Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Cara Mendapat Penghasilan dari Internet di Tengah Pandemi

4 Cara Mudah Mendapat Penghasilan dari Internet di Tengah Pandemi - Dulu aku berpikir bahwa sumber rejeki berasal dari mata pencaharian. Maka, setelah lulus kuliah, aku berusaha mencari pekerjaan sesuai dengan bidang study yang aku tempuh. Pertanian.

Saat itu, aku nggak mau bekerja di bidang yang lain. Meski banyak temanku mengajak untuk melamar sebagai customer service sebuah bank swasta. Aku menolaknya.

Sebenarnya bukan semata karena aku memang ingin bekerja di dunia pertanian atau perkebunan. Tetapi, karena aku merasa nggak percaya diri. Merasa nggak cantik untuk menjadi seorang petugas frontliner sebuah bank.

Tahu sendiri 'kan pegawai bank tu yang diutamakan adalah penampilan. Dan aku adalah gadis tomboy dulu. Nggak mengerti urusan make up dan sebagainya. Meski sekarang juga masih begitu. Tapi lumayanlah. Aku sudah bisa membedakan apa itu eye shadow dan eye liner. Hehehe...

Pada akhirnya, aku mendapatkan pekerjaan di sebuah perkebunan kelapa sawit. Meski aku harus merantau saat itu. Posisinya sebagai asisten pembibitan yang bertanggung jawab penuh pada cikal-bakal tanaman penghasil Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit. Dan itu nggak mengharuskan aku berdandan.

Baca juga Pengalaman Merantau

Ancaman Kehilangan Pekerjaan di Tengah Pandemi

Kita mengetahui bersama bahwa awal tahun 2020 adalah waktu yang bisa dikatakan buruk. Kita mengalami musibah nasional bahkan tingkat dunia. Yupz, pandemi virus corona.

Pada awalnya, banyak pihak mengharuskan kita berdiam diri di rumah. Pun dengan perusahaan dan sekolah. Semua bidang mengubah kebiasaan dengan melakukan aktifitasnya di rumah saja. work from home (WFH) dan school from home (SFH).

Siapa yang mengira bahwa bidang perkebunan juga terkena dampak dari corona virus?

Padahal kalau kita mau memikirkan bahwa para pekerja perkebunan nggak bekerja secara berkelompok. Mereka menghadapi tanaman bukannya berinteraksi dengan orang-orang. Jadi, kecil kemungkinan menjadi carrier.

Tapi, begitulah. Perusahaan tempatku bekerja melakukan perampingan. Dan aku termasuk salah satu staff yang terkena dampak pandemi.

Maka resmi sudah aku menjadi seorang pengangguran. Tanpa penghasilan.


Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet di Tengah Pandemi


Kegalauan Hati Seorang Pengangguran

Apa yang akan kita lakukan di saat menjadi pengangguran? Rebahan sepanjang hari. Main game. Atau keluyuran nggak jelas.

Semua aktifitas itu nggak bisa menghasilkan uang. Hanya ada kegiatan mengeluarkan biaya sepanjang hari.

Yupz. Kita tetap membutuhkan makanan. Sebagai cewek, kita tetap menggunakan skincare dan lain sebagainya. Dan untuk menghibur diri, kita juga membutuhkan liburan. Mengunjungi tempat baru, lokasi wisata atau sekedar mencuci mata di mall.

Duh, kalian merasakan kegundahan hatiku nggak sih? Benar-benar nggak ada apa-apanya ketimbang ditanya kapan nikah? Hehehe...

Baca juga Jodoh itu Seperti Apa?

Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Internet

Kemudian aku mulai memikirkan sesuatu. Aku nggak bisa hanya berdiam diri saja. Meski menjadi pengangguran di tengah pandemi bukan berarti aku nggak bisa mendapatkan penghasilan dong.

Apa yang bisa aku lakukan?

Ada handphone (hp) di tangan. Aku juga mendapatkan subsidi paket data dari kedua orang tua. Meski malu juga ya. Sudah gedhe masa masih disubsidi orang tua. Tapi biarlah.

Lalu aku mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari hp?

Bukan hal mustahil 'kan untuk saat ini. Kita sudah hidup di jaman kemajuan teknologi. Banyak pekerjaan bisa dilakukan di rumah. Kita bisa melihat dari banyaknya perusahaan yang melakukan WFH.

Jadi, main main apa yang bisa dapat uang? Main internet dapat uang dong. Hehehe

Kita bisa memilih satu dari keempat cara mudah menghasilkan uang dari internet berikut ini:

1. Berjualan Online

Pertama berjualan online. Bahkan sebelum pandemi, kita sudah nggak asing dengan kegiatan berjualan online. Kita bisa menjual barang apa pun di internet. Kebutuhan sandang, pangan bahkan papan.

Kegiatan ini nggak mengharuskan kita untuk menyetok barang dagangan. Kita bisa menjadi dropshipper atau reseller yang menjualkan produk orang lain. Lalu, pembeli akan membeli barang tersebut melalui kita. Yah, kita bisa mengatakan bahwa kita nggak membutuhkan modal untuk berjualan online. Hanya modal kuota dan akun bank untuk transaksi jual-belinya.

Baca juga Cara Transfer Antar Bank Tanpa Biaya Admin

Kita hanya perlu mempromosikan barang yang ingin dijual secara rutin. Dan menggunakan berbagai media sosial atau market place yang ada.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Berjualan Online

Tapi eh tapi. Kita perlu memperhatikan beberapa hal selama berjualan online. Apalagi jika menggunakan media sosial.

Media Sosial Bukannya Tempat Berjualan

Kita tentu mengetahui bahwa seseorang memiliki media sosial untuk saling berinteraksi dengan sesama. Menyambung tali silaturahim dan membagikan berbagai kenangan yang ada.

Meski ada beberapa orang yang sengaja membuat akun di media sosial untuk berjualan maka kita hanya perlu mengingat tujuan awalnya saja. Media sosial bukan tempat untuk berjualan.

Bahkan, Om Mark Zucherberk mulai membatasi postingan yang dinilai memiliki sisi jualan. Itu adalah salah satu tandanya.

Nggak Semua Orang Suka Ditawarkan Barang Dagangan

Niat hati mengundang pembeli dari media sosial. Apalah daya beberapa orang malah memblokir akun kita.

Memang sih nggak seberapa berarti. Toh masih ada ribuan akun yang mungkin menjadi calon pembeli kita. Tapi, bukankah kita perlu mengatur strategi agar sebisa mungkin nggak ada orang yang merasa terganggu dengan postingan jualan kita.

Yah, kita bisa menggunakan teknik berjualan tapi nggak kelihatan berjualan. Kayak covert selling begitu.

2. Streaming

Cara mendapatkan uang dari internet kedua adalah streaming. Ada beragam platfoarm yang bisa digunakan untuk hal ini. Mulai dari youtube, likee, facebook dan lain sebagainya.

Oh iya, bagi teman-teman yang menyukai game online. Sekarang bisa lho melakukan streaming dengan bermain game.

Katanya, penghasilan dari streaming ini lumayan banget lho. Mau coba? Hehehe...

3. Content Creator dan Blogging

Content creator ini mencakup hal yang lebih umum. Bukan hanya video yang tayang di platfoarm youtube tapi bisa juga karya tulis semacam artikel yang tayang di blog atau website.

Kalau para youtuber itu kita sudah mengetahui dengan pasti bagaimana mereka mengumpulkan pundi-pundinya. Sementara kalau content writer?

Oh jangan salah! Content writer juga bisa menghasilkan uang kok.

Sebut saja brand yang ingin mempromosikan produknya. Beberapa usaha yang menawarkan jasa juga bisa membuat sebuah artikel untuk tujuan mengenalkan usahanya. Dan mereka bisa menggunakan jasa content writer dan blogger.

Baca juga Ngeblog Ternyata Asyik

4. Gabung Program Afiliasi

Terakhir adalah program afiliasi. Ada yang mengetahui apa itu afiliasi?

Afiliasi merupakan cara mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sosialisasi secara terarah. Biasanya dilakukan oleh individu maupun organisasi dimana kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan sesuai yang telah disepakati.

Konon katanya banyak platfoarm sudah menjalankan program afiliasi. Bahkan market place kayak tokopedia, shopee dan penyedia hosting kayak sahabat hosting.

Penyedia Hosting Murah

Akhirnya - Selama menjadi pengangguran, aku nggak lagi memusingkan bagaimana aku mendapatkan penghasilan di tengah pandemi. Mengapa?

Karena aku sudah memutuskan menjadi seorang blogger pemula. Teman-teman nggak perlu membutuhkan banyak modal untuk menjadi blogger dan content writer.

Kita hanya membutuhkan domain bisa gratis melalui blogspot atau wordpress. Atau kalau menginginkan yang lebih profesional bisa menyewa hosting dari penyedia hosting murah seperti sahabat hosting.

Lalu, kita membeli domain untuk memublikasikan content yang telah kita tulis. Dan saat ini, aku sudah bisa merasakan bagaimana menghasilkan sesuatu dari internet meski hanya skala kecil. Namanya juga masih pemula. Iya 'kan?

Jadi, apa lagi yang teman-teman resahkan? Kita masih bisa berpenghasilan dari internet di tengah pandemi lho. Hehehe...

author cara mudah mendapat penghasilan dari Internet


Post a Comment

19 Comments

  1. Jualan online selama masa pandemi ini sangat membantu sekali loh. Tetangga saya sudah mencobanya saat suaminya tidak bekerja akibat pandemi beberapa bulan lalu

    ReplyDelete
  2. Benar-bernar harus asah otak mba di tengah pandemi gni yaa... kuat2an otak buat bertahan hidup :)

    ReplyDelete
  3. Perkembangan teknologi digital yang kian pesat memunculkan banyam peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan ya. Cara paling sederhana yaitu jualan online, bisa melalui medsos atau marketplace

    ReplyDelete
  4. memang klo mau belajar dan aktif mencari tahu, sebenarnya internet memberikan banyak peluang mencari pekerjaan ya mbak

    ReplyDelete
  5. Masih belum paham benar tentang program afiliasinya, penasaran pengen ikutan. Biar banyak pintu dalam menghasilkan cuan lewat internet hehe

    ReplyDelete
  6. Hosting murah jadi senjata blogger utk bs meraup keuntungan. Yg penting jgn lupakan tetap menulis ya dan ikut komunitas utk jalin pertemanan dan blogwalking.

    ReplyDelete
  7. Setuju banget..kemajuan teknologi memungkinkan semua orang mendapat rupiah meskipun dari rumah. Dengan memanfaatkan konektifivitas tanpa batas dari internet

    ReplyDelete
  8. Setuju, Kak. Media sosial hendaknya buat membangun branding, bukan sekadar jualan. Bisa-bisa tar kenal penalti dari Facebook. Kecuali kalau mau sengaja pakai Ads ya. Memang pas pandemi ini ujian banget buat penghasilan. Banyak orang kena PHK. Asyik juga itu afiliasi bareng Sahabat Hosting. Kapan lagi dapat duit cuma promosi paket orang kan?

    ReplyDelete
  9. Bersyukur banget ya sekarang internet ini bisa menjadi salah satu peluang juga. Saya cukup lama ngeblog, dan baru sadar setahun terakhir ini kalau ngeblog juga bisa menghasilkan uang.

    ReplyDelete
  10. Sangat bermanfaat artikelnya mba Yuni, terimakasih. Salam kenal ya dari Pontianak, nama saya Kiky:). Selepas kuliah saya juga ada rencana berjualan online, mudah2an saja bisa berhasil dan bisa buat orang di sekitar saya bahagia. Ingin mencoba juga yang program afiliasi, sepertinya menantang.

    ReplyDelete
  11. Beberapa sudah kulakukan kak, dan memang memberikan pemasukan yang lumayan walaupun ngga bisa konsisten. Masih mau mencoba yang lainnya lagi sih ini

    ReplyDelete
  12. Yang dilakukan kami berdua (aku dan suamiku) adalah ontent creator blog dan ikut affiliasi kak. Alhamdulillah bisa bertahan di masa pandemi seperti ini. Semoga rezeki terus mengalir ya buat kita semua.

    ReplyDelete
  13. Selama di rumah aja memang kt harus memanfaatkan Internet untuk bsa mendapatkan penghasilan walau dr rumah aja, sejauh ini aq baru dalam blog biar bsa mendulang cuan jg

    ReplyDelete
  14. Apabila mau mengulik, sebenarnya peluang untuk mendapatkan cuan dari internet itu terbuka lebar .. Hanya saja, memang harus dirawat dan dipepet terus agar peluang terus ada.

    ReplyDelete
  15. Siap mencoba tips yang diberikan, ya biar tetap Produktif di Tengah Pandemi ini

    ReplyDelete
  16. Maaf ya mbak. Aku out of topic nih. Soalnya pertama kali berkunjung ke bo9g nya mbak yuni, aku langsung jatuh cinta sama tampilannya.

    Warna ungu, gituloh. My favorite color ������

    ReplyDelete
  17. Untung pandemi terjadi di zaman internet ya, masih banyak peluang kerja meskipun tidak harus bertemu dengan orang orang secara langsung...

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah y mbk, ku sndiri mrasa bersyukur bgt sbg blogger, justru slma pandemi ini mh lbh byk job masuk,, makin cinta aku sama profesii iniii

    ReplyDelete
  19. Saya kasih satu tips lagi. Bikin Linkedn
    banyak lowongan freelance di sana dg spesifikasi pekerjaan seperti ngedit, atau mengecek tayangan iklan, review suara....

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.