6 Tips Membangun Keluarga Harmonis

Keluarga adalah inti dari kebahagiaan dalam kehidupan kita. Namun, menciptakan keluarga yang harmonis dan sejahtera bukanlah tugas yang mudah. Dalam keseharian yang sibuk, seringkali kita terjebak dalam rutinitas yang menguras energi dan waktu. Namun, salah satu tips membangun keluarga harmonis adalah dengan memiliki perencanaan tabungan yang baik.

Perencanaan tabungan yang sejalan dengan tujuan keluarga nggak hanya bisa membantu kita untuk menghindari stres keuangan, tetapi juga membangun pondasi yang kokoh untuk masa depan yang lebih baik. Lantas, selain menyoal keuangan yang terencana, apa saja sih strategi membangun keluarga harmonis?

Apa Saja Tips Membangun Keluarga Harmonis?


Tips Membangun Keluarga Harmonis
Tips Membangun Keluarga Harmonis (https://www.pexels.com/photo/photo-of-happy-family-4205505/)


Teman-teman perlu melakukan evaluasi ketika merasa ada masalah yang mulai terjadi dalam hubungan keluarga. Cari tahu penyebabnya agar masalah bisa lebih cepat selesai. Emang sih nggak mudah, tapi bukankah kita harus coba untuk menemukan solusinya.

Jadi, inilah beberapa cara membangun keluarga harmonis yang bisa kita coba, antara lain:

1. Menjaga Komunikasi dengan Baik

Nggak bisa kita pungkiri, masalah sering terjadi dalam keluarga karena nggak adanya komunikasi yang baik. Nggak hanya komunikasi antara suami istri, tapi juga komunikasi ayah dengan anak, ibu dengan anak, bahkan kakak dengan adiknya.

Sesama anggota keluarga perlu saling mengetahui perasaannya. Komunikasi menjadi satu-satunya cara untuk mengekspresikan apa yang sedang dirasakan. Tanpa adanya komunikasi akan lebih mudah terjadi kesalahpahaman. Sehingga bisa memicu terjadinya pertengkaran.

Dengan komunikasi, anggota keluarga yang lain nggak akan menerka-nerka. Sesuatu yang kita sampaikan secara jelas akan membuat semua anggota keluarga merasakan keharmonisan. Sehingga komunikasi merupakan cara terbaik untuk menyampaikan perasaan.

2. Memiliki Tabungan untuk Masa Depan

Selain hubungan dengan keluarga, faktor ekonomi juga menjadi ujung tombak keharmonisan keluarga. Keluarga tanpa perencanaan keuangan yang baik, tentu akan mendatangkan masalah. Apalagi jika dalam keluarga sudah ada anak, maka kebutuhan keluarga pun akan semakin bertambah.

Nah, untuk menyiasati masalah keuangan dengan bertambahnya anggota keluarga tersebut, kita bisa menyiapkan tabungan anak sejak awal menikah. Misalnya, dana tabungan pendidikan anak yang kamu kumpulkan dari 10% gaji suami ketika anak belum lahir.

Mengutip Badan Pusat Statistik (BPS), Republika.co.id menjelaskan inflasi bisa mengakibatkan biaya pendidikan meningkat 10-15% per tahunnya. Hal ini tampak dari inflasi di sektor pendidikan yang bisa mencapai 3,81%.

Selain itu, standar pendidikan setiap sekolah juga bisa menentukan iuran dan uang pangkal. Jadi, sebaiknya kita nggak boleh lengah untuk mempersiapkan dana pendidikan ini. Lebih cepat, lebih baik tentunya.

3. Mengutamakan Kebersamaan dengan Keluarga


Cara Membangun Keluarga Harmonis
Strategi Membangun Keluarga yang Harmonis (https://www.pexels.com/photo/family-of-four-walking-at-the-street-2253879/)


Setiap anggota keluarga pasti memiliki kesibukan masing-masing. Orangtua yang sibuk dengan pekerjaan dan anak-anak yang banyak menghabiskan waktu untuk pendidikan. Kita perlu membuat satu aktivitas rutin yang kita lakukan bersama keluarga setiap hari.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kita pilih, antara lain: sarapan bersama, makan malam atau sekedar masak bersama keluarga. Aktivitas kecil ini jika kita lakukan setiap hari akan menciptakan kedekatan dengan keluarga.

Secara nggak langsung kita sudah membentuk bonding antar anggota keluarga. Waktu yang kita habiskan bersama keluarga akan memberikan kenangan indah. Nggak hanya kasih sayang antar anggota keluarga saja yang semakin erat, bahkan anak-anak kita bisa mengingatnya hingga dewasa nanti.

4. Menyelesaikan Masalah Bersama

Setiap keluarga pasti menginginkan hidup yang bahagia. Namun, realita kadang nggak sesuai dengan ekspektasi sebelum menikah. Masalah dalam keluarga bisa terjadi secara nggak terduga. Anggota keluarga harus membuat komitmen untuk menyelesaikan masalah secara bijak dan tegas.

Saling membantu dan mendukung sampai masalah selesai bisa jadi ciri-ciri keluarga harmonis lho!

Penting sekali untuk kita ingat bahwa masalah cukup diketahui oleh keluarga saja. Jangan sampai melibatkan orang luar yang mungkin bisa menyebarkan cerita, apalagi sampai menimbulkan masalah baru!

5. Saling Memberikan Perhatian

Ada banyak sekali jenis perhatian yang bisa kita berikan untuk keluarga. Orangtua yang menyayangi anaknya, begitu pula dengan anak-anak yang menyayangi orangtua. Nggak perlu dengan selalu memberikan barang-barang mahal kok.

Perhatian bisa kita tunjukkan dengan cara yang sederhana. Seperti ibu yang membuatkan bekal makanan untuk anak-anak, ayah yang membantu anak-anak belajar atau anak-anak yang membantu pekerjaan orangtua.

Saling memberikan perhatian nyatanya bisa menjadi salah satu resep keluarga harmonis lho.

Untuk orangtua yang mengajarkan anaknya menabung, bisa membantunya dengan buka tabungan online. Sehingga nggak mengganggu waktu belajar anak hanya untuk membuka tabungan di bank.

6. Hilangkan Sikap Egois dan Emosional

Masalah yang berat kadang-kadang membuat seseorang menjadi sangat tertekan. Emosi yang nggak terkendali bisa melukai anggota keluarga yang lain. Hindari bersikap emosional kepada keluarga, terutama ketika sedang marah.

Jangan mengucapkan kata-kata atau menunjukkan sikap yang dapat melukai hati!

Selain itu, penting juga untuk menghindari sikap egois. Bagaimana pun egois nggak akan pernah membawa kebaikan, termasuk untuk diri sendiri dan keluarga. Nggak ada salahnya sesekali mengalah, karena mengalah nggak berarti kita kalah lho.

Lengkapi Tips Membangun Keluarga Harmonis dengan Menyiapkan Tabungan Untuk Masa Depan

Dalam menjalani kehidupan keluarga yang harmonis, langkah penting yang bisa kita ambil adalah dengan aktif mengelola keuangan. Salah satunya adalah dengan buka tabungan online untuk masa depan.

Dengan berencana dan berkomitmen untuk membuat tabungan, kita bisa merencanakan keuangan keluarga dengan bijak, memastikan bahwa kita memiliki dana yang cukup untuk kebutuhan mendatang dan menjaga stabilitas keuangan yang mendukung harmoni dalam keluarga.

Nah, tabungan online terbaik yang direkomendasikan adalah digibank by DBS. Beberapa kelebihan bank digital digibank by DBS, di antaranya:

  1. Buka Rekening proses 100% digital.
  2. Verifikasi dengan fitur face biometric, cukup siapkan e-KTP dan Selfie.
  3. Tabungan bunga tinggi s.d. 7% (S&K Berlaku) per tahun di 20 dompet.
  4. Semua transaksi harian dalam 1 aplikasi

Yuk, manfaatkan aplikasi tabungan online digibank by DBS sekarang juga dan mulailah perjalanan menuju masa depan lebih aman dan sejahtera bersama keluarga tercinta. Informasi selengkapnya tentang digibank by DBS, silakan cek di sini.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro