6 Tips Melupakan Mantan Biar Cepat Move On

Yuni Bint Saniro - Masa-masa kebersamaan dengan kekasih hati memang selalu indah. Nggak heran kalau sampai ada istilah dunia milik berdua sementara yang lain hanya ngontrak.

Tapi ketika muncul masalah hingga putus. Maka yang ada hanyalah kenangan-kenangan manis yang bikin hati pahit. Sampai-sampai membuat air mata nggak mau berhenti mengalir. Seolah krannya sudah bocor.


tips melupakan mantan
Sumber: www.pexels.com/id-id/@rodnae-prod


6 Tips Melupakan Mantan Biar Cepat Move On

Ketika hubungan sudah berakhir. Maka mau seganteng atau secantik apapun dia. Tetap saja namanya sudah berganti menjadi mantan. Selanjutnya adalah kita harus move on dan terus melangkah maju menyongsong masa depan.

Tapi, kenangannya terlalu manis untuk dilupakan. Lantas, kita menangis bombay berhari-hari hingga mata menjadi bengkak. Sementara si dia sudah happy lagi dengan kehidupannya.

Iyuh. Dahlah, ikuti 6 tips melupakan mantan berikut ini saja biar cepat move on.

1. Terima Status Baru dengan Lapang Dada dan Berdamailah

Terkadang kita sulit menerima keadaan bahwa dia sudah nggak lagi bersama kita. Inginnya keputusan pisah kemarin hanya mimpi buruk yang hilang saat kita membuka mata.

Sayang kenyataannya nggak begitu. Hubungan sudah benar-benar berakhir. Oleh karena itu, kita perlu menerima status baru menjadi single dengan lapang dada.

Nggak usah terlalu menyalahkan diri sendiri dengan kandasnya kisah manis itu. Berdamailah dengan apa yang sedang terjadi pada kita saat ini. Lalu ingatlah bahwa mungkin jodoh kita adalah orang lain yang lebih baik.

2. Beri Waktu pada Diri Sendiri untuk Melupakan Mantan

Sekalipun terasa sakit, kita nggak perlu memaksakan diri untuk bisa segera melupakan mantan. Lalu berusaha sekeras mungkin untuk menyembuhkan hati yang sakit.

Nanti yang ada, kita malah nggak beranjak kemana-mana. Tetap diam di tempat dengan kondisi diri yang nggak bisa move on dari mantan. Biar bagaimanapun, kita cenderung akan semakin mengingat sesuatu yang susah-payah ingin kita enyahkan dari pikiran.

Maka, beri waktu pada diri sendiri untuk melupakan dia. Pelan-pelan saja seperti kata Tantri lewat lagunya bersama band Kotak.

3. Batasi Komunikasi dengan Si Dia

Saat kita sedang menata hati, ada baiknya jika kita nggak perlu menjalin komunikasi dengannya. Buat apa juga?

Mungkin akan ada alasan bahwa kita nggak perlu memutus silaturahmi meski hubungan kita kandas. Tapi, please deh. Bagaimana kita bisa lupa jika masih sering komunikasi?

Cobalah untuk membatasi komunikasi dengannya! Kalau perlu kita boleh menghapus kontaknya untuk sementara waktu. Dan jika nggak ada masalah urgent, nggak usah menghubunginya.

4. Hindari Stalking tentang Dia

Pada jaman sekarang, media sosial sudah sangat akrab dengan kita. Mau cari tahu tentang seseorang pun mudah. Kita hanya perlu mengunjungi akunnya.

Nah, terkait masalah tentangnya. Kalau ingin segera move on, maka hindari stalking tentang dia. Nggak perlu gatal ingin tahu keadaannya ya. Sudah bukan urusan kita lagi.

Khawatirnya, saat maksain stalking mantan. Kita hanya akan berhadapan pada dilema. Ingin kembali bersama atau merasa semakin sakit hati. Jadi, kapan move onnya?

5. Sibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Tahu sih. Melupakan mantan itu bukan pekerjaan yang mudah. Tapi, alih-alih meratapi perpisahan dan memikirkan sang mantan. Kenapa kita nggak menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif?

Misal, kita bisa melakukan hobi-hobi yang menarik. Berjejaring dan bertemu orang-orang baru. Atau kegiatan apapun yang menarik dan produktif.

Sibukkan diri hingga nggak ada waktu lagi untuk memikirkan sakit hati dan mantan. Hal ini juga akan memberikan efek yang baik kok. Bahkan, bisa jadi kita malah membuka peluang untuk menambah penghasilan.

6. Perbanyak Kumpul dengan Keluarga dan Sahabat

Coba ingat deh! Seberapa banyak waktu yang kita habiskan bersama keluarga dan sahabat? Jangan-jangan kita hanya ada untuk si dia saja. Padahal, keluarga dan sahabat adalah orang-orang yang nggak akan pernah meninggalkan kita.

Nah, sekaranglah saatnya. Kita kembali meluangkan banyak waktu untuk keluarga dan sahabat. Jangan ragu untuk meminta dukungan pada mereka ya.

Dunia nggak runtuh hanya karena kita putus dengan pacar. Kita masih bisa menyiapkan masa depan yang lebih gemilang. Asal kita bisa move on dari rasa sakit hati kehilangan kekasih.

Setiap orang memiliki cara melupakan mantan masing-masing. Nggak masalah bagaimana pun caranya. Yang paling penting adalah hasilnya kita bisa move on dengan baik. Semoga bermanfaat.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

32 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Haha yang no.4 itu agak susah buatku. Aku termasuk orang yang susah jatuh cinta. Tapi begitu udah cinta, ya kuaaat banget. Jadinya setia tapi juga susah move on kalau hubungan berjalan tidak sesuai rencana.

    Baru deh, kalau udah dapet yang baru, mantan bisa dengan lebih mudah untuk ditepis dari pikiran hwhw

    BalasHapus
  2. Saya melupakan mantan dengan cara ambil kursus bahasa Perancis. Pacaran dengan orang baru. Melamar kerja ke kementerian. Pergi bekerja ke pulau lain.

    Saya sudah hampir lupa di pulau lain itu pada mantan. Suatu hari mantan saya menelepon saya, dan berkata, "Aku disuruh kerja di sana (di pulau tempat saya bekerja itu)."

    :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah berarti malah mantan yang nggak bisa move on Kak? Hehehe

      Hapus
    2. Entahlah mantan sekarang malah jadi orang yang sering saya hubungi untuk mengumpulkan donasi sedekah nasi tiap Jumat hahah
      Lucu sekali rasanya

      Hapus
  3. Kalau saya sih lebih ke menyibukkan diri dan lebih banyak berkomunikasi sama keluarga ya supaya nggak keinget sama mantan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, Kak. Kok saya jadi teringat masa lalu juga, hehe... Waktu putus dari mantan, esoknya dapat panggilan kerja ke luar. Nah, ketika di sana bertemu dengan orang baru...akhirnya lupa juga...

      Hapus
    2. Sama mba saya juga pernah ngalamin patah hati, akhirnya mencari kesibukan ini itu dan pastinya dekat dengan keluarga juga. mengobrol dan melakukan aktivitas bareng mereka untuk mengalihkan perasaan sedih

      Hapus
  4. Ahh benar banget. Hampir semua tips di atas aku lakukan saat ingin melupakan mantan. Ternyata benar2 lupa itu gak mungkin tapi setidaknya mengurangi beban kita sehingga bisa move on dan bertemu dgn orang yang lebih baik lagi…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener ya kak. Saya juga kadang kebawa mimpi loh sama mantan wkwk padahal ga pernah interaรŸ

      Hapus
  5. Saya melupakan mantan dengan 2 tips diatas, ga berhubungan lagi dengan dia dan engga stalking juga. Tapi karena pernah ada dihati, kenangan bersamanya tetap membekas dihati. Walhasil, sekarang aku mencoba berdamai dengan diri. Dia adalah salah satu orang baik yg pernah singgah dalam hidup tetapi dia bukan yanh terbaik untukku sehingga tuhan tidak menjodohkanku dengannya.

    BalasHapus
  6. Saya kalau pacar udah jadi mantan biasanya saya ajak jadi teman kembali. Jarang banget dilupakan, karena kenangannya itu begitu indah hha canda. Tapi kadang dari kenangan itu bisa jadi pelajaran untuk hubungan selanjutnya, menjadi teman tidak ada salahnya sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku ya, Mas, mantan itu ... bukan diajak temenan lagi tapi dijadikan bahan tulisan. Tentu aja diolah dulu sedemikan rupa biar punya nilai jual. Hehe....

      Hapus
    2. Mantap teh.
      Aku bukan tipe yang mudah berteman dengan mantan sih... Awkward banget pasti.

      Tapi bukan berarti kudu jauhin juga. Jadi B aja...ga terlalu gimana-gimana..

      Hapus
  7. Ya ampun, 6 tips yang ampuh dan sangat terbukti manjur. Bakal di screenshot buat dibagikan ulang ke yang sedang butuh ekstra jurus buat move on dari mantan.
    Cuss, segera bikin ss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Memang butuh waktu biar bisa menetralkan rasa yang tertinggal dan perlu ada kesibukan biar mengobati luka

      Hapus
  8. Cara melupakan mantan paling jitu adalah dengan menyibukkan diri..
    Hihii...ini uda paling jitu nih..
    Kalau uda capek dengan beban kerja, maka uda gak ada waktu lagi buat mikirin masa lalu. Biasanya sering kepikiran karena banyaknya waktu luang atau sering dengerin lagu-lagu kenangan, hujan, dan hal-hal sentimentil semacam itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Kalau ada niat, secinta apapun tetap bakal segera bisa melupakan mantan kok. Tapi emang sih yg susah itu menerima semuanya dengan lapang dada itu tadi, hehehe ...

      Hapus
    2. Cuma jangan terlalu diporsir juga Teh kerjanya, nanti lelah.
      Nah pas lelah bisa aja gak move on karena mengenang waktu lelah daku bersamanya....eeaaa lah

      Hapus
  9. agak sulit emang kalau lupain mantan ya.. apalagi kalau udah cinta banget. cuma cinta itu ada kadaluarsa ya mau gak mau harus bisa ikhlas kali ya..

    BalasHapus
  10. saya dulu kalo abis putus lebih suka menyibukkan diri jadi biar nggak ada waktu buat mikirin dia lagi mbak, alhamdulillah semua dimudahkan hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener deh semua 6 tipsnya masookk. Haha. Aku pun dulu jg gitu. Pokoknya harus sibuk, apalagi sibuk sama hal2 yg positif. Harus

      Hapus
    2. Melupakan bukan hal yang mudah yah. Apalagi kalau banyak kenangan manis atau malah sesuatu yang menyakitkan dan membekas.
      Memang perlu waktu untuk mengobati luka batin supaya bisa kembali berdamai dengan diri

      Hapus
    3. Untungnya aku ga perlu ngelupain mantan karena ga pernah pacaran yang serius banget. Cuma coba sekali dan hanya seminggu wkwkw. Paling yang ada ngrlupain gebetan.

      Hapus
    4. Iya lho Mba. Dengan menyibukkan diri dan nggak memaksakan diri dengan dalih berjuang keras demi melupakan berbagai kebiasaan bersama si doi. lama kelamaan sih akan move on sendiri. Walau ya ... pas diomongin enak, mudah banget. Tapi beneran sih, kesibukan dengan melakukan berbagai hal baru yang disukai, ganti lingkungan pertemanan (bukan inner circle tapi kenalan sama banyak orang baru) bisa bikin pikiran yang "masih ingin berkomunikasi sama si doi" itu, terenyahkan perlahan. Nggak sepenuhnya lupa seumur hidup sih, kecuali kitanya kena amnesia.

      Hapus
  11. Melupakan mantan, hanya berdamai dengan diri sendiri.
    Tetap berteman baik tapi tidak melibatkan hati lagi dan membuka hati untuk yg baru tanpa membandingkan.

    BalasHapus
  12. Menyibukkan diri memang paling ampuh sih kak... tapi harus yang positif supaya ga salah jalan. Sambil berdoa semoga segera dipertemukan dengan yang paling baik.

    BalasHapus
  13. Melupakan mantan itu ada banyak caranya
    Kalau aku sih cara paling cepat adalah dengan memiliki yang baru, haha

    BalasHapus
  14. Melupakan kenangan mantan memang susah susah gampang yaa, kenangannya membekas huhuhu.. tapi tips-tips ini memang efektif dan jitu sihh tapi memang perlu waktu

    BalasHapus
  15. Saya punya mantan ga ya? Ah apakah saya sudah lupa atau memang benar-benar ga punya mantan? ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ

    Tapi tips-tipsnya menarik sih mbak, tetap lakukan kegiatan positif daripada mikirin yang sudah lalu.

    BalasHapus
  16. Males banget inget inget mantan, mending fokus sama orang yang sayang sama kita saat ini, jauh lebih berfaedah hihihi.

    BalasHapus
  17. Saya sih gak pernah punya mantan. Tp sy pernah harus move on. Hahaha... Dan semua tips di artikel ini sebagian besar sy lakukan. Hehehe

    BalasHapus
  18. Aku dulu agak jahat sih caranya.. dan nyesel sebenernya. Tiap putus pacaran, aku cepet move on nya, malah terkadang dalam hitungan Minggu udah berhubungan dgn yg lain. Tapi niatnya ga bener, hanya utk balas si mantan. Trus setelah puas, si cowo pelarian malah aku putusin. Aku sadar caranya salah, tapi ya dulu itu sering pakai cara pelarian gitu :(. Padahal memang harusnya lupain dulu , move on baru cari yg baru ya mba ๐Ÿ˜

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro