7 Cara Mengisi Waktu Luang yang Menghasilkan Uang

Yuni Bint Saniro – Kadang kita sering merasa kesibukan sehari-hari nggak terlalu banyak banyak? Sehingga kita sering hanya rebahan, menonton televisi atau membuka media sosial saja.

Saat itu yang terjadi, artinya waktu luang yang kita miliki cukup banyak. Daripada waktu terbuang percuma, akan lebih baik jika waktu tersebut terisi oleh aktifitas-aktifitas yang menghasilkan uang. Betul nggak, Gengs?

Tapi e tapi, gimana dong kalau kita merasa nggak punya modal dan keterampilan?

Tenang saja, karena banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan waktu di sela-sela kesibukan agar lebih bermanfaat. Sesuatu yang mungkin nggak kita sadari selama ini. Apakah itu?

Cara Mengisi Waktu Luang yang Menghasilkan Uang

Nggak semua pekerjaan membutuhkan modal besar, loh! Ada beberapa yang bahkan nggak perlu modal sama sekali. Yang terpenting adalah kita melakukannya dengan sungguh-sungguh. Karena memang nggak ada kesuksesan yang datang secara instan. Setuju ‘kan Gengs?

Berikut ini, ada 7 cara mengisi waktu luang yang terbukti dapat menghasilkan cuan. Bahkan ibu rumah tangga sekali pun.


Cara Mengisi Waktu Luang
Sumber: pixabay.com/id/photos/laptop-komputer-bisnis-meja-kertas-3317007/


#1 Mengisi Waktu Luang dengan Menjadi Freelancer

Freelancer adalah seorang pekerja lepas alias nggak terikat dengan waktu. Biasanya, klien akan meminta jasa kita untuk suatu hal dan dapat dilaksanakan kapan saja sesuai tenggat waktu yang sudah disepakati.

Beberapa pekerjaan freelancer membutuhkan keahlian khusus. Namun, asal kita mau bersungguh-sungguh maka semuanya dapat kita pelajari secara online melalui platform digital. Ini bisa sekaligus sebagai cara memanfaatkan waktu untuk mendapatkan hal yang positif dari internet. Benar ‘kan, Gengs?

Jasa freelancer yang banyak dicari saat ini adalah writer, graphic desaigner, dan translater. Untuk penawarannya, kita bisa melakukan secara online.

#2 Menjadi Dropshipper

Dropshipper merupakan cara baru menjual barang tanpa perlu stok dan dana sebagai modal.

Kita cukup mencoba produk untuk mengetahui kualitasnya, lalu bekerja sama dengan toko. Setelah itu menawarkannya di media sosial yang kita mliki. Seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain. Grup-grup WhatsApp sering kali menjadi sarana bagus untuk promosi lho.

Jika ada konsumen yang membutuhkan, mereka akan membayar kepada kita. Kemudian, kita membeli ke produsen. Nantinya produsen yang akan mengirimkan barang atas nama kita.

Jadi, nggak perlu repot packing barang deh. Kita bisa langsung menerima laba. Mudah bukan?


Mengisi Waktu Luang
Sumber: www.freepik.com/free-photo/beautiful-smart-asian-young-entrepreneur-business-woman-owner-sme-checking-product-stock-scan-qr-code-working-home_4395087.htm


#3 Menjadi Reseller Produk Tertentu

Cara mengisi waktu luang yang nomor 3 ini, mirip dropshipper. Hanya saja, ini memerlukan sedikit modal.

Umumnya, untuk menjadi reseller produk tertentu, kita harus mendaftar dan membeli sejumlah barang sebagai stok. Kemudian konsumen membeli langsung dari kita.

Cara ini disebut lebih efektif untuk berjualan. Barang yang distok membuat kita lebih bersemangat untuk mengejar target penjualan.

#4 Berjualan Pulsa dan Token Listrik

Saat ini, pulsa ponsel dan paket data, serta token listrik menjadi kebutuhan yang banyak orang. Berjualan produk ini juga membutuhkan modal yang nggak banyak. Kita hanya perlu memastikan bahwa kita memiliki pulsa internet.

Di mana membeli pulsa dan token listrik untuk dijual?

Kita bisa bekerja sama dengan konter pulsa atau market place. Umumkan saja ke semua grup WhatsApp yang dimiliki jika kita berjualan pulsa dan token listrik.

Saat mereka membutuhkan dan membayar, barulah kita memesan di marketplace. Nggak membutuhkan waktu lama kok. Kemungkinan prosesnya hanya 2 sampai 3 menit. Lalu pulsa dan token sudah bisa berada ditangan konsumen.

#5 Berjualan Makanan Secara Online dan Offline

Apakah ada yang suka memasak? Maka, kita bisa melakukan peluang kegiatan mengisi waktu luang yang satu ini lho. Yaitu berjualan makanan secara online dan offline. Karena bisnis ini masih menjadi bisnis yang cukup menggiurkan.

Nggak perlu memasak terlalu banyak. Buat saja dalam porsi sedikit tapi rutin. Kita juga bisa menggunakan sistem PO untuk pembuatannya.

Keuntungan sistem PO ini, kita nggak perlu mengeluarkan modal. Karena konsumen akan membayar harga makanan pada saat pemesanan. Lalu, kita akan membuat produknya sesuai jumlah pesanan saja.

#6 Berjualan Akun Digital Premium

Di era pandemi, orang makin kreatif lho. Sarana hiburan kini menyediakan akun premium untuk menonton acara berkualitas. Sebut saja, Hotstar, Netflix, Iflix, spotify, dan lain-lain. Menariknya, akun digital premium ini bisa diperjual-belikan secara online.

Biasanya satu akun bisa dipakai 4 sampai 5 gadget. Nah, kita bisa membeli satu akun dan membaginya kepada orang-orang yang membutuhkan dengan harga lebih murah. Namun kita tetap menguntungkan.

Kalau sudah begitu, waktu luang pun akan menjadi sarana yang menguntungkan secara materi.

#7 Menawarkan Jasa Les Privat atau Membuka Bimbingan Belajar

Terakhir, jika kita suka mengajar dan anak-anak. Makan kita bisa menawarkan jasa les privat atau membuka bimbingan belajar anak kecil di rumah lho.

Meski ini membutuhkan waktu khusus, tapi kisarannya nggak lebih dari 1,5 jam setiap pertemuan. Les online juga bisa ditawarkan. Yang penting, kita mempunyai kemampuan menyampaikan materi secara tepat.

Bagaimana? Apakah ada yang mulai tertarik dengan salah satu cara mengisi waktu luang di atas? Jangan tunggu waktu yang tepat! Mulailah dari sekarang dan kita bisa melihat hasilnya nanti! Semoga sukses!

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post