Tips Menjaga Minat Baca Novel Biar Tetap Hangat di Segala Kondisi

Pernah tidak, Teman-teman merasa kesulitan untuk tetap bertahan membaca cerita novel romantis, apalagi saat sibuk dan penuh distraksi dalam kehidupan modern? Padahal, novel tuh semacam hiburan yang bisa menyenangkan daya khayal yang kita miliki.

Sebenarnya, tidak sulit kok untuk mengatasi tantangan ini saat kita memiliki strategi yang tepat. Dalam era digital dan gaya hidup yang semakin sibuk, aku punya tips menjaga minat membaca agar tetap hangat di segala kondisi lho.

Siapa tahu saja, dengan menerapkan tips ini tingkat kegemaran membaca (TGM) masyarakat Indonesia bisa meningkat lagi. Berdasarkan informasi yang kubaca melalui data Perpustakaan Nasional (Perpusnas), TGM masyarakat Indonesia sebesar 63,9 poin pada tahun 2022. Ini berarti nilainya sudah meningkat 7,4% dari tahun sebelumnya yang hanya 59,52 poin.


Tips Menjaga Minat Baca Novel


Tips Menjaga Minat Membaca

1. Mengenal Tantangan Membaca di Era Modern

Tantangan membaca di era modern tidak bisa kita abaikan begitu saja. Teknologi telah mengubah cara kita menjauhkan kegiatan membaca dari gangguan digital dan perubahan gaya hidup yang menyita waktu.

Gangguan media sosial dan notifikasi gadget bisa dengan mudah merusak fokus membaca. Selain itu, kurangnya waktu luang di tengah rutinitas sehari-hari membuat membaca terabaikan.

Namun, dengan kesadaran dan niat, kita bisa mengatasi tantangan ini. Kayak, saat memutuskan untuk membaca cerita novel romantis di akhir pekan. Maka, kita bisa meminimalisir semua distraksi yang ada, seperti mengaktifkan mode silent di ponsel.

Sehingga, perhatian kita untuk melahap semua cerita fiksi tidak mudah teralihkan pada notifikasi media sosial yang kerap mengganggu.

2. Menjaga Kebiasaan Membaca di Kehidupan Sehari-hari

Membuat jadwal membaca rutin adalah langkah awal yang efektif. Tentukan waktu khusus untuk membaca setiap hari, entah itu sebelum tidur, saat istirahat makan siang, atau ketika menunggu di antrean.

Pilih tempat yang nyaman dan minim gangguan untuk memastikan agar kita mendapat pengalaman membaca yang lebih mendalam. Menciptakan lingkungan fisik yang kondusif dengan pencahayaan yang baik dan kursi yang nyaman juga akan meningkatkan kenyamanan membaca lho.

3. Membaca dengan Teknologi: Menyelaraskan Minat untuk Membaca


Baca Cerita Novel Romantis di GoodDremer.id


Teknologi sebenarnya bisa menjadi sekutu dalam menjaga minat membaca. E-book dan audiobook memungkinkan kita untuk membawa banyak buku di satu perangkat, yang sangat praktis ketika bepergian.

Namun, berhati-hatilah terhadap gangguan digital. Atur waktu khusus untuk membaca di perangkat elektronik dan pertahankan keseimbangan dengan membaca dalam format cetak.

4. Menemukan Buku yang Menginspirasi

Penting untuk menemukan buku yang sesuai dengan minat pribadi kita. Eksplorasi berbagai genre dan penulis baru bisa membantu dalam mempertahankan minat baca novel.

Kita bisa terlibat dalam komunitas atau forum online yang membahas buku, dan jangan ragu untuk mencari rekomendasi dari teman atau anggota keluarga. Buku-buku yang mampu membangkitkan rasa ingin tahu kita akan membuat kita merasa tak sabar untuk membaca lebih banyak.

5. Menciptakan Ritual Membaca yang Menyenangkan

Menciptakan ritual sebelum membaca bisa membuat pengalaman membaca yang lebih mendalam. Kita bisa melakukan kegiatan apapun untuk tujuan tersebut.

Salah satu contohnya adalah cobalah untuk menenggalamkan diri dalam suasana dengan menyiapkan secangkir teh atau kopi, menyalakan lilin aromaterapi, atau mendengarkan musik yang menenangkan sebelum membaca.

Membuat catatan atau jurnal membaca juga bisa menjadi cara untuk merefleksikan dan mengapresiasi setiap buku yang kita baca.

6. Bergabung dalam Komunitas Membaca

Bergabung dalam kelompok baca atau klub buku adalah cara fantastis untuk mempertahankan minat membaca. Diskusi dengan orang lain akan membantu kita untuk mendapatkan perspektif yang beragam tentang buku-buku yang kita baca.

Di era digital, kita juga bisa terlibat dalam diskusi buku melalui media sosial atau platform online. Cari saja yang kemungkinan cocok dengan minat kita!

7. Menjaga Rasa Penasaran dan Imajinasi

Penting untuk tetap berpikir terbuka dan kreatif saat membaca. Cobalah melihat cerita dan karakter dari sudut pandang yang berbeda, atau renungkan makna yang lebih dalam dari apa yang terjadi dalam novel.

Lalu, biarkan imajinasi kita melayang bebas, meresapi setiap halaman dengan kegembiraan dan rasa ingin tahu. Biasanya, kalau sudah menemukan novel yang cocok, aku bisa seolah lupa waktu dan enggan beranjak sebelum menamatkannya. Hehehe….

Kesimpulan

Memilih untuk tetap suka membaca novel di tengah kesibukan modern bisa jadi semacam hiburan. Dengan mengatasi tantangan teknologi dan mengadopsi strategi yang tepat, kita bisa menjaga minat baca tetap hangat di segala kondisi.

Jangan ragu untuk menjadwalkan waktu khusus, menemukan buku-buku yang menginspirasi, dan terlibat dalam komunitas membaca untuk memaksimalkan pengalaman membaca yang kita miliki.

Ingatlah bahwa membaca adalah perjalanan imajinasi yang tak tergantikan, dan setiap halaman adalah peluang untuk menemukan dunia baru yang menakjubkan.

Teman-teman bisa membaca cerita novel romantis di platform baca novel seperti GoodDreamer. Aku sudah membaca salah satu novel berjudul Cinderella Tanpa Nama yang ditulis oleh Kak Patricia Alodie. Ceritanya ringan, menarik dan bikin penasaran.

Kupikir, kalian akan menemukan novel yang sesuai dengan minat kalian, karena GoodDreamer.id menyediakan beragam kategori. Mau kisah romansa, fantasi, sains fiksi bahkan horor dan thriller pun ada. Tidak percaya? Coba deh klik https://gooddreamer.id/novel_romantis

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

1 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Aku pengen nyoba beli e-book reader, semacam kindle gitu sih. Kayaknya asyik ya dibawa kemana-mana, trus batrenya awet dan layarnya ga bikin capek di mata.

    Kendalanya kalo mau baca novel tuh, biasanya riweuh sama buka lembar per lembarnya.

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro