3 Cara Menghilangkan Pahit Bunga Pepaya Biar Masakan Semakin Lezat

Yuni Bint Saniro - Aku tu suka banget sama tumisan bunga pepaya. Apalagi kalau cabenya banyak. Wuih rasanya maknyus pisan. Cuma kadang kudu tahan sama pahitnya sih. Apalagi kalau yang masak nggak tahu cara menghilangkan pahit bunga pepaya. Alamat sudah. Kenikmatannya akan hilang.

Tahu nggak sih? Menurut wikipedia, rasa pahit yang ada pada daun dan bunga pepaya ada alasannya lho. Yaitu karena adanya kandungan zat papain yang tinggi. Anehnya, kandungan ini ternyata bisa meningkatkan nafsu makan.

Jadi, akan lebih baik kalau kita membatasi makan olahan daun dan bunga pepaya ya. Apalagi kalau baru mulai diet. Mending beralih ke makanan lain yang nggak meningkatkan nafsu makan. Tumis buncis misalnya.


Cara Menghilangkan Pahit Bunga Pepaya
Credit to Miss malicaahmad.com


3 Cara Menghilangkan Pahit Bunga Pepaya

Bagi penyuka tumisan bunga pepaya, ada lho cara menghilangkan pahitnya. Nggak butuh bahan yang aneh-aneh. Kita pun mudah menemukan bahan-bahan ini.

Beberapa sudah ada yang ibuku praktekkan untuk mendapatkan tumisan bunga pepaya yang nggak pahit. Teman-teman boleh ikutan praktek ya. Atau kalau ada informasi tambahan boleh sharing di kolom komentar. Nanti secara berkala, kami akan update informasi ini.

1. Remas-remas Bunga Pepaya dengan Garam

Bahan pertama adalah garam dapur. Aku nggak tahu persis seberapa takaran garam yang digunakan. Karena ibuku menggunakan cukup banyak. Mungkin sesuai perkiraan saja kali ya.

Kita perlu menambahkan garam pada bunga pepaya yang sudah kita pilih. Lalu remas-remas. Ingat ya, meremas bunga pepaya dengan garamnya nggak usah terlalu kencang. Biar nggak hancur.

Setelah itu, kita cuci sampai bersih dan garamnya hilang. Baru deh kita bisa lanjut mengolah bunga pepaya yang sudah nggak pahit.

2. Rebus Bunga Pepaya Bersama Daun-daunan yang Lain

Cara masak bunga pepaya selanjutnya, kita bisa merebus bunga pepaya bersama dengan daun-daunan lain. Misalnya kangkung, daun singkong atau daun jambu biji.

Kita bisa mengkombinasikan dengan cara pertama tadi. Atau cukup kita cuci bersih bunga pepaya dan daun yang akan kita pakai. Lalu merebusnya bersamaan.

Setelah itu, angkat dan tiriskan. Bunga Pepaya yang sudah berkurang pahitnya dan daun singkong pun siap kita olah lebih lanjut.

3. Tambahkan Asam Jawa saat Merebus Bunga Pepaya

Selain merebus bunga pepaya dengan daun singkong atau daun jambu biji, kita bisa merebusnya dengan asam jawa. Rasa pahitnya akan berkurang deh. Bagaimana caranya?

  1. Cuci bersih bunga pepaya yang akan kita masak.
  2. Kita didihkan air. Lalu masukkan asam jawa dan bunga pepaya.
  3. Sembari merebusnya, kita bisa mengaduknya sesekali.
  4. Setelah itu, siram bunga pepaya dengan air yang mengalir dan tiriskan.

Adakah Cara Menghilangkan Pahit Bunga Pepaya yang Lain?

Beberapa sumber menyebutkan bahwa kita bisa mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya dengan menggunakan tanah lempung. Tapi, aku dan ibuku belum pernah mencobanya.

Lagipula, saat ada bahan lain yang lebih baik. Kenapa kita harus menggunakan tanah lempung untuk makanan? Iya nggak sih?

Yah, meskipun kita bisa membersihkan bunga pepaya dari tanah lempung setelah mengurangi rasa pahitnya. Tapi, aku menyarankan menggunakan tiga cara menghilangkan pahit bunga pepaya yang telah tersebut di atas tadi saja ya, Gaes. Semoga bermanfaat.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post