Ticker

6/recent/ticker-posts

8 Keuntungan Buka Puasa Di Rumah Bersama Keluarga

8 Keuntungan Buka Puasa Di Rumah - Momen Ramadhan selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Bukan hanya karena semua pahala kebaikan menjadi berlipat ganda, tapi kita juga menunggu momen kebersamaan lainnya. Salah satunya adalah momen buka puasa bersama (bukber).


Keuntungan Buka Puasa Di Rumah


Ini bisa menjadi ajang temu kangen atau pun momen keakraban bersama orang-orang terdekat. Misalnya, teman satu almamater yang sudah lama nggak berjumpa, teman satu kantor mau pun sahabat dan keluarga. Malahan ada yang kemudian mendapat jodoh dari teman lama yang baru bertemu lagi. Mereka mengenang masa-masa sekolah dan membuat mereka jadi jatuh cinta satu sama lain. Ciyeh…ciyeh…

Namun, pada situasi saat ini akan sangat sulit mengadakan kegiatan bukber di luar rumah. Bisa tapi sulit. Yah, karena restoran atau rumah makan sudah pasti menerapkan protocol kesehatan. Tapi, kita nggak bisa menjamin semua yang ikut dalam kegiatan bukber patuh pada protocol tersebut. Sehingga, buka puasa di rumah menjadi pilihan terbaik kita saat ini.

8 Keuntungan Buka Puasa Di Rumah Bersama Keluarga

Meski pun suasananya akan berbeda, bukan berarti buka puasa bersama keluarga di rumah nggak memiliki keuntungan apa pun ya. Seenggaknya, kita akan menyebutkan 8 keuntungan buka puasa di rumah bersama orang-orang terkasih. Diantaranya :

1. Buka Puasa Di Rumah Bisa Menghindarkan Kita dari Berkerumun Bersama Orang Banyak

Point pertama sangat jelas sekali. Dengan berbuka puasa bersama keluarga, kita bisa menghindari dari berkerumum bersama orang banyak. Kita sudah mengetahui apa saja yang keluarga kita lakukan dalam satu hari, kemana saja mereka pergi dan lain sebagainya. Jadi, kita bisa merasa lebih aman.

2. Menciptakan Momen Kebersamaan dengan Keluarga

Manfaat buka puasa di rumah selanjutnya adalah kita bisa menciptakan momen kebersamaan dengan keluarga. Memang sih, ini bukan satu-satunya momen manis yang tercipta. Tapi, semakin banyak kita menciptakan momen bukannya akan semakin bagus ya.

Waktu bersamanya pun akan semakin panjang, mulai dari persiapan buka sampai ibadah yang lainnya. Kita bisa memasak bersama, membersihkan peralatan makan bersama dan lain sebagainya.

Anggap saja sebagai pengganti waktu sibuk yang nggak ada habisnya. Apalagi bagi suami istri yang sama-sama bekerja. Tentu, anak akan semakin memendam rindu berkumpul bersama keluarganya. Maka jadikan kegiatan buka bersama untuk menciptakan salah satu momen manis mereka. Cemiau.

3. Bebas dan Nggak Berbatas Waktu

Kegiatan buka bersama di luar tentu akan melibatkan pihak ketiga untuk tempat dan makanannya. Dan itu memerlukan reservasi terlebih dahulu. Saat melakukannya, kita akan menjelaskan jumlah orang yang akan mengikuti acara bukber. Maka, tempatnya pun hanya akan tersedia sesuai dengan kebutuhan jumlah orang yang kita informasikan.

Rasanya nggak bebas ya. Apalagi kalau ternyata restoran atau rumah makan yang kita pesan memiliki tempat yang sempit. Belum lagi jika mereka menyediakan beberapa jenis makanan dalam satu stand saja.

Kebayang deh, kita mesti ngantri panjang. Kondisi pandemic saat ini akan membuatnya menjadi lebih menakutkan. Ruang gerak dan waktu berasa nggak bebas kan, Gaes? Jadi, buka bersama di rumah saja ya! Hehehe…

4. Lebih Hemat Menjadi Salah Satu Keuntungan Buka Puasa Di Rumah

Manfaat buka puasa di rumah pun bisa kita rasakan dari segi pengeluaran. Jelas sekali, membeli makanan jadi akan lebih mahal ketimbang menyiapkan makanan sendiri. Misalnya, kita akan mengeluarkan sejumlah uang untuk seporsi makanan sesuai dengan harga yang restoran kenakan. Semakin bagus restorannya maka harga akan semakin mahal.

Hal ini tentu akan berbeda jika kita menyiapkan makanan sendiri. Mungkin sejumlah uang yang kita gunakan untuk membeli 1 pack menu buka puasa setara dengan kebutuhan buka sekeluarga. Masih ada tambahan kebersamaan yang hangat dengan orang-orang terkasih lagi. Bukankah ini menyenangkan? Hehehe…

5. Berkreasi dengan Menu-menu Masakan

Keuntungan buka puasa di rumah yang nggak kalah penting adalah kita bisa berkreasi dengan menu masakan. Kita juga bisa mencoba menu-menu baru dengan anggota keluarga yang bertindak sebagai pengujinya. Sehingga keterampilan memasak kita akan lebih meningkat.


Manfaat Buka Puasa Di Rumah
Manfaat Buka Puasa Di Rumah


Selain itu, kita juga bisa mempersiapkan masakan sesuai permintaan anggota keluarga yang lain. Bukankah ini bisa menjadi kegiatan produktif? Yah, siapa tahu saja nanti kita bisa menggeluti bisnis kuliner, seperti membuat usaha cattering dan lain sebagainya.

6. Menambah Quality Time Bersama Keluarga

Hal ini jelas sekali. Kalau kita memutuskan untuk buka bersama di luar, maka waktu kebersamaan kita dengan keluarga akan berkurang. Apalagi jika bukbernya bersama dengan orang luar, seperti teman kantor atau pun teman satu almamater.

Namun jika kita memutuskan bukbernya di rumah saja, maka kita akan menambah waktu-waktu berkualitas bersama keluarga.

7. Hubungan dengan Keluarga Menjadi Lebih Akrab

Hubungan keluarga menjadi lebih akrab dan kompak adalah hasil dari bertambahnya quality time keluarga. Kita nggak akan segan lagi untuk mengutarakan hal-hal yang mengganjal dalam hati dan menyelesaikannya bersama-sama.


Kebaikan Buka Puasa Di Rumah
Kebaikan Buka Puasa Di Rumah


8. Menambah Waktu Ibadah Bersama Keluarga

Setelah semua rangkaian bukber, kita bisa melakukan sholat maghrib, isya dan terawih berjamaah. Bukan hanya itu, kita juga bisa melakukan tadarus bersama keluarga. Kalau sudah begini bukankah kita jadi dapat point kebaikan tambahan?

Keuntungan Buka Puasa Di Rumah

Itu tadi 8 manfaat buka puasa di rumah saja bersama keluarga. Nggak mengapa meski kita masih belum bisa mengadakan acara bukber di luar. Karena di rumah saja juga nggak kalah menyenangkan dan tentu lebih menenangkan.

Jadi, Gaes. Gimana? Masih galau karena belum menerima undangan bukber di luar? Kalau aku sih, sudah nggak lagi dong. Hehehe…

Post a Comment

14 Comments

  1. Udah dua tahun ini selalu bukber di rumah, karena keadaan yang tidak memungkinkan. Seneng-seneng aja sih bukber di rumah, bisa lebih hemat dan yang pasti jadi banyak waktu untuk keluarga

    ReplyDelete
  2. Aku memang paling suka buka puasa di rumah lah udah. Kalau bukber ama orang-orang di kantor, udah bukanya buru-buru, rebutan, sholat juga susah. Belum lagi menuju TKP macetnya bukan main...
    Setuju semua ama poin-poin keuntungan buka puasa di rumah

    ReplyDelete
  3. Saya paling suka buka puasa di rumah, mbak. Bebas, santai, puas juga makannya. Kalo di luar ribet. Belum harus buru2 cari tempat untuk sholat maghrib, padahal makanan yg kita pesan belum habis, hihi

    ReplyDelete
  4. Alasan nomer 4 saya banget,
    Itupun kalo bukber sama temen saya pasti modal air putih sama nasi putih doang
    Lauknya copot dr temen2 hhihi

    ReplyDelete
  5. Tapi kadang tujuan bukber cuma pengen ketemu temen lamanya aja. Selain alasan itu tentu buka di rumah lebih enak ­čśé

    ReplyDelete
  6. menurut saya sendiri berbuka makan dengan keluarga termasuk rutinitas setiap hari meskipun bukan bulan puasa

    ReplyDelete
  7. Pastinya membuat keluarga lebih dekat dan akrab itu yg lebih penting dari apapun

    ReplyDelete
  8. Emng bner sih kak mkan bersma apa lagi berbuka puasa sma keluarga sangat bhagian dan terasa tenang,mkasih kak ,mengingatkan yang dlu

    ReplyDelete
  9. Setuju banget sih apalagi dengan alasan no 4.
    Tp kira2 klo untungnya bukber diluar apa yh

    ReplyDelete
  10. Begitu banyak ya manfaatnya­čśümemang anak muda jaman sekarang sudah jarang bahkan mereka tidak tau mungkin ya manfaatnya padahal kebersamaan kan indah

    ReplyDelete
  11. Sebagai anak rumahan emang sejak dulu lebih prefer berbuka di rumah sih. Lebih nyaman yang pasti.

    ReplyDelete
  12. Nggak ada tempat yang bisa menandingi keindahan dan kehangatan bersama keluarga. Big luv for all families

    ReplyDelete
  13. Emang enak buka puasa sama keluarga sih...bebas makan apa aja...tpi klo di luar buka puasanya...bisa kelewatan magriban karna terlalu asik bukber

    ReplyDelete
  14. Yang penting sama siapa ya? dirumah klo g ada siapa2 juga jdi gimna gitu.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.