4 Cara Melatih Conversation English Dengan Baik

Yuni Bint Saniro - Conversation English atau bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Inggris tidak akan mudah bagi yang baru saja mempelajari bahasa asing. Namun, kunci untuk menjadi ahli dalam segala hal di dunia ini adalah dengan berlatih. Jadi biasakan untuk mempraktekkan apa yang kamu pelajari setiap hari.

Kita bisa mencoba berlatih conversation dengan orang lain dalam bahasa Inggris dalam beberapa menit saja. Dan lihat bagaimana kemajuan yang akan kita dapatkan dalam waktu singkat jika kita rajin berlatih.

Cara Melatih Conversation English Dengan Baik

Ingat ya, Teman! Tidak ada kata tidak bisa untuk melakukan segala sesuatu. Sesulit apapun hal tersebut, kalau kita mau berusaha maka kita akan bisa melakukannya. Kalau masih bingung mengenai cara untuk melatih conversation dalam bahasa Inggris, berikut panduannya:

1. Temukan Conversation Partner atau Teman untuk Ngobrol Berbahasa Inggris


Conversation English
Sumber: www.pexels.com/id-id/@charlotte-may


Pertama-tama, penting untuk menemukan teman ketika ingin berlatih conversation. Bergabung dengan klub atau tempat kursus bisa menjadi cara yang bagus untuk mengenal orang-orang secara informal. Dengan menemukan teman ngobrol yang tepat, kita bisa melatih conversation dan belajar bahasa Inggris dari dasar.

2. Pastikan Untuk Mendengarkan Serta Berbicara

Saat berlatih converastion, cobalah untuk seimbang dengan mendengarkan dan berbicara. Ada baiknya untuk mempersiapkan pertanyaan terlebih dahulu agar percakapan mengalir bolak-balik. Jika teman bicara kita mengajukan pertanyaan dan kita bisa menjawab panjang lebar. Sebaliknya, kita juga harus bisa mengembalikan pertanyaan itu kepada partner yang kita ajak bicara.

3. Rekam Latihan Conversation

Merekam adalah cara yang bagus untuk mendapatkan manfaat maksimal dari latihan conversation. Saat kita mendengarkan lagi rekaman tersebut, maka kita dapat mengevaluasi pengucapan kita sendiri dan melihat area mana yang perlu kita tingkatkan.

Kita juga dapat meninjau isi percakapan, mencatat kosakata baru atau kesalahpahaman. Lantas menyiapkan pertanyaan untuk pertemuan berikutnya.

4. Berlatih Dengan Musik dan Film

Dengarkan musik dalam bahasa Inggris dan bernyanyi bersama. Musik adalah salah satu alat terbaik untuk mempelajari pengucapan intonasi. Mendengarkan dan menyanyikan lagu mungkin juga membantu kita mengingat kosakata dan frasa (jika lagunya mudah dipahami). Dan cara ini akan membantu kita belajar melafalkan ritme bahasa Inggris dengan cara yang lebih alami.

Dengan meniru penyanyi secara tidak sadar, kita bisa belajar melafalkan frasa seperti yang dilakukan penutur asli. Selain itu, film juga menjadi pilihan yang jauh lebih baik untuk belajar bahasa Inggris. Kita akan belajar kosa kata, idiom, slang, pengucapan dalam bahasa Inggris.

Lebih serunya lagi nih, kalau kita mau daftar conversation english club di EF English Center! Kita akan bertemu dengan teman-teman hebat yang akan membantu kita melatih kemampuan speaking yang kita pelajari. Yuk, gabung saja di EF English Center!

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

11 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Makin jago percakapan bahasa Inggris makin pd menghadapi orang banyak di depan umum.

    BalasHapus
  2. Berlatih dengan mendengarkan musik dan film itu pernah saya lakukan waktu masih sekolah. Saat itu masih jamannya boyband Westlife. Nah dengerin lagu itu sedikit demi sedikit jadi tahu artinya dan cara pengucapannya hehehe

    BalasHapus
  3. Meningkatkan kemampuan conversation bahasa Inggris itu penting ya kak
    Makanya harus sering sering dilatih
    Mencari patner bicara bahasa Inggris salah satunya

    BalasHapus
  4. Lagu dan film jadi sumber pelatihan saya kak kalau belajar bahasa asing soalnya memang harus latihan pendengaran akan kosa kata.Sampai kadanglafalnya susah ditiru ya kadang harus diulang-ulang

    BalasHapus
  5. pas banget, saya lagi pengen banget belajar english conversation untuk mempermudah komunikasi ketika bekerja di company multinasional yang banyak bule nya... bismillah... makasih mba tipsnya

    BalasHapus
  6. Biasanya sih aku latihan belajar ngomong bahasa Inggris lewat film dan musik. Itu udah cara paling jitu buatku, karena gak punya partner buat latihan ngomong bahasa inggris

    BalasHapus
  7. Nah..poin-poin yg disampaikan tuh persis sama seperti yg pernah aku dapatkan cara berlatih bahasa inggris agar lebih fasih. Apalagi di tambah kursus/pelatihan bisa jadi semakin terampil

    BalasHapus
  8. Lewat musik dan film jadi jalan asik juga buat melatih conversation, sehingga makin banyak lagi kosakata yang didapatkan.
    Apalagi kalau lagunya yang serius hehe

    BalasHapus
  9. setuju banget sama tips-tips diatas, kalau belajar bahasa asing memang harus latihan dan dipraktikan terus yaa

    BalasHapus
  10. English first ini bimbingan belajar bahasa Inggris yang terpercaya ya. Sejak dulu sampai sekarang masih eksis

    BalasHapus
  11. Aku merasakan dampak teman untuk mengobrol pake bahasa inggris itu penting.. Sehingga kadang ingin mengikuti les kursus itu biar lebih semangat karena biar ada temannya, hehe

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro