5 Langkah Mudah Membuat Identitas Digital di Privy

Saat ini, eranya sudah berubah. Apapun bisa terkait dengan teknologi. Mulai dari urusan hiburan hingga pekerjaan. Bahkan dalam hal instrumen untuk mengenalkan diri. Kita bisa membuat identitas digital di Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE).

Masih segar dalam ingatan. Beberapa waktu lalu, salah satu platform investasi mengajakku bekerja sama. Mereka mengirimkan dokumen persetujuan untuk kupelajari dan tandatangani.

Hal yang menarik adalah kita tidak perlu mencetak dokumen perjanjiannya untuk membubuhkan tanda tangan fisik. Lalu scan dokumen bertanda tangan tersebut untuk mengirimkannya kepada klien.

Kita bisa mengambil jalan pintas dengan menandatanganinya secara digital. Tentu atas rekomendasi dari klien.

Oleh karena itu, kita perlu membuat data diri secara digital. Memang apa itu identitas digital?

Pengertian Identitas Digital

Pengertian Identitas Digital

Sebenarnya, ada banyak versi mengenai pengertian identitas digital. Kalau kita simpulkan, identitas digital adalah kumpulan atribut unik yang menggambarkan suatu entitas, baik itu individu, organisasi, objek, sistem, atau kelompok, di dalam lingkup informasi dan teknologi komunikasi.

Atribut-atribut ini memungkinkan entitas tersebut untuk dibedakan dan dikenali dalam berbagai konteks serta menentukan jenis transaksi yang dapat diikuti oleh entitas tersebut.

Secara sederhananya, identitas digital adalah dokumen identitas seseorang dan kualifikasinya dalam versi digital untuk mengakses layanan online. Kita bisa menggunakannya secara personal maupun kebutuhan bisnis.

Katakan saja, saat kita sedang menjalin kerja sama dengan klien. Kita tidak lagi harus mencetak dokumen asli untuk mereview dan menandatanganinya. Ada yang namanya tanda tangan digital sebagai dimensi identitas diri.

Meski begitu, tidak semua pihak bisa menerbitkan atau membuat identitas kita secara online ya. Lantas di mana dan bagaimana cara kita membuat identitas digital?

Mengenal Privy

Privy adalah platform atau Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang sudah terverifikasi dan dapat mengeluarkan sertifikat digital seseorang. Saat membuatnya, kita harus melalui serangkaian proses untuk validasi data.

Validasi data bisa kita lakukan dengan cara memeriksa kesamaan data KTP dan liveness. Hal ini untuk membuktikan apakah seseorang adalah makhluk hidup. Privy identitas digital akan terbit setelah validasi berhasil.

Sementara itu, saat melakukan transaksi menggunakan data diri online, kita perlu melakukan autentikasi dengan identitasnya. Di mana Privy akan mengirimkan kode OTP lewat SMS ke nomor handphone yang terdaftar sampai proses biometrik sidik jari dan pengenalan wajah.

Proses validasi dan autentikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa transaksi sudah terjadi oleh seseorang yang berwenang atas identitas online tersebut. Lantas, apa saja layanan identitas digital yang tersedia di Privy?

Layanan Identitas Digital di Privy

1. Tanda Tangan Digital Tersertifikasi

Layanan Identitas Digital di Privy

Saat ini, rasanya sudah tidak asing bila kita melakukan kerja sama atau menyetujui dokumen perjanjian secara online. Seperti apa yang pernah kualami dengan salah satu platform investasi yang kuceritakan di awal.

Oleh karena itu, kita bisa membubuhkan tanda tangan elektronik pada dokumen dari mana saja dengan aplikasi mobile dan web Privy. Bahkan bila dokumen tersebut membutuhkan materai. Mereka juga menyediakan layanan e-materai.

2. Kelola Dokumen secara Digital

Kita bisa mengunggah, mengelola dan mengirim dokumen penting secara elektronik dengan lebih simple hanya dalam satu platform.

3. Verifikasi Identitas Pengguna

Bila sudah memiliki identitas elektronik, kita bisa mempercepat proses verifikasi identitas pengguna. Misalnya, saat ingin membuka rekening atau kartu kredit.

4. Membantu Proses Onboarding

Layanan berikutnya adalah mempercepat proses onboarding dengan login menggunakan Privy.

Maksudnya, kita bisa mengakses merchant favorit dan membagikan data melalui Privy dengan aman.

Pertanyaan yang paling penting adalah bagaimana cara membuat identitas digital di Privy?

Langkah Mudah Membuat Identitas Digital di Privy

1. Kunjungi Website Official atau Download Aplikasi Privy

Cara Membuat Identitas Digital di Privy

Kita bisa membuat identitas elektrik dengan menggunakan aplikasi Privy atau mengunjungi website officialnya.

Baca dan setujui syarat dan ketentuan pengguna dengan mencentang kotak yang tersedia.

2. Buat Akun

Masukkan nama lengkap, nomor telepon dan email lalu konfirmasi dengan klik konfirmasi.

Privy akan mengirimkan kode OTP melalui email dan nomor telepon yang terdaftar. Masukkan kode tersebut untuk proses verifikasi.

3. Siapkan Data Kependudukan

Pilih kewarganegaraan dan siapkan KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI) atau Paspor untuk Warga Negara Asing (WNA).

Foto KTP atau Paspor dan cek kembali data hasil OCR. Bila sudah benar maka kita bisa mengonfirmasinya dengan mencentang semua kotak yang tersedia.

4. Verifikasi Data

Lakukan liveness detection dengan mengambil foto selfie. Lalu klik lanjutkan untuk melanjutkan prosesnya.

Privy akan memverifikasi dengan mencocokkan data yang sudah kita rekam dengan data yang ada di Dukcapil.

Kita tunggu sampai proses verifikasinya selesai.

5. Atur Kata Sandi

Setelah proses verifikasi berhasil, maka Privy akan menerbitkan ID untuk kita. Selanjutnya, kita perlu mengatur kata sandi untuk login.

Bagaimana? Bukankah langkah membuat identitas digital di Privy itu mudah? Apakah Teman-teman ingin membuat identitas elektrik di Privy? Coba cek informasi lebih detail mengenai cara membuat identitas elektronik di Privy melalui video berikut ini:

Kesimpulan

Sekarang ini menandatangani dokumen elektrik atau melakukan transaksi online menjadi lebih mudah. Kita tidak lagi harus mencetak dokumen untuk persetujuan fisik. Tapi, kita bisa membubuhkan tanda tangan elektronik tersertifikasi.

Dalam prosesnya, kita membutuhkan data diri yang bisa terakses secara online. Kita bisa melakukan 5 langkah mudah membuat identitas digital di Privy.

Apa kalian membutuhkan identitas atau tanda tangan untuk dokumen elektrik? Yuk kunjungi website official atau download aplikasi mobile Privy!

Nikmati tanda tangan digital dan identitas digital yang mudah, aman, dan diterima di mana saja dari Privy. Dapat digunakan untuk kebutuhan Personal dan Bisnis.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

30 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Praktis dan mudah yaa bikin identitas digital lewat privy, sayangnya otp dikirim lewat sms. Padahal zaman sekarang udah jarang banget pakai sms, dan kalau saya gak pernah ada pulsa buat sms

    BalasHapus
  2. Udah beberapa kali pakai Privy buat bikin perjanjian. Lebih praktis dan aman. Nggak pusing lagi kalo mau bikin perjanjian kontrak kerja.

    BalasHapus
  3. Setelah ada Privy kita jadi terbantu banyak ya
    Mulai soal tanda tangan, elektronik dokumen, dan masih banyak lagi
    Yg jelas jadi hemat kertas ya kalau secara digital begini

    BalasHapus
  4. Sekarang belum perlu sih, tapi kalau sewaktu-waktu perlu pasti Privy yang jadi pilihan karena aman dan terpercaya.

    BalasHapus
  5. Makin ke sini jadi sering membutuhkan data identitas yang terkadang tidak mengenal waktu dan tempat. Dengan adanya platform pengelola identitas digital begini, urusan menjadi lebih mudah.

    BalasHapus
  6. kemudahan dan serba praktis di era digital gini bangeeet ditawarkan privy. emang bisa jadi solusi jitu, biar enggak ribet lagi membuat identitas digital

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah semakin dimudahkan membuat identitas digital di Privy ya. Cukup dengan 5 langkah saja. Kalau sudah ada identitas digital, jadi lebih memudahkan urus ini itu. Kalau ketinggalan KTP di rumah, sudah tenang. Tinggal tunjukkan identitas digital.

    BalasHapus
  8. Mudaj ya kalau mengikuti langkah di atas untuk membuat identitas digital pakai Privy. Bisa buat tanda tangan digital juga ya kalau ngga salah pakai Privy

    BalasHapus
  9. Aku akui Privy ini bagus banget kak, soalnya kita juga kan sudah terintegrasi dengan teknologi digital ya. cuma ya itu, tantangannya pada keamanan yang kudu dipertinggi, apalagi ini menyengkut data diri orang ya

    BalasHapus
  10. Iya juga ya, proses verifikasi jadinya lebih mudah. Gak yang masih manual mwmakan waktu lama. Keren teknologi digitalisasi masa kini dengan pemanfataannya untuk kemudahan mnausia

    BalasHapus
  11. Iya juga ya, proses verifikasi jadinya lebih mudah. Gak yang masih manual mwmakan waktu lama. Keren teknologi digitalisasi masa kini dengan pemanfataannya untuk kemudahan mnausia

    BalasHapus
  12. Membuat identitas digital di Privy ternyata mudah ya mbak
    Ini sangat membantu di era digitalisasi seperti saat ini

    BalasHapus
  13. Tandan tangan digital ini sangat dibutuhkan ya apalagi bagi para pegiat dunia digital.. bagus sekali nih solusi dari privy! :)

    BalasHapus
  14. Sangat tertarik juga untuk membuat akun di privy, apalagi klo data akan dicocokan dengan data di dukcapil, pasti akan memudahkan dalam proses urus mengurus dokumen.

    BalasHapus
  15. Wah, Privy tuh bener-bener ngasih solusi banget buat jaga-jaga keamanan data online kita ya! Dengan proses validasi dan autentikasi yang serius kayak gini, rasanya makin aman aja buat bertransaksi atau pun bikin identitas digital. Gak sabar buat cobain layanannya, pasti nyaman banget deh! 🔒📱

    BalasHapus
  16. Sekarang semua serba praktis ya. Tanda tangan aja udah pakai tanda tangan digital. Gak perlu print lagi. Bisa online. Keren

    BalasHapus
  17. Bersyukur banget di masa sekarang ada aplikasi seperti Privy ini yang memudahkan banget ketika perlu memiliki identitas digital dan pembuatan tanda tangan digital

    BalasHapus
  18. Layanan untuk buat identitas digital di Privy komplit ya, mudah juga diakses. Jadi no ribet² club kalo mau tanda tangan.

    BalasHapus
  19. Semoga semua data aman tersimpan. Tidak ada kebocoran. Masih ngeri-ngeri sedap kalau semua data diberikan 🤭

    BalasHapus
  20. Di era digital ini, memiliki identitas digital yang aman dan terpercaya menjadi semakin penting. Identitas digital memungkinkan kita untuk mengakses berbagai layanan online dengan mudah dan aman, tanpa perlu membawa dokumen fisik. Salah satu platform yang menyediakan layanan pembuatan identitas digital terpercaya di Indonesia adalah Privy.

    BalasHapus
  21. senangnya makin canggih teknologi jadi makin mempermudah kita ya.. apalagi semua datanya dijamin keamanannya

    BalasHapus
  22. Waahhh beneran semudah itu yaahhh buat identitas digital di privy ini, kalau dipikir-pikir manfaat pakai platform ini menarik juga nih

    BalasHapus
  23. Privy ini memudahkan banget. aku pertama kali tau privy waktu ttd kontrak kerja secara digital yang mengharuskan pakai Privy juga, makin tau kalau sekarang bisa lebih efisien juga ya ada Privy

    BalasHapus
  24. semuanya jadi lebih mudah dengan kehadiran privy ini yaa..apalagi privy sudah terdaftar di OJK dan membuat penggunanya jadi merasa aman

    BalasHapus
  25. Mudah banget ternyata ya buat identitas digital dan tanda tangan digital. Untungnya ada Privy, aku bakal nyoba juga nih

    BalasHapus
  26. ternyata langkah membuat identitas digital di Privy relatif mudah ya, bisa banget dilakukan sama emak-emak gabtek kayak diriku ini...hehee...

    BalasHapus
  27. Sebenarnya ada kekhawatiran kalau membuat identitas secara digital. Bagaimana tingkat keamanannya? Tapi karena Privy sudah terjamin dengan sistem keamanan berstandar internasional ISO 27001, diakui oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMENKOMINFO), Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan, jadi aman banget.

    BalasHapus
  28. Tanda tangan digital tersertifikasi penting banget sih, soalnya beberapa kali aku diminta untuk menandatangani dokumen elektrik..

    BalasHapus
  29. Unik ternyata ya kak proses untuk validasi data itu. Soalnya caranya dilakukan dengan memeriksa kesamaan data di KTP dan liveness.

    BalasHapus
  30. Semakin praktis saja ya, berkat teknologi ini tanda-tangan digital jadi lebih mudah. Urusan pun bisa selesai lebih cepat

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro