes?

Jelas, pos-pos keuangan bakal aman tanpa harus buat banyak rekening. Simple kan?


fitur bluSaving


#2 Bisa Nabung Bareng dalam Satu Akun

Satukan langkah 'tuk melaju tanpa ragu.

Bersama kita 'kan melangkah lebih jauh.

Bersatu dalam strategi 'tuk melangkah pasti.

Kuncinya pada sinergi dan percaya diri.

Coach Yura meminta ke-10 pemuda untuk membentuk regu menjadi 5 kelompok. Awalnya aku pun nggak memahami apa yang akan terjadi. Coba dong Teman-teman tebak!

Yupz. Mereka adalah gambaran kita yang ingin menabung bareng. Barangkali kita dan beberapa kerabat memiliki mimpi yang sama. Misal untuk liburan, beli rumah, nikahan dan lain sebagainya. Kemudian bersinergi untuk mewujudkannya.

blu memiliki fitur bluGather untuk hal ini. Salah satu dari kita bisa menjadi si bendahara, membuat tabungan dan mengundang kerabat untuk ikut menabung. Masing-masing dari kita bisa mengawasi keluar-masuknya dana dalam tabungan bluGather. Sehingga bisa saling percaya gitu deh.

Gimana? Merasa blu makin keren nggak nih? Bahkan dulu pada masa Bung Karno saja, beliau bisa mengguncang dunia jika diberi 10 pemuda. Benar-benar konsep penggambaran drama musikal yang epik banget deh. Salut sama blu, Teh Yura Yunita dan semua tim pendukung.

#3 Jangan Lewatkan Kesempatan untuk Berinvestasi bersama blu by BCA Digital

Bener kata coach Eva Alicia, kita nggak boleh melewatkan setiap kesempatan. Buka semua pintu peluang yang ada di hadapan kita. Nggak semua waktu itu optimal lho. Ada tanda yang harus kita kenali.

Ketika saatnya tepat atau kita memiliki dana yang cukup untuk investasi. Maka kita harus mengambil peluang itu bersama bluDeposit.

Nggak susah kok untuk membuka investasi Depositonya. Kita nggak perlu ke bank. Cukup membuka peluang dari rumah dengan aplikasi dalam genggaman.

Bukan hanya itu saja sih. Waktu pencariannya juga bebas. Kita bahkan bisa melakukan pencairan sebelum jatuh tempo. Dan uniknya lagi. Itu tanpa pinalti apapun.

#4 Urusan Monitor Keuangan Pribadi Beres

Salah satu tips mengatur keuangan pribadi adalah mencatat arus kas bulanan. Tapi, aku kan suka lupa habis beli apa. Entah minggu ini habis hangout kemana. Atau sudah sedekah berapa. Misalkan begitu.

Nggak perlu khawatir ya, Gaes. Asal kita serahkan urusan keuangan kita sama aplikasi blu maka semua beres.

blu otomatis mencatat semua arus kas kita, baik pemasukan dan pengeluaran. Detail banget dah pokoknya. Selain itu, kita juga bisa track nih semua transaksi. Barangkali saja, kita mendadak amnesia habis bakar duit buat apa kok tiba-tiba saldo menipis. Hehehe….

#5 Beneran Punya Layanan Ekstra untuk Kita yang Luar Biasa

Ada bluReward yang bisa bikin kita happy, aman dan sentosa. Salah satunya adalah top up dompet digital dan transfer beda bank tanpa biaya admin. Bagi sobatblu yang baru punya bluAccount dapat bluReward sebanyak 20 kali selama dua bulan.

Lho, setelah itu nggak dapat emang?

Dapat dong. Tapi dengan syarat saldo rata-rata kita minimal senilai sejuta. Selain itu, ada banyak banget promo yang diberikan blu untuk para sobatblu lho. Misal kayak gini nih...

Tuh, mereka benar-benar punya layanan ekstra untuk kita yang luar biasa kan?


Tabungan Online blu


#MulaiLangkahmu Mengatur Keuangan Pribadi dengan Aplikasi blu demi Mimpi Sejuta Dolar Yuk!


Download Aplikasi blu


Pada akhir acara bluMusical yang kutonton pada tanggal 17 Agustus lalu, 10 anak muda itu akhirnya memahami mudahnya mengatur keuangan hanya dengan satu aplikasi saja. Mereka pun memulai langkah untuk mengejar mimpi masing-masing.

Ada yang nabung buat beli rumah, biaya sekolah, bayar cicilan dan lain sebagainya. Lalu aku pun ikut menjadi sobatblu dan berusaha mewujudkan mimpi sejuta dolar selangkah demi selangkah.

Pada akhirnya, setiap orang itu beda-beda. Jangan pernah merasa kecil hati dengan apa yang sudah kita capai Begitu kata coach Jehian, CEO Menantea.

Jadi, perlahan tapi pasti. Yang penting dilakuin. Dan tentu saja, harus beda dengan yang lain. Makanya, buruan download aplikasi blu yuk!

Post a Comment

14 Comments

  1. saya juga sekarang pakai aplikasi blu agar tujuan finansial lebih cepat tercapai, salam kenal ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren aplikasinya ya, mbak. Kebantu banget kan buat misahin pos-pos pengeluaran. Jadi nggak kecampur-campur deh.

      Delete
  2. kelihatanya oke juga ya pakai aplikasi blu,jadi bisa berhemat namun tetap nikmat.

    ReplyDelete
  3. Saya baru mengetahui ternyata ada aplikasi blue yang bisa mengatur oengelolaan uang kita dalam satu rekening, selama ini kalau mau gunain uang antara investasi, nabung sama belanja kadang harus mikir ekstra, makasih informasinya

    ReplyDelete
  4. Jadi penasaran dengan app Blu BCA....
    Blom pernah coba sih, mau doenload skrg😊

    ReplyDelete
  5. ini nie yang susah-susah gampang ngaturnya, makasih tipsnya mengatur keuangan

    ReplyDelete
  6. Rekeningku yg skr, aku juga memisahkan pos2 alokasi untuk memudahkan tujuan menabungnya , jadi dalam 1 rekening aku bagi menjadi pos traveling, pos pemasukan bisnis, pos investasi, beberapa pos keinginan lain.

    Krn kalo ga dibagi2 begitu, jadi susah memang utk mengontrol apa dananya udah sesuai target ATO ga yaaa :).

    Cuma memang aku blm pakai BLU, tapi bank lain. Cuma tertarik sih utk download aplikasi BLU ini, apalagi yg aku baca free biaya admin dan transfer katanya. Selama ini ga mau pake BCA yg biasa, Krn msh ada fee nya, sementara bank lain udh banyak yg menghilangkan fee2 begitu.

    Tapi kalo BLU memang tanpa biaya, aku bakal buka deh :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita juga nggak perlu melakukan setoran awal untuk membuat rekening di blu, Kak. Misalkan kita belum mau menyimpan dana, nggak papa. buka rekening saja dulu.

      Begitu nanti udah mau simpan dana, tinggal transfer dari rekening lain juga bisa kok. Hehehe

      Delete
  7. mantap nih aplikasinya, sepertinya membantu banget untuk finansial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, Kak. Silahkan dicoba ya. Download dulu boleh. Lagipula nggak harus melakukan setoran awal kok untuk buka rekening blu. Asyik deh.

      Delete
  8. makasih sharingnya, aplikasi selalu membuat banyak hal ajdi mudah

    ReplyDelete
  9. Saya nasabah BCA sejak lama. Saya suka sama bank ini. Responsive dan cepat pelayanannya. Kayaknya saya perlu nyoba juga bludigitalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba, Kak luluk. blu by BCA Digital bisa banget bantu kita mengatur keuangan. Simple lagi.

      Delete
  10. berguna sekali ya mbak aplikasi ini untuk mengatur keuangan
    apalagi daftarnya juga mudah engga harus ke bank
    memang kita harus pandai-pandai mengelola keuangan terutama di masa sekarang

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.