Berani Memulai Usaha Kedai Kopi Kekinian? - Yuni Bint Saniro

Breaking

Tuesday, 5 January 2021

Berani Memulai Usaha Kedai Kopi Kekinian?

Berani memulai usaha kedai kopi kekinian
Source: freepik.com

Memulai Usaha Kedai Kopi Kekinian - Pulang kerja memang paling asyik kalau kita bisa nongkrong di kedai kopi. Apalagi kalau tempatnya unik, instagramable dan cozy. Belum lagi ditambah signature drink yang menggoda lidah. Wuih, lelah seharian bekerja akan menghilang.


Begitulah, Gaes. Banyak banget orang yang menggandrungi kopi. Bahkan menurut Pusat Data Informasi Kementerian Pertanian, minat masyarakat akan kopi semakin meningkat. Yaitu sebanyak 8,22% sejak tahun 2016.


Makanya, bukan hal yang mengherankan jika usaha kedai kopi semakin menjamur. Meski harus memutar otak untuk membuat inovasi bisnis di tengah kondisi saat ini. Tapi, apa kita berani memulai usaha kedai kopi?


Mari kita menelisik bagaimana kita harus memulai bisnis ini. Apa saja yang kita butuhkan sebelum memulai usaha?


Mengapa Memilih Bisnis Kopi?


Segmen Coffee shop bukan hanya untuk para orang tua saja. Tapi juga para generasi millenial dan para eksekutif muda atau team marketing penjualan mobil yang kerap nongkrong di kedai kopi.


Mereka meluangkan waktu untuk sekedar hang out bersama kawan, mengerjakan tugas-tugas, meeting dengan klien atau membicarakan bisnis di Coffee shop. Sehingga peluang bisnis dalam perdagangan kopi masih sangat diminati. Khususnya kedai kopi.


Selain itu, karakter dan selera setiap orang berbeda-beda. Sehingga muncul banyak variasi kopi untuk melengkapi bisnis kopi yang ada saat ini.


Kita mengambil contoh Sodare Kopi yang berada di daerah Tebet Timur. Mereka menyiapkan signature drink berupa Aren Mint, yaitu kopi dengan cita rasa perpaduan antara gula aren dan pappermint. Selain itu ada salted caramel. Dimana kopi ini merupakan perpaduan antara susu, kopi dan sirup caramel. Yang paling unik adalah Komandan. Ini adalah nama kopi yang dicampur dengan pandan.


Begitulah bisnis kopi. Kita harus selalu memikirkan setiap kemungkinan inovasi agar usaha kita nggak mentok di tengah jalan.


Apakah Modal Usaha Kedai Kopi Murah?


Memulai usaha kedai kopi memang bukan hal yang rumit. Jika dipikirkan kembali, kedai kopi juga membutuhkan modal yang murah. Mengapa demikian?


Kadang, kita nggak harus menyewa tempat. Kita bisa memanfaatkan ruang terbuka yang ada di rumah kita. Asal kita mampu menata interior dan eksteriornya. Maka akan tercipta satu ruang baru yang bermanfaat sebagai kedai kopi yang asyik.


Selain itu, target market yang luas membuat usaha ini semakin diminati. Nggak hanya para pebisnis handal yang bisa menjalankannya. Anak muda pun bisa memulai bisnis ini.


Ada dua pilihan untuk memulainya. Yaitu memilih untuk membuat usaha kedai kopi murah sendiri atau bergabung bersama franchise kopi kekinian.



Usaha Kedai Kopi Kekinian
Source: freepik.com



Lalu, apa saja yang harus kita miliki sebelum memulai usaha kedai kopi kekinian?


1. Memiliki Ilmu Tentang Kopi


Membuka kedai kopi nggak bisa asal. Kita harus memiliki modal utama berupa ilmu tentang kopi.


Kita bisa memulai dengan bekerja di coffee shop lain. Belajar mengenai cita rasa kopi dan bagaimana membuat kopi yang benar. Setelah menguasai dan mampu menciptakan kopi dengan variasi lain, kita bisa memulai usaha sendiri.


Atau kita bisa mengikuti kursus bisnis kopi kekinian bukan hanya kursus bahasa inggris. Mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan kopi. Dan mengaplikasikan ilmunya dengan membuka kedai sendiri.


2. Memastikan Sumber Biji Kopinya


Ketika kita akan membuka kedai kopi, kita harus mengetahui dimana kita mendapatkan biji kopi yang akan digunakan. Bagaimana persentase campurannya? Dan darimana asal biji kopi tersebut?


Misalnya saja Media Roastery. Mereka menyediakan biji kopi dengan house blend 80% kopi robusta dan 20% kopi arabika. Dimana biji-biji kopi tersebut merupakan biji kopi lokal.


3. Modal


Meski usaha kedai kopi kekinian nggak membutuhkan modal yang tinggi, kita tetap harus menyiapkan dana cadangan. Kita juga harus membuat analisa usaha kopi kekinian yang akan dijalankan. Sehingga, memudahkan kita dalam mengambil keputusan jika ada kendala di tengah jalan.


Kesimpulan


Memulai usaha kedai kopi bisa menjadi pilihan saat ini. Kita nggak membutuhkan modal yang tinggi. Dan menggunakan satu ruang yang nggak terpakai di rumah untuk disulap menjadi coffee shop.


Selain itu, minat masyarakat akan kopi masih sangat tinggi dengan selera yang bermacam-macam. Jadi, kita bisa menciptakan variasi kopi dengan aneka ragam cita rasanya.


Gimana, Gaes? Berani memulai usaha kedai kopi?

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.