Gaya Hidup Minimalis atau Frugal, Mana yang Cocok Untuk Kita?

Hadirnya digital banking saat ini cukup membantu bagi kita yang tengah menerapkan gaya hidup frugal living. Kehadirannya bisa membantu kita mengendalikan keuangan dengan baik. Gaya hidup ini memang tengah menjadi tren, utamanya di kalangan milenial muda.

Namun, banyak yang yang sulit membedakan antara gaya hidup minimalis dan frugal living. Memang sih secara sekilas, keduanya hampir mirip.

Sederhananya, gaya hidup minimalis merupakan gaya hidup yang di mana kita hanya membeli apa yang kita butuhkan dan menjaga apa yang dihargai. Sementara, gaya hidup frugal adalah gaya hidup yang mencari solusi biaya terendah tanpa bersifat boros.

Ini Dia 5 Perbedaan Gaya Hidup Minimalis dan Frugal Living


Gaya Hidup Minimalis atau Frugal Living


Bagi Teman-teman yang masih bingung, frugal living adalah pola hidup hemat dengan berusaha membatasi pengeluaran finansial pada hal yang kita anggap nggak terlalu penting.

Sedangkan hidup minimalis adalah mengurangi aktivitas yang nggak produktif serta membatasi kepemilikan material yang nggak penting.

Biar lebih jelas, kita bisa simak beberapa perbedaan dari keduanya, sebagai berikut:

1. Tujuan Dasar yang Berbeda

Salah satu perbedaan mendasar antara frugal living dengan gaya hidup minimalis adalah tujuan antara keduanya.

Tujuan dari frugal living adalah untuk mencapai kebebasan finansial yang cukup untuk membiayai hidup meskipun tanpa bekerja.

Sedangkan tujuan dari gaya hidup minimalis adalah memiliki kehidupan yang sederhana hingga bisa mencapai hidup bahagia.

Sederhananya bagi kita yang menerapkan frugal living, bisa pensiun pada usia 40-an dengan bahagia dan tanpa harus bekerja. Sedangkan hidup minimalis, kita tetap harus bekerja pada usia tua, meskipun pada usia muda hidup sederhana.

Related Post:

2. Fokus yang Berbeda

Banyaknya kaum muda milenial yang menerapkan gaya frugal living karena memikirkan masa depan. Frugal living memang berkaitan dengan penghematan uang dan pemotongan biaya.

Berbeda dengan hidup minimalis yang lebih berfokus pada pengurangan jumlah barang dalam kehidupan sehari-hari sehingga aktivitas lebih efisien dan simple.

3. Orientasi Masa Depan yang Berbeda

Perbedaan selanjutnya frugal living lebih fokus dalam penghematan uang untuk kehidupan masa depan yang lebih sejahtera. Misalnya dengan menabung untuk hari tua.

Berbeda dengan hidup minimalis yang lebih menekankan keseimbangan dalam hidup dan kebahagiaan dengan cara mengurangi barang yang nggak perlu serta lebih fokus pada hal yang lebih penting.

Intinya, frugal living lebih menekankan orientasi untuk kebahagiaan masa depan, sedangkan hidup minimalis lebih fokus pada masa kini tanpa ada pikir panjang untuk masa depan.

Baik frugal living maupun hidup minimalis bisa membawa kebahagiaan dan kepuasan, tetapi penting untuk memilih gaya hidup yang sesuai dengan nilai dan tujuan pribadi kita.

Ingatlah, hidup bukan tentang siapa yang memiliki lebih banyak barang atau uang, tetapi tentang menemukan keseimbangan hidup demi kebahagiaan dan kepuasaan pribadi.

4. Pengorbanan yang Berbeda

Bagi penganut frugal living menabung di masa kini secara rutin adalah sebuah keharusan. Apalagi sekarang terdapat banyak digital banking yang memberikan layanan tabungan dengan mudah dan cepat.

Tujuan utamanya sebagai saving di masa depan dan ini nggak bisa lagi kita tawar. Pun dalam pemilihan bank digital terbaik adalah keharusan agar nggak mengalami penipuan.

Menerapkan frugal living memang harus memberikan banyak pengorbanan. Selain wajib menabung, menghindari makanan enak atau aktivitas mahal juga sebuah keharusan.

Sedangkan hidup minimalis memerlukan pengorbanan dalam hal kepemilikan benda dan melepaskan barang-barang yang kita anggap nggak perlu.

Related Post:

Tips Mengelola Finansial Agar Bisa Menerapkan Hidup Minimalis


Tips Mengelola Finansial


Siapapun bisa menerapkan hidup frugal living atau hidup minimalis tanpa harus mengganggu keuangan. Berikut adalah tips yang bisa kita lakukan, di antaranya:

1. Membuat Dana Darurat

Frugal living yang lebih mementingkan hidup di masa depan mau nggak mau kamu harus memiliki dana darurat sejak muda.

Kita bisa menabung lewat bank digital terbaik dengan rajin dan konsisten. Sehingga tabungan serta dana darurat bisa terkumpul dengan aman. Ketika pensiun dini, kita nggak bekerja pun nggak masalah.

Demikian pula dengan hidup minimalis, meskipun kebahagiaan saat ini yang lebih penting, dana darurat harus tetap kita siapkan walau jumlahnya nggak banyak. Bisa dengan membuka asuransi atau investasi kecil-kecilan.

2. Buat Anggaran Pengeluaran

Tips selanjutnya adalah dengan membuat anggaran pengeluaran setiap bulannya sebelum menerima gaji. Anggaran tersebut, tujuannya adalah untuk mengetahui kemana saja uang tersebut kita belanjakan.

Baik itu frugal living atau hidup minimalis menekan pengeluaran memang perlu. Terutama untuk membeli hal-hal yang nggak kita butuhkan. Akan lebih baik apabila kita juga membuat anggaran tabungan yang akan kita setor ke bank digital terbaik setiap bulannya.

3. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Antara keinginan dan kebutuhan, terkadang masih suka lupa diri. Apalagi jika memiliki banyak uang, kadang hal yang bukan menjadi kebutuhan dan hanya keinginan sering kita beli tanpa perhitungan.

Oleh sebab itu, sebelum membeli sesuatu pertimbangkan dengan matang apakah kita membutuhkannya atau hanya menginginkannya sesaat saja.

Pilih Layanan Digital Banking Terbaik Untuk Kelola Keuangan

Adanya digital banking lebih memudahkan bagi kita untuk melakukan saving atau investasi demi masa depan. Kemudahan dan kecepatan layanannya sangat membantu kita di tengah banyaknya aktivitas.

Salah satu bank digital yang dapat kita jadikan mitra untuk mengelola keuangan dengan baik adalah digibank by DBS yang memiliki keunggulan, di antaranya:

  • Having fun lebih maksimal. Mau ini itu nggak pakai ragu. Ini cara cerdik yang bikin hidup kita lebih all out. Bayar ini itu gratis pakai rewards, hal ini akan menguntungkan bagi penganut frugal living atau hidup minimalis yang suka berhemat.
  • Masa depan jadi lebih aman, tetap have fun nggak perlu nunda rencana masa depan. Ini adalah cara cerdik untuk mulai dengan mudah. Apalagi bisa investasi mulai Rp100 ribu di 120+ pilihan.
  • Semua aman dan mudah dalam satu genggaman karena transaksi harian bisa kita lakukan dalam satu aplikasi.

Gimana? cukup menguntungkan bukan mengelola keuangan melalui digibank by DBS. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera bergabung dan dapatkan informasi lainnya di sini!

Related Post:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro