Perjalanan Kelas Gratis BRT Network untuk Blogger

Yuni Bint Saniro – Seorang blogger seharusnya nggak hanya berbicara tentang menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat. Tapi, lebih dari itu. Blogger juga harus berupaya agar artikelnya mudah ditemukan oleh pembaca. Iya ‘kan?

Belum lagi kalau kita menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Mau nggak mau, kita harus membuat performanya terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Sehingga, seorang blogger harus selalu belajar untuk kebaikan blognya sendiri. Salah satunya dengan berebut untuk mengikuti kelas gratis di BRT Network. Bagaimanakah perjalanan kelas ini untuk blogger sepertiku?


Kelas Gratis BRT
Logo Kelompok F Kelas Gratis BRT dibuat oleh Kak Eka


Belajar Kode html Template Blog Sendiri

Aku adalah blogger yang bersinggungan dengan kode html hanya saat ingin mengganti template. Itu pun tinggal copy dan paste saja. Nggak perlu edit-edit.

Meski begitu aku sangat jarang mengganti template. Sama dengan Kak Hanat, teman sekelompokku dalam kelas ini. Mungkin kami type yang enggan bermasalah dengan kode html kali ya. Beda bangetlah sama Kak Eka yang katanya sering gonta-ganti template blognya. Hehehehe….

Perbedaanku dan kedua teman sekelompokku adalah ini bukanlah pertama kalinya mereka bersinggungan dengan kode html blog. Beda banget denganku ‘kan?

Nah, kelas ini mengajarkanku bagaimana memeriksa struktur blog. Apakah blogku sudah memenuhi indicator SEO atau belum? Lantas bagaimana mengatasinya?

Pertama kami berkenalan dengan extension SEO Meta Inspector, aku terkejut dengan kondisi blogku yang kacau. Maka mulailah perjalananku di kelas ini. Mengubek-ubek kode html yang bahasanya membuat kepalaku pening. Harus mengganti atribut ini dengan atribut itu. Rasanya pingin menangis.

Apalagi saat mengubah language blog. Begitu selesai mengedit dan menyimpan template, aku pun ingin memeriksa hasilnya. Tahu nggak apa yang terjadi?

Blogku sempat eror. Nggak bisa mengarah ke tampilan blogku seperti biasanya. Jangan tanya bagaimana rasanya! Panik dan takut pasti. Coba deh! Gimana aku bisa tidur nyenyak kalau begini?

Kesalahan di Kelas BRT
Akibat Kesalahan Edit html di Kelas BRT, Blogku Nggak Bisa Dibuka


Beda banget sama Kak Eka Fitriani Larasati yang sudah biasa ngutak-atik template blog Mamajokaa-nya. Dia mah santai saja mengikuti arahan. Bukan itu saja, Kak Eka bahkan banyak membantu Teman-teman blogger dalam satu kelompok yang masih belum beres dengan masalah blognya. Termasuk diriku.

Duh, rasanya beneran nano-nano saat harus belajar kode html template blog sendiri tuh. Saat ini, eror di blogku masih ada masalah anchor dan image. Oh iya, saat upload gambar jangan lupa untuk mengecilkan ukuran gambar dulu ya. Biar performa blognya terjaga.

Materi Lain saat Belajar Gratis BRT yang Nggak Kalah Penting

Setelah itu, struktur blog adalah bagian terumitnya. Normalnya blog itu dimulai dengan heading 1, 2, 3 dan seterusnya. Google pun membacanya dari situ.

Baiknya, heading blog tu nggak lompat-lompat. Misal habis heading 1 eh langsung heading 3. Atau heading 3 malah berada di awal. Case yang paling banyak adalah heading 1 nggak terbaca saat membuka halaman homepage. Duh, ini bikin kepala makin keliyengan.

Aku jelas merasa kelimpungan. Pertama karena aku nggak pernah nguprek-uprek html template kecuali untuk menambahkan kode Google Search Console atau Google Analytics. Terus ini malah harus mengedit sendiri.

Iya kalau bahasanya seperti bahasa yang biasa kupakai untuk menulis artikel. Lha ini bahasanya beda. Aku seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami tapi dikasih kemudahan dengan jerami-jerami yang sudah diikat per bagian-bagian. Jadi tinggal search jerami ini ada jarumnya atau nggak? Atau jarumnya malah ada di jerami itu.

Pusing? Iya. Aku juga. Tapi, aku harus menyelesaikannya. Meski harus mengganti template yang lebih SEO friendly. Karena templateku nggak bisa membaca heading 1 saat aku memutuskan untuk menggunakan gambar header.

Sebenarnya ada sih cara menyelesaikannya. Kita harus mencari kode html untuk gambar header di template. Lalu mengubah bahasa logikanya. Sehingga, heading 1 tetap terbaca meskipun menggunakan gambar.

Nah, coba deh cek struktur blog Teman-teman! Apakah sudah sesuai dengan kaidah-kaidah SEO atau masih perlu diuprek lagi html templatenya? Sehingga, kita nggak hanya fokus sama menulis artikel SEO saja ya. Semangat….

Para Coach yang Nggak Pelit dalam Berbagi

Kelas ini dipandu oleh para coach yang namanya sudah nggak asing lagi, seperti Kak Punto Wicaksono, Kak Monica Anggen, Kak Marita Ningtyas, Kak Priyo Harjiyono, Kak Gilang Maulani dan Kak Zen.

Mereka memandu kelasnya dengan tegas tapi mengajari dengan sabar. Asal kita serius mau membaca pembahasan dalam grup. Meski loadingnya agak lama kayak aku. Pastilah bisa membereskan masalah-masalah blog dengan baik.

Jangan terkecoh dengan Kak Zen yang sering mengeluarkan pisau. Bukan untuk nodong Teman-teman sambil bilang pokoknya kudu paham. Nggak usah nanya-nanya lagi.

Bukan. Bukan yang begitu kok. Kak Zen mah sabar kalau memberikan panduannya. Benar-benar sampai permasalahan kita selesai. Sama kayak coach lainnya deh.

Akutu merasa, nggak perduli kapan pun merasa kesulitan, selama kelas dibuka dan mengajukan pertanyaan di sana. Pasti ada saja couch yang standby untuk memandu. Entah itu, Kak Marita, Kak Punto, Kak Zen dan Kak Priyo. Nggak perlu merasa malu dan nggak enak untuk bertanya ya!


Peraturan Kelas Gratis BRT
Salah Satu Peraturan di Kelas BRT


Jadi, rugi banget kalau setelah kelas selesai ternyata kita masih belum bisa memahami template blog sendiri lho.

Kesulitan yang Dihadapi saat Berada di Grup Belajar Gratis BRT

Namanya juga belajar ya. Pasti menemukan kesulitan-kesulitan. Kalau nggak nemu kesulitan ya berarti sudah bisa. Iya nggak sih?

Kalau kata mbak Eka, dia membutuhkan waktu untuk memahami materi. Baiknya, kelas BRT gratis ini menerapkan untuk langsung praktek. Sehingga, bisa langsung memahami saat menyelesaikan permasalahan yang ada.

Kurang lebih samalah denganku. Menyelesaikan eror yang ditunjukkan oleh extension SEO Meta Inspector tuh emang nggak mudah. Sulit banget kalau kita nggak memahami template blog sendiri. Tapi yakin deh. Setelah berhasil memperbaiki dan erornya hilang tuh rasanya lega banget.

Beda lagi sama Kak Hanat Futuh Nihayah. Dia merasa kesulitan antara membagi waktu antara pekerjaan dengan kelas ini. Tapi, dia juga merasa kelas ini penting untuk perkembangan blognya yang memiliki domain bernama Hanat Futuh N'S Blog. Sehingga, Kak Hanat berusaha untuk disiplin dan terus mengikuti aturan di kelas.

Well. Semangat ya untuk kita semua. Semoga kita bisa menyelesaikan semua tantangan dalam kelas gratis di BRT Network dengan baik. Sampai selesai.

Perjalanan Kelas BRT Gratis Belum Usai

Aku telah menyelesaikan 2 tantangan kelas. Malam minggu kemarin sempat ada penilaian dan penentuan apakah kita bisa melanjutkan kelas atau tinggal. Beberapa ada yang tinggal dan memilih mundur karena satu dan lain hal. Namun banyak yang bisa melanjutkan dan memutuskan untuk menghadapi tantangan-tantangan kelas selanjutnya.

Beruntungnya aku boleh melanjutkan perjalanan. Aku berharap bisa mengikuti kelas ini sampai selesai. Doakan aku ya, Teman-teman. Biar aku bisa kembali merasakan bahwa ngeblog ternyata asyik.


Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

31 Comments

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Saya juga nyerah ih klo soal html ... Makanya suka ambil gampangnya... Krn wp jd sering andalin plugin ja hehhe... BTW sukses untuk kelasnya

    ReplyDelete
  2. Jujur, sepanjang terjun jadi seorang blogger, nggak ngerti deh sama yg namanya kode2 HTML gitu. Tahunya tinggal copas doang dri orang lain.. Wkwk 😂

    Tapi kalau ada kelasnya gitu (apalagi kalau gratis #eh), kayanya boleh jga nih untuk dicoba. Lumayan, buat nambah2 ilmu dan pengalaman.. 😋

    ReplyDelete
  3. Menurut saya sih klo sekiranya tidak menyukai kodingan mending jangn coba-coba edit template deh. Kecuali punya blog cadangan untuk mengubah atau membuat template sendiri. Tambahan kalau bisa sih sebelum edit html template backup ajah dulu. Jadi walau nantinya terjadi error atau yang lainya bisa dikembalikan lagi seperti semula templatenya. Semangat ngeblog yah. Saya juga masih belajar konsisiten. Tapi apalah daya sulit sekali karena banyak urusan yang harus dikerjakan.

    ReplyDelete
  4. Pokoknya yang namanya ikut kelas /mentoring itu ga bakal rugi. Kita bakal dapat banyak ilmu dan pengalaman. Jadi Yuni ga boleh nyerah ya. Percaya deh suatu saat ini pasti berguna buat kamu

    ReplyDelete
  5. itu coding deritanya tiada akhir klo salah edit
    tapi ketika menikmatinya akan indah pada waktunya

    ReplyDelete
  6. Keren sekali kelasnya. Aku masih kesulitan belajar html. Apalagi benahi blog sendiri dengan memperbaiki struktur html blog. Wkwkkw

    Rasanya puyeng pasti

    Beruntung yang ikut kelas ini bisa dapat ilmu html ya

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat sekali pelajaran nya untuk blogger pemula. Aplgi juga diajarkan soal coding html. Ini penting banget emang, asalakan mempunyai semangat dan niat suatu saat pasti bisa jadi blogger kelas kakap😊. Mantap pelajaranya dan kelasnya gratis lagi. Rekomen banget bagi pemula😊👍

    ReplyDelete
  8. Pengen banget ikut Belajar Gratis BRT, oasti banyak ilmu yang yang bermanfaat dan pasti akan menambah pengalaman,,

    Oh iya kalo daftar bagai mana ya min?? Saya pengen banget bergabung

    ReplyDelete
  9. Kalau menurut saya ngeblog itu kita harus berani nge BRAND diri kita..

    Di media sosial kita harus bisa menarik perhatian orang dengan tulisan kita, karena tujuannya memang itu, menarik perhatian orang agar mereka mengenal kita.

    Kalau soal struktur blog, SEO seo an gitu, akan kalah dengan yang ngiklan..

    Salam blogger

    ReplyDelete
  10. Optimalisasi blog ternyata banyak banget yak detilnya, sampai ke ukuran KB gambar ternyata ngefek ke performa blog ya Kak... Wah PR-nya banyak nih aku. misalnya musti belajar bongkar daleman blog juga nih.

    ReplyDelete
  11. Mengikuti kelas BRT menyenangkan, wawasan ketrampilan bertambah karena dibimbing mentor kece berpengalaman, blogging ke depannya jadi lebih baik diantaranya setelah praktik kelas BRT

    ReplyDelete
  12. Kalau masalah html ini memang bikin pusing, tapi kalau kita bisa menguasai akan sangat bermanfaat sekali buat blog kita. Semangat terus ya mbak

    ReplyDelete
  13. Semangat ya Kak, ngeblog akan semakin menyenangkan ya jika paham ilmunya. Semoga semakin berkah dengan mengikuti kelas di BRT.

    ReplyDelete
  14. Ngulik HTML ini susah-susah gampang, tapi bisa dipelajari kok sebenarnya. Sukses buat kelasnya Mbak

    ReplyDelete
  15. Yuk yuuukkk semangat belajarnya! Habis itu banjir order. Cihuyyyy

    ReplyDelete
  16. sy baru tahu jika ada kelas gratis seperti ini. Tapi apalah itu, tentu tujuannya adalah untuk membantu teman sejawat agar lebih lagi memahami cara ngeblog yang baik dan benar. Pastinya, untuk sampai ke taraf "asyiknya Nge-blog" kita perlu melewati beberapa tantangan menjadi seorang blogger, dan untuk melewati tantangan tersebut tentu dibutuhkan sekali kelas-kelas seperti ini. two thumbs up lah.......

    ReplyDelete
  17. Wah kelas BRT sekarang sudah beragam yah materinya mba... ^^
    Semoga bisa sampai garis finish yaa mba :)

    ReplyDelete
  18. Wah, kayaknya kelasnya asyik yaa.
    Kalo masalah otak-atik HTML, wah puyeng.
    Pernah nyobain, tapi angkat tangan setelah blog jadi amburadul.
    Tapi pengen suatu saat dapat menguasai HTML, biar puas kalo dapat ngotak-atik blog biar jadi lebih cantik.

    ReplyDelete
  19. Dulu sempet belajar-belajar tentang blog, tapi setelah lulus dan dapat kerja karena banyak kesibukan jadi gak pernah update tentang perkembangan blog bahkan sudah lupa.

    Tapi akhir-akhir ini mulai belajar lagi dan refresh tentang pengetahuan blog, apalagi ternyata ada kelas gratis seperti ini malah buat makin semangat lagi untuk belajar.

    ReplyDelete
  20. blog ini kalau diseriusin emang sangat menyenangkan. apalagi buat orang yang seneng nulis, jadi menjadi salah satu tempat buat menyalurkan hobi kita. Belum lagi kalau ada komunitasnya jadi bisa saling sharing tentang blog

    ReplyDelete
  21. Wah seru kak ilmunya jadi nambah. Btw, jadi pengen ikutan juga..

    ReplyDelete
  22. Wah Mbaak, sampai ngulik html yah. Duh, pedes mataku deh kalo ikut kelas. Hehe...Tapi worthed ya, blog jadi terstruktur dan rapi. Pentingnya lagi keindex di Google. Mantab deh...
    Semangaaaat Kakak...

    ReplyDelete
  23. Keren bgt nih. Jadi pengen belajar ngeblog jg...

    ReplyDelete
  24. Aku nggak ngerti tentang html. Urusan blog,aku cuma nulis aja ya,mbak. Kalau urusan struktur mbakku aja yang membereskan.hehehehe

    ReplyDelete
  25. masyaallah, keren ya mbak Yuni ini semangat ngeblognya luar biasa. Saya udah nyerah obok2 blog, hehehe

    ReplyDelete
  26. Seru ya belajar coding gitu, abis ini blognya makin kece dah. Semangat mba Yuni ngikutin kelas BRT dan tantangan2nya. Paighting...

    ReplyDelete
  27. Urusan dunia percodingan html blog, saya juga kurang mudeng, ganti template tinggal bayar (sombong amat). Ya meski beberapa kali saya ngedit sendiri sih. Belum paham semuanya, tapi sedikit tahu, apalagi untuk yang utak atik menu blog.

    Kelas Gratis di BRT ini keren banget, banyak coach yang berilmu tinggi tapi gak pelit ilmu. Sayang banget kemarin aku tuh gak daftar lagi. Tapi melihat tugas dan lainnya, tampaknya saya juga bakalan keteteran seperti Hanat. Oh ya, salam juga buat Hanat dari saya.

    Semoga Mba Yuni tetap semangat mengikuti kelasnya sampai selesai ya..

    ReplyDelete
  28. Sedih aku kak Yuni telat saya tahu info kelas ini. Kemarin sempat sibuk karna ada urusan. Kelas di BRT memang mantul banget saya dulu pernah ikutan kelas naikkan DA

    ReplyDelete
  29. Wah selamat ya mbak Yuni, smg bisa lanjut terus sampai akhir.... Serunya kelas BRT enggak diragukan deh:)

    ReplyDelete
  30. Aaa jadi nyesel kemaren ada yang skip, ditunggu sharing dari kelas brt selanjutnya mba yuni 🥺🙏🏻

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post