Ada Lebih dari Satu Sumber Pemasukan? Atur dengan Cara Ini!

Di masa sekarang, dengan tingkat kebutuhan dan gaya hidup yang tinggi, bukan hal yang aneh bila seseorang punya lebih dari satu sumber penghasilan. Tentunya dengan tujuan agar bisa memenuhi kebutuhan finansial dengan lebih optimal.

Dilansir dari situs www.chubb.com memiliki diversifikasi penghasilan bahkan sangat penting agar kita mampu bertahan jika terjadi risiko resesi, seperti pandemi yang terjadi beberapa waktu lalu.

Mungkin bagi sebagian orang, punya penghasilan dari pekerjaan utama dan sampingan saja sudah istimewa. Kita bisa mencukupi semua kebutuhan dan gaya hidup. Namun kenyataannya, jika kita nggak bisa mengelola secara bijak dan benar, seberapa pun penghasilan yang kita punya akan habis begitu saja.

Oleh karena itu, kita wajib mengetahui cara mengatur keuangan dari banyak sumber pemasukan dengan benar. Agar lebih mudah, praktis, dan pemahaman literasi keuangan digital semakin meningkat, kita bisa kok memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada platform digital banking. Hal ini tuh bisa membantu kita dalam mengelola keuangan.

Tips Mengatur Keuangan dari Beberapa Sumber Pemasukan

Tips Mengatur Keuangan dari Beberapa Sumber Penghasilan

Mengatur keuangan dengan bijak adalah keterampilan penting yang bisa membantu kita untuk mencapai tujuan finansial. Nggak perduli berapa jumlah sumber pemasukan yang kita punya.

Hanya saja, punya lebih dari satu sumber pemasukan bisa menjadi keuntungan, tapi kita perlu disiplin dan punya perencanaan keuangan yang baik.

Apa saja langkah-langkah mengatur keuangan dengan baik? Simak tips mengatur keuangan dari beberapa sumber pemasukan berikut ini ya!

1. Buat Anggaran yang Terperinci

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat anggaran yang terperinci. Anggaran yang rinci dan realistis merupakan dasar dari pengelolaan keuangan yang baik.

Pada anggaran tersebut, tulis semua pemasukan dari berbagai sumber yang kita punya. Misalnya gaji dari pekerjaan utama, penghasilan sampingan, bonus, hasil investasi, dan lainnya.

Selanjutnya, masukkan dalam anggaran, semua pengeluaran rutin bulanan. Contohnya, biaya hidup, tagihan, dan pengeluaran cadangan.

Melalui anggaran yang terperinci, kita bisa melihat dengan jelas gimana aliran keuangan pribadi kita punya. Soal keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran, serta mengetahui di bagian mana kita bisa menghemat atau menginvestasikan lebih banyak uang.

Menariknya, untuk membuat anggaran terperinci ini, kita bisa lho memanfaatkan aplikasi digital banking yang punya banyak dompet penganggaran. Aku yakin sih, ini tuh bisa membantu kita dalam hal pengelolaan keuangan.

Related Post:

2. Prioritaskan Dana Darurat

Dana darurat adalah aset yang sangat penting. Jika kita punya lebih dari satu sumber pemasukan, pastikan kita punya dana darurat yang cukup besar untuk mengatasi situasi darurat atau risiko kondisi keuangan yang nggak pasti yang mungkin terjadi.

Dana darurat harus mencakup sekitar 3-6 bulan kebutuhan biaya hidup. Di mana dana ini selayaknya proteksi keuangan yang membuat kita merasa lebih aman dan bisa fokus pada tujuan keuangan jangka panjang.

3. Tetapkan Tujuan Keuangan yang Jelas

Jangan hanya mengelola uang tanpa arah! Tetapkan juga tujuan keuangan yang jelas dan terukur!

Kita bisa mempelajari gimana menjadi milenial yang cerdas dalam mengatur keuangan. Misalnya dengan menggunakan pola 40-30-20-10 yang terdiri dari alokasi biaya hidup harian, tagihan cicilan dan utang, tabungan atau investasi, serta donasi.

Tetapkan pula tujuan menabung atau investasi! Contohnya untuk membeli rumah, mobil, biaya pernikahan, biaya pendidikan, dan lainnya.

Ketika memiliki lebih dari satu sumber pemasukan, kita bisa mengalokasikan pemasukan tambahan tersebut dengan lebih leluasa sesuai dengan tujuan keuangan yang sudah kita tetapkan.

4. Manfaatkan Aplikasi Keuangan

Aplikasi keuangan digital bisa menjadi alat yang sangat berguna dalam mengelola keuangan dari berbagai sumber pemasukan. Kita bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi tersebut untuk membantu melacak pemasukan dan pengeluaran secara real-time dan memberikan wawasan tentang pola cashflow keuangan kita.

Umumnya, aplikasi yang tersedia di pasaran juga menawarkan banyak promo bank digital yang bisa kita manfaatkan untuk membantu mencapai tujuan keuangan tersebut.

Related Post:

5. Investasi dengan Bijak

Pertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian dari dana tabungan ke dalam bentuk investasi. Investasi bisa membantu uang berkembang lebih cepat sesuai dengan tujuan keuangan, daripada hanya menyimpannya di rekening tabungan biasa.

Mulailah mempelajari berbagai instrumen dan produk investasi yang tersedia di pasar investasi. Kita juga bisa berkonsultasi dengan ahli investasi atau penasihat keuangan jika membutuhkan panduan dalam memilih instrumen investasi yang tepat.

6. Proteksi Keuangan

Memiliki lebih dari satu sumber pemasukan membuat kita bisa mengatur uang lebih leluasa. Maka nggak ada salahnya jika kita mempertimbangkan untuk memiliki proteksi keuangan berupa asuransi.

Tujuan utamanya adalah untuk melindungi keamanan finansial jika terjadi risiko yang nggak kita inginkan. Misalnya sakit atau kecelakaan yang membuat kita nggak bisa bekerja untuk sementara waktu hingga kehilangan penghasilan.

Kita bisa mengambil produk asuransi konvensional atau yang di-bundling dengan produk investasi untuk mendapatkan manfaat sekaligus.

7. Evaluasi dan Revisi secara Berkala

Cara Mengatur Keuangan dari Beberapa Sumber Penghasilan

Mengatur keuangan bukan langkah satu kali jalan dan kita pasti berhasil. Untuk mendapatkan cara yang tepat sesuai kondisi keuangan dan sumber pemasukan yang kita punya, kita bisa melakukan evaluasi terhadap pola pengaturan yang kita terapkan.

Jika ada yang kurang tepat, misalnya kita belanja berlebih di bulan ini. Kita bisa melakukan perbaikan dengan cepat dan nggak perlu menuruti gengsi.

Kondisi keuangan kita mungkin berubah seiring waktu. Oleh karena itu kita perlu melakukan strategi yang sesuai dengan perubahan tersebut agar tujuan keuangan tetap tercapai.

Yuk, Kelola Keuangan dengan Aplikasi Digital Banking Terpercaya

Memiliki lebih dari satu sumber pemasukan bisa menjadi tantangan, sekaligus juga membuka peluang untuk mencapai tujuan keuangan lebih cepat. Melalui pengelolaan keuangan yang bijak, disiplin finansial, dan pemahaman pengelolaan keuangan yang benar, kita bisa mencapai kondisi keuangan dan tujuan yang kita inginkan.

Salah satu strategi agar kita bisa mengelola keuangan lebih mudah adalah dengan menggunakan aplikasi digital banking seperti digibank by DBS. Aplikasi keuangan digital terbaik ini memiliki sederet keunggulan yang bisa membantu kita mencapai tujuan keuangan lebih cepat, di antaranya adalah:

  1. Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu gak pakai ragu. Ini cara cerdik yang bikin hidup kita lebih all-out dan kita bisa transfer ini-itu GRATIS tanpa kuota.
  2. Masa Depan Jadi Lebih Aman. Tetap have fun gak perlu nunda rencananya masa depan untuk mencapai tujuan keuangan. Ini cara cerdik dan mudah untuk investasi mulai Rp100 ribu di 120+ pilihan.
  3. Semua Aman dan Mudah dalam 1 Genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet dan lebih praktis dan manage transaksi harian kita dalam 1 aplikasi.

Mengelola keuangan dari beberapa sumber pemasukan jadi lebih mudah dan praktis. Selain keuntungan tersebut di atas, digibank by DBS juga menyediakan ragam promo bank digital menarik yang bisa kita manfaatkan untuk mencapai tujuan keuangan kita dengan lebih cepat. Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Related Post:
Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro