Cara Double Cleansing yang Benar untuk Kulit Bersih dan Sehat

Double cleansing adalah langkah perawatan kulit yang populer, terutama dalam rutinitas kecantikan Korea. Metode ini melibatkan dua tahap pembersihan berturut-turut untuk menghilangkan makeup, kotoran, dan minyak berlebih dari wajah.

Dengan memperhatikan urutan double cleansing yang benar, kita bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih, sehat, dan bebas dari masalah lho. Selain itu, perhatikan juga jenis cleanser yang ingin kita pakai. Jangan sembarangan biar nggak malah bikin iritasi kulit kita!

Memang apa saja sih jenis cleanser yang bisa kita gunakan untuk membersihkan kulit dengan dua step?

Jenis-jenis Cleanser untuk Double Cleansing yang Bagus

Cara Double Cleansing

Bagi para beauty enthusiast, membersihkan wajah dengan dua step bukan lagi hal yang asing. Apalagi bila wajah terpapar make up seharian. Rasanya, kita akan merasa kulit kurang bersih bila hanya membersihkan dengan satu step atau pakai facial cleanser saja. Benar nggak?

Oleh karena itu, kita mengenal istilah double cleansing. Produk yang bisa kita gunakan bisa beragam tergantung kebutuhan, di antaranya:

  1. Cleansing oil yaitu pembersih wajah yang teksturnya kental seperti minyak, transparan dan licin saat kita aplikasikan. Cleansing oil cocok untuk semua jenis kulit.
  2. Cleansing balm adalah cleanser yang teksturnya padat dan lembut. Saat kita aplikasikan ke wajah, produknya akan terasa meleleh dan mudah diratakan. Produk cleansing balm cocok untuk semua jenis kulit, terutama tipe kulit kering karena bagus untuk mengunci kelembaban.
  3. Milk-based cleanser adalah pembersih wajah yang warnanya putih dan kental, tetapi lebih ringan dari kedua jenis produk oil-based cleanser sebelumnya. Milk-based cleanser cukup ampuh bersihkan make up waterproof dan cocok untuk semua jenis kulit.
  4. Micellar water adalah cleanser yang tekstur produknya jauh lebih ringan daripada ketiga produk sebelumnya. Setelah kita aplikasikan, kulit terasa lebih segar.

Kita nggak harus menggunakan semua jenis-jenis cleanser tersebut ya! Hanya gunakan pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Related Post:

Cara Double Cleansing yang Benar

Pentingnya double cleansing adalah membersihkan wajah secara menyeluruh, membantu penyerapan skincare dan mencegah penyumbatan pori. Dengan begitu, kita akan terbebas dari masalah kulit.

Adapun urutan double cleansing yang benar adalah sebagai berikut:

Cleansing Langkah 1: Membersihkan Wajah dengan Cleansing Oil atau Balm

Pertama-tama, gunakan cleansing oil atau cleansing balm untuk membersihkan makeup, SPF, dan kotoran berbasis minyak dari wajah. Pilih produk yang cocok dengan jenis kulit kita.

Setiap produk cleanser berbasis oil atau balm memiliki aturan pakai yang tertera pada kemasan. Kita bisa mengikuti step by step yang ada atau secara umum kita bisa lakukan beberapa cara, sebagai berikut:

  1. Ambil sejumlah produk secukupnya dan aplikasikan pada wajah kering.
  2. Pijat lembut dengan gerakan melingkar untuk melarutkan makeup dan kotoran yang menempel di wajah.
  3. Pastikan produk menyentuh semua area wajah, termasuk mata untuk membersihkan mascara dan eyeshadow.
  4. Bersihkan residu cleanser dengan kapas untuk mengangkat semua kotoran yang sudah terlarut.

Pada tahap ini, kita mungkin akan merasa kulit sudah cukup bersih. Meski begitu, kita masih tetap harus melakukan cleansing untuk tahap selanjutnya.

Cleansing Langkah 2: Membersihkan Kulit dengan Cleanser Berbasis Air

Setelah langkah pertama dengan cleansing oil atau balm, lanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan cleanser berbasis air. Ini akan menghilangkan sisa-sisa minyak dan kotoran berbasis air.

Kita tentu sudah nggak asing dengan cara membersihkan kulit di step ini. Setiap cewek pasti sudah sering melakukannya, yaitu:

  1. Basahi wajah dengan air hangat.
  2. Aplikasikan pembersih berbasis air pada wajah.
  3. Gosok lembut dengan gerakan melingkar dan pastikan mencapai semua bagian wajah.
  4. Bilas wajah dengan air bersih.
Related Post:

Tips agar Fungsi Double Cleansing bisa Maksimal

Urutan Double Cleansing

Cara double cleansing dengan micellar water juga nggak akan jauh berbeda. Untuk memastikan kita mendapatkan semua manfaat membersihkan wajah dengan dua langkah, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, antara lain:

  1. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit.
  2. Frekuensi double cleansing, kita bisa melakukannya setiap malam, apalagi saat kita aktif menggunakan makeup atau SPF sepanjang hari.
  3. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit, contohnya, saat kulit kita cenderung berminyak, maka pilih produk dengan kandungan yang bisa mengontrol produksi minyak.
  4. Jangan pakai air yang suhunya terlalu panas. Meskipun ini penting untuk membuka pori-pori. Kita bisa memanfaatkan air hangat biar nggak bikin kulit semakin kering.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah double cleansing ini, kita bisa selalu memastikan bahwa wajah bersih secara menyeluruh dan siap untuk menerima manfaat produk skincare selanjutnya.

Rutinitas double cleansing secara teratur bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah masalah kulit yang mungkin muncul. Jadi, jangan skip step cleansingnya ya! Pastikan kamu pakai rekomendasi produk double cleansing yang cocok untuk jenis kulitmu dan kebutuhannya!

Related Post:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

17 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna memang butuh effort yang maksimal, ya. Double cleansing menjadi cara yang ampuh biar wajah menjadi bersih paripurna

    BalasHapus
  2. Bagi saya yang terlalu paham dengan tatalaksana perawatan wajah dan kulit jadi belajar banyak hal. Kudu benar caranya dan jangan sampai salah supaya bisa mendapatkan hasil optimal dan paripurna ya. Kudu bener dan ikuti aturannya

    BalasHapus
  3. Lengkap sekali cara double cleansing yang Mbak Yuni berikan. Karena kalau tahapannya benar, maka hasilnya juga akan maksimal seusai yang diharapkan ya, Mbak.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, jadi paham. Sebelumnya cuma bertanya-tanya sendiri, apa bedanya, kok banyak banget jenisnya cleanser yang tertata rapi di rak display produk

    BalasHapus
  5. klo aku juga ritual pke double cleasing, klo gak muka aku pasti auto jerawat kak. Nice articles!

    BalasHapus
  6. setuju nih kak, harusnya kalau mencuci muka dengan teknik double cleansing gini yaa, apalagi habis beraktivitas di luar, supaya tidak ada yang menyumbat pori-pori. Mau coba rajin aah. uadahlama banget aku vuma pakai sabun cuci muka aja kak, hehe.

    BalasHapus
  7. Daku kalau rajin menerapkan yang namanya double cleaning ini.
    Cuma kalau lagi malasnya datang suka skip salah satu hehe.
    Padahal manfaatnya buat kulit bagus banget

    BalasHapus
  8. aku pernah baca juga, ternyata double cleansing adalah koentji dari kulit bersih yaaaa kak. Kayanya sepele tapi ternyata penting banget biar wajah bisa bersih sempurna dan supaya skincare juga bisa menyerap sempurna yaaa

    BalasHapus
  9. Kalau aku sukanya pakai micellar gel, baru pakai facial cleanser untuk cuci muka. Lebih cocok di wajahku sih

    BalasHapus
  10. Aku baru tahu kalau cleansing saja ada tahapnya
    Saya kira setelah cleansing sudah langsung pakai moisturizer dan sunscreen jika di pagi hari
    Ternyata stepnya panjang ya

    BalasHapus
  11. Ternyata ga bs sembarangan ya utk double cleansing. Emang prosesnya harus bertahap dgn benar ya kak biar benar2 bersih ampe pori2. Dulu yg pernah aku baca cmn pake miscellar water doank udh beres. Ternyata banyak lagi ya stepnya.

    BalasHapus
  12. Aww.. Selengkap tu ternyata yg namanya double cleansing, hihi.. Kalo bisa konsisten, wajah jadi makin sehat, plus bye bye masalah kulit yah, Yun.

    BalasHapus
  13. Aww.. Selengkap tu ternyata yg namanya double cleansing, hihi.. Kalo bisa konsisten, wajah jadi makin sehat, plus bye bye masalah kulit yah, Yun.

    BalasHapus
  14. Aku masih se-random itu memilih cleanser.
    Tapi juga jarang keluar rumah sehingga jarang pakai make up. Dan biasanya ga sampao double cleansing. Tapi membiasakan membersihkan wajah dengan paripurna seperti ini tentu akan membuat kulit segar dan bersih sehingga jauh dari jerawat serta penumpukan sel kulit mati yang bikin wajah kusam.

    BalasHapus
  15. Double cleansing ini adalah kunci awal agar kulit kita selalu sehat dan bersih ya mbak

    BalasHapus
  16. Wah kalau pakai cara double leansing kayak gini, wajah jadi bersih maksimal dan pastinya glowing maksimal juga yaa. Dan yang paling penting pakai produk yang cocok di kulit kita masing-masing sih yaahh.

    BalasHapus
  17. Makasih kak tips double cleansingnya. Aku merasa tertampar karena kadang suka males buat double cleansing. Btw aku biasanya double cleansing menggunakan micellar water karena merasa hasilnya lebih bersih

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro