Mahasiswa Wajib Baca! 5 Cara Pakai Mobile Banking untuk Atur Keuangan

Yuni Bint Saniro - Ketika sudah menjadi seorang mahasiswa, kita harus dapat berpikir dengan dewasa. Lebih-lebih bila harus kos dan jauh dari orang tua. Sudah pasti mengatur keuangan menjadi sebuah hal yang wajib.

Mengatur keuangan bukan hanya harus dilakukan mereka yang sudah memiliki penghasilan, namun juga mereka yang masih berada di bangku kuliah juga harus ahli dalam mengatur keuangan. Salah satu cara agar bisa mengatur keuangan dengan mudah adalah menggunakan fasilitas mobile banking.


Cara Pakai Mobile Banking
Sumber: www.pexels.com/id-id/@adrienn-638530


Dengan menggunakan mBanking, semua transaksi bisa dilakukan dengan mudah, sehingga pengaturan keuangan bisa menjadi lebih menyenangkan.

Cara Menggunakan Mobile Banking untuk Atur Keuangan

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan bagi kita yang masih berada di bangku kuliah, seperti:

1. Rajin menabung

Salah satu langkah mengatur keuangan jika masih berstatus sebagai anak kuliah ialah disiplin menabung. Sesudah menerima uang saku, kita harus mengutamakan tabungan yang kita miliki.

Jika rutin menabung, kita dapat memulai investasi dari kuliah. Uang tabungan ini bisa berguna untuk masa depan, contohnya saja untuk dana darurat ketika sedang terdesak atau membeli printer sehingga kita bisa mencetak tugas kuliah dan skripsi tanpa harus pergi ke percetakan.

Setelah menerima uang saku, dengan menggunakan mobile banking, kita bisa mentransferkannya di rekening yang lain. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga tujuan tabungan tercapai.

2. Buat rencana anggaran

Cara berikutnya adalah mengatur rencana anggaran pengeluaran. Kita harus mengatur rencana anggaran ini dengan baik agar nantinya pengeluaran tidak lebih besar dibanding dengan pemasukan.

Kita bisa mencatat, uang bulanan digunakan untuk apa saja. Kemudian transfer uang tersebut ke rekening yang lain dengan menggunakan mBanking.

3. Catat semua biaya pengeluaran

Bila sudah menggunakan uang dalam sebulan, kita harus mencatat pengeluaran tersebut. Kita dapat mengecek mutasi dari aplikasi mobile banking. Catat pengeluaran yang wajib dikeluarkan.

Contohnya saja seperti uang makan maupun uang sewa kos. Pastikan mencatatnya secara rinci sehingga pengeluaran yang terjadi di bulan depan menjadi semakin terkontrol.

4. Gunakan sumber pemasukan dengan baik

Usahakan tidak hanya mengharapkan uang saku dari orang tua. Kita juga dapat mencari sumber penghasilan yang lain. Contohnya seperti kerja paruh waktu, melakukan usaha online shop hingga freelance.

5. Bayar semua tagihan pembayaran tepat waktu

Dalam satu bulan, pasti ada berbagai macam tagihan pembayaran yang harus kita bayar bukan, mulai dari tagihan listrik, kos dan lainnya. Hindari menunda melakukan pembayaran tagihan.

Setelah menerima uang bulanan, kita bisa membayar menggunakan mobile banking sehingga semua tagihan bisa dibayar tepat waktu.


Atur Keuangan dengan Mobile Banking
Sumber: www.pexels.com/id-id/@freestocks


Pilihan Aplikasi Mobile Banking yang Praktis Digunakan

Saat ini cukup banyak aplikasi mBanking yang ditawarkan oleh pihak perbankan. Namun, pastikan memilih aplikasi yang bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan kita. Salah satu aplikasi mobile banking yang dapat dijadikan pilihan adalah PermataMobile X.

PermataMobile X merupakan sebuah aplikasi mobile banking yang dimiliki oleh PermataBank. PermataMobile X mempunyai ratusan fitur yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan perbankan nasabah serta memudahkan kita melakukan transaksi.

Kelebihan Aplikasi PermataMobile X

Ada berbagai kelebihan yang dimiliki PermataMobile X antara lain:

1. Praktis

Dengan menggunakan PermataMobile X, kita bisa mengecek seluruh akun yang dimiliki hanya dari satu layar. Kita dapat melakukan pembukaan rekening, pengecekan mutasi hingga melakukan pembayaran kartu kredit.

2. Cek mutasi bisa dilakukan dengan mudah

Kita bisa mengecek mutasi transaksi untuk seluruh jenis akun hingga 12 bulan terakhir.

3. Memiliki ratusan fitur

PermataMobile X memiliki ratusan fitur untuk mempermudah segala urusan perbankan kamu.

Hal yang Dapat Kamu Lakukan dengan PermataMobile X

Dengan mobile banking PermataMobile X, berikut berbagai hal yang dapat kita lakukan, seperti:

  1. Mengecek mutasi sampai 12 bulan terakhir.
  2. Melakukan pembayaran tagihan mulai dari telepon, internet, listrik dan yang lainnya.
  3. Kita bisa melakukan pengisian ulang pulsa, token listrik sampai voucher game.
  4. Membuat kartu kredit, rekening tabungan hingga melakukan pengajuan KTA. Seluruh proses kita lakukan secara online sehingga tidak perlu ke kantor cabang.
  5. Melakukan transaksi pembelian, penjualan hingga switching reksadana dalam satu aplikasi.
  6. Kita bisa melakukan pembayaran di merchant dengan menggunakan fitur QR Pay, sehingga kita hanya perlu melakukan pembayaran dengan menggunakan scan barcode pembayaran. Langkah ini praktis dan tidak perlu mengisi e-wallet.
  7. Melakukan tarik tunai di gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash. Kita bisa masuk di menu lainnya, kemudian di menu Mobile Cash pilih Indomaret. Masukkan nomor handphone yang kita gunakan. Nantinya kita akan menerima token. Berikan token tersebut pada kasir dan tarik tunai dapat dilakukan.
  8. Mengirim WhatsApp Gift. WhatsApp Gift merupakan fitur transfer dana yang disertai dengan kartu ucapan di nomor WhatsApp. Di sini ada berbagai macam pilihan kartu ucapan yang menarik, sehingga kita tidak perlu mengetahui nomor rekening penerima, cukup menggunakan nomor WhatsApp.
  9. Kita bisa mengajukan kenaikan limit kartu kredit sementara

Cara Daftar Mobile Banking PermataMobile X

Untuk mendaftar aplikasi PermataMobile X, berikut langkah yang bisa kita ikuti, antara lain:

  1. Download aplikasi PermataMobile X di App Store untuk pengguna Apple atau di Google Play untuk HP Android.
  2. Buka aplikasi dan pilih mulai.
  3. Bila kita sudah mempunyai rekening PermataBank, pilih ya saat mendapat pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”
  4. Bila kita tidak memiliki, kita bisa menjawab tidak. Nantinya kita akan diarahkan ke PermataStore untuk membuka rekening dahulu.
  5. Pilih tidak, ketika terdapat pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?”
  6. Kita bisa memilih, apakah ingin mendaftar menggunakan kartu kredit atau nomor rekening.
  7. Ikuti petunjuk pendaftaran mobile banking hingga selesai.

Berbagai kemudahan memang ditawarkan oleh PermataMobile X dan sayang untuk dilewatkan. Lebih-lebih dengan menggunakan mobile banking ini, semua transaksi kita bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, install aplikasi PermataMobile X sekarang juga.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post