4 Tips agar Rekening Bank Nggak Bisa Dibobol Maling

Yuni Bint Saniro - Angka pembobolan rekening bank di Indonesia tergolong tinggi. Cara yang digunakan oleh para pelaku pembobol pun tergolong cukup beragam. Umumnya kejadian ini terjadi untuk pengguna layanan seperti m-banking atau internet banking.

Di sisi lain, kemajuan teknologi seperti m-banking ini menawarkan kemudahan transaksi bagi para nasabah. Selain itu, rekening bank online juga menyediakan berbagai layanan perbankan yang bisa kita akses secara online.


Tips Rekening Bank Nggak Dibobol Maling
Sumber: pexels.com/id-id/foto/orang-tangan-smartphone-macbook-pro-4482900/


Modus Pembobolan Rekening Bank Saat Ini

Ada banyak modus yang harus kita waspadai terkait penipuan yang berujung pada pembobolan rekening bank online. Salah satu modus yang paling sering adalah penipu tersebut menelepon langsung nasabah atau korban.

Si penipu kemudian meminta password atau OTP (One Time Password) yang dikirim ke nomor handphone korban. Kemudian si penipu juga akan meminta korban untuk memberitahu PIN layanan m-banking. Setelah itu, password dan PIN tersebut akan digunakan oleh si penipu untuk mengakses aplikasi perbankan milik korban.

Begitu si penipu berhasil masuk ke layanan m-banking atau e-banking korban, selanjutnya mereka akan menarik saldo si korban dengan cara ditransfer ke nomor rekening lain. Selain itu, ada juga modus-modus dan juga motif penipuan lainnya yang harus kita waspadai lho.


Artikel Menarik Lainnya: Catatan Keuangan Harian


Tips agar Rekening Bank Nggak Mudah Dibobol

Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mengamankan kartu rekening atau rekening dari pembobol. Nah, berikut ini kami sudah merangkum apa saja tips-tipsnya agar kita bisa lebih berhati-hati saat melakukan aktivitas perbankan online.


Tips Rekening Bank Aman
Sumber: pexels.com/id-id/foto/pria-berjaket-hitam-memegang-smartphone-hitam-6353683/


#1 Lakukan Pembaruan Data secara Berkala

Jika kita sering membagikan PIN dan password ke saudara atau keluarga, sebaiknya kita perlu memperbarui data secara berkala. Ubah password dan PIN setelah kita memberitahu saudara, keluarga, atau teman yang pernah kita tunjuk untuk membukanya.

Selain itu, perbarui juga data-data alamat rumah, nomor telepon, kantor, dan lainnya untuk meningkatkan keamanan.

Jangan menganggap sepele hal yang satu ini. Karena data-data milik kita juga kerap dijadikan sebagai bahan untuk membobol rekening bank yang kita miliki. Terlebih jika kita suka menggunakan aplikasi seperti m-banking maupun e-wallet/e-money.


Artikel Menarik Lainnya : Tips Modifikasi Mobil


#2 Mengubah PIN secara Berkala dan Memilih Pin yang Tepat

Kebanyakan orang memilih PIN sesuai dengan tanggal kelahirannya. Hal ini sebenarnya nggak boleh dilakukan karena PIN adalah ‘kunci’ untuk melakukan approve saat melakukan transaksi. Contohnya saat mentransfer uang, membayar iuran bulanan melalui aplikasi dan lainnya. Semua itu membutuhkan PIN.

Artinya PIN lebih penting dibandingkan dengan password. Karena password biasanya hanya digunakan untuk mengakses layanan aplikasi mobile banking saja. Maka dari itu, buatlah PIN yang sulit ditebak oleh orang lain.

Selain itu, kita juga bisa mengubah PIN secara berkala. Buatlah PIN dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Hindari penggunaan PIN yang mudah seperti 1234, 2345, dan sejenisnya.

#3 Melindungi Data Pribadi

Setiap pemilik kartu rekening atau rekening wajib melindungi data pribadi. Khususnya untuk kita yang sering menggunakan layanan aplikasi m-banking. Adapun data-data pribadi yang kita maksud diantaranya seperti tanggal lahir, alamat yang tertera pada KTP dan nama ibu kandung.

Selain itu, sebaiknya kita nggak mencantumkan data pribadi di media sosial. Contohnya seperti mencantumkan nama ibu kandung, tanggal lahir, hingga alamat rumahmu di media sosial.

Pembobol rekening bank biasanya menggunakan data-data tersebut agar bisa mengakses m-banking milik korban. Terutama jika korban menggunakan password dan PIN menggunakan data pribadi tersebut.


Artikel Menarik Lainnya: Alokasikan Danamu di Deposito


#4 Menggunakan Lebih dari Satu Rekening Bank

Agar dana milik kita lebih aman, kami sarankan untuk menaruhnya nggak hanya di satu rekening saja. Gunakanlah dua rekening untuk menempatkan uang dan pengeluaran. Cara ini sangat direkomendasikan untuk nasabah yang sering membawa kartu ATM maupun menginstal aplikasi m-banking.

Tujuan penggunaan rekening lebih dari satu ini, yaitu untuk penggunaan dana yang berbeda. Yang satu bisa kita gunakan untuk penghasilan dan satunya lagi untuk dana darurat. Selain itu, dengan memiliki lebih dari satu rekening, nasabah bisa memiliki cadangan dana di rekening yang lain.

PermataME: Solusi Tabungan Aman dan Terpercaya

PermataME merupakan produk tabungan yang menawarkan banyak keuntungan bagi para nasabahnya. Tabungan ini bisa kita miliki melalui sistem pengajuan online pada aplikasi m-banking. Artinya, pendaftaran atau pengajuan menjadi nasabahnya bisa diproses secara online.

Ada banyak fitur perbankan menarik yang bisa kita manfaatkan. Bahkan, produk tabungan PermataME juga bisa menghemat pengeluaran biaya bulanan kita, lho. Karena produk tabungan ini banyak sekali penawaran menarik untuk para nasabahnya.


Artikel Menarik Lainnya: Cara Mendapat Penghasilan


Kenapa Harus di PermataME?

Seperti yang kami paparkan sebelumnya, produk tabungan dari PermataME ini menawarkan banyak keuntungan. Ingin tahu apa saja keuntungan-keuntungannya? Berikut sudah kami rangkum keuntungannya di bawah ini untuk kita yang ingin membuka rekening di bank tersebut.

  • Proses pendaftaran atau pembukaan rekening bank ini bisa dilakukan secara online. Prosesnya pun cepat hanya melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X.
  • Cashback 10% untuk setiap transaksi transportasi online, cashback 20% untuk belanja online dan dapatkan 30% cashback untuk transaksi ngopi dan juga nonton.
  • Hemat pengeluaran tarik tunai di seluruh ATM karena bisa kita lakukan secara gratis di ATM berlogo VISA/PLUS baik di dalam maupun luar negeri. Syaratnya hanya memiliki minimum saldo Rp1.000.000 sebelum transaksi.
  • Mendapatkan Kartu Debit PermataME yang eksklusif dengan desain khusus untuk semua nasabah PermataME.
  • Nggak perlu membayar biaya transfer online melalui aplikasi PermataMobile X, PermataATM dan PermataNet.
  • Banyak promo eksklusif yang bisa kita dapatkan di merchant-merchant ternama di Indonesia.

Yuk, pilih rekening bank yang aman agar nggak mudah dibobol oleh penipu! PermataME adalah salah satu solusi yang tepat untuk kita yang ingin memiliki tabungan dengan sistem keamanan terbaik.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post