7 Karakteristik Wisatawan dari Gaya Liburannya

Setiap individu atau wisatawan mempunyai opsi masing-masing terkait dengan cerita liburan mereka. Mungkin kita bisa menyebutnya sebagai karakteristik wisatawan yang terlihat dari gaya liburan.

Mereka nggak hanya memilih tujuan liburan domestik atau mancanegara lho. Tapi, mereka juga memikirkan kebutuhan atau tujuan mereka berlibur. Misalnya untuk menikmati keindahan alamnya, mempelajari budayanya, mengetahui sejarahnya, hingga menyantap lezatnya kuliner yang ada di suatu daerah tujuan wisata.

Karakteristik Wisatawan dari Gaya Liburannya


Karakteristik Wisatawan dari Gaya Liburan


Gaya liburan sering kali kita hubungkan dengan kebiasaan atau hobi secara nggak langsung. Ini juga bisa terlihat dari pilihan moda transportasi yang dipilih. Misalnya, beberapa wisatawan memilih untuk bepergian dengan menggunakan pesawat karena lebih nyaman dan lain sebagainya.

Selain itu, pemesanan tiket juga mudah dan bisa kita lakukan secara daring. Ambil contoh saat kita harus memesan tiket Super Air Jet.

Lalu, seperti apa karakteristik wisatawan jika kita lihat dari bagaimana gaya liburan yang dipilih? Berikut di antaranya:

1. Backpacker

Wisatawan yang satu ini pastinya sudah nggak lagi asing, ya. Buat siapa pun yang gemar bertualang pastinya akan memilih gaya liburan seperti halnya backpacker.

Biasanya, wisatawan jenis ini nggak punya persiapan khusus yang berkaitan dengan rencana liburan dan semua hal teknis.

Selain itu, destinasi wisata yang dituju juga lebih mengarah ke tempat bersejarah atau wisata alam. Perjalanan juga cenderung nggak terencana alias dilakukan secara spontan, sehingga terasa lebih seru dan menantang.

Terlebih, sekarang banyak sekali akomodasi hemat bujet yang pastinya cocok bagi wisatawan yang ingin liburan ala backpacker.

Adapun barang bawaan juga nggak banyak. Biasanya hanya berupa ransel besar dan satu tas kecil untuk menaruh perlengkapan penting seperti dompet, ponsel, uang tunai, dan kartu identitas.

Ini karena para backpacker gemar berpindah tempat. Sehingga harus bergerak lebih cepat. Jadi anggapannya, semakin sedikit barang bawaan maka akan semakin mudah dan ringkes.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Solo Traveler

Selanjutnya ada solo traveler alias wisatawan yang gemar melakukan perjalanan seorang diri.

Beberapa orang menganggap berlibur sendirian lebih seru dan menyenangkan, terutama untuk mereka yang ingin relaksasi, menenangkan diri, dan menjauhkan diri sejenak dari kepenatan dan hiruk pikuk.

Point utama saat memutuskan untuk menjadi solo traveler adalah kita bebas pergi ke mana pun yang kita mau. Nggak perlu harus berdiskusi panjang-lebar dengan orang lain yang jadi patner liburan terlebih dahulu.

Selain itu, kita juga bebas menginap di mana saja atau meluangkan lebih banyak waktu untuk berada di satu destinasi tertentu. Intinya adalah kita bisa melakukan hal apa pun sesuka hati.

3. Flashpacker


Gaya Liburan Wisatawan
Mana nih gaya liburan Teman-teman?


Sekilas, flashpacker mungkin cukup serupa dengan backpacker. Akan tetapi, flashpacker umumnya nggak terlalu memikirkan berapa uang yang mungkin keluar saat liburan.

Wisatawan jenis ini juga lebih mengutamakan kenyamanan, sehingga nggak jarang barang yang dibawa lebih banyak daripada dengan backpacker.

Memiliki bujet berlebih membuat para flashpacker lebih leluasa untuk melakukan banyak hal saat liburan. Kayak mengunjungi banyak destinasi, mencicipi makanan di restoran mewah, menginap di akomodasi bintang lima dengan fasilitas lengkap, dan berbelanja barang yang kita inginkan.

Kini, berlibur ala flashpacker cukup populer di kalangan wanita karir.

4. The Foodies

Kalau karakteristik wisatawan dari gaya liburan yang satu ini punya tujuan utama untuk mencicipi aneka kuliner yang ada di suatu destinasi. Terlebih, sekarang sangat banyak rekomendasi kuliner lezat yang bisa kita dapat dengan mudah di internet.

Nggak hanya menikmati sajian mewah ala resto, the foodies juga nggak jarang menikmati kuliner receh yang berjualan di kaki lima.

Seringnya, wisatawan dengan gaya liburan ini suka mengambil gambar dari setiap kuliner yang mereka santap. Kemudian memberikan ulasan mengenai rasa dari kuliner tersebut.

Mungkin, jenis wisatawan ini lebih akrab di telinga dengan sebutan food vlogger.

Bacaan Menarik Lainnya:

5. The Pioneer

Para wisatawan nggak selalu mencari rekomendasi maupun referensi destinasi liburan sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan. Faktanya, nggak sedikit pula wisatawan yang masuk dalam kategori pioneer.

Jenis pelancong ini lebih kerap mengunjungi destinasi wisata alam atau tempat lain yang bisa dibilang jarang dikunjungi orang.

Pelancong jenis the pioneer juga sering menjadi pelopor melalui unggahan visual yang menarik di akun sosial media mereka. Alhasi, pengikut atau pengguna lain yang melihat konten ini menjadi tertarik untuk berkunjung ke destinasi tersebut.

Meski begitu, kita tentu membutuhkan fisik dan stamina yang kuat untuk bisa menjadi the pioneer.

6. The Pilgrim

Karakteristik utama wisatawan yang masuk dalam kategori the pilgrim yaitu usia remaja yang melakukan perjalanan secara berkelompok.

Mereka umumnya lebih banyak mengunjungi lokasi wisata yang sedang populer atau kekinian. Misalnya kafe atau destinasi lain yang sedang hits.

Selain itu, tempat mereka menginap pun harus kekinian ya.

7. Cultural Explorer

Ada lagi cultural explorer yaitu jenis pelancong yang lebih gemar berkunjung ke berbagai destinasi yang erat dengan nuansa dan nilai sejarahnya.

Ketika liburan, tentunya para cultural explorer akan mengabadikan berbagai momen di lokasi bersejarah yang mereka tuju. Misalnya benteng, museum, atau candi. Mengunjungi destinasi yang erat dengan cerita sejarah pastinya akan terasa sangat istimewa untuk para pelancong jenis ini.

Jika Teman-teman masuk dalam kategori wisatawan jenis ini, hotel tempat menginap dengan nuansa sejarah juga bisa jadi pertimbangan. Banyak sekali lho, hotel atau penginapan yang nggak hanya menawarkan kenyamanan, tetapi juga suasana bersejarahnya.

Pilih Karakteristik Wisatawan dari Gaya Liburan yang Mana Nih?

Demikian tadi beberapa jenis pelancong dilihat dari bagaimana gaya liburan yang mereka lakukan. Jadi, mana nih yang sesuai dengan Teman-teman?

Sebenarnya, apapun karakteristik atau ke mana pun tujuan liburan kita, pastikan untuk selalu waspada ya!

Jika memang membutuhkan rekomendasi pemesanan tiket perjalanan maupun tempat menginap yang sesuai dengan destinasi atau gaya liburan. Bisa lho melihat langsung berbagai pilihan terbaik dengan menggunakan aplikasi penyedia jasa perjalanan.

Salah satunya adalah Traveloka. Ada banyak promo dan penawaran menarik untuk setiap transaksi yang kita lakukan. Selamat liburan!

Bacaan Menarik Lainnya:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro