Tips Memilih Smart CCTV Sesuai Kebutuhan

Closed-Circuit Television atau CCTV merupakan perangkat yang saat ini umum digunakan di rumah, pertokoan, perkantoran dan lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman yang kian maju, saat ini telah hadir smart CCTV yang jauh lebih canggih.


Tips memilih smart CCTV
Sumber: www.pexels.com/id-id/foto/dua-kamera-keamanan-peluru-abu-abu-430208/


Sederhananya, smart CCTV nggak hanya sekedar menampilkan video saja. Perangkat tersebut juga terhubung dengan internet atau yang disebut juga dengan istilah IP Cam (Internet Protocol Camera).

Tips Memilih Smart CCTV

Saat ini ada cukup banyak jenis kamera CCTV terbaik, khususnya tipe IP Cam yang canggih. Namun, jangan terburu-buru saat membelinya. Simak beberapa tips berikut ini agar kita nggak salah pilih.


Smart CCTV
Sumber: www.pexels.com/id-id/foto/hitam-dan-putih-kamera-keamanan-dinding-bata-7463021/



1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Pada dasarnya, semua jenis smart CCTV sudah cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan. Baik itu untuk sistem keamanan di pertokoan, rumah, ruko, hingga perkantoran. Namun, yang membedakannya hanya spesifikasi kamera tersebut.

CCTV untuk rumahan bisa memilih tipe standar dengan tempat penyimpanan yang nggak terlalu besar. Sedangkan untuk perkantoran, bisa memilih spesifikasi tempat penyimpanan yang besar agar file video nggak sering kita cadangkan.


Bacaan Menarik Lainnya: Membuat Game Sederhana


2. Perhatikan Resolusi Kamera

Saat ini ada banyak tipe resolusi kamera yang bisa digunakan. Selain kualitas resolusi hitam putih, juga sudah hadir kamera CCTV terbaik yang menawarkan kualitas hasil gambar berwarna.

Smart CCTV berwarna cocok untuk mengoptimalkan sistem pengawasan kamu. Pasalnya, gambar yang dihasilkan menjadi lebih jernih dan juga jelas. Kamera CCTV ini cocok sekali untuk kebutuhan pengamanan di toko-toko maupun perkantoran.

3. Pilih DVR Sesuai Kebutuhan

DVR memiliki fungsi untuk merekam gambar CCTV. DVR atau Digital Video Recorder memiliki beberapa pilihan tipe yang bisa kamu sesuaikan. Kebanyakan DVR saat ini sudah bisa ditempatkan di tempat tidur milik kita. Artinya sudah tersedia untuk kebutuhan rumahan.

Akan tetapi, smart CCTV untuk perkantoran maupun toko sebaiknya dibedakan dengan kebutuhan rumahan. Pilih DVR yang lebih aman agar nggak disalahgunakan oleh oknum yang nggak bertanggung jawab.


Bacaan Menarik Lainnya: Manfaat Main Game Online


4. Perhatikan Harga

Hal yang tak kalah penting selanjutnya yaitu memperhatikan harga smart CCTV. Harganya saat ini cukup beragam. Perbedaan harga untuk masing-masing produk tergolong berbeda-beda tergantung dari spesifikasinya.

Harga yang ditawarkan cukup beragam mulai dari yang paling murah hingga yang termahal. Semakin mahal harganya semakin tinggi tingkat resolusinya. Terutama untuk merk-merk kamera branded atau bermerek yang berkualitas bagus.

Cara Menyesuaikan CCTV dengan Kebutuhan Pemakaian

Banyak jenis smart CCTV telah memberikan ragam pilihan yang bisa kita sesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Namun, sayangnya belum banyak orang yang kenal dengan jenis-jenis dan fungsinya. Untuk memudahkan kamu yang sedang bingung memilih CCTV, berikut ini kami jelaskan cara menyesuaikannya.

1. Cek Tempat Pemasangan CCTV

Tempat pemasangan merupakan salah satu aspek yang penting untuk kita perhatikan sebelum membelinya. Silahkan cek terlebih dahulu area yang ingin kita pasang CCTV agar mudah menyesuaikannya.

Penting untuk kita ketahui, bahwa jenis CCTV indoor dan outdoor memiliki bentuk yang sedikit berbeda. Namun, fungsi dan ragam kualitasnya tergolong sama. Maka dari itu, cek terlebih dahulu pemasangan CCTV baik itu outdoor maupun indoor.


Bacaan Menarik Lainnya: Belajar Bahasa Mandarin


2. Kenali Perbedaan CCTV Outdoor dan Indoor

Cara selanjutnya yang perlu kamu ketahui yaitu perbedaan antara CCTV outdoor dan indoor. Untuk pemasangan di luar ruangan, CCTV outdoor jauh lebih baik karena kameranya mampu mereduksi cahaya matahari. Selain itu, CCTV outdoor juga memiliki jumlah LED infrared yang lebih banyak.

Di sisi lain, kamera CCTV outdoor beberapa di antaranya sudah weatherproof sehingga lebih kuat dan tahan lama.

Sedangkan untuk kamera indoor sendiri sebenarnya pilihannya tergolong sangat banyak. Pasalnya, beberapa tipe kamera outdoor juga bisa kamu gunakan untuk kebutuhan CCTV indoor.

3. Perhatikan Tinggi Tempat Pemasangan CCTV

Hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah memilih tempat yang tinggi untuk pemasangan CCTV. Sebaiknya perangkat kamera pengawas ini kamu tempatkan di tempat yang tinggi seperti plafon atau langit-langit.

Kamera pengawas juga nggak bisa digabungkan dengan rotator. Hal tersebut dikarenakan nggak tersedia dudukan untuk rotator.

Rekomendasi Smart CCTV Terbaik

Sedang mencari kamera pengawas berkualitas terbaik? AcuSense Hikvision adalah solusinya. AcuSense merupakan CCTV yang sudah menggunakan sistem pengawasan yang lebih canggih dan modern.

Kita bisa menonton semua peristiwa secara real-time untuk memperoleh data kunci pada berbagai kejadian. Selain itu, juga bisa memberikan bukti kuat dan juga akurat untuk penegakan hukum.

Hikvision sudah menambahkan sentuhan-sentuhan intelijen pada kamera maupun perekam videonya. AcuSense adalah salah satu produk terbaik yang ditawarkan oleh brand tersebut.


Bacaan Menarik Lainnya: Tips Meningkatkan Engagement Rate Instagram


Kelebihan AcuSense HikVision

Produk kamera pengawas ini memiliki banyak kelebihan. Berikut sudah kami rangkum apa saja kelebihan-kelebihannya.

1. Fitur Alarm Akurat untuk Manusia Maupun Kendaraan

Kita bisa langsung fokus pada alarm yang dihasilkan oleh alat tersebut. Alarm CCTV ini bisa dipicu oleh kendaraan maupun oleh manusia. AcuSense nggak seperti merk CCTV abal-abal yang hanya merespons gerakan dari binatang saja.

2. Fitur yang Dapat Merespon Peringatan Auditori dan Visual

Kamera pengawas cerdas ini juga menerapkan metode respon dan pencegahan di tempat menggunakan peringatan khusus. Peringatan tersebut meliputi visual maupun auditori sehingga bisa menambah lapisan perlindungan.


Bacaan Menarik Lainnya: Media Pembelajaran Online


3. Cepat dalam Mencari Target

CCTV ini memungkinkan kita untuk mengurutkan dasar kategori. Urutan kategori tersebut bisa kita tentukan berdasarkan kategori kendaraan dan manusia. Selain itu, juga bisa mengklasifikasikan objek agar bisa meningkatkan efisiensi pencarian.

Kini kita nggak perlu bingung mencari smart CCTV yang canggih dan menawarkan level keamanan tinggi. AcuSense Hikvision bisa menjadi solusinya.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro