Tips Cerdas Mengendarai Mobil Agar Selalu Aman

Keamanan dalam mengendarai mobil nggak bisa kita tawar-tawar lagi. Maka itu hindari hal-hal yang bisa mengancam keselamatan dan keamanan para penumpang ya.

Tentunya keamanan menjadi tanggung jawab dari pengemudi lho. Sehingga pengemudi bukan hanya harus memberikan rasa nyaman bagi penumpang. Tapi yang paling penting adalah rasa aman.

Selain itu, pengemudi juga nggak boleh mengambil risiko yang bisa membahayakan semua orang. Jadi harus selalu mengikuti standar keamanan yang ada dalam berkendara.

Bacaan Menarik Lainnya:

Tips Mengendarai Mobil


Tips Aman Mengendarai Mobil


Aku punya informasi yang bagus untuk menambah pengetahuan kita dalam mengendarai mobil nih. Berikut ini ada beberapa tips cerdas dalam mengendari mobil agar pengemudi serta penumpang selalu merasa aman.

1. Selalu Waspada dan Fokus Konsentrasi

Dalam mengemudi, tentunya kita harus selalu waspada serta fokus dalam berkonsentrasi. Makanya, kita perlu mengabaikan hal-hal yang bisa membuat konsentrasi jadi berkurang ya, Gaes.

Salah satu hal yang bisa membuat konsentrasi terganggu adalah bermain smartphone atau menelepon orang lain.

Jika ingin mengecek pesan yang masuk atau ingin menelepon orang lain, maka ada baiknya berhenti dulu ya. Setelah semuanya selesai maka kita bisa lanjut berkendara lagi.

Selain itu, perhatikan juga speedometer. Apalagi ketika sudah melewati batas kecepatan normal karena hal ini bisa amat membahayakan.

Dan yang paling penting adalah jangan coba untuk mengabaikan rambu lalu lintas lho. Jika merasa lelah ada baiknya kita beristirahat dulu sebelum melanjutkan perjalanan.

2. Fokus pada Sekitar Kendaraan

Selain fokus pada kendaraan sendiri, ada baiknya pengemudi juga fokus pada keadaan sekitar. Apalagi di jalan umum yang pasti ada banyak kendaraan lain.

Pengemudi harus bisa terus menjaga jarak dengan mobil yang ada di depan ataupun yang ada di belakang. Hal ini untuk mengantisipasi saat terjadi hal yang nggak terduga. Mobil bisa kita kendalikan sebelum menabrak kendaraan yang lain.

Kemudian ketika hujan, sesuaikan kecepatannya ya. Karena proses pengeraman saat hujan tentunya bisa lebih lama. Pengemudi juga harus lebih hati-hati ketika melewati jalan-jalan dengan ukuran sempit dan juga jalan yang dilalui banyak orang.

Bacaan Menarik Lainnya:

3. Lebih Waspada Ketika Berkendara Malam Hari

Tentunya setiap orang menyadari bahwa berkendara di siang atau malam hari akan mengalami situasi yang berbeda. Benar nggak?

Jika kita memang harus berkendara di malam hari, maka kita sebagai pengemudi harus lebih waspada. Mengapa?

Umumnya, reaksi pengemudi bisa lebih lambat dibandingkan siang hari. Ini karena situasi dan kondisi yang agak gelap dan pengelihatan pun agak kurang jelas.

Hal yang mesti kita lakukan sebagai pengemudi yaitu memastikan lampu depan sudah ideal dan sejajar sesuai jarak pandang serta lebih menjaga jarak dengan kendaraan lain.

4. Menjadi Pelindung untuk Semua

Pengemudi tentu harus mempunyai tanggung jawab penuh terhadap keamanan sekaligus kenyamanan para penumpang. Sehingga pengemudi harus bisa menjadi pelindung untuk semua.

Dengan merasa bertanggung jawab terhadap keamanan, maka pengemudi akan berkendara sesuai aturan dan nggak pernah mengambil risiko yang membahayakan.

Jika kita merasa kendaraan yang kita miliki sudah nggak lagi memberikan rasa aman karena banyak komponen yang sudah usang. Ada baiknya kita mengganti mobil. Nggak papa deh sekalipun kita beli mobil bekas. Apalagi kalau kita cuma budget yang terbatas.

Salah satu tempat memperoleh mobil bekas tapi kualitasnya terjaga adalah di IBID. Salah satu balai lelang otomotif terbaik termasuk melelang mobil berbagai jenis dengan harga terbilang murah. Langsung saja cari informasi tentang IBID sekarang juga ya.

Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro