Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Meningkatkan Engagement Rate Instagram Melalui Mediakomen

Yunibintsaniro.com – Sebagai seorang influencer tentu kita sudah nggak merasa asing dengan yang namanya engagement rate (ER). Nilai ini selalu menjadi tolok ukur kita ketika mengikuti sebuah campaign dari brand yang ingin menggandeng para influencer. Terlebih jika campaign tersebut menggunakan platform instagram.


Tingkatkan engagement rate instagram dengan mediakomen
Sumber pict: website pixabay, pixabay.com


Kadang kita bisa saja gagal mendaftarkan diri untuk mengikuti campaign hanya karena nilai ER nggak sesuai dengan ketentuan. Padahal jumlah followernya sudah banyak. Bahkan saat membuat story sudah bisa menggunakan pilihan swipe up.

Lho. Memangnya apa itu ER? Kok bisa sebegitu penting nilainya. Lantas bagaimana cara meningkatkannya? Mari simak sepenggal rangkuman dari yunibintsaniro.

Mengenal Engagement Rate

Aplikasi instagram itu memang tempatnya berbagi konten berupa foto. Makanya banyak sekali para digital marketing yang menggunakannya sebagai salah satu strategi pemasaran.

Masalahnya, kadang kita nggak paham bagaimana memanfaatkan media sosial ini. Kita cenderung asal membagikan konten dan cuek saja dengan interaksi dari konten tersebut.

Padahal, penjualan akan terjadi saat konten menjangkau lebih banyak orang. Logikanya, semakin banyak orang yang berinteraksi maka semakin banyak orang yang merasa interest. Sehingga, pada akhirnya melakukan pembelian.

Makanya, engagement rate ini menjadi komponen penting yang harus dikuasai oleh para ahli pemasaran di media sosial.

Engagement rate merupakan metriks dasar untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial. ER ini menunjukkan seberapa besar interaksi audiens terhadap konten.

Jadi, inilah salah satu alasan kenapa brand suka sekali menetapkan seberapa ER dari para influencer yang ingin bekerja sama dengan mereka.

Fungsi Engagement Rate di Instagram

Selain sebagai alat pengukur interaksi audiens terhadap konten, ER khususnya di Instagram juga berfungsi sebagai berikut:

#1 Menyaring Aktifitas Audiens

ER yang tinggi berarti menandakan bahwa konten kita memiliki keterlibatan yang tinggi dengan para audiens. Hal ini sebagai pertanda bahwa konten kita cukup diminati oleh mereka.

#2 ER Menunjukkan Efektivitas Campaign

Sementara ER yang rendah berarti keterlibatan dengan audiens juga sedikit. Bisa jadi karena konten kita kurang menarik. Mungkin kita perlu mengubah strategi kontennya untuk meningkatkan kembali ER.

Jika tingkat antusias audiens akan sebuah produk tinggi, maka harapannya penjualan pun ikut naik.

#3 Memantau Kinerja Kompetitor

Kita juga bisa melihat kinerja kompetitor dari nilai engagement rate-nya lho. Kalau nilai ER mereka tinggi, maka kita bisa meniru strategi digital marketing mereka.

Faktor yang Mempengaruhi Engagement Rate

Sebel nggak sih kalau kita nggak jadi daftar sebuah job hanya karena ER nggak memenuhi syarat? Aku jelas sebel banget. Gedek aja rasanya gitu.

Lantas hati bertanya-tanya, ER nih dipengaruhi oleh apa sih? Kalau kita mengetahui faktor yang mempengaruhi ‘kan jadi bisa memperbaiki.

Benar juga ya. Masalahnya, setiap platform berbeda-beda. Kalau ER instagram dipengaruhi oleh jumlah like dan komen. Maka kalau kita ingin menaikkan ER, jumlah like dan komen setiap kontennya kudu lebih banyak juga.

Tapi gimana caranya?

Tips Meningkatkan Engagement Rate Instagram Melalui Mediakomen


jasa komentar mediakomen


Salah satu tips yang bisa meningkatkan ER Instagram adalah melalui mediakomen. Dimana mediakomen merupakan salah satu perusahaan online yang bergerak dalam bidang periklanan di media social.

Mediakomen ini membantu kita untuk mendapatkan sejumlah like dan komen positif. Menariknya, komen dan likenya bukan dari bots ya. Tapi dari para influencer juga yang mendaftar sebagai komentator.

Baik pihak brand yang ingin memasarkan produk dan jasanya maupun para influencer yang ingin menaikkan nilai engagement rate-nya bisa memanfaatkan mediakomen.

Selain platform instagram, mediakomen juga bisa kita gunakan sebagai jasa komentar youtube, review google map atau bisnis.

Kesimpulan

Sekarang, kita nggak perlu merasa keki lagi dengan nilai ER. Ada mediakomen yang selalu siap sedia membantu kita.

Nggak perduli apakah kita ingin menjual produk barang dan jasa. Atau sekedar ingin menambah nilai jual kita untuk mengikuti banyak campaign produk-produk kecantikan, seperti body serum yang memiliki standar nilai ER tertentu.

Mediakomen selalu siap untuk membantu kita. Jadi, boleh dong kita coba membuat sebuah akun di sana. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

12 Comments

  1. Sebagai konten kreator, nggak hanya membuat konten IG yang bagus saja, tapi juga harus perhatikan juga nilai ER ya, biar semakin berpotensi dilirik oleh brand. Saya juga pernah mau daftar job IG, pas liat syarat ER, langsung mundur cantik, karena kurang memenuhi syarat. Padahal jumlah follower sudah oke.

    Baru tau juga ada jasa ningkatin ER IG lewat Mediakomen. Menarik nih konsepnya, jadi penasaran euy. Makasih info super kerennya Mba Yuni.

    ReplyDelete
  2. Asyik sih kalau banyak yang like dan komen ya. Bisa pake bantuan mediakomen biar makin rame.

    ReplyDelete
  3. wuaaa media komen ini lumayan banget ya bisa membantu peningkatan ER, selain mungkin ikutan komunitas support pake jasa komentar media komen sepertinya menjanjikan juga ya kalau butuh dukungan komentar cepet

    ReplyDelete
  4. Ini solusi apik dari mediakomen, biar engagement bisa optimal lagi, karena algoritma medsos yang kadang suka berubah, sehingga perlu antisipasi

    ReplyDelete
  5. Woah ngebantu sekali ini, jadi meningkatkan ER ini ga hanya membuat konten berkualitas juga ya, tapi harus didukung dengan interaksi yang cukup tinggi agar nilai ER nya bagus.

    ReplyDelete
  6. ER Sosmed masih jadi PR banget buatku yang udah lama sign out dari beberapa medsos. Sekarang lagi kerja keras dan berusaha log-in lagi. Tapi emang prosesnya lumayan lama dan melelahkan. Mediakomen mungkin bisa jadi solusi untuk content creator yang ingin memulihkan ER.

    ReplyDelete
  7. Bener ya, sekarang klo mau ikut bid job, harus menyerahkan ER Instagram. Untung nih ada media komen yang bisa bantu meningkatkan ER instagram

    ReplyDelete
  8. Biasanya pakai cara lama sih, share kesana kemari hahaha.
    Trus ya gituu dehh kadang ER naik turun emang. Buat jagain ER emang butuh modal yaa kak :p

    ReplyDelete
  9. ah iya, namanya influencer ya harus tinggi ER nya ya mbak.
    Untung sekarang bisa dibatu sama mediakomen buat ningkatin ER

    ReplyDelete
  10. Makin mudah untuk memaksimalkan ya Mba Sekarang lewat media komen ini. Pengen coba jasanya nih jadinya

    ReplyDelete
  11. Baru tahu banget nih aku kalau ada perusahaan pihak ketiga yang bisa bantu meningkatkan engagement rate di post kita. Makasih ya Mba.

    ReplyDelete
  12. meningkatkan ER instagram masih menjadi pr bagiku, nampaknya ini bisa dicoba deh ya. makasih infonya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.