Pahami Cara Kerja Remittance Agar Tak Terjebak Biaya Transfer yang Tinggi

Mengirim uang ke luar negeri nggak selalu dengan biaya administrasi yang tinggi. Sebagai pengguna, kita perlu memahami bagaimana cara kerjanya baik-baik. Agar bisa transfer uang kemanapun dengan nyaman.

Terlebih lagi jika kita punya anggota keluarga yang tinggal di luar negeri. Maka penggunaan Remittance akan sangat membantu dalam transaksi.

Meskipun memiliki manfaat yang luar bisa, ternyata banyak kalangan yang masih awam terkait istilah Remittance dan belum tahu bagaimana cara menggunakannya. Untuk mengetahui informasi lebih dalam tentang Remittance, silakan simak informasi lengkap di bawah ini.

Pengertian dan Cara Kerja Remittance untuk Transfer Uang

Pengertian Remittance

Kata Remittance sering digunakan dalam dunia perbankan dan umumnya digunakan nasabah untuk keperluan transfer uang ke luar negeri agar mudah dan nggak mengeluarkan biaya tinggi. Sehingga, transaksi Remittance adalah layanan pengiriman uang dalam bentuk valuta asing baik ke luar negeri ataupun sebaliknya.

Komponen dalam Remittance

Saat hendak mengirim uang ke luar negeri pastinya akan ada banyak komponen yang terlibat. Pihak pertama adalah Beneficiary atau penerima uang yang dikirim sesuai dengan informasi tertera dalam formulir pengiriman uang.

Lalu ada Beneficiary Bank sebagai pihak kedua yang merupakan bank tujuan yang ditunjuk oleh pengirim dalam menerima dana dari formulir pengiriman. Nantinya tugas pihak kedua ini akan meneruskan dana ke beneficiary sebagai pihak penerima.

Komponen ketiga yaitu Remitting Bank sebagai penyedia layanan Remittance untuk transfer yang ke bank lain yang ada di luar negeri sesuai dengan instruksi dari pengirim.

Sedangkan pihak keempat adalah Correspondent Bank, yaitu pihak penghubung antara bank asal Remittance ke bank yang menjadi tujuan di luar negeri.

Bacaan Menarik Lainnya:

Cara Kerja Remittance

Meskipun terdapat 4 komponen, ternyata cara kerja Remittance cukup mudah asalkan kita mengetahuinya secara sistematis. Pasalnya transfer uang ke luar negeri hampir sama dengan transfer ke bank pada umumnya lho.

  1. Kita bisa langsung datang ke bank untuk mengirim sejumlah uang ke luar negeri baik itu sebagai nasabah maupun non nasabah.
  2. Kemudian pihak bank akan memberikan formulir untuk kita isi dengan lengkap. Pastikan kita mengisi nominal, identitas pengirim dan penerima, serta rekening bank tujuan dengan benar ya. 
  3. Selanjutnya, jika formulir telah kita isi maka bank akan memproses permintaan Remittance tersebut.
  4. Apabila kita adalah nasabah, maka uang akan terdebet dari rekening valas yang kita miliki. sedangkan jika bukan nasabah, biasanya uang yang akan kita kirim dikonversi terlebih dulu ke mata uang asing sesuai dengan rate pada saat pengiriman.

Nantinya bank akan memproses permintaan transfer uang ke luar negeri melalui bank koresponden sebagai penghubung yang bekerja sama dengan bank penerima di dalam negeri.

Pada akhirnya, bank penerima akan menerima dana tersebut dan kemudian akan diteruskan kepada pihak penerima.

Manfaat Menggunakan Remittance

Setelah mengenal pengertian dan cara kerja Remittance, kita dapat menyimpulkan bahwa layanan transfer uang yang satu ini sangat membantu pengguna yang ingin bertransaksi kemanapun.

Nggak hanya itu saja, Remittance juga menyuguhkan sejumlah manfaat lain sebagai berikut:

  • Membantu memudahkan pekerja Indonesia yang ingin merintis karir di luar negeri.
  • Membantu masyarakat yang ingin mengirimkan uang ke luar negeri secara rutin.
  • Proses transaksi semakin mudah karena dapat kita lakukan melalui web.
  • Memudahkan masyarakat daerah terpencil yang belum tersentuh layanan perbankan untuk melakukan transaksi kemanapun.
  • Menunjang perekonomian domestic maupun untuk negara tujuan.

Remittance memberikan kemudahan bagi nasabah yang sering mengirim uang ke luar negeri. Dan kini kita bisa menggunakan layanan dari digibank by DBS yang menyediakan berbagai benefit untuk pengguna yang ingin menggunakan layanan Remittance.

Bacaan Menarik Lainnya:

Transfer Valas Mudah Dengan digibank by DBS


Cara Kerja Remittance


Karena disini kita ingin transfer uang ke luar negeri, pastinya kita membutuhkan layanan terpercaya dan aman. digibank by DBS menjadi produk tepat yang dapat kita gunakan dalam prosesnya.

Namun kenapa harus menggunakan digibank by DBS? Berikut ini merupakan sejumlah kemudahan yang akan kita rasakan saat transfer valas bersama digibank by DBS.

1. Akses 24/7

Tanpa harus transaksi ke bank langsung, kita sudah bisa merasakan layanan Remittance dari Aplikasi digibank by DBS. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses Remittance 24/7 sepuasnya.

2. Gratis Biaya Transfer

digibank by DBS juga menyuguhkan gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara yang ada di dunia dengan dilengkapi oleh 7 mata uang asing seperti SGD, USD, AUD, EUR, HKD, CAD, dan GBP.

3. FX Rate Terkini dan Kompetitif

Transaksi Remittance adalah layanan yang bergantung pada FX rate, jika kita menggunakan layanan transfer valas dari digibank by DBS terjamin menggunakan FX rate terkini dengan nilai tukar kompetitif.

Kita pun nggak akan kena biaya tambahan lain atau hidden fee. Semuanya akan tertera di Aplikasi digibank by DBS.

4. Sampai Pada Hari yang Sama

Yang menarik dari digibank by DBS adalah prosesnya yang cepat. Uang kita akan sampai ke penerima di hari yang sama sehingga transaksi akan berhasil sebelum batas waktu yang sudah ditentukan.

Kini bertransaksi ke luar negeri nggak harus khawatir lagi akan biaya dan kendala, cukup gunakan layanan Remittance dari digibank by DBS saja dan kita sudah bisa transfer uang sepuasnya dengan mudah dan tentunya efisien dari segi keamanannya.

Untuk Teman-teman yang sering melakukan transaksi ke luar negeri baik itu untuk bisnis maupun kebutuhan personal. Mari segera gunakan Aplikasi digibank by DBS guna merasakan layanan Remittance yang memuaskan. Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro