Kiat Meminimalkan Risiko Reksadana Saham

Yuni Bint Saniro - Investasi memang menjadi cara bijak untuk mencapai tujuan finansial. Salah satu jenis instrumen investasi yang dapat diandalkan adalah reksadana saham. Sama seperti instrumen investasi lainnya, investasi ini juga memiliki risiko. Namun, dengan strategi yang tepat maka investor bisa meminimalkan risiko tersebut dan mendapatkan keuntungan yang optimal.


Kiat Meminimalkan Risiko Reksadana Saham
Sumber: www.pexels.com/id-id/foto/seorang-pria-menggunakan-komputer-laptop-di-atas-meja-putih-3760368/


Tips Meminimalkan Risiko

Reksadana saham berbeda dengan investasi saham. Dalam jenis investasi ini, dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh manajer investasi. Dana akan dialokasikan kepada emiten tertentu agar dana tersebut bisa berkembang. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko investasi di instrumen ini demi keuntungan optimal:

1. Pahami Cara Kerjanya

Pertama, pahami dulu seperti apa cara kerja dari investasi reksadana ini. Anda harus mengerti apa itu reksadana saham dan bagaimana dana Anda akan dikelola oleh manajer investasi. Hal ini penting untuk dilakukan sehingga Anda mengetahui seberapa banyak potensi keuntungan yang bisa didapat sekaligus risiko seperti apa yang harus ditanggung.

Bacaan Menarik Lain: Cara Investasi Reksadana Campuran

Banyak investor yang sepenuhnya mempercayakan uangnya kepada manajer investasi tanpa memahami seperti apa cara dana tersebut dikelola. Sebaiknya hal ini dihindari apalagi jika dana yang disetorkan untuk investasi terbilang besar. Sumber informasi mengenai reksadana saham ini bisa diperoleh dari berbagai sumber.

2. Pilih Sesuai Profil Risiko

Jika Anda melakukan investasi di instrumen ini, maka pastikan bahwa sudah sesuai dengan profil risiko yang Anda miliki. Ingat, setiap orang memiliki profil risiko investasi yang berbeda-beda. Cari tahu dulu seperti apa risiko reksadana saham dan lihat apakah sudah sesuai dengan profil Anda.

Memilih instrumen yang sesuai dengan profil risiko akan memperkecil kerugian yang mungkin harus Anda tanggung. Selain itu akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk mengelola dana investasi jika profil risikonya sesuai. Dengan memahami apa itu reksadana saham secara menyeluruh, Anda bisa menarik kesimpulan apakah investasi ini sesuai dengan profil risiko atau tidak.

Bacaan Menarik Lain: Catatan Keuangan Single Ladies

3. Tetap Lakukan Diversifikasi

Merasa untung dengan satu jenis instrumen investasi seringkali membuat seseorang terlena. Misalnya, Anda sudah merasa untung besar dengan berinvestasi di instrumen reksadana saham lalu enggan melakukan diversifikasi. Padahal, perlu dicatat bahwa diversifikasi merupakan langkah paling efektif untuk memperkecil risiko kerugian yang mungkin harus Anda tanggung.

Jenis instrumen reksadana yang satu ini memiliki risiko sedang sampai tinggi. Mulai dari risiko ekonomi, likuiditas, perubahan aturan, dan lain sebagainya. Jika suatu saat risiko kerugian reksadana saham ini terbilang besar maka Anda masih bisa memiliki aset lain yang aman berkat diversifikasi. Gunakan instrumen investasi lainnya sebagai pilihan diversifikasi yang aman.

4 Lakukan Analisis

Selama menjadi investor, jangan terlena dengan segala bentuk keuntungan yang Anda dapatkan. Tetaplah belajar dan lakukan analisis mendalam mengenai investasi yang sudah Anda lakukan. Cari tahu seperti apa kondisi aset Anda dan buat perhitungan bagaimana pertumbuhannya di masa yang akan datang. Gunakan bantuan manajer investasi untuk melakukan analisis yang matang.

5. Pilih Manajer Investasi yang Tepat

Selanjutnya, pastikan Anda menjalin kepercayaan dengan manajer investasi yang bekerja mengelola dana investasi Anda. Pilihlah manajer investasi yang kredibel dan memang bisa diandalkan untuk mengelola dana di instrumen reksadana saham. Ini menjadi sebuah poin penting karena bagaimanapun juga dana Anda akan dikelola oleh manajer investasi tersebut.

Pelajari track record manajer investasi sebelum mulai mempercayakan dana. Bangun kepercayaan dan jangan malas untuk melakukan analisis mandiri. Gunakan bantuan apapun yang diberikan oleh manajer investasi secara optimal demi mengoptimalkan cuan investasi.


Reksadana Saham
Sumber: www.pexels.com/id-id/foto/keyboard-ajaib-perak-1109543/ 


Investasi Lebih Aman bersama DBS Treasures

Anda bisa mempercayakan dana investasi reksadana saham bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Investasi jadi lebih mudah dan aman berkat pelayanan optimal yang diberikan oleh DBS Treasures. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh perbankan prioritas ini:

1. Dana Dikelola oleh Profesional

Pertama, uang yang Anda investasikan akan dikelola oleh profesional. Manajer investasi yang bermitra dengan DBS Treasures dijamin profesional dan berpengalaman. Dengan begitu dana investasi Anda bisa dikelola secara optimal dan menghasilkan keuntungan.

Bacaan Menarik Lain: Cara Mengisi Waktu Luang

2. Panduan Investasi dari Tim Ahli

Anda akan mendapatkan wawasan atau panduan berinvestasi dari tim ahli finansial. Anda bisa dengan mudah memahami apa itu reksadana saham maupun jenis reksadana lainnya. Tim ahli ini akan proaktif mengkomunikasikan analisis pasar juga peluang investasi reksadana terbaru yang sudah dipersonalisasi.

3. Risiko Rendah Lewat Diversifikasi

Bersama DBS Treasures, Anda bisa menikmati investasi dengan risiko rendah melalui diversifikasi. Proses diversifikasi ini akan dilakukan secara efektif dan disebarkan ke aset-aset investasi yang terpercaya. Layanan ini sangat membantu Anda dalam memperkecil risiko investasi.

4. Kemudahan Transaksi DBS Treasures

Investor DBS Treasures juga bisa mendapatkan kemudahan transaksi melalui Aplikasi digibank by DBS. Proses jual, beli, maupun switching reksadana bisa dilakukan dengan cepat dan praktis dalam satu aplikasi. Menariknya lagi, investor juga bisa melakukan proses registrasi SID atau Single Investor Identification melalui aplikasi tersebut.

Melalui Aplikasi digibank by DBS investor baru dapat melakukan registrasi dan mendapatkan SID tanpa harus pindah ke platform lain maupun datang ke cabang. Aplikasi ini juga akan menghubungkan Anda dengan beragam pilihan produk reksadana dari manajer investasi. Beragam kategori produk bisa Anda temukan di sana dengan mudah dan sangat praktis.

Bacaan Menarik Lain: Tips Modifikasi Mobil

Raih tujuan finansial Anda dengan yakin melalui investasi reksadana saham bersama DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan tepercaya. Hadir pula pilihan aset reksadana lainnya yang bisa dapat Anda jadikan andalan. DBS Treasures siap memberikan fasilitas investasi yang aman dan akurat. Pastikan untuk membuat perhitungan matang sebelum melakukan investasi maupun diversifikasi dalam bentuk apapun.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post