Investasi Jangka Pendek Terbaik, Minim Risiko Tetap Cuan

Investasi adalah kunci untuk mengelola keuangan kita dengan bijak dan meraih keuntungan, baik jangka pendek atau panjang. Investasi jangka pendek, dalam hal ini, menjadi pilihan yang menarik bagi kita yang ingin melihat hasil investasi dengan cepat.

Dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, investasi jangka pendek menawarkan peluang untuk meraih keuntungan yang lebih cepat. Namun, potensi keuntungan yang lebih cepat juga mendatangkan risiko yang mungkin lebih tinggi.

Kira-kira, apa instrumen investasi jangka pendek terbaik yang bisa kita lakukan melalui bank digital dan menjadi solusi teraman untuk kita?

4 Instrumen Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan


Investasi Jangka Pendek Terbaik


Investasi adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kekayaan, dan berinvestasi dalam jangka pendek bisa menjadi pilihan cerdas bagi kita yang ingin memperoleh hasil lebih cepat.

Seperti yang tertera pada finansialku, berikut adalah 4 jenis investasi jangka pendek yang bisa kita jadikan pilihan, antara lain:

1. Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah jenis investasi jangka pendek yang ditawarkan oleh bank dan lembaga keuangan. Dalam deposito berjangka, kita bisa menyimpan sejumlah uang dengan jangka waktu tertentu, baik dalam hitungan beberapa bulan hingga beberapa tahun. Selama jangka waktu tersebut, bank menawarkan bunga tetap pada investasi ini.

Keuntungan utama dari deposito berjangka adalah keamanan, karena instrumen ini biasanya dijamin oleh pemerintah. Tingkat bunga atau suku bunga pada deposito ditentukan pada awal investasi dan nggak akan berubah selama jangka waktu deposito.

Sayangnya, deposito berjangka memiliki keterbatasan likuiditas, yang berarti uang kita nggak bisa ditarik sebelum jangka waktu berakhir tanpa denda atau penalti.

Tentunya deposito ini cocok untuk kita yang mencari kepastian imbal hasil dalam jangka pendek dan bersedia mengunci dana kita selama periode tertentu.

2. Obligasi/Sukuk Korporasi

Obligasi korporasi adalah instrumen keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan dan banyak tersedia melalui platform bank digital. Instrumen ini adalah bentuk utang yang perusahaan tawarkan kepada investor.

Saat kita membeli obligasi korporasi, sebenarnya kita telah memberikan pinjaman kepada perusahaan yang menerbitkannya.

Dalam transaksi ini, perusahaan berjanji untuk membayar bunga tetap pada interval tertentu. Bunga tersebut biasa kita sebut dengan kupon, dan perusahaan akan mengembalikan jumlah utang awal pada kita saat jatuh tempo obligasi.

Obligasi korporasi memiliki jangka waktu yang beragam. Jadi kita bisa bisa memilih jangka waktu pendek pendek sesuai dengan tujuan keuangan kita.

Tingkat bunganya pun bervariasi tergantung pada kredit perusahaan yang menerbitkannya. Nilai plus dari instrumen ini adalah memberikan pendapatan tetap dan merupakan investasi yang lebih stabil.

Related Post:

3. Reksa Dana Pasar Uang

Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang berinvestasi dalam berbagai instrumen keuangan. Instrumen ini memiliki jangka waktu pendek dan tingkat risiko rendah dan dirancang untuk memberikan likuiditas tinggi dan menjaga modal kita tetap aman.

Investor yang berpartisipasi dalam reksadana pasar uang biasanya mencari tempat yang aman untuk menyimpan uangnya dalam jangka pendek. Karena likuiditas yang tinggi, maka kita bisa dengan mudah menarik uang kapan saja tanpa penalti.

Investasi pada reksadana pasar uang memang memiliki tingkat pengembalian cenderung lebih rendah daripada investasi lain. Namun bisa memberikan pendapatan yang stabil dan cocok untuk tujuan jangka pendek seperti menghadapi pengeluaran mendesak atau menjaga dana darurat.

Intinya, investasi dalam reksadana pasar uang bisa memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada beberapa alternatif investasi lainnya.

4. Obligasi Pemerintah

Obligasi pemerintah adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah suatu negara. Ini adalah cara pemerintah untuk mendapatkan dana guna mendanai proyek-proyek dan programnya.

Saat kita membeli obligasi pemerintah, artinya kita sebenarnya sudah memberikan pinjaman kepada pemerintah.

Hal ini berarti pemerintah berjanji untuk membayar bunga secara berkala selama jangka waktu obligasi. Saat masa berlaku obligasi berakhir, pemerintah akan mengembalikan jumlah utang awal tersebut.

Obligasi pemerintah umumnya dianggap sebagai investasi yang sangat aman karena dijamin oleh pemerintah yang menerbitkannya. Sehingga kita nggak perlu merasa khawatir karena ini berarti risiko gagal bayar akan sangat rendah.

Karena keamanan ini, obligasi pemerintah bisa jadi pilihan yang cocok untuk kita saat mencari investasi jangka pendek yang stabil dan aman.

Meskipun investasi jangka pendek bisa memberikan keuntungan cepat, penting untuk kita ingat bahwa tingkat risiko dan imbal hasil bisa bervariasi. Selalu lakukan riset dan pertimbangan yang cermat sebelum membuat keputusan investasi.

Selain itu pertimbangkan untuk berinvestasi menggunakan layanan bank digital agar lebih mudah dalam bertransaksi dan sesuai dengan tujuan keuangan kita.

Related Post:

Gunakan Bank Digital untuk Solusi Investasi Terbaik


Investasi Jangka pendek pilihan


Salah satu cara tepat untuk investasi jangka pendek minim risiko namun tetap untung adalah dengan memanfaatkan layanan bank digital. Ada begitu banyak bank digital yang bisa kita gunakan. Pilihan terbaik yang bisa kita manfaatkan adalah digibank by DBS.

Memanfaatkan digibank by DBS sebagai wadah investasi bukan hanya bisa mendapatkan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Namun kita juga bisa menikmati berbagi keuntungan yang ditawarkan, di antaranya adalah:

  • Having fun jauh lebih maksimal. Mau ini-itu nggak pakai ragu. Ini cara cerdik yang bikin hidup kita lebih all out sebab kita bisa gratis transfer tanpa kuota untuk semua transaksi investasi.
  • Masa depan jadi lebih aman karena kita bisa tetap have fun tanpa harus menunda rencana masa depan. Ini cara cerdik untuk mulai dengan mudah, pasalnya kita bisa berinvestasi mulai Rp100 ribu di 120+ pilihan.
  • Semua aman dan mudah dalam satu genggaman, cerdik kelola keuangan tanpa ribet sebab cukup gunakan satu aplikasi untuk seluruh transaksi harian kita.

Supaya keuntungan yang kita dapatkan bisa lebih maksimal, kita harus memanfaatkan program Maxi Booster. Dengan program ini kita bisa boost bunga tabungan hingga 7% per tahun hanya dengan meningkatkan saldo serta memperbanyak transaksi melalui digibank by DBS.

So, tunggu apa lagi? Pasang sekarang aplikasinya di ponsel. Untuk mendownload aplikasi bank digital digibank By DBS silakan Teman-teman akses melalui App Store atau Google Play.

Related Post:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro